HOME
Home » DAFTAR TER- » 12 DESA TERTINGGI DI INDONESIA

12 DESA TERTINGGI DI INDONESIA

Posted at February 4th, 2020 | Categorised in DAFTAR TER-

Kira-kira desa tertinggi di Indonesia ada dimana? Kalau saja di Pegunungan Jaya Wijaya terdapat desa yang tercantum di BPS statistik nasional, mungkin wilayah itu menjadi desa tertinggi di Indonesia. Ya tidak?

Namun kali ini kita akan realistis. Mencari tahu wilayah mana saja yang dianggap sebagai pemukiman tertinggi di Indonesia. Sebagian besar dari pembaca mungkin sudah tahu atau bahkan pernah singgah ke tempat-tempat tersebut.

NO NAMA LOKASI MDPL
1 Hargo Dalem Gn. Lawu 3150
2 Mulia Puncak Jaya 2448
3 Dieng Wonosobo 2300
4 Ranupani Gn. Semeru 2100
5 B29 Bromo Tengger 2000
6 Deiyai Papua 1700
7 Bena Gn. Inerie 1500
8 Fatumanasi Gn. Fatu Timau 1400
9 Tana Toraja NTT 1400
10 Berastagi Sumut 1300
11 Wae Rebo NTT 1200
12 Sembalun Gn. Rinjani 1150

1 HARGO DALEM

Gunung Lawu terletak di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Jawa Timur. Ketinggiannya mencapai 3.265 mdpl. Gunung Lawu sendiri memiliki tiga puncak yang disebut: Hargo Dumilah, Hargo Dalem, Hargo Dumiling. Puncak Hargo Dumilah menjadi yang tertinggi.

Nah, pada Puncak Hargo Dalem, dikatakan sebagai pemukiman yang tertinggi di Indonesia. Mengapa demikian? Hargo Dalem berada di ketinggian 3150 mdpl. Dan terdapat sebuah bangunan cukup besar yang dihuni oleh penduduk. Penduduk tersebut sudah menetap di Puncak Hargo Dalem dalam jangka waktu yang lama. Pada ketinggian di atas 3000 mdpl seperti itu sudah dipastikan sebagai pemukiman tertinggi di Indonesia saat ini, sejauh yang bisa diketahui. (Catatan: jika di gunung lain ada yang demikian, mungkin saja bisa dimasukkan dalam kategori pemukiman tertinggi)

Nama salah satu penduduk di Hargo Dalem yang paling populer ialah Wakiyem, biasa disapa Mbok Yem. Seorang ibu yang sudah memiliki cucu, dan sangat terkenal di kalangan para pendaki.

Mbok Yem sudah tinggal di Hargo Dalem sejak 1980-an loh. Sudah 40 tahun, bukan waktu yang singkat tentunya. Tempat Mbok Yem tersebut lebih dikenal sebagai warung tertinggi di Indonesia dari Gunung Lawu. Pasalnya, Mbok Yem memang menjadikan tempat tinggalnya tersebut sebagai warung. Adapun makanan yang dijualnya adalah nasi pecel dan telur ceplok, serta teh anget.

Hingga sekarang, Mbok Yem masih bertempat di Hargo Dalem. Anak cucunya bertempat di wilayah lereng Lawu, Mbok Yem sendiri hanya beberapa kali saja turun gunung dalam setahun untuk menemui keluarganya tersebut.

Baca juga : Pendakian Lawu via Cemoro Sewu

Di Gunung Lawu memang ada beberapa rumah penduduk lainnya yang juga dijadikan sebagai warung dan shelter tempat menginap. Namun, yang paling lama dan tidak pernah turun hanya Mbok Yem saja. Untuk keperluan distribusi makanan dan bahan-bahan keperluan warung, beliau dibantu oleh anaknya.

2 DISTRIK MULIA

Peringkat selanjutnya adalah Distrik Mulia di Kabupaten Puncak Jaya, Provinsi Papua. Distrik adalah istilah lain untuk kecamatan. Distrik Mulia ini berada di ketinggian 2448 mdpl sekaligus menjadi wilayah pemukiman tertinggi di Indonesia, jika rumah Mbok Yem tidak dihitung.

Distrik Mulia memiliki jumlah penduduk mencapai 24.649 jiwa, dengan luas wilayah 883 km2. Lokasinya juga berdekatan dengan Pegunungan Jaya Wijaya. Namun aksesnya masih sangat sulit karena sebagian besar wilayah berupa pegunungan dengan hutan liar.

Wilayah Kabupaten Puncak Jaya sendiri memiliki total sebanyak 8 distrik. Semuanya berada di wilayah yang memiliki ketinggian di atas rata-rata. Dan tentu suhunya dingin. Untuk pergi ke Distrik Mulia, sudah ada bandara kecil yaitu Bandara Mulia.

