HOME
Home » Teh Gunung » 20+ Perkebunan Teh Terkenal dari Lereng Gunung di Indonesia

20+ Perkebunan Teh Terkenal dari Lereng Gunung di Indonesia

Posted at January 31st, 2020 | Categorised in Teh Gunung

Teh merupakan salah satu hasil kebun yang paling banyak di dunia. Indonesia menempati posisi ke-7 sebagai penghasil teh terbesar di dunia. Nomor satu tentu dipegang oleh negara asal teh itu sendiri sekaligus negara terbesar di dunia, yaitu China.

Meski demikian, kita patut bangga karena salah satu dari sekian banyak perkebunan teh di Indonesia mendapat nominasi sebagai kebun teh terluas di dunia. Yaitu perkebunan teh Kayu Aro di lereng Gunung Kerinci, Jambi.

Bicara soal teh, kita sebagai masyarakat Indonesia tentu sepakat bahwa minuman teh merupakan minuman paling diminati oleh orang Indonesia. Bahkan setiap kali makan di warung, di restoran, di mana-mana selalu saja minumnya es teh atau teh anget.

Teh ditinjau dari karakteristiknya terbagi menjadi banyak varian.

Jenis Teh dari Karakteristik

  1. Teh hijau
  2. Teh hitam
  3. Teh putih
  4. Teh merah
  5. Teh ooling
  6. Teh dendelion
  7. Teh herbal
  8. Teh bunga rosella
  9. Teh peppermint
  10. Teh kunyit
  11. Teh jahe, dll

Jenis Teh dari Kemasan

  1. Teh celup
  2. Teh saring (serbuk-serbuk dikemas dalam kantong kertas)
  3. Teh seduh (daun)
  4. Teh stik
  5. Teh yang dipres
  6. Teh bubuk

Nah, seru juga kan. Ternyata teh memiliki banyak macam. sama halnya dengan kopi. Kopi juga memiliki jenis mulai dari karakteristik buahnya, tempat ditanamnya, dan juga rasanya.

Baca juga: 50++ Jenis Kopi Gunung Khas dari Seluruh Wilayah Indonesia

Secara budaya, teh juga memiliki sifat masing-masing di setiap negara. Di Inggris, minum teh adalah suatu kegiatan yang premium, dilakukan oleh anggota kerajaan. Di Jepang dan Korea pun demikian, minum teh adalah cara untuk menghormati tamu. Lalu, di Indonesia, minum teh bisa dikatakan sebagai pelipur haus.

InfoPendaki.com akan mengulas teh dari sisi gunungnya. Kita tahu tumbuhan teh hanya bisa hidup di tanah yang segar seperti di dataran tinggi dan lereng gunung. Berikut ini beberapa daftar perkebunan teh yang terkenal yang bertempat di lereng-lereng gunung di Nusantara. Dimana saja itu?

Daftar Perkebunan Teh di Indonesia

No Nama Lereng Gunung Wilayah
1 Kebun Teh Kayu Aro Kerinci Jambi
2 Kebun Teh Bahbutong Toba Simalungun
3 Kebun Teh Pagaralam Dempo Sumsel
4 Kebun Teh Danau Kembar Talang Sumbar
5 Kebun Teh Rancabali Patuha Jawa Barat
6 Kebun Teh Malabar Malabar Jawa Barat
7 Kebun Teh Sukawana Burangrang Jawa Barat
8 Kebun Teh Gunung Mas Puncak Bogor
9 Kebun Teh Medini Ungaran Jawa Tengah
10 Kebun Teh Kaligua Slamet Jawa Tengah
11 Kebun Teh Tambi Sindoro Jawa Tengah
12 Kebun Teh Nglinggo Kulonprogo DIY
13 Kebun Teh Kemuning Lawu Jawa Tengah
14 Kebun Teh Sirah Kencong Butak Jawa Timur
15 Kebun Teh Kertowono Semeru Lumajang
16 Kebun Teh Gambir Argopuro Jember
17 Kebun Teh Wonosari Arjuno Malang
18 Kebun Teh Malino Bawakaraeng Gowa
19
20

1 Kebun Teh Kayu Aro

Kebun teh Kayu Aro di lereng Gunung Kerinci, Jambi, memiliki banyak prestasi di antaranya yaitu kebun teh terluas di dunia, kebun teh tertinggi kedua di dunia, serta kebun teh tertua di Indonesia.

