HOME
Home » Peralatan » 26 Barang yang Harus Dibawa Pendaki Cewek via Infopendaki

26 Barang yang Harus Dibawa Pendaki Cewek via Infopendaki

Posted at February 8th, 2017 | Categorised in Peralatan

Apa saja barang yang harus dibawa pendaki cewek? jawabannya tentu tergantung pribadi masing-masing, seberapa tinggi mereka pergi untuk mendaki dan seberapa jauh mereka pergi dari rumah. Kegiatan mendaki gunung berbeda dengan traveling menyusuri dan explore suatu kota atau daerah. Pendakian gunung adalah perjalanan yang lebih melelahkan dan perjalanan yang jauh dari ketersediaan. Oleh karena itu kata kunci persiapan yang paling tepat untuk perjalanan mendaki gunung adalah ‘bawa barang yang paling dibutuhkan dan tidak ada di gunung’.

Beda pendaki laki-laki beda pula pendaki wanita, beda pula barang-barang yang dibawanya. Umumnya jika traveling para cewek lebih banyak membawa barang keperluan mereka ketimbang traveler cowok. Hal semacam itu sepertinya juga berlaku bagi seorang pendaki. Gender yang berbeda, stuff-nya juga beda.

Nah berikut ini infopendaki.com berikan beberapa info barang yang harus dibawa pendaki cewek naik gunung. Beberapa di antaranya adalah keperluan wajib pendakian dan sebagian lagi adalah barang yang sifatnya kewanitaan.

(PERLENGKAPAN PRIMER)

  1. Tas Carrier ukuran sedang (40 – 50L) + cover bag
    Tas carrier atau tas karir untuk cewek yang paling baik yakni tas dengan ukuran sedang: 40 – 50 liter. Mengapa demikian? pendaki wanita tentu tidak sekuat pendaki laki-laki. Untuk itu beban yang dibawa wanita juga terbatas dan paling sesuai tentu membawa carrier ukuran sedang. Namun pada kasus tertentu, misalkan perjalanan kamu akan memakan waktu berhari-hari atau seminggu maka tentu carrier ukuran sedang rasanya kurang. Opsi kedua yakni dengan carrier 60-70 L. Jangan lupa bawa pula cover bag-nya untuk jaga-jaga kalau hujan.
  2. Jaket Gunung cewek
    Poin kedua yang wajib dibawa cewek saat mendaki gunung yakni jaket gunung. Beda cewek beda cowok, tubuh wanita tidak sekuat tubuh pria, berlaku pula dalam pendakian. Jika anak cowok bisa kuat tanpa jaket di atas gunung, maka bagi cewek itu hal yang hampir tidak mungkin. Oleh karena itu bawalah 1 jaket gunung tebal wanita. Mengapa harus jaket yang tebal? bukan jaket biasa atau sweater? berjaga-jaga tentu lebih baik daripada pilih-pilih. Dalam puncak atau perjalanan gunung di atas 1500 mdpl sudah pasti bersuhu dingin oleh karena itu jaket tebal pasti akan sangat menghangatkan tubuh. Belum lagi saat ada hujan, jaket benar-benar sangat membantu.
    Tips: saat perjalanan mendaki (siang/malam) kamu bisa memasukkan jaketmu di tas carrier, atau bisa diikatkan dipinggang karena saat berjalan mendaki umumnya suhu tubuh naik sehingga rasanya panas dan berkeringat. Saat malam hari atau perjalanan summit atau menuju puncak baru saat yang nyaman untuk memakai jaket gunung.
  3. Sepatu Gunung cewek
    Sepatu gunung lebih bagus untuk cewek ketimbang sandal gunung. Tentu cewek umumnya lebih perhatian terhadap penampilan. Jika memakai sepatu, kaki tentunya lebih terlindung. Namun kembali pada pribadi masing-masing. Memakai sandal gunung juga lebih ringan dan bagi sebagian lain, lebih nyaman. Jangan lupa pakai kaos kaki.
  4. Sleeping bag
    Sleeping bag alias ‘kantung tidur’ adalah hal wajib dibawa saat mendaki. Barang tersebut adalah tempat tidur kamu saat di dalam tenda. Pilihlah sleeping bag yang tebal jika mendaki gunung yang tinggi di atas 3000 mdpl. Bisa pula bawa sleeping bag polar biasa jika mendaki gunung kecil. Ukuran besar-kecil sleeping bag berpengaruh terhadap volume atau muatan isi tas kamu.
  5. Matras
    Jangan lupa pula bawa matras. Matras berguna sebagai alas di dalam tenda.
  6. Jas Hujan
    Jas hujan tentu menjadi barang wajib pendakian. Hujan adalah kejadian alam yang menjadi momok menakutkan jika kita mendaki gunung. Bukan hanya akan mengganggu perjalanan, tapi juga menambah kondisi luar semakin tidak terkendali dan fisik tubuh bisa drop karena basah dan kedinginan. Oleh karena itu membawa jas hujan sangat penting. Jika kamu mendaki gunung saat musim hujan maka bawalah jas hujan yang safety (jas hujan celana+atasan). Jika cuaca memang bagus dan jarang hujan maka bisa bawa jas hujan tipis model batman.
    meellyps pakaian pendaki cewek hujan-min
  7. Uang cash
    Dimanapun kamu melakukan traveling atau perjalanan yang jauh, uang cash adalah nyawa. Bawalah uang cash sesuai itinerary atau perkiraan budget kamu dalam perjalanan pendakian. Uang cash nanti bisa digunakan untuk membeli logistik, membayar tiket, beli ini itu dan sebagainya.
  8. Kamera/Smartphone
    Kamera adalah barang wajib (abad ini) jika kamu traveling dan mendaki gunung. Beberapa orang memang mendaki gunung murni untuk menikmatinya saja. Namun umumnya semua pendaki pasti membawa kamera, baik kamera pocket maupun smartphone.
    Tips: Bawa kamera yang kamu miliki, satu saja. Smartphone atau kamera pocket. Jika memang ada kamera yang bagus maka sebaiknya dalam grup satu orang saja yang bawa kamera. Jika perlu bawa antek-antek elektronik lain seperti: powerbank, charger, baterai cadangan, plastik handphone dll

