HOME
Home » DAFTAR TER- » 40 Nama-Nama Gunung Unik di Nusantara

40 Nama-Nama Gunung Unik di Nusantara

Posted at February 2nd, 2020 | Categorised in DAFTAR TER-

Indonesia juga punya nama-nama gunung unik lho… bukan hanya pemandangannya yang indah, trek pendakian yang menantang, namun juga asal-usul dan sejarah gunung-gunung di Indonesia memiliki kisah tersendiri.

Baca juga: 20+ Legenda Asal-Usul Gunung yang Ada di Indonesia

Sejak zaman penjajahan di republik ini, gunung-gunung masih belum terekspor secara maksimal. Rata-rata masih berupa alam liar dan tak berpenghuni, bahkan tak bernama. Kemudian zaman berganti menjadi kesatuan yang merdeka. Gunung-gunung di Indonesia beralih menjadi tempat yang ramai dengan pendakian, dan tentu kali ini gunung-gunung tersebut telah memiliki nama.

Pada artikel kali ini infoPendaki.com akan membahas mengenai nama-nama gunung unik yang ada di Nusantara. Penamaan gunung-gunung tersebut tidak terlepas dari unsur budaya dan keyakinan masyarakat setempat.

Nama-Nama Gunung Unik

No Nama Gunung Arti Lokasi
1 Kemiri banyak ditumbuhi kemiri Aceh
2 Bawang dilihat dari jauh seperti bawang (berlapis-lapis) Kalbar
3 Kunyit puncak kawah berwarna kuning mirip kunyit Jambi
4 Sikunir jika terkena sunrise berwarna mirip kunir Jateng
5 Suket suket artinya rumput Jatim
6 Kembang banyak ditumbuhi bunga atau “kembang” Jateng
7 Daun terlihat hijau seperti daun Bengkulu
8 Batok berbentuk seperti batok kelapa Jatim
9 Salak dianggap banyak pohon Salak Jabar
10 Batu Daya batu yang memperdaya Kalbar
11 Ibu seorang ibu Maluku Utara
12 Nona gunung yang menyerupai alat vital wanita Sulsel
13 Sindoro Si Ndoro = tuan atau majikan Jateng
14 Malabar gunung yang melebar Jabar
15 Wato-wato gunung yang berbentuk manusia. Ada kaki,badan, kepala Maluku Utara
16 Pundak dianalogikan seperti pundak Jatim
17 Panderman dari orang Belanda bernama Van Der Man Jatim
18 Masurai emas terurai Jambi
19 Patuha pak tua, mirip pak tua berambut putih Jabar
20 Burni Telong gunung yang terbakar. Pernah meletus dan membakar apa saja Aceh
21 Sibayak gunung Si Kaya. dahulu ada 4 raja yang meninggalkan hartanya Sumut
22 Bukit Tunggul ditumbuhi pohon tunggul = untuk membuat kapal Sangkuriang Jabar
23 Inerie Ibu yang cantik NTT
24 Lewotobi ada lewotobi laki-laki & perempuan = pasangan NTT
25 Wanggameti menghalau kematian. gunung ini sbg support system sekitar NTT
26 Bambapuang Tangga Tuhan, tangga utk menuju Tuhan Sulsel
27 Bawakaraeng Mulut Tuhan. Tempat berdoa kepada Tuhan Sulsel
28 Lompobattang Perut yang besar. Sulsel
29 Gandang Dewata Gendang (alat musik) Tuhan Sulbar
30 Tangkuban Perahu berbentuk perahu terbalik Jabar
31 Tampomas Tampo Emas = menerima emas Jabar
32 Wayang Windu didaki sewindu (8tahun) sekali Jabar
33 Raung gunung yang meraung-raung Jatim
34 Nglanggeran nglanggeran = melanggar DIY
35 Api Manuk disinggahi oleh manuk (burung) Maluku

1 Gunung Kemiri

Gunung ini terletak di Provinsi Aceh, satu wilayah dengan Gunung Leuser (tertinggi di Aceh). Nama “Kemiri” diambil dari nama rempah-rempah yaitu kemiri. Di wilayah lereng gunung ini banyak ditumbuhi pohon-pohon kemiri. Gunung ini termasuk masih sepi karena trek pendakian yang liar dan panjang.

2 Gunung Bawang

Kemudian ada juga Gunung Bawang. Gunung ini terletak di Kalimantan Barat. Nama “Bawang” diambil dari nama bumbu masak di dapur ibu-ibu di rumah: Bawang. Dinamakan demikian karena jika dilihat dari kejauhan, gunung ini terlihat berlapis-lapis, seperti bawang yang diiris. Pendakian ke gunung ini juga terbilang sulit karena didominasi oleh puncak-puncak yang lebat.

3 Gunung Kunyit

Selanjutnya juga masih berkaitan dengan rempah-rempah. Kali ini ada Gunung Kunyit. “Kunyit” adalah umbi-umbian yang terkenal untuk obat atau minuman herbal. Kenapa dinamakan kunyit? Karena pada puncak gunung ini terdapat kawah yang airnya berwarna kuning mirip kunyit. Gunung Kunyit ini terletak di provinsi Jambi.

4 Gunung Sikunir

Sama dengan kunyit, kali ini ada kunir. Gunung Sikunir di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah, memiliki nama “Sikunir” yang diambil dari nama “Kunir” yang juga nama tanaman obat atau minuman herbal. Kenapa dinamakan Sikunir hal ini dikarenakan saat matahari terbit atau sunrise gunung tersebut berwarna keemasan seperti warna kunir. Gunung Sikunir sendiri memang disebut sebagai tempat terbaik melihat golden sunrise.

5 Gunung Suket

Gunung Suket merupakan gunung yang terletak di dekat Gunung Raung, Jawa Timur. Gunung ini masih sepi dan jarang ada pendakian. Nama “Suket” sendiri diambil dari bahasa Jawa yang artinya adalah “Rumput”. Gunung ini memang terlihat banyak rumput-rumput menghijau yang tumbuh di sabana-sabana gunung tersebut.

6 Gunung Kembang

Hampir sama dengan Gunung Suket, Gunung Kembang terletak di dekat Gunung Sindoro, Jawa Tengah. Gunung ini dikatakan sebagai gunung anak dari Gunung Sindoro. Nama “Kembang” diambil dari kata “Kembang yang artinya adalah bunga”. Hal ini berkaitan erat karena di wilayah gunung ini banyak ditumbuhi bunga, khususnya bunga Anggrek.

7 Gunung Daun

Masih dalam kategori tumbuhan. Kali ini ada Gunung Daun. Gunung ini terletak di provinsi Bengkulu. Nama “Daun” sendiri diambil karena gunung tersebut berwarna hijau seperti daun. Memang jika dilihat dari jauh gunung tersebut terlihat sangat hijau pekat.

8 Gunung Batok

Di Jawa Timur, tepatnya di Kaldera Tengger, terdapat Gunung Batok. Lokasinya persis di samping Gunung Bromo yang sangat terkenal itu. Nama “Batok” sendiri diambil dari nama batok kelapa. Karena memang gunung ini mirip seperti batok kelapa yang terbalik (tertelungkup).

9 Gunung Salak

Gunung Salak di Jawa Barat dianggap sebagai salah satu gunung terangker di Tanah Jawa.

Baca di sini: TOP 10 GUNUNG TERANGKER DI TANAH JAWA

Nama “Salak” memiliki banyak penafsiran terkait asal-usulnya. Salah satunya menyebutkan bahwa di wilayah gunung ini tumbuh banyak pohon-pohon Salak.

10 Gunung Batu Daya

Gunung Batu Daya terletak di Kalimantan Barat. Gunung ini merupakan sebuah gunung batu yang besar. Konon nama “Batu Daya” berasal dari sebuah batu yang memperdaya manusia. Jika dilihat dari jauh terlihat kecil namun setelah didekati baru terlihat begitu besar.

11 Gunung Ibu

Gunung ini terletak di Kecamatan Ibu, Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara. Nama “Ibu” sama artinya dengan arti “Ibu”. Wilayah tersebut dianggap sebagai ibu bagi wilayah lain.

12 Gunung Nona

Kemudian ada juga Gunung Nona. Gunung ini terletak di Enrekang, Sulawesi Selatan. Nama “Nona” diambil dari kata “Nona” yang artinya perempuan atau wanita. Mengapa demikian? Gunung ini terlihat seperti alat vital perempuan.

13 Gunung Sindoro

Ada Ibu, ada Nona, ada pula Sindoro. Kata “Sindoro” diambil dari kata “Si Ndoro” yang artinya dalam Bahasa Indonesia adalah “Si tuan” atau “majikan”. Gunung Sindoro merupakan gunung yang terletak di Jawa Tengah. Gunung ini konon dianggap sebagai gunung yang berumah tangga karena ada pasangannya yakni Gunung Sumbing, dan anaknya Gunung Kembang.

14 Gunung Malabar

Gunung Malabar terletak di Jawa Barat. Nama “Malabar” artinya adalah “Melebar”. Mengapa dikatakan demikian? Karena memang bentuk gunung ini melebar kemana-mana.

