HOME
Home » DAFTAR TER- » 20+ Legenda Asal-Usul Gunung yang Ada di Indonesia

20+ Legenda Asal-Usul Gunung yang Ada di Indonesia

Posted at January 28th, 2020 | Categorised in DAFTAR TER-

Asal-usul gunung yang ada di Indonesia terbilang cukup banyak. Selain karena di Indonesia memang terdapat banyak gunung, budaya yang ada juga semakin mengentalkan keberadaan cerita-cerita atau legenda tentang gunung-gunung tersebut.

Berdasarkan kamus besar Bahasa Indonesia, kata ‘legenda’ memiliki arti: cerita rakyat pada zaman dahulu yang ada hubungannya dengan peristiwa sejarah. Maka dari itu, banyak sekali gunung di Indonesia yang memiliki cerita legenda yang turun temurun diceritakan dari generasi ke generasi.

Cerita-cerita tersebut berkaitan erat dengan asal-usul gunung, berdirinya gunung, atau terciptanya gunung. Karena certia rakyat, tentu secara riil tidak nyata. Namun itulah namanya budaya, dan kita perlu menjaga serta melestarikannya.

Nah, Infopendaki.com telah merangkum beberapa list atau daftar gunung yang memiliki cerita legeda atau asal-usul berdirinya. Beberapa yang lain belum masuk dalam daftar, jika para pembaca memiliki referensi bagus bisa menambahkannya di kolom komentar.

Daftar Legenda Asal-Usul Gunung

No Nama Lokasi Legenda
1 Gunung Kaba Bengkulu Tempat jatuhnya bayi Sang Dewi
2 Gunung Bromo Jawa Timur Roro Anteng dan Joko Seger
3 Gunung Semeru Jawa Timur Gunung dari India
4 Gunung Penanggungan Jawa Timur Potongan dari puncak Semeru
5 Gunung Kelud Jawa Timur Dyah Ayu dan Lembu Surya
6 Gunung Tangkuban Perahu Jawa Barat Sangkuriang dan Dayang Sumbi
7 Gunung Slamet Jawa Tengah Penyeimbang pulau Jawa
8 Gunung Agung Bali Potongan dari puncak Semeru
9 Gunung Sangiang Api NTB Batok kelapa dua saudara
10 Gunung Lokon-Empung Sulut Warerah yg mengintip para dewa
11 Gunung Rokatenda NTT Pemuda yg digoda bidadari
12 Gunung Kelimutu NTT Pertarungan Ata Bupu,Ata Polo, Ko’ofai dan Nawa Muri
13 Gunung Sabampolulu Sultra Pertarungan antara jin penjaga gunung
14 Gunung Nona Sulsel Masyarakat yg berhubungan intim di luar nikah
15 Gunung Niut Kalbar Wanita buruk rupa dari Dayak
16 Gunung Batudaya Kalbar Anak yang ditinggal nyuci ibunya
17 Gunung Iya NTT Laki-laki yang ditolak cintanya
18
19
20

Legenda asal-usul gunung turun temurun diceritakan oleh masyarakat. Rata-rata legenda di Pulau Jawa dan Bali berasal dari kepercayaan agama Hindu-Budha. Beberapa di antaranya dipengaruhi oleh cerita masa-masa kerajaan. Sedangkan legenda gunung di wilayah Maluku, NTT, Sulawesi biasanya lebih bersifat animisme atau kepercayaah terhadap makhluk halus.

1 Asal-Usul Gunung Kaba

Gunung Kaba adalah sebuah gunung wisata yang berada di Bengkulu. Gunung tersebut telah tersedia tangga pendakian sehingga siapa saja bisa menikmati pemandangan Gunung Kaba.

Bagi masyarakat Bengkulu mereka memiliki cerita rakyat yang berkaitan dengan asal-usul Gunung Kaba, atau disebut juga Bukit Kaba. Yaitu kisah tentang manusia dan bidadari.

Seorang manusia tengah memainkan seruling hingga seorang bidadari terpesona. Bidadari tersebut ditugasi untuk menjaga bayi milik Sang Dewi. Namun karena terlena, bayi yang dijaganya jatuh ke bumi. Konon tempat jatuhnya Sang bayi itulah yang menjadi Gunung Kaba.

2 Asal-Usul Gunung Bromo

Gunung Bromo terletak di dalam kaldera raksasa yang disebut Kaldera Tengger. Nama “Tengger” diambil dari akhiran nama dari pasangan Roro Anteng dan Joko Seger. Roro Anteng dan Joko Seger adalah pasangan suami istri yang tak kunjung dikaruniai anak.

Kemudian pasangan tersebut diberi 25 orang anak oleh Sang Dewa namun dengan syarat satu di antaranya harus dikorbankan. Maka dipilihlah salah satu anaknya yang terakhir bernama Jaya Kusuma dan dicebutkan di kawah sebuah gunung yang kemudian disebut Gunung Bromo. Dari situlah kemudian hingga saat ini dikenal sebuah tradisi mengorbankan harta benda ke dalam kawah Bromo. Tradisi tersebut bernama “Kasada”.

3 Asal-Usul Gunung Semeru

Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di Pulau Jawa. Asal-usul Gunung Semeru sangat kental dengan kepercayaan dewa-dewa.

Menurut legenda yang dikisahkan turun-temurun, Dewa Wisnu dan Dewa Brahma membawa gunung raksasa dari Jawadwipa (India) menuju tanah Jawa. Tanah Jawa dipilih karena menjadi lokasi yang subur untuk dijadikan pusat kehidupan selanjutnya. Gunung tersebut akan diletakkan di Jawa karena tanah Jawa terombang-ambing di lautan. Namun saat membawa gunung raksasa tersebut terjatuh potongan-potongannya. Dan kemudian ditancapkanlah potpngan tubuh gunung yang terbesar di wilayah sebelah timur. Yang kemudian disebut dengan Gunung Semeru.

Puncak Semeru diyakini sebagai gerbang menuju kahyangan. Oleh sebab itu di lokasi plawangan atau batas keluar hutan, dipercaya dijaga oleh dua dewa kembar yang disebut Arcopodo.

4 Asal-Usul Gunung Penanggungan

Gunung Penanggungan juga terletak di Jawa Timur. Gunung ini juga memiliki kisah legenda asal-usul yang sama dengan Semeru. Konon katanya gunung Penanggungan adalah puncak gunung Semeru yang terpotong dan terlempar. Maka dari itu Gunung Penanggungan sering juga disebut sebagai “miniatur Semeru” karena memang bentuknya mirip sekali dengan puncak Gunung Semeru.

Kisah asal muasal Gunung Penanggungan satu alur dengan Semeru. Yakni merupakan rontokkan dari gunung raksasa yang dibawa dari Jawadwipa (India) oleh para dewa. Bagian puncak gunung raksasa tersebut terlempar dan kemudian menjadi Gunung Penanggungan.

5 Asal-Usul Gunung Kelud

Gunung Kelud memiliki cerita legenda asal-usul yakni tentang penghianatan cinta oleh Dyah Ayu kepada Lembu Surya. Dahulu ada seorang putri raja bernama Dyah Ayu Pusparani yang merupakan putri Raja Brawijaya dari Kerajaan Majapahit. Ia mengadakan sayembara untuk mencari seorang suami. Terpilihlah seorang bernama Lembu Surya. Namun ternyata sosok Lembu Surya tidak sesuai dengan kriteria Dyah Ayu, sehingga Dyah Ayu mengajukan syarat kepada Lembu Surya untuk membuat sumur di Puncak Kelud. Lembu Surya menyanggupi dan menggali lubang sumur di Puncak Kelud. Saat tengah menggali sumur, Lembu Surya dikubur oleh Dyah Ayu bersama sumur yang digalinya. Konon letusan demi letusan Gunung Kelud adalah amarah Lembu Surya.

Baca lengkap di: Pendakian Gunung Kelud

6 Asal-Usul Gunung Tangkuban Perahu

Dari namanya saja bisa diartikan: Perahu yang Terbalik. Legenda Tangkuban Perahu merupakan salah satu yang paling terkenal. Yakni tentang Sangkuriang yang sakti mandraguna.

Sangkuriang mencintai seorang wanita cantik yang usut punya usut ternyata adalah ibu kandungnya sendiri yang awet muda dan telah terpisah dengan anaknya, Sangkuriang, sejak kecil. Wanita itu bernama Dayang Sumbi.Sangkuriang meminang Dayang Sumbi tanpa tahu kalau ia adalah ibu kandungnya. Dayang Sumbi lantas memberikan syarat yang sangat berat, yakni Sangkuriang harus membuat telaga dan perahu besar dalam satu malam hingga batas subuh hari. Sangkuriang menyanggupinya, dan ia hampir menyelesaikan tugasnya itu. Dayang Sumbi menyuruh ayam untuk segera berkokok supaya menandakan subuh sudah tiba. Benar saja, ayam berkokok dan Sangkuriang pun telah gagal. Karena marah besar, Sangkuriang menendang perahu yang dibuatnya hingga terbang dan jatuh tengkurap dan jadilah Gunung Tangkuban Perahu.

7 Asal-Usul Gunung Slamet

Gunung Slamet memiliki legenda yang sama dengan Semeru. Yakni sebuah gunung yang ditancapkan di tanah Jawa sebagai penyeimbang. Konon Gunung Slamet memiliki keistimewaan tersendiri karena para dewa menancapkannya tepat di tengah-tengah pulau Jawa.

Keistimewaan tersebut sejalan dengan penamaan “Slamet” yang sama artinya dengan “Selamat”. Gunung tersebut dipercayai oleh masyarakat sebagai pembawa selamat. Artinya membawa ketentraman dan kedamaian. Namun di balik semua itu sebuah mitos mengerikan juga dipercayai oleh masyarakat. Yakni ramalan Jayabaya seorang raja Majapahit mengatakan bahwa jika Gunung Slamet meletus dahsyat maka Pulau Jawa akan terbelah menjadi dua.

8 Asal-Usul Gunung Agung

Gunung Agung di Bali juga kental dengan kepercayaan Hindu Buddha. Asal-usul Gunung Agung tidak lepas dari kisah Semeru dan para dewa.

Salah satu catatan di Babad Pasek mengisahkan bahwa dahulu Hyang Pasupati menempatkan tiga gunung di Nusa Bali, yakni Gunung Lempuyang di timur, Gunung Watukaru di Barat, dan Gunung Bratan di utara. Namun ternyata belum menyeimbangkan Nusa Bali. Maka dipotonglah puncak Gunung Semeru, lalu ditancapkan di tengah-tengah Nusa Bali. Puncak tersebut dinamakan “Tolangkir” yang sekarang bernama “Gunung Agung”.

9 Asal-Usul Gunung Sangiang Api

Di provinsi NTB terdapat sebuah pulau kecil bernama Pulau Sangeang (atau Sangiang). Pulau tersebut sebenarnya adalah sebuah gunung api aktif yang memiliki dua kubahan. Legenda menceritakan bahwa dahulu ada dua bayi kembar yang terpisah. Masing-masing ditinggali setengah batok kelapa dengan harapan supaya suatu saat mereka saling mengenali satu sama lain.

Namun setelah dewasa ternyata mereka bertemu sebagai musuh. Masing-masing membawa kapal dan berperang di lautan. Hingga kapal terbalik dan keduanya akhirnya tersadar setelah mereka melihat batok kelapa yang dibawa masing-masing. Kemudian kapal yang terbalik menjelma menjadi sebuah gunung.

Baca lengkapnya di: Pendakian Gunung Sangiang Api

10 Legenda Gunung Lokon Empung & Klabat

Legenda yang telah diceritakan turun-temurun mengisahkan bahwa dahulu Gunung Lokon menjadi tempat turunnya Dewa. Suatu saat ada manusia bernama “Warerah” yang mengintip ke dunia langit. Hal tersebut menyebabkan dewa marah dan mengejar Warerah. Meski demikian, Warerah justru tidak takut. Ia pun memotong Puncak Gunung Lokon hingga terlempar jauh ke utara dan menjadi Gunung Klabat, kemudian dipotong lagi dan terlempar ke lautan dan menjadi Gunung Manado Tua.

11 Asal-Usul Gunung Rokatenda

Konon dahulu ada sebuah danau tempat mandi para bidadari. Suatu ketika, ada seorang laki-laki tampan berperawakan menarik yang mengunjungi danau tersebut dan bersemedi. Salah satu bidadari terpikat dengan ketampanan laki-laki tersebut dan menggodanya, namun si laki-laki tetap dalam semedinya. Melihat hal tersebut, Penguasa Alam menghukum si bidadari dengan membuangnya dari kelompoknya. Sedangkan si laki-laki dikutuk menjadi sosok yang penuh bulu karena ketampanannya membuat orang lain terlena. Namun demikian, keteguhan hati si laki-laki tersebut akan tersebar di kalangan masyarakat sekitar. Sejak saat itu danau ternoda tersebut berubah menjadi sebuah gunung api dan menjadi pengingat bagi manusia.

12 Asal-Usul Gunung Kelimutu

Legenda Kelimutu diceritakan dari pertarungan sengit antara Ata Polo dan Ata Bupu seorang yang sama-sama sakti. Ata Bupu melindungi dua anak muda Ko’ofai (gadis muda) dan Nuwa Muri (laki-laki muda) dari Ata Polo yang jahat. Namun pada akhirnya Ata Bupu kalah dan tenggelam dalam bumi. Ata Polo ternyata juga termakan kekuatannya sendiri dan tenggelam ke dalam bumi. Dua anak muda juga ikut masuk ke dalam bumi. Dan jadilah 3 danau kawah Gunung Kelimutu.