    (PAKAIAN)

  9. Celana panjang + celana pendek
    Bagi cewek, sangat tidak disarankan mendaki menggunakan rok. Lebih baik gunakanlah celana panjang khusus mendaki. Banyak sekali jenis celana wanita untuk pendakian gunung. Pilihlah celana polar multifungsi: bisa jadi celana panjang, bisa jadi celana pendek, dan banyak saku. Celana panjang tentu sangat membantu supaya kaki tidak kotor atau terluka serta menghindari dari suhu dingin. Selain itu celana pendek tentu menyamankan kamu saat beraktivitas di gunung atau saat di dalam tenda.
    Tips: usahakan pakai celana gunung/celana kargo. Jika kurang nyaman bisa juga pakai celana jeans tetapi resikonya tinggi karena celana jeans tidak cepat kering kalau basah dan berat. Opsi lain Anda bisa pakai celana legging + celana pendek.
  10. Pakaian primer
    Pakaian wanita yang harus dipakai/dibawa antara lain:
    2 Kaos panjang/pendek
    2 Celana dalam
    2 Bra
    1 manset (dingin dan menyerap keringat)
    1 tanktop
    opsi tambahan: kemeja flannel, kerudung, sarung tipis wanita, mukena utk sholat dll
  11. Kaos tangan
    Bagi cewek membawa kaos tangan adalah wajib. Suhu dingin di gunung tidak bisa ditolerir, untuk itu bawalah kaos tangan. Jangan malas untuk membawanya karena harganya murah dan tidak membuat tas semakin berat.
  12. Slayer/Kain Kecil/Bandana/Topi
    Slayer berguna untuk menjaga wajah atau menutup kepala. Pada umumnya pendakian gunung di musim panas slayer sangat berguna untuk menjaga wajah dari debu.
  13. Peralatan mandi
    Handuk kecil
    Sikat dan pasta gigi
  14. Sandal jepit
    Sandal jepit akan sangat berguna saat sudah mendirikan tenda dan beraktivitas di gunung. Kalau harus lepas-pakai sepatu gunung rasanya sangat repot. Untuk itu bawa sandal jepit tentu sangat menguntungkan dan tidak terlalu memakan space tas.farahyuizzu pendaki wanita style-min(SEKUNDER)
  15. Kacamata
    Bagi wanita penampilan tentu nomor satu. Kacamata hitam bisa membantu menjaga mata dari sinar matahari dan debu. Atau jika kamu memang memiliki pandangan minus maka wajib bawa kacamata.
  16. Alat makan
    Peralatan makan biasanya adalah barang-barang grup. Namun tiap personel tentu harus membawa masing-masing yang merupakan alat wajib. Yakni: gelas plastik, sendok, piring
  17. Botol minum
    Bagi cewek botol minum cukup sakral. Tentu para cewek tidak akan seperti cowok yang satu botol minum untuk bersama.gina.riska pendaki wanita cantik-min(SURVIVAL KIT)
  18. Tisu Basah dan Tisu Kering
    Tisu basah adalah barang yang dipakai untuk keperluan pengganti air seperti: buang air kecil/besar, cuci muka, membersihkan tubuh dsb. Sedangkan tisu kering berguna untuk keperluan bersih-bersih tanpa air. Bawalah tisu basah/kering ukuran mini sesuai kebutuhan kamu.
  19. Obat-obatan
    Bawalah minyak penghangat seperti kayu putih, lavender, balsem, hansaplast dsb sebagai obat penghangat. Jika kamu memiliki riwayat penyakit tertentu maka bawalah obat wajib yang harus kamu minum.
  20. Travel Vacuum Bag/Kantong plastik
    Mendaki gunung di musim hujan diwajibkan membawa kantong plastik.
    – Kantong plastik untuk pakaian kotor/basah
    – Kantong plastik untuk barang elektronik: hp, kamera dll
    – Kantong plastik untuk sampah pribadi
  21. Trekking pole (tongkat)
    Trekking pole bagi cewek sangat berguna ketimbang cowok. Cewek umumnya sering kehilang keseimbangan saat berjalan mendaki dan turun. Untuk itu bawa trekking pole akan sangat membantu
  22. Senter/headlamp
    Masing-masing personel umumnya harus membawa senter kecil atau headlamp jika memang rencana pendakian melewati malam. Bawalah satu senter kecil saja dan baterai cadangannya.
  23. Korek api
    Bawa pula korek api. Benda kecil ini mungkin banyak yang punya tapi akan sangat berarti jika sewaktu-waktu sangat dibutuhkan.farahyuizzu pendaki cewek-min(MAKE UP)
  24. Make up standar
    Bagi wanita bau badan mungkin akan sangat menggangu. Bawalah perlengkapan make up standar ala kamu sendiri. Misalnya: deodorant, lip balm (supaya bibir tidak kering), minyak muka dll
  25. Sunblock
    Bawalah sunblock untuk menjaga kulit kamu. Membawanya tidak akan menambah berat bawaan kamu.(LOGISTIK)
  26. Logistik
    Sesuaikan dengan keputusan kelompok. Bagi cewek tentu jangan bawa banyak-banyak dan berat-berat. Bawalah misal: 1 botol minum aqua, roti, permen, beberapa minuman sachet. Biarkan logistik yang besar dan berat para laki-laki yang bawa. Atau jika tidak ada personel laki-laki maka bawa secukupnya dan bagi rata antar anggota.

TOTAL
1 Tas carrier ukuran 40-50L + cover bag + kantong plastik dalam (jika bawa tas carrier besar)
1 Jaket gunung cewek
1 Sepatu gunung cewek + 1 pasang kaos kaki
1 Sleeping bag
1 Matras
1 Jas hujan (opsi jika musim hujan)
Uang cash sesuai itirenary/rencana budget
Kamera/Smartphone + powerbank
1 Celana panjang/kargo + 1 celana pendek
Pakaian primer: Kaos panjang/pendek ,CD, Bra, manset, tanktop (opsi tambahan: kemeja flannel, kerudung, sarung tipis wanita, mukena utk sholat)
1 Pasang kaos tangan
1 Slayer/Kain Kecil/bandana/Topi
1 Peralatan mandi: handuk kecil, pasta & sikat gigi
1 Pasang Sandal jepit
1 Kacamata
1 Alat makan: gelas plastik, piring plastik/mangkuk, sendok
1 Botol minum
1 Tisu Basah dan 1 Tisu Kering
Obat-obatan: minyak kayu putih, balsem, hansaplast
3 Travel Vacuum Bag/Kantong plastik: utk elektronik, pakaian kotor, sampah
1 Senter/headlamp
1 Korek api
Make Up pilihan kamu
1 Sunblock
Logistik secukupnya

Jadi itu dia 26 barang yang harus dibawa pendaki cewek atau barang yang harus dibawa cewek naik gunung. Daftar pertama yang wajib adalah berkaitan dengan peralatan gunung, selanjutnya adalah pakaian gunung, kemudian peralatan survival dan tambahan. Kamu bisa edit sendiri. Tapi yang pasti jangan terlalu membawa beban lebih dan jangan kurang. Perhatikan pula logistik yang harus dibawa.

JANGAN BAWA: ingat jangan bawa beban berlebih, jangan bawa perhiasan, jangan bawa make up menor seperti kontak lens, bedak dll, dan jangan bawa uang terlalu banyak. Cantik bagi pendaki wanita adalah memakai pakaian yang benar dan safety.

Sebagai referensi pakaian apa yang dipakai para pendaki cewek, berikut infopendaki.com berikan beberapa style mereka para pendaki cantik (cantik artinya pakainnya safety). Foto diambil dari akun instagram.

26 Barang yang Harus Dibawa Pendaki Cewek

REFERENSI PAKAIAN PENDAKI CEWEK
pakaian pendaki wanita lengkap-min

siwigr apparel pendaki cewek-min

inge95 pendaki cewek cantik-min

igawidya style pendaki cewek bagus-min

1 Comment for 26 Barang yang Harus Dibawa Pendaki Cewek via Infopendaki

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post to 26 Barang yang Harus Dibawa Pendaki Cewek via Infopendaki

PERALATAN PENDAKIAN GUNUNG LENGKAP

Posted at 09/02/2015

Dalam pendakian gunung kita wajib memerhatikan peralatan pendakian gunung yang lengkap dan tepat guna. Sesuaikan dengan kebutuhan dan bawalah secukupnya. Berikut... Read More