15 Gunung Wato-Wato

Gunung ini terletak di Halmahera Timur, Maluku Utara. Penamaan Wato-wato diartikan sebagai arti dari manusia. Gunung Wato-Wato jika dilihat dari jauh berbentuk seperti seorang manusia yang sedang tidur terlentang. Terlihat ada bentuk kepala, leher, badan, dan juga kaki.

16 Gunung Pundak

Gunung Pundak terletak di samping Gunung Arjuno. Gunung ini bernama “Puncak” karena dianggap sebagai puncaknya Gunung Arjuno. Gunung ini disebut sebagai gunung yang ramah kepada pendaki dan cocok untuk pendaki pemula.

17 Gunung Panderman

Gunung ini terletak di Jawa Timur, nama “Panderman” diambil dari nama orang Belanda bernama “Van der Man”. Karena lidah orang Jawa yang sulit mengucapkan nama asing, maka lama-kelamaan menjadi “Panderman”.

18 Gunung Masurai

Gunung Masurai terletak di Jambi. Nama “Masurai”memiliki arti “Emas Terurai”. Konon katanya gunung ini terkandung emas dengan 99% kadarnya. Diceritakan pula katanya semakin banyak penambang emas yang meninggal maka emas dari dalam gunung akan semakin bermunculan.

19 Gunung Patuha

Gunung Patuha terletak di Jawa Barat. Nama “Patuha” memiliki arti “Pak Tua”. Dikatakan demikian karena puncak gunung ini terdapat kawah berwarna putih. Warna putih dianalogikan dengan rambut bapak-bapak yang sudah tua. Makanya dinamakan “Patuha”.

20 Gunung Burni Telong

Gunung ini terletak di Aceh. Sejarahnya gunung pernah meletus hebat dan membakar apa saja di bawahnya. Oleh sebab itu kemudian dinamakan “Burni Telong” yang artinya adalah “Bumi yang Terbakar”.

21 Gunung Sibayak

Gunung Sibayak terletak di Sumatera Utara. Nama “Sibayak” memiliki arti “Si Kaya”. Konon dulu ada empat raja kaya raya yang meninggalkan hartanya di gunung tersebut.

22 Gunung Bukit Tunggul

Gunung ini terletak di Jawa Barat. Nama “Tunggul” disematkan karena di lereng gunung tersebut tumbuh banyak pohon Tunggul yang konon katanya pohon-pohon tersebut dijadikan bahan baku untuk membuat perahu-nya Sangkuriang.

23 Gunung Inerie

Gunung ini terletak di NTT. Mirip dengan Sindoro-Sumbing, gunung ini juga memiliki pasangan yaitu Gunung Ebulobo. Konon katanya terjadi pertengkaran antara Inerie dan Ebulobo. Inerie melemparkan sendok kepada Ebulobo hungga giginya copot. Maka tampaklah punak Ebulobo yang terbongkah. Lalu, nama “Inerie” sendiri artinya yaitu “Ibu yang Cantik”. Usut punya usut, pertengkaran tadi konon karena Inerie selingkuh. Rumit.

24 Gunung Lewotobi

Gunung ini juga terletak di NTT. Gunung ini memiliki puncak kembar makanya dinamakan Lewotobi, ada puncak perempuan dan puncak laki-laki.

25 Gunung Wanggameti

Masih di NTT. Ada Gunung Wanggameti yang eksotik akan pemandangannya. Penamaan “Wanggameti” artinya yaitu “menghalau kematian”. Hal ini dikarenakan gunung Wanggameti menjadi sistem utama di wilayah tersebut yang menjadi poros kehidupan.

26 Gunung Bambapuang

Nama “Bambapuang” artinya adalah “Tangga menuju Tuhan”. Hal ini dikaitkan dengan gunung tersebut yang dikatakan sebagai tempat untuk menuju kepada Tuhan. Gunung ini terletak di Sulawesi Selatan.

27 Gunung Bawakaraeng

Juga di Sulawesi Selatan, nama “Bawakaraeng” memiliki arti “Mulut Tuhan”. Gunung ini memang sakral. Bahkan ada tradisi bernama lebaran haji yang dilakukan di puncaknya. Hal tersebut berkaitan erat dengan istilah “Mulut Tuhan” yang ditafsirkan “tempat berdoa kepada Tuhan”.

Baca juga: 20+ Gunung yang Terkenal dengan Wisata Religi Umat Muslim, Hindu-Buddha & Katolik

28 Gunung Lompobattang

Lompobattang juga terletak di Sulawesi Selatan. Lokasinya berdekatan dengan Gunung Bawakaraeng. Nama “Lompobattang” memiliki arti “Perut yang besar”. Memang kalau dilihat dari jauh gunung tersebut seperti perut yang besar.

29 Gunung Gandang Dewata

Gunung ini terletak di Sulawesi Barat. Nama “Gandang Dewata” artinya yaitu “Sauara Tuhan”. Hal ini kental akan mitos setempat, jika terdengar suara seperti gendang dari puncak, itu tandanya ada pendaki yang hilang. Gunung ini memang terkenal dengan mitos angkernya.

Baca juga: Kisah horor Gunung Gandang Dewata

30 Gunung Tangkuban Perahu

Gunung ini sangat terkenal dengan kisah legenda Sangkuriang. Konon dahulu, Sangkuriang yang sakti menendang perahu buatannya sehingga perahu tersebut terbalik dan menjadi sebuah gunung. Tangkuban perahu sendiri artinya “perahu yang terbalik”.

31 Gunung Tampomas

Gunung ini terletak di Jawa Barat. Kata “Tampomas” artinya “menerima emas”. Emas di sini diartikan sebagai pusaka yang tersimpang di dalam gunung. Dikatakan gunung ini dulunya sering meletus.

32 Gunung Wayang Windu

Gunung ini juga ada di Jawa Barat. Dan puncaknya berupa puncak kembar. Karena saking persisnya, sampai-sampai sulit dibedakan mana puncak Wayang, dan mana puncak Windu. Kemudian nama “Windu” diartikan karena saking sepinya sampai-sampai dikatakan “gunung ini didaki sewindu (8 tahun) sekali”.

33 Gunung Raung

Gunung ini terletak di Jawa Timur dan merupakan gunung api yang aktif dengan kalderanya yang sangat besar. Nama “Raung” sendiri diberikan karena jika meletus gunung ini mengeluarkan suara “raung” yang sangat keras.

34 Gunung Nglanggeran

Gunung ini adalah gunung batu di Yogyakarta. Dinamakan “nglanggeran” artinya yaitu “melanggar”, karena menurut cerita legendanya gunung tersebut buah hukuman dari pelanggaran masyarakatnya.

35 Gunung Api Manuk

Gunung ini adalah pulau vulkanik di Laut Banda, Maluku. Kata “Manuk” artinya adalah “Burung”. Alasannya, karena banyak sekali terdapat burung-burung yang mendiami pulau ini, dikarenakan memang hanya Pulau Manuk inilah sebagai daratan di tengah lautan. Jika kita melewati pulau ini, maka akan terlihat ribuan burung dan juga tikus yang hidup di kawasan Pulau Manuk.

No comment for 40 Nama-Nama Gunung Unik di Nusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post to 40 Nama-Nama Gunung Unik di Nusantara

Top 10 Gunung dengan Rekor Dunia yang Ada di Nusantara

Posted at 20/03/2020

Gunung dengan rekor dunia ada di Indonesia. Salah satunya yakni Gunung Toba. Ya, Gunung Toba. Gunung tersebut adalah gunung purbakala yang meletus sangat dahsyat... Read More

GUNUNG UNTUK PEMULA

50+ GUNUNG UNTUK PEMULA DI PULAU JAWA LENGKAP

Posted at 05/02/2020

Beberapa pendaki yang belum pernah mendaki gunung sebelumnya, kerap kali meminta info gunung untuk pemula. Hmm… tapi sebelum kita mengulas lebih lanjut, mari ketahui... Read More

Ini Dia Gunung-Gunung Terluar Indonesia

Posted at 05/02/2020

Jika telah mengenal pulau-pulau terluar Indonesia, tapi kalian sudah tahu gunung-gunung terluar Indonesia? Indonesia merupakan negara kepulauan dan juga memiliki banyak sekali gunung. Dari... Read More

desa tertinggi di indonesia

12 DESA TERTINGGI DI INDONESIA

Posted at 04/02/2020

Kira-kira desa tertinggi di Indonesia ada dimana? Kalau saja di Pegunungan Jaya Wijaya terdapat desa yang tercantum di BPS statistik nasional, mungkin wilayah itu... Read More

Ada Lho..Satu Gunung Berada di Empat Provinsi Sekaligus di Indonesia

Posted at 04/02/2020

Ada lho… satu gunung berada di empat provinsi sekaligus. Tahu tidak kalau beberapa gunung di Indonesia terletak di banyak wilayah perbatasan? Ada gunung yang... Read More