Kebun teh Kayu Aro terbentang di lahan seluas 3.020 hektar dengan ketinggian mencapai 1.600 mdpl. Sejarahnya kebun teh ini sudah ada sejak 1900-an. Pada tahun 1925-1928 kemudian diberlakukan penataan oleh penjajah Belanda kala itu dengan melibatkan pekerja paksa dari pribumi. Hingga saat ini perkebunan Kayu Aro dikelola oleh perusahaan nasioinal PT. Perkebunan Nusantara VI.

Teh Kayu Aro berjenis teh hitam dan menjadi teh favorit para ratu zaman penjajah dulu. Di antaranya yakni Ratu Belanda dan Ratu Inggris: Ratu Wilhelmina, Ratu Juliana, hingga Ratu Beatrix.

Bagi kalian yang akan mendaki Gunung Kerinci kalian akan melewati perkebunan teh ini. Selain fotogenic, lokasinya juga sangat segar dan pemandangan yang indah.

2 Kebun Teh Bahbutong

Kebun Teh Bahbutong terletak di Simalungun, Sumatera Utara, berdekatan dengan wilayah Danau Toba. Kebun teh ini merupakan kebun teh terluas kedua di Indonesia setelah Kayu Aro. Kemudian juga tidak kalah tuanya, kebun teh Bahbutong sudah pula ada sejak zaman penjajah. Dan kualitas pucuk daun teh terbaik juga ada di sini.

Kebun teh Bahbutong merupakan aset perkebunan teh yang ada di Sumatera Utara, selain perkebunan kopi tentunya. Perkebunan teh ini dikelola oleh perusahaan PTPN IV Bah Butong dan Tobasari. Selain itu lokasi Bahbutong juga dijadikan sebagai tempat wisata yang sangat indah dan bagus untuk berfoto-foto.

3 Kebun Teh Pagaralam

Kebun Teh Pagaralam merupakan perkebunan teh yang terletak di lereng Gunung Dempo, Sumatera Selatan. Gunung Dempo sendiri merupakan gunung tertinggi di Sumsel.

Kebun teh Pagaralam berada pada ketinggian sekitar 1.520 mdpl. Kebun teh ini dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara VII. Selain sebagai perkebunan, masyarakat juga menjadikan lokasi tersebut sebagai tempat wisata. Bahkan ada juga villa yang berdiri di dekat perkebunan yang bisa disewa oleh pengunjung.

4 Kebun Teh Danau Kembar

Kebun Teh Danau Kembar terletak di lereng Gunung Talang, Solok, Sumatera Barat. Nama Danau Kembar karena kebun teh tersebut satu kawasan dengan destinasi unggulan di Solok yaitu Danau Kembar.

Kebun teh Danau Kembar dikelola oleh PTPN VI. Selain sebagai kebun, juga dijadkan sebagai tempat wisata. Pengunjung bisa melihat proses pemetikan daun teh oleh para petani. Kemudian juga terdapat banyak penginapan di sekitar kebun teh tersebut. Dan tentunya destinasi yang menjadi pesona utama yaitu Danau Kembar yang sangat eksotik adalah pelengkap wisata di Solok, Sumbar ini.

5 Kebun Teh Rancabali

Kebun Teh Rancabali adalah salah satu kebun teh terkenal di Jawa Barat. Lokasinya berada di lereng Gunung Patuha atau yang sering disebut Wisata Kawah Putih Ciwidey.

Kebun teh ini menyajikan pemandangan yang indah dan asri. Para pengunjung bisa berfoto ria bahkan juga camping di beberapa spot yang disediakan. Spot yang paling ikonik di sini yaitu sebuah batu besar yang sering dijadkan spot untuk berfoto.

Kebun Teh Rancabali dikelola oleh PTPN VIII. Jalan yang berkelok-kelok juga membuat wisata semakin seru. Belum lagi jika kalian mau ke Gunung Patuha, perjalanan wisata akan semakin menyenangkan.

6 Kebun Teh Malabar

Perkebunan Teh Malabar di Pangalengan Bandung adalah salah satu kebun teh unggulan di Jawa Barat. Lokasinya berada di lereng Gunung Malabar. Yang unik dari perkebunan tersebut adalah kentalnya wisata historis akan Si Pendiri atau pengelola kebun teh Malabar yang merupakan orang Belanda yaitu Karel Rudolf Bosscha. Di kawasan kebun teh tersebut pengunjung bisa menjumpai Makam Karel Rudolf Bosscha, wisma, museum, dan juga pabrik teh yang semuanya khas Karel Rudolf Bosscha.

7 Kebun Teh Sukawana

Kebun Teh Sukawana berada di Lembang, Bandung Barat. Lokasinya berada di lereng Gunung Burangrang dan Gunung Tangkuban Perahu. Kebun teh ini dikelola oleh PTPN VIII. Yang terkenal di sini yakni beberapa spot wisata seperti jalur sepedaan, wisata curug, camping ground, dan juga tentunya pendakian gunung.

8 Kebun Teh Gunung Mas

Kebun teh Gunung Mas terletak di Cisarua, Bogor. Atau lebih terkenal dengan nama Puncak Bogor. Lokasi ini menjadi destinasi yang ramai di akhir pekan atau libur panjang. Rata-rata orang dari arah ibukota bermacet-macet ria menuju wilayah puncak salah satunya untuk mencari kesegaran di kebun teh Gunung Mas ini. Jika kita berkeliling di kebun teh tersebut akan tampak gunung Tangkuban Perahu dan juga Gunung Burangrang, karena memang perkebunan teh Gunung Mas berada di kedua lereng gunung tersebut.

9 Kebun Teh Medini

Di Kendal, tepatnya berada di lereng Gunung Ungaran, terdapat perkebunan teh yang terkenal yaitu kebun teh Medini. Lokasi perkebunan ini juga menjad jalur pendakian menuju puncak Gunung Ungaran.

Baca juga: Pendakian Gunung Ungaran

Jika kalian sedang mendaki Gunung Ungaran, pastikan kalian berfoto dulu di kebun teh Medini ini. Selain itu, di wilayah tersebut kalian juga bisa hanya ber-camping ria.

10 Kebun Teh Kaligua

Di lereng Gunung Slamet juga terdapat perkebunan teh yang sangat luas yakni kebun teh Kaligua. Kaligua adalah nama tempat wisata yang cukup terkenal di Kabupaten Brebes. Selain perkebunan teh yang fotogenic, Kaligua juga menjadi jalur pendakian menuju Gunung Slamet. Kalian akan melewati kebun Kaligua ini jika mendaki Slamet via Kaligua.

Baca juga: Pendakian Gunung Slamet via Kaligua

Kebun teh Kaligua juga terkenal karena memiliki sejarah yang panjang. Konon kebun ini sudah ada sejak zaman penjajah Belanda. Terbukti dari petilasan-petilasan bangunan Belanda yang ada di sekitar perkebunan.

11 Kebun Teh Tambi

Tambi, Wonosobo, merupakan salah satu wilayah dengan perkebunan teh yang luas. Yakni kebun teh Tambi. Tambi sendiri juga menjadi jalur pendakian menuju Gunung Sindoro. Selain itu tidak jauh dari lokasi perkebunan, gunung Sumbing juga terlihat berdiri kokoh.

Kebun teh Tambi terhampar hijau di kaki Gunung Sindoro. Jika kalian mendaki Sindoro via Tambi kalian pasti akan melewati perkebunan indah ini.

Bca juga: Mendaki Gunung Sindoro via Tambi

12 Kebun Teh Nglinggo

Di Yogyakarta, tepatnya di Kabupaten Kulonprogo terdapat perkebunan teh yang fotogenic, yakni Kebun Teh Nglinggo. Kebun teh ini tidak begitu luas namun sangat bagus untuk dijadikan tempat berfoto ria. Lokasinya berada di bukit Nglinggo, Kulonprogo.

