HOME
Home » DAFTAR TER- » 20+ Gunung yang Terkenal dengan Wisata Religi Umat Muslim, Hindu-Buddha & Katolik

20+ Gunung yang Terkenal dengan Wisata Religi Umat Muslim, Hindu-Buddha & Katolik

Posted at January 29th, 2020 | Categorised in DAFTAR TER-

Gunung bukan hanya menjadi tujuan pendakian semata namun juga menjadi tempat wisata religi umat muslim, Hindu-Buddha, & Katolik. Indonesia yang memiliki banyak sekali gunung tersebar dari Aceh sampai Papua di antaranya terkenal dengan wisata religinya.

Apa yang dimaksud dengan wisata religi?

Wisata artinya berpergian bersama-sama menuju suatu tempat untuk memperluas pengetahuan atau bersenang-senang. Religi artinya rohani, keagamaan, keimanan. Maka, wisata religi bisa diartikan sebagai berpergian menuju suatu tempat untuk menambah pengetahuan rohani dan keimanan.

Wisata religi secara umum memiliki tempat di kota-kota yang bersejarah, di tempat-tempat ibadah seperti masjid, keraton, vihara, gereja, dan sebagainya. Namun, tak sedikit pula wisata religi yang bertempat di puncak-puncak gunung. Hal ini dikarenakan di wilayah gunung tersebut memiliki sejarah keagamaan yang kental. Atau menjadi tempat penyebaran agama tertentu sehingga disakralkan.

Nah, infoPendaki.com akan membahan gunung-gunung di Indonesia yang terkenal dengan wisata religinya. Penasaran apa aja ?

Daftar Gunung Wisata Religi

No Gunung Lokasi Ikonik
1 Lawu Tawangmangu Hargo Dalem
2 Muria Kudus Makam Sunan Muria
3 Kawi Malang Keraton Gunung Kawi
4 Tidar Magelang Makam Syaikh Subakir
5 Kemukus Sragen Ritual pesugihan & seks
6 Karang Pandeglang Makam Ki Ageng Karan
7 Haruman Garut Makam Syeh Jafar Sidik
8 Bromo Jawa Timur Pura Luhur Poten
9 Agung Bali Pura Besakih
10 Tajam Belitung Makam Syekh Abubakar Abdullah
11 Pusuk Buhit Samosir Ritual orang Batak
12 Lakaan NTT Patung Maria
13 Bawakaraeng Gowa, Sulses Lebaran haji
14
15
16
17
18
19
20

*list belum sampai 20, bagi pembaca yang mau menambahkan silahkan ditulis di kolom komentar

1 Gunung Lawu

Gunung Lawu termasuk dalam daftar gunung terangker di Tanah Jawa. Hal tersebut dinyatakan berdasarkan kisah-kisah masa lalu, cerita para pendaki, serta kejadian-kejadian misterius yang berujung pada kematian tragis. Penasaran dengan kisah tersebut?

Baca juga: TOP 10 GUNUNG TERANGKER DI TANAH JAWA

Selain terkenal karena keangkerannya, Gunung Lawu juga dikenal sebagai gunung wisata religi. Wisata religi di Gunung Lawu lebih bersifat ‘kebatinan’ dan tidak bersifat keagamaan.

Puncak hari paling sakral yaitu setiap malam 1 syuro (tanggal Jawa). Banyak masyarakat yang mendaki Lawu dan bersemedi di tempat-tempat yang disediakan di puncak sana. Tidak hanya itu, di hari-hari biasa juga tak jarang Gunung Lawu didatangi oleh orang-orang yang memiliki maksud tertentu.

Hargo Dalem, yakni sebuah tempat petilasan yang diyakini sebagai tempat moksa (meleburnya ruh dalam Hindu-Buddha) Raja terakhir Majapahit, Brawijaya V. Di Hargo Dalem tersebut sering menjadi tempat orang bersembahyang meminta doa. Begitu kira-kira penuturan Mbok Yem, penjual nasi pecel di Gunung Lawu.