3 DIENG

Desa tertinggi di Indonesia selanjutnya berada di dataran tinggi Dieng, atau disebut juga sebagai Dieng Plateau. Yaitu sebuah wilayah di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Salah satu nama desa yang paling terkenal sebagai desa tertinggi yaitu bernama Desa Sembungan. Lokasinya berada di kaki Gunung Sikunir. Dan juga dijadikan titik start pendakian menuju puncak Gunung Sikunir.

Desa Sembungan juga menjadi desa tertinggi di Pulau Jawa. Desa tersebut berada di ketinggian 2.300 mdpl. Sudah setara seperti di puncak-puncak gunung bukan?

Jika kalian berwisata ke Dieng, cobalah untuk mendaki Gunung Sikunir yang terkenal dengan pemandangan Golden Sunrise-nya. Kalian bisa menginap semalam di Desa Sembungan, lalu di pagi buta baru melakukan pendakian ke puncak Sikunir untuk berburu sunrise.

4 RANUPANI

Desa tertinggi selanjutnya yaitu Desa Ranupani (atau Ranu Pane) yang terletak di Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Ranupani juga merupakan tempat basecamp resmi pendakian Gunung Semeru. Lokasinya berada di ketinggian 2.100 mdpl.

Ranupani sendiri sebenarnya adalah sebuah nama danau kecil. Dan kemudian berdiri banyak pemukiman sehingga menjadi sebuah desa. Jika kalian akan mendaki Gunung Semeru, maka kalian akan berada di desa tersebut. Lokasinya sudah cukup tinggi dan tentu sangat dingin. Pendakian ke Semeru sendiri terbilang mudah-mudah sulit. Mudah, karena titik start sudah tinggi dan kita akan banyak berjalan di trek datar. Sulit, karena trek ke puncak Semeru cukup panjang dan memakan waktu pendakian 2-3 hari.

Baca juga : Pendakian Gunung Semeru via Ranipani

5 B29

Selanjutnya ada B29. Ini adalah sebuah kode nama untuk sebuah titik puncak. B29 juga masuk dalam kawasan Kecamatan Senduro, Lumajang, Jawa Timur. Satu kawasan dengan Ranupani.

B29 merupakan sebuah lokasi favorit untuk melihat pemandangan Gunung Bromo dan beberapa gunung-gunung lain dalam lingkup Kaldera Tengger. B29 ini masuk dalam wilayah desa yang bernama Desa Argosari. Nah, untuk itu, desa tersebut terbilang sebagai salah satu desa tertinggi di Indonesia karena berada di ketinggian 2000 mdpl. Jika kalian berwisata ke Bromo, setidaknya kalian akan melewati B29.

Baca juga : Top 30 Gunung untuk Wisata Keluarga, Ramai-Ramai, Tanpa Menginap

6 DEIYAI

Kabupaten Deiyai adalah sebuah wilayah di dataran tinggi di Provinsi Papua. Wilayah tersebut berada di ketinggian 1700 mdpl. Di wilayah ini terdapat sebuah danau besar yang sudah ada sejak zaman purba yaitu Danau Tigi. Danau tersebut juga berada di ketinggian 1700 mdpl. Tidak jauh dari danau, terdapat pemukiman yang juga menjadi salah satu pemukiman tertinggi di Indonesia.

7 BENA

Bena adalah sebuah kampung adat yang terletak di wilayah Bajawa, Flores, NTT. Kampung Bena ini adalah sebuah kampung tradisional yang tidak tersentuh teknologi. Dan juga sudah menjadi warisan budaya UNESCO loh.

Di NTT sendiri banyak terdapat desa-desa yang masuk dalam kategori desa tertinggi karena memang lokasinya berada di atas rata-rata. Kampung Bena ini sendiri berada di ketinggian 1700 mdpl. Nah, jika kalian ingin mendaki Gunung Inerie, jangan lupa mampir ke Kampung Bena.

8 FATUMNASI

Desa Fatumnasi terletak di Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT. Desa tersebut merupakan lokasi basecamp pendakian menuju Gunung Fatu Timau. Lokasi Fatumnasi sendiri berada di ketinggian 1400 mdpl.

Sebenarnya, Desa Fatumnasi memiliki wilayah yang cukup luas dan berada di dua gunung yakni Gunung Fatu Timau dan Gunung Mutis. Wilayahnya juga memiliki spot-spot sangat menarik yaitu berupa batuan karst dan juga lembah. Lembah di lereng gunung Fatu Timau dan Mutis termasuk dalam jajarna lembah terindah di Indonesia.

Baca juga : 35+ SAVANA, LEMBAH, & SABANA TERINDAH DI GUNUNG SELURUH INDONESIA

9 TANA TORAJA

Tana Toraja merupakan sebuah wilayah kabupaten di provinsi Sulawesi Selatan. Lokasinya juga merupakan sebuah dataran tinggi dan sangat terkenal dengan warisan budayanya.

Wilayah Tana Toraja berada di ketinggian 1400 mdpl. Lokasinya memang berada di lereng-lereng pegunungan besar di Sulsel. Sebut saja Pegunungan Latimojong.

Tana Toraja sangat terkenal dengan budayanya, antara lain Tradisi Ma’nene, tradisi khas Tana Toraja yang juga telah dijadikan wisata populer yang berlokasi di Baruppu, di Toraja Utara. Tradisi ini adalah tradisi membersihkan dan mengganti baju mayat leluhur Toraja. Selain itu, ada pula tradisi Upacara Rambu Solo, Kete Kesu dengan rumah Tongkonan Toraja, dan kompleks kuburan Toraja, Londa yang berada di sebuah tebing batu Toraja.

10 BERASTAGI

Berastagi adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Wilayah tersebut berada di ketinggian 1300 mdpl. Dan lokasinya berada di lereng gunung api terkenal di Sumut yaitu Gunung Sinabung, Gunung Sibayak, dan Gunung Sibuatan.

Berastagi dikenal sebagai wilayah yang dingin. Jika kalian ingin mendaki gunung-gunung tadi, jangan lupa untuk singgah di Berastagi.

11 WAE REBO

Wae Rebo terkenal sebagai kampung di atas awan yang ada di Manggarai, Flores. Wilayah Wae Rebo berada di ketinggian 1200 mdpl. Jika dibangingkan dengan wilayah tertinggi lainnya, Wae Rebo memang kalah tinggi jauh. Namun lokasinya unggul dari sisi budaya dan sejarah.

Wae Rebo disebut-sebut sebagai kampung yang unik. Lokasinya menyendiri di gunung, dan hanya terdiri dari 7 rumah utama yang bentuknya sangat tradisional. Kemudian, para penghuninya juga bukan suku asli Flores, melainkan suku Minang dari Sumatera Barat.

12 SEMBALUN

Posisi terakhir yaitu Desa Sembalun. Nama ini sangat terkenal di kalangan para pendaki. Betul, Desa Sembalun di kaki Gunung Rinjani, Lombok, NTB.

Desa Sembalun berada di ketinggian 1150 mdpl. Dan memiliki suhu yang dingin. Sembalun juga menjadi lokasi start pendakian resmi menuju Gunung Rinjani. Wilayahnya yang asri dan religius menjadkan Sembalun sebagai lokasi yang nyaman untuk dikunjungi.

Baca juga : ASAL-USUL GUNUNG RINJANI

Kemudian, jika kalian tidak kuat jika harus mendaki Gunung Rinjani, ada alternatif lain yang juga bisa dilakukan melalui Desa Sembalun. Yakni mendaki Bukit Pergasingan. Bukit Pergasingan sendiri juga terletak di Sembalun. Lokasinya tidak setinggi Rinjani, dan pendakiannya mudah. Tapi pemandangannya tidak kalah dengan Gunung Rinjani. Kalian akan melihat pematang sawah kotak-kotak yang eksotis. Dan juga jika menoleh ke depan ada Punggung Gunung Rinjani.

REFERENSI

bps.go id

No comment for 12 DESA TERTINGGI DI INDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post to 12 DESA TERTINGGI DI INDONESIA

Top 10 Gunung dengan Rekor Dunia yang Ada di Nusantara

Posted at 20/03/2020

Gunung dengan rekor dunia ada di Indonesia. Salah satunya yakni Gunung Toba. Ya, Gunung Toba. Gunung tersebut adalah gunung purbakala yang meletus sangat dahsyat... Read More

GUNUNG UNTUK PEMULA

50+ GUNUNG UNTUK PEMULA DI PULAU JAWA LENGKAP

Posted at 05/02/2020

Beberapa pendaki yang belum pernah mendaki gunung sebelumnya, kerap kali meminta info gunung untuk pemula. Hmm… tapi sebelum kita mengulas lebih lanjut, mari ketahui... Read More

Ini Dia Gunung-Gunung Terluar Indonesia

Posted at 05/02/2020

Jika telah mengenal pulau-pulau terluar Indonesia, tapi kalian sudah tahu gunung-gunung terluar Indonesia? Indonesia merupakan negara kepulauan dan juga memiliki banyak sekali gunung. Dari... Read More

Ada Lho..Satu Gunung Berada di Empat Provinsi Sekaligus di Indonesia

Posted at 04/02/2020

Ada lho… satu gunung berada di empat provinsi sekaligus. Tahu tidak kalau beberapa gunung di Indonesia terletak di banyak wilayah perbatasan? Ada gunung yang... Read More

kaldera terbesar

8 GUNUNG DENGAN KALDERA TERBESAR DI INDONESIA

Posted at 03/02/2020

Gunung dengan kaldera terbesar di Indonesia tersebar di berbagai wilayah. Mulai dari Sumatera, Jawa, dan juga NTB. Kira-kira apa saja gunung tersebut? Nah, sebelum... Read More