HOME
Home » DAFTAR TER- » 7 Summits Gunung Tertinggi di Pulau Terbesar Indonesia

7 Summits Gunung Tertinggi di Pulau Terbesar Indonesia

Posted at January 16th, 2020 | Categorised in DAFTAR TER-

Apa itu 7 summits ? summit artinya dalam bahasa Indonesia adalah puncak. Puncak sendiri dalam kamus besar Bahasa Indonesia artinya adalah bagian yang di atas sekali. Maka kesimpulan dari 7 summits adalah tujuh puncak yang tertinggi. Nah, pada artikel ini akan dibahas 7 summits gunung tertinggi di 7 pulau besar Indonesia.

Indonesia adalah wilayah yang terdiri dari banyak pulau. Dan kali ini InfoPendaki akan bahas tujuh pulau terbesar yang ada di Indonesia. Yaitu:

  1. Pulau Papua (777.000 km² )
  2. Pulau Kalimantan (743.330 km² )
  3. Pulau Sumatera (425.000 km² )
  4. Pulau Sulawesi (174.600 km² )
  5. Pulau Jawa (126.700 km² )
  6. Pulau Timor (30.777 km² )
  7. Pulau Halmahera (17.780 km² )

Daftar pulau di atas diurutkan dari yang terbesar dan terluas. Adapun daftar gunung tertinggi setiap pulau adalah sebagai berikut:

No Nama Gunung Elevasi Letak
1 Carstensz 4884 mdpl Papua
2 Kerinci 3805 mdpl Sumatera
3 Semeru 3676 mdpl Jawa
4 Rantemario (Latimojong) 3478 mdpl Sulawesi
5 Mutis 2427 mdpl Timor
6 Bukit Raya 2278 mdpl Kalimantan
7 Gamkonora 1635 mdpl Halmahera

PULAU PAPUA

Gunung Jaya Wijaya (4884 mdpl)

Puncak tertinggi di gunung tertinggi di Indonesia terletak di bumi Papua, yakni Pucak Jayawijaya atau Carstensz Pyramid. Puncak tertinggi ini memiliki ketinggian 4884 mdpl atau setara dengan 16.023 kaki. Karena berada di ketinggian hampir 5ribu mdpl maka di sekeliling puncak Carstensz diselimuti oleh es atau gletser. Hal ini menjadikan tempat tersebut satu-satunya tempat di iklim tropis yang diselimuti oleh es.

Indonesia yang memiliki banyak sekali gunung dianugerahi beribu macam kekayaan yang sudah ada sejak gunung itu ada. Puncak Jaya merupakan salah satu dari 7 puncak tertinggi di bumi atau sering orang menyebutnya “The seven summits”. sumber: http://infopendaki.com/puncak-jaya-wijaya-carstensz-pyramid/

PULAU KALIMANTAN

Gunung Bukit Raya (2278 mdpl)

Gunung Bukit Raya adalah gunung tertinggi di Pulau Kalimantan dengan ketinggian 2.278 mdpl. Namun jika dilihat secara keseluruhan Pulau Kalimantan atau Borneo (mencakup wilayah Negara Malaysia), maka Gunung Kinabalu di Sabah, Malaysia, menjadi yang tertinggi. Gunung Kinabalu memiliki ketinggian 4.000 mdpl lebih.

Secara administratif, Gunung Bukit Raya masuk dalam kawasan Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) dan Kalimantan Tengah (Kalteng). Sebagian besar wilayah Bukit Raya, