HOME
Home » Kopi Gunung » 50++ Jenis Kopi Gunung Khas dari Seluruh Wilayah Indonesia

50++ Jenis Kopi Gunung Khas dari Seluruh Wilayah Indonesia

Posted at January 30th, 2020 | Categorised in Kopi Gunung

Jenis kopi gunung adalah istilah yang dimaksudkan untuk biji kopi yang ditanam di lereng-lereng gunung. Sebagai pembuka informasi dari artikel ini mari kita ketahui dulu hubungan erat kopi dan gunung.

Indonesia adalah wilayah yang paling dikenal dengan kekayaan alamnya. Indonesia memiliki ratusan gunung yang bisa didaki. Gunung pegunungan adalah wilayah yang sangat subur sehingga banyak tumbuhan yang menghiasi. Maka dari itu Indonesia adalah negara makmur yang punya banyak gunung dan punya banyak tumbuhan subur.

Dan tanaman kopi adalah salah satu komoditi terbesarnya. Indonesia bahkan merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. Selain itu, Indonesia juga memiliki kopi dengan harga termahal di dunia.

Daftar Isi Artikel hide

Jenis Kopi dari Karakteristik

Kita ketahui dulu jenis-jenis kopi secara umum yang telah paten di dunia. Yaitu dibagi empat:

No Nama Lokasi Tumbuh Waktu Panen Kualitas
1 Arabika 700-1700 mdpl 9 bulan ⭐⭐⭐⭐⭐
2 Robusta 400-700 mdpl 10-11 bulan ⭐⭐⭐⭐
3 Liberika daratan rendah tiap tahun ⭐⭐
4 Ekselsa daratan rendah tiap tahun ⭐⭐

Arabika

Kopi jenis ini bermula dari Ethiopia. Kemudian orang-orang bangsa Arab memperkenalkannya ke penjuru dunia, sehingga dikenalah dengan sebutan Arabica.

Kopi Arabika tumbuh di ketinggan 700-1700 mdpl. Jenis ini paling banyak tumbuh di lereng-lereng gunung. Kemudian suhu yang dibutuhkan yakni 16-20 Celcius. Masa panennya sekitar 9 bulan. Kopi Arabika adalah jenis paling bagus dari biji kopi. Namun rentan terhadap penyakit HV (Hemileia vastratix) atau karat daun, penyakit pada tumbuhan kopi. Kopi Arabika memiliki rasa yang kental dan asam.

Robusta

Kopi jenis ini berasal dari Kongo. Nama Robusta berasal dari kata robust yang artinya kuat. Kopi jenis ini tumbuh di ketinggian lebih rendah yakni 400-700 mdpl di suhu 21-24 Celcius. Secara kualitas berada di bawah Arabika, namun Robusta tahan terhadap penyakit HV. Masa panenya 10-11 bulan dan rasa kopi ini umumnya lebih pahit namun memiliki variasi fruity.

Liberika

Kopi jenis ini berasal dari Afrika Barat. Di antara yang lainnya, jenis Liberika paling menonjol karena memiliki bentuk tubuh yang lebih besar: daun, batang, akar, lebih lebar dan besar. Meski demikian, jenis Liberika justru menyusut drastis ketika melalui proses pengeringan. Bahkan menyisakan 10% bagian saja dari keseluruhan sebelum dijemur. Oleh sebab itu sedikit petani yang membudidayakan Liberika. Dan secara kualitas memang lebih rendah dari Robusta dan Arabika.

Ekselsa

Kopi jenis ini juga berasal dari Afrika Barat. Kualitasnya sama dengan Liberika. Ekselsa tumbuh di dataran rendah basah. Bisa juga tumbuh di lahan gambut.

Single Orign

Kalian pasti sering baca keterangan single orign di daftar menu warung kopi. Maksudnya yaitu “kopi yang diambil dari wilayah tertentu”. Nah, single orign inilah yang akan diulas dalam artikel ini. Misalnya kopi single orign Aceh, maka artinya kopi dari Aceh.

Jika kalian masih bingung dengan berbagai macam istilah di warung kopi. Coba pelajari dulu singkat berikut ini:

Metode meracik kopi ada 2 yakni espresso based & manual brew.

Espresso based macam-macamnya yaitu espresso, cappucino, americano, latte, affogato,dll. Manual brew macam-macammnya yaitu Moka pot, rok presso, tubruk, vietnam drip, dll.

Lalu dalam pengolahan biji kopi juga melalui proses yang panjang dan istilah-istilahnya beda-beda. Jadi, kesimpulannya jangan bingung.

50++ Jenis Kopi Gunung dari Aceh sampai Papua

No Nama kopi Dari gunung
1 Aceh Gayo Burni Telong, Geureudong
2 Simalungun Toba
3 Sidikalang Bukti Barisan
4 Samosir Pulau samosir
5 Lintong Toba
6 Sipirok Sibual buali
7 Mandailing Sorik Marapi
8 Karo Sinabung, Sibuatan
9 Meranti Kep. Meranti
10 Tungkal Tanjung Jabung Barat
11 Kerinci Kerinci
12 Merangin Masurai
13 Bengkulu Kaba
14 Rejang Lebong Daun
15 Lahat Patah
16 Semende Muara Enim
17 Minang Solok Talang
18 Besemah Dempo
19 Pagar Alam Dempo
20 Ranau Seminung
21 Liwa Pesagi
22 Lampung Tanggamus
23 Puntang Puntang
24 Malabar Malabar
25 Cikuray Cikuray
26 Papandayan Papandayan
27 Talaga Bodas Talaga Bodas
28 Ciwidey Patuha
29 Sindoro Sumbung Sindoro Sumbung
30 Merapi Merapi
31 Ungaran Ungaran
32 Muria Muria
33 Temanggung Temanggung
34 Lawu Lawu
35 Ijen Raung Ijen Raung
36 Arjuno Arjuno
37 Argopuro Argopuro
38 Kawi Kawi
39 Bromo Tengger Bromo Tengger
40 Kintamani Abang, Batur, Catur
41 Pupuan Batukaru
42 Lombok Rinjani
43 Tambora Tambora
44 Bajawa Inelika, Inerie
45 Toraja Sesean, Latimojong
46 Kalosi Enrekang Nona, Latimojong
47 Manggarai Ranakah
48 Pinogu Pinogu
49 Sojol Sojol
50 Wamena Jayawijaya

PROVINSI ACEH

1 Kopi Aceh Gayo

Kopi gayo merupakan varietas kopi arabika yang menjadi salah satu komoditi unggulan yang berasal dari Dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah, Indonesia. International Conference on Coffee Science, Bali, Oktober 2010 menominasikan kopi Gayo ini sebagai kopi nomor satu di dunia. Dataran tinggi Tanah Gayo yang meliputi Kabupaten Aceh Tengah, Bener Meriah dan Gayo Lues. Perkebunan kopi Aceh Gayo tersebar di lereng Gunung Burni Telong dan Burni Geureudong.

PROVINSI SUMATERA UTARA

2 Kopi Simalungun

Kopi Simalungun adalah salah satu kopi Arabika terbaik yang berasal dari Sumatera Utara, tepatnya di Kabupaten Simalungun. Biji kopi ini menjadi bahan baku kopi terkenal Starbucks. Wilayah Simalungun sendiri berada di sekitar pegunungan Toba.

3 Kopi Sidikalang

Kopi Sidikalang memiliki jenis robusta dan arabika. Lokasi kebun berada di kota Sidikalang, Kabupaten Dairi. Wilayah Dairi dilalui oleh Pegunungan Bukit Barisan.

4 Kopi Samosir

Kopi ini disebut juga kopi Arabika Pulo Samosir. Kebun kopi ini ada di pulau Samosir di Sumatera Utara.

5 Kopi Lintong

Kopi Lintong Ni Huta adalah kopi asli Sumatera Utara yang berasal dari dataran tinggi Lintong Nihuta, Kabupaten Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara. Kopi Lintong telah menembus dunia dan diakui sebagai satu kopi terbaik yang perlu dicicipi.

6 Kopi Sipirok

Kopi khas Sipirok dari Gunung Sibualbuali, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Berjenis arabika, Kopi ini memiliki cita rasa yang khas dan otentik.

7 Kopi Mandailing

Kopi Mandailing atau yang di luar negeri juga dikenal dengan sebutan kopi mandheling adalah kopi jenis arabika. Kopi ini pertama kali diperkenalkan oleh Belanda pada tahun 1833. Ia pernah dinobatkan sebagai yang terbaik di dunia, serta memiliki harga tertinggi di pasar internasional. Kebun kopi Mandailing berada di lereng Gunung Sorik Marapi.

8 Kopi Karo

Kopi Karo mempunyai rasa yang unik dibandingkan dengan kopi pada umumnya. Sesuai namanya, kopi ini dibudidayakan di Tanah Karo, Sumatera Utara. Berada di lereng tiga gunung yang saling berdekatan yakni Gunung Sinabung, Gunung Sibuatan, dan Gunung Sibayak. Kopi Karo merupakan kopi Arabika yang memiliki cita rasa yang mendunia.

PROVINSI RIAU

9 Kopi Meranti

Kopi Meranti adalah kopi jenis Liberika dari Kepulauan Meranti, Riau. Kopi ini adalah kopi yang bisa hidup di lahan gambut.

PROVINSI JAMBI

10 Kopi Tungkal

Kopi Tungkal adalah kopi jenis Liberika dari Tanjung Tabung Barat, Jambi. Kopi ini juga bisa hidup di lahan gambut, dataran rendah di Jambi.

11 Kopi Kerinci

Gunung Kerinci memang terkenal dengan perkebunan tehnya yang terluas di dunia. Namun di lerengnya juga ditanami perkebunan kopi. Kopi Kerinci juga meraih predikat nasional sebagai Kopi Terbaik se-Indonesia dalam Festival Kopi di Jakarta tahun 2017. Jenisnya ada Arabika dan Robusta.

12 Kopi Merangin

Kopi Merangin berasal dari lereng Gunung Masurai. Kopi ini berjenis robusta, dan lebih dikenal dengan nama Kopi Jangkat, karena wilayah perkebunan berada di Jangkat, Merangin.

PROVINSI BENGKULU

13 Kopi Bengkulu

Kopi Bengkulu terkenal dengan jenis Arabika, Robusta, dan juga Liberika. Kopi ini memiliki perkebunan di wilayah Rejang Lebong dan Kepahiang yang juga masuk dalam lereng Gunung Kaba.

14 Kopi Rejang Lebong

Kopi Rejang Lebong cukup terkenal dengan Arabika dan Robustanya. Perkebunannya berada di lereng Gunung Daun

PROVINSI SUMATERA SELATAN

15 Kopi Lahat

Kopi Lahat berasal dari Lahat, Sumatera Selatan. Tepatnya berada di lereng Gunung Patah.

16 Kopi Semende

Kopi ini berasal dari daerah Semende, Muara Enim, Sumsel. Terkenal dengan jenis Robustanya.

17 Kopi Besemah

Kopi Robusta Basemah berasal dari Pagar Alam, Sumsel dan perkebunannya berada di lereng Gunung Dempo.

18 Kopi Pagar Alam

Begitu juga Kopi Pagar Alam. Sama-sama robusta dari Gunung Dempo.

PROVINSI SUMATERA BARAT

19 Kopi Minang Solok

Kopi Minang Solok khas dengan perpaduan rempah dari Sumatera Barat. Kopi ini berjenis Arabika dan perkebunannya berada di lereng Gunung Talang.

PROVINSI LAMPUNG

20 Kopi Ranau

Kopi Ranau mengambil lokasi sebuah danau terbesar kedua di Sumatera yakni danau Ranau. Kopi ini banyak dibudidayakan di lereng gunung Seminung, Lampung. Dan terkenal dengan julukan Robusta Premium dari Bumi Sriwijaya.

21 Kopi Lampung

Kopi Lampung tersebar hampir di seluruh provinsi Lampung. Jenisnya bermacam ada Arabika dan Robusta. Perkebunan kopi Lampung berada di lereng-lereng gunung Tanggamus, Gunung Rajabasa, Gunung Tanggang, Gunung Betung.

22 Kopi Liwa

Kopi Liwa dikenal sebagai kopi terenak dari Lampung. Jenisnya adalah Robusta dan juga Liberika. Perkebunan kopi ini berada di lereng Gunung Pesagi.

PROVINSI JAWA BARAT

23 Kopi Puntang

Kopi Gunung Puntang Jawa Barat menjadi juara dalam Specialty Coffee Association of America Expo di Atlanta, Amerika Serikat, 14-17 April 2016. Kopi Puntang berjenis arabika natural.

24 Kopi Malabar

Kopi Malabar dikenal juga dengan Java Preanger atau Jawa Priangan. Kopi legendaris dari Jawa Barat. Kopi jenis Arabika ini tumbuh subur di lereng gunung Malabar.

25 Kopi Cikuray

Kopi Gunung Cikuray juga berjenis Arabika. Kopi ini tidak kalah dengan kopi-kopi lain di Jawa Barat.

26 Kopi Papandayan

Kopi Papandayan merupakan salah satu kopi Arabika unggulan dari Jawa Barat. Perkebunan kopi ini berada di lereng Gunung Papandayan.

27 Kopi Talaga Bodas

Kopi dari Gunung Talaga Bodas juga merupakan Arabika unggulan Jawa Barat.

28 Kopi Ciwidey

Kopi Ciwidey dari lereng Gunung Patuha Jawa Barat malah mendapat rekor MURI sebagai kopi termahal di dunia pada 2017 lalu.

PROVINSI JAWA TENGAH

29 Kopi Sindoro Sumbing

Kopi Arabika dan Robusta khas dari lereng Gunung Sindoro dan Sumbing Jawa Tengah.

30 Kopi Temanggung

Kopi Temanggung juga merupakan hasil dari lereng Sindoro Sumbing dan beberapa gunung lain.

31 Kopi Merapi

Kopi Merapi adalah kopi arabika & robusta dari lereng Gunung Merapi. Ada warung khas juga yang bernama warung kopi Merapi di Cangkringan, Sleman, Yogyakarta.

32 Kopi Ungaran

Selain perkebunan teh, lereng gunung ungaran juga ditanami kopi.

33 Kopi Muria

Di lereng Gunung Muria, Kudus, Jawa Tengah, juga ada perkebunan kopi yang khas, yaitu Kopi Muria.

34 Kopi Lawu

Kopi robusta dari lereng Gunung Lawu juga tidak kalah nikmat.

PROVINSI JAWA TIMUR

35 Kopi Ijen Raung

Di Jawa Timur paling terkenal adalah kopi arabika Ijen Raung. Kopi ini memiliki cita rasa yang khas. Salah satu jenis yang terenak juga ada yakni jenis kopi luwaknya. Yang dikatakan sebagai kopi terenak di dunia. Kopi Ijen Raung banyak ditemukan di lereng Gunung Ijen dan Gunung Raung.

36 Kopi Arjuno

Kopi arabika & robusta dari lereng gunung Arjuno ini merupakan salah satu primadona di kalangan pecinta kopi.

37 Kopi Argopuro

Kopi Argopuro juga merupakan jenis kopi arabika dari lereng Gunung Argopuro yang terkenal dengan trek pendakiannya yang panjang. Kopi Argopuro memiliki sensasi cita rasa yang khas.

38 Kopi Bromo Tengger

Kopi Arabika dari lereng Gunung Bromo juga tidak kalah dengan lainnya. Memiliki cita rasa yang strong, fruity dan spicy.