2 Gunung Muria

Masih di Jawa Tengah, yakni Kabupaten Kudus, Gunung Muria menjadi tempat yang sangat terkenal sebagai wisata religi umat Muslim. Kudus sendiri sudah memiliki ciri khas akan sejarah perkembangan Islam di Jawa. Nama “Kudus” konon diambil dari kata “Al Quds” yaitu masjid paling bersejarahnya umat Muslim.

Di salah satu puncak Gunung Muria terdapat sebuah makam tokoh mashyur yaitu Sunan Muria. Beliau adalah salah satu wali dari 9 wali yang menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa.

Oleh sebab itu wilayah Gunung Muria sangat terkenal dengan wisata ziarah ke makam wali Sunan Muria.

3 Gunung Kawi

Gunung Kawi terletak di Malang, Jawa Timur. Lokasinya berdekatan dengan beberapa puncak gunung lain yaitu Gunung Butak dan Gunung Panderman. Selain objek pendakian, Gunung Kawi juga terkenal dengan wisata religinya.

Di kaki gunung Kawi banyak dijumpai situs situs peninggalan sejarah khas Tiongkok. Di sepanjang jalan kita akan menemui bangunan bangunan dengan arsitektur khas Tiongkok, dimana terdapat sebuah kuil/klenteng tempat untuk bersembahyang atau melakukan ritual khas Kong Hu Cu. Di sepanjang jalan juga banyak terdapat penginapan baik itu hotel, losmen, atau bahkan rumah penduduk dapat juga disewa untuk dijadikan tempat menginap.

Baca juga: Wisata Religi Gunung Kawi

Salah satu tempat ikonik di Gunung Kawi yaitu keraton Gunung Kawi. Tempat tersebut menjadi objek wisata religi bagi umat Kong Hu Cu.

4 Gunung Tidar

Di Magelang, Jawa Tengah, terdapat sebuah gunung kecil (bukit) yang terkenal sebagai tempat wisata religi. Yaitu Gunung Tidar. Lokasinya yang strategis karena dilalui jalan raya utama menjadikan Gunung Tidar sangat dikenal masyarakat.

Gunung Tidar hanya berketinggian 503 mdpl. Dan sudah ada anak tangga hingga ke puncaknya. Nama “Tidar” konon diambil karena sejarah gunung ini yang kelam. Tidar diambil dari kata “mati” dan “modar” maksudnya jika lari ke gunung ini kalau tidak mati ya modar. Begitu kira-kira. Hal ini berkaitan erat dengan zaman penjajahan dulu.

Wisata religi di Gunung Tidar adalah wisata ziarah ke makam para wali. Makam Syekh Subakhir adalah yang menjadi tujuan utama ziarah. Syekh Subakhir adalah tokoh wali dalam Islam yang sangat terkenal pada masa awal penyebaran Islam dari peralihan Majapahit hingga berdirinya Mataram Islam.

Selain ziarah ke Makam Syekh Subakhir, pengunjung bisanya juga berziarah ke makam lain yang juga bertempat di Gunung Tidar. Yakni Makam Kyai Sepanjang dan Makam Kyai Semar.

5 Gunung Kemukus

Gunung Kemukus sebenarnya adalah sebuah bukit kecil yang lama-kelamaan karena tempat tersebut disakralkan oleh masyarakat kemudian berdiri banyak pemukiman.

Gunung Kemukus terletak di Sragen, Jawa Timur. Gunung ini sangat terkenal namun dalam tanda kutip yang negatif. Gunung Kemukus adalah tempat ritual pesugihan dan seks. Begitu kira-kira kata-kata yang lumrah di masyarakat.

Juru kunci Gunung Kemukus menuturkan perihal sejarah yang asli seperti berikut:

Pangeran Samodro adalah seorang putra raja Majapahit. Beliau melarikan diri bersama ibu tirinya bernama Nyai Ontrowulan menuju Gunung Kemukus. Namun kemudian mereka berdua dibunuh oleh pasukan Demak dan dimakamkan di sana. Pangeran Samodro berwasiat, bahwa siapa saja yang nantinya datang berziarah harus mempunyai hati yang senang, percaya, dan mantap seperti akan datang ke rumah kekasihnya.

Wasiat tersebut disalah tafsirkan. “Hati yang senang” dan “Kekasih” ditafsirkan menjadi hubungan intim bersama kekasih. Penafsiran tersebut semakin dikuatkan oleh watak masyarakat yang percaya mitos dan semakin kuat lagi karena dibumbui dengan faktor ekonomi.

Mahasiswa dari UGM telah melakukan penelitian yang mengungkapkan bahwa ‘salah tafsir’ di Gunung Kemukus tetap bertahan karena faktor ekonomi dari masyarakat yang menyewakan losmen untuk para peziarah. Mereka tetap menghembuskan isu tersebut karena takut pendapatan hilang.

Gunung Kemukus didatangi 8000 peziarah pada malam tersakralnya yakni malam Jumat Pon. Setelah berziarah ke Makam Pangeran Samodro, para peziarah melakukan ritual seks dengan pasangannya. Hubungan seks dilakukan sebanyak 7 kali dalam 35 hari. Tujuan dilakukannya ritual seks tersebut yakni demi mendapat pesugihan. Rata-rata pelaku ritual tersebut adalah pengusaha kelas kecil dan orang dengan ekonomi rendah.

6 Gunung Karang

Di Pandeglang, Banten, Gunung Karang menjadi tempat wisata religi bagi kaum Muslim. Wisata religi tersebut bersifat ziarah menuju makam-makam para wali yang berjasa menyebarkan agama Islam di Nusantara.

Adapun makam para wali yang terdapat di Gunung Karang yaitu Makam Syekh Kamaludin, Makam Ki Suba, Makam Ki Subi, Makam Ki Kama, Makam Ki Nata, dan Makam Ki Karan.

Menurut cerita tokoh setempat, presiden ketiga RI, yang juga seorang tokoh agama yaitu Gus Dur, pernah mengatakan bahwa di Gunung Karang dulunya adalah menjadi pesantren tertinggi di Indonesia. Namun tidak diketahui lagi sekarang. Karena banyak wali yang meninggal di puncak gunung dan tidak ditemukan makamnya. Bahkan ada sampai ratusan.

7 Gunung Haruman

Gunung Haruman di Garut juga menjadi tempat wisata religi umat Muslim di Jawa Barat. Garut juga merupakan wilayah yang kental akan agama Islam dan peninggalan sejarahnya. Di Gunung Haruman sendiri terdapat makam wali yang mashyur sebagai penyebar agama Islam di wilayah setempat yakni Syekh Abdul Jabar dan Syekh Ja’far Shidiq.

8 Gunung Bromo

Selain sebagai tempat wisata yang sangat ramai dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara karena keindahannya, Bromo juga menjadi lokasi wisata religi terutama bagi umat Hindu.

Terdapat bangunan pura yang terlekak tidak jauh dari kaki Bromo, yaitu Pura Luhur Poten. Pura tersebut dijadikan tempat ibadah bagi umat Hindu masyarakat Tengger.

Pura Luhur Poten dianggap sebagai tempat peristirahatan sang hyang widhi yang dipuji oleh ummat Hindu. Pura tersebut dibangun pada tahun 2000 oleh masyarakat Tengger dan dijadikan sebagai salah satu tempat sakral dalam upacara Kasada.

Baca juga: Tentang Gunung Bromo

9 Gunung Agung

Gunung Agung adalah gunung tertinggi di Bali, sekaligus gunung yang disakralkan oleh masyarakat Bali. Di kaki gunung ini terdapat sebuah pura yang sangat ikonik dan terkenal, yaitu bernama Pura Besakih.

Pura Besakih menjadi tempat ibadah bagi ummat Hindu di Bali. Beberapa ritual keagamaan juga melibatkan Gunung Agung seperti ritual Pekelem. Yaitu ritual mengorbankan kerbau hitam dan putih ke dalam kawah Gunung Agung.

10 Gunung Tajam

Di Pulau Belitung juga terdapat sebuah gunung bernama Gunung Tajam. Di bagian puncaknya terdapat sebuah makam tokoh terkemuka yang menyebarkan agama Islam di Belitung yaitu Syekh Abubakar Abdullah. Gunung Tajam juga dikenal sebagai tempat wisata religi bagi umat Muslim di Belitung.

Baca juga: Tentang Gunung Tajam di Belitung

11 Gunung Pusuk Buhit

Di Sumatera Utara, tempatnya di pulau Samosir, terdapat sebuah gunung kecil yang bernama Pusuk Buhit. Gunung ini dikeramatkan oleh masyarakat setempat yang merupakan suku Batak. Konon katanya gunung Pusuk Buhit adalah tempat asal-usul suku Batak. Oleh sebab itu di puncaknya terdapat tempat sebagai sesembahan dan ritual masyarakat Batak.

Selain menikmati keindahan dari Danau Toba, mendaki Pusuk Buhit juga dijadikan wisata religi bagi masyarakat suku Batak.

12 Gunung Lakaan

Gunung Lakaan merupakan gunung keramat bagi masyarakat Suku Belu (masyarakat asli Pulau Timor bagian barat). Secara administratif, Gunung Lakaan masuk dalam kawasan Kecamatan Lamaknen Selatan, Kabupaten Belu, NTT.

Gunung Lakaan dijadikan sebagai tempat nenek moyang masyarakat Suku Belu. Seratus meter sebelum mencapai puncak, terdapat patung Maria sebagai simbolis bahwa Gunung Lakaan adalah tempat sakral dan menjadi tempat wisata religi bagi umat Katolik.

13 Gunung Bawakaraeng

Gunung Bawakaraeng di Sulawesi Selatan memiliki tradisi khas yang berkaitan erat dengan ibadah umat Muslim. Yaitu ibadah lebaran Haji.

Di agama Islam, ibadah Haji dilakukan di Mekkah, Arab Saudi. Namun bagi masyarakat lereng Bawakaraeng, mereka memiliki tradisi mendaki Gunung Bawakaraeng dan melakukan sholat Idul Adha di puncaknya, dimana hari tersebut bertepatan dengan ibadah Haji di Mekkah.

Masyarakat Bawakaraneng mengatakan bahwa tradisi tersebut bukan maksud apa-apa, tapi hanya sebatas doa kepada Yang Kuasa supaya di kemudian hari mereka bisa pergi berhaji sesungguhnya di Mekkah.


Nah, itu dia daftar gunung yang terkenal dengan wisata religinya bagi umat Muslim, Hindu, Buddha, dan Katolik. Masih ada slot kosong dalam daftar, bagi para pembaca yang memiliki informasi bisa menambahkannya melalui kolom komentar.

No comment for 20+ Gunung yang Terkenal dengan Wisata Religi Umat Muslim, Hindu-Buddha & Katolik

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post to 20+ Gunung yang Terkenal dengan Wisata Religi Umat Muslim, Hindu-Buddha & Katolik

Top 10 Gunung dengan Rekor Dunia yang Ada di Nusantara

Posted at 20/03/2020

Gunung dengan rekor dunia ada di Indonesia. Salah satunya yakni Gunung Toba. Ya, Gunung Toba. Gunung tersebut adalah gunung purbakala yang meletus sangat dahsyat... Read More

GUNUNG UNTUK PEMULA

50+ GUNUNG UNTUK PEMULA DI PULAU JAWA LENGKAP

Posted at 05/02/2020

Beberapa pendaki yang belum pernah mendaki gunung sebelumnya, kerap kali meminta info gunung untuk pemula. Hmm… tapi sebelum kita mengulas lebih lanjut, mari ketahui... Read More

Ini Dia Gunung-Gunung Terluar Indonesia

Posted at 05/02/2020

Jika telah mengenal pulau-pulau terluar Indonesia, tapi kalian sudah tahu gunung-gunung terluar Indonesia? Indonesia merupakan negara kepulauan dan juga memiliki banyak sekali gunung. Dari... Read More

desa tertinggi di indonesia

12 DESA TERTINGGI DI INDONESIA

Posted at 04/02/2020

Kira-kira desa tertinggi di Indonesia ada dimana? Kalau saja di Pegunungan Jaya Wijaya terdapat desa yang tercantum di BPS statistik nasional, mungkin wilayah itu... Read More

Ada Lho..Satu Gunung Berada di Empat Provinsi Sekaligus di Indonesia

Posted at 04/02/2020

Ada lho… satu gunung berada di empat provinsi sekaligus. Tahu tidak kalau beberapa gunung di Indonesia terletak di banyak wilayah perbatasan? Ada gunung yang... Read More