Baca lebih lengkap di: Kisah Gunung Kelimutu

13 Asal-Usul Gunung Sabampolulu

Dahulu ada dua gunung yang saling berhadap-hadapan yang masing-masing dijaga oleh jin yang kuat. Karena terjadi krisis air, terjadilah pertempuran antar kedua penjaga gunung tersebut yang mengakibatkan salah satu puncak terbongkah. Gunung itulah yang bernama Sabampolulu, yang terkenal dengan puncaknya yang terbongkah.

14 Asal-Usul Gunung Nona

Gunung Nona di Sulawesi Selatan memiliki cerita legenda, konon dahulu terdapat masyarakat yang sering berhubungan intim di luar nikah dan menghiraukan seruan rajanya. Dan akhirnya datang azab. Masyarakat tersebut berubah menjadi gunung-gunung yang berbentuk seperti alat vital wanita.

Baca lengkapnya di: Cerita Gunung Nona

15 Asal-Usul Gunung Niut

Gunung Niut di Kalimantan Barat memiliki kisah legenda yakni tentang seorang anak perempuan buruk rupa bernama Niut. Ia meminta wajah cantik namun dengan kutukan siapapun yang menikahirnya akan mati. Niut menikah dan kesembilan suaminya mati. Hingga suami kesepuluh mengetahui tentang kutukan tersebut dan ia mengetahui kelemahan Niut. Pada akhirnya Niut lah yang mati. Dan ia dikuburkan di sebuah gunung bernama Gunung Niut.

16 Asal-Usul Gunung Batu Daya

Batu Daya di Kalbar diceritakan memiliki kisah legenda seperti ini: dahulu seorang anak bernama Daya duduk di atas batu. Sedangkan ibunya mencuci pakaian di pinggir sungai. Karena sibuk mencuci si ibu lupa dengan anaknya. Daya memanggil-manggil ibunya namun tak terdengar. Si ibu pun menoleh ke belakang dan betapa kagetnya karena batu yang diduduki anaknya telah menjelma menjadi batu raksasa sebesar gunung. Dan kemudian dijuluki Batu Daya.

17 Asal-Usul Gunung Iya

Gunung Iya di NTT memiliki kisah legenda yakni dahulu seorang laki-laki bernama Iya mengungkapkan cintanya kepada perempuan bernama Meja. Namun cintanya ditolak karena Meja mencintai laki-laki lain yaitu Wongge. Iya yang buta hati melampiaskan amarahnya dan menebas kepala Meja hingga terpental ke laut. Sejak saat itu Meja menjelma menjadi Gunung Meja yang berada tepat di samping sebuah gunung yang aktif seperti seorang yang sedang merokok dan pemarah, yaitu Gunung Iya.

Bagi para pembaca yang mau menambahkan kisah legenda asal-usul gunung di Indonesia silahkan di kolom komentar.

1 Comment for 20+ Legenda Asal-Usul Gunung yang Ada di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post to 20+ Legenda Asal-Usul Gunung yang Ada di Indonesia

Top 10 Gunung dengan Rekor Dunia yang Ada di Nusantara

Posted at 20/03/2020

Gunung dengan rekor dunia ada di Indonesia. Salah satunya yakni Gunung Toba. Ya, Gunung Toba. Gunung tersebut adalah gunung purbakala yang meletus sangat dahsyat... Read More

GUNUNG UNTUK PEMULA

50+ GUNUNG UNTUK PEMULA DI PULAU JAWA LENGKAP

Posted at 05/02/2020

Beberapa pendaki yang belum pernah mendaki gunung sebelumnya, kerap kali meminta info gunung untuk pemula. Hmm… tapi sebelum kita mengulas lebih lanjut, mari ketahui... Read More

Ini Dia Gunung-Gunung Terluar Indonesia

Posted at 05/02/2020

Jika telah mengenal pulau-pulau terluar Indonesia, tapi kalian sudah tahu gunung-gunung terluar Indonesia? Indonesia merupakan negara kepulauan dan juga memiliki banyak sekali gunung. Dari... Read More

desa tertinggi di indonesia

12 DESA TERTINGGI DI INDONESIA

Posted at 04/02/2020

Kira-kira desa tertinggi di Indonesia ada dimana? Kalau saja di Pegunungan Jaya Wijaya terdapat desa yang tercantum di BPS statistik nasional, mungkin wilayah itu... Read More

Ada Lho..Satu Gunung Berada di Empat Provinsi Sekaligus di Indonesia

Posted at 04/02/2020

Ada lho… satu gunung berada di empat provinsi sekaligus. Tahu tidak kalau beberapa gunung di Indonesia terletak di banyak wilayah perbatasan? Ada gunung yang... Read More