13 Kebun Teh Kemuning

Kebun teh Kemuning ini terletak di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Lokasinya berada di lereng Gunung Lawu. Jika kalian mendaki Lawu melalui jalur Candi Cetho, kalian bisa singgal ke perkebunan teh ini.

Banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan di kebun teh Kemuning, seperti bersepeda, camping cerita, outbond, dan minum teh.

14 Kebun Teh Sirah Kencong

Perkebunan teh Sirah Kencong terletak di Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Lokasinya juga merupakan jalur pendakian menuju Gunung Butak. Meskipun tidak begitu tinggi, namun Gunung Butak memiliki pemandangan yang sangat indah. Begitu pula dengan kebun teh Sirah Kencong yang berada di lerengnya.

Baca juga: Pendakian Gunung Butak via Sirah Kencong

15 Kebun Teh Kertowono

Kebun teh Kertowono berada di kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Ada yang spesial dari perkebunan teh yang satu ini. Yaitu pemandangan sekelilingnya yang diapit banyak gunung-gunung terkenal di Jawa Timur. Lokasinya memang berada di lereng Gunung Semeru pada sisi baratnya. Sehingga terlihat jelas puncak Mahameru jika kita berada di kebun teh tersebut.

Kemudian di sisi timur kita juga akan melihat pemandangan Gunung Argopuro, Gunung Lemongan, dan Gunung Raung di kejauhan.

16 Kebun Teh Gambir

Lalu ada kebun teh Gambir yang tidak jauh dari Kertowono. Kali ini lokasinya berada di lereng Gunung Argopuro. Kebun teh ini sangat terkenal dengan spot fotonya berupa jembatan kayu yang menjulur di tengah-tengah kebun teh. Pengunjung yang datang selalu memburu lokasi tersebut karena memang fotogenic. Kemudian dari kejauhan kita juga bisa melihat Gunung Argopuro dan juga Semeru.

17 Kebun Teh Wonosari

11 12 dengan kebun teh Gambir di lereng Argopuro, kebun teh Wonosari juga mengusung konsep yang sama yakni dengan menambahkan aksen jembatan kayu yang fotogenic. Terbukti dengan adanya spot tersebut bisa menggaet banyak pengunjung.

Kebun teh Wonosari sangat terkenal di wilayah Malang. Dan lokasinya berada tepat di lereng Gunung Arjuno. Jika kalian mendaki Arjuno melalui jalur Lawang, kalian bisa mampir ke kebun teh Wonosari ini.

Selain sangat diburu karena lokasinya yang fotogenic, di kebun teh Wonosari para pengunjung juga bisa menikmati aktivitas lain yang disediakan seperti minum teh ceria, camping, sewa kendaraan ATV, dan juga berkeliling kebun teh. Pokoknya dijamin asyik.

18 Kebun Teh Malino

Kali ini kita bergerak ke Sulawesi. Di Sulawesi juga ada perkebunan teh yang terkenal, yaitu Kebun Teh Malino. Lokasinya berada di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Kebun teh ini berada di lereng Gunung Bawakaraeng yang sangat terkenal di sana.

Kebun teh Malino juga dikenal dengan wisata teh yang menyediakan kelas premium, terbukti dengan sebutan yang cukup meyakinkan yaitu dengan sebutan “Malino Highlands”. Tiket masuk mencapai Rp 50.000 dan penginapan termurah mencapai Rp 1,7juta dan termahal Rp 10jt per malamnya.

Banyak aktivitas wisata yang ditawarkan seperti jalan-jalan menyusuri kebun teh atau istilah kerennya yaitu tewalk. Selain itu kalian juga bisa menjajal wajana paralayang, menunggang kuda, bungee jumping, trampolines, cross country running, bersepeda, dan ada juga festival layang-layang. Selain itu jika membawa anak serta keluarga, kalian juga bisa menuju mini zoo yang juga ada di sana. Jika perut lapar, juga telah ada restoran dan cafe. Jika ingin mandi, tenang ..ada air terjun juga yang lokasinya tidak jauh.

Tags :

3 Comments for 20+ Perkebunan Teh Terkenal dari Lereng Gunung di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post to 20+ Perkebunan Teh Terkenal dari Lereng Gunung di Indonesia

Search