39 Kopi Kawi

Di lereng Gunung Kawi terdapat sentra perkebunan kopi arabika yang cukup terkenal yakni kopi Kawi.

PROVINSI BALI

40 Kopi Kintamani

Salah satu kopi unggulan nusantara milik Bali adalah Kopi Kintamani. Kopi Kintamani mempunyai cita rasa lembut dan manis. Kopi jenis ini dibudidayakan di lereng-lereng gunung api yang ada di Kintamani, kabupaten Bangli yaitu Gunung Batur, Gunung Catur, dan Gunung Abang.

41 Kopi Pupuan

Kopi robusta Pupuan dari wilayah Tabanan, Bali, memiliki cita rasa cokelat yang khas. Perkebunan kopi Pupuan sendiri terdapat di lereng Gunung Batukaru, Tabanan.

PROVINSI NTB

42 Kopi Lombok Sembalun

Kopi ini berjenis Arabika dan ditanam di lereng Gunung Rinjani. Memiliki citarasa yang pada dan khas Gunung Rinjani.

43 Kopi Tambora

Kopi Tambora memiliki jenis Arabika dan Robusta. Perkebunan kopi Tambora terdapat di lereng Gunung Tambora, Dompu, NTB.

PROVINSI NTT

44 Kopi Flores Bajawa

Kopi Flores Bajawa adalah kopi Arabika unggulan nasional yang mendunia. Karakter kopi flores bajawa yang khas adalah perpaduan aroma nutty dan tembakaunya. Perkebunan Kopi Bajawa banyak ditemukan di lereng Gunung Inerie dan Gunung Inelika, Flores.

45 Kopi Manggarai

Kopi Arabika dari Manggarai Timur, NTT, juga pernah menyabet gelar sebagai kopi ternikmat di 2015. Citara sara khas dari Nusa Tenggara Timur sangat mencolok dalam kopi ini. Perkebunan Kopi Manggarai banyak ditemukan di lereng Gunung Ranakah, Kabupaten Manggarai, NTT.

PROVINSI SULAWESI SELATAN

46 Kopi Toraja

Kopi Arabika Toraja adalah salah satu kopi nomor satu dari Nusantara. Karakter kopi toraja yang khas adalah body yang tebal dan keasaman rendah. Rasanya dominan cokelat dan earthy. Kopi ini berasal dari dataran tinggi Toraja di Sulawesi Selatan. Perkebunanya banyak ditemukan di lereng Pegunungan Sesean dan Latimojong.

47 Kopi Kalosi Enrekang

Kopi Arabika Kalosi Enrekang memiliki karakter kopi yang khas adalah rasa masam buah (fruity) yang meninggalkan aftertaste manis. Perkebunan kopi ini terdapat di Enrekang, tepatnya di lereng Gunung Nona, dan Latimojong.

PROVINSI SULAWESI TENGAH

48 Kopi Sojol

Kopi ini berjenis Arabika dan berasal dari Kabupaten Donggala. Perkebunanya terdapat di lereng Gunung Sojol, Donggala, Sulteng.

PROVINSI GORONTALO

49 Kopi Pinogu

Kopi Pinogu adalah kopi organik yang menjadi produk unggulan di Kabupaten Bone. Kopi pinogu berasal dari campuran kopi robusta dan kopi liberika. Perkebunannya banyak terdapat di lereng pegunungan Pinogu, Gorontalo.

PROVINSI PAPUA

50 Kopi Wamena

Kopi arabika Wamena adalah kopi khas Papua. Kopi arabika Wamena tumbuh di daerah pegunungan Jayawijaya Wamena dengan ketinggian 1.400-2.000 meter di atas permukaan laut. Kopi di daerah ini tumbuh subur tanpa menggunakan pupuk kimia apapun. Citra rasanya khas dengan rona aroma yang mempesona.

3 Comments for 50++ Jenis Kopi Gunung Khas dari Seluruh Wilayah Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post to 50++ Jenis Kopi Gunung Khas dari Seluruh Wilayah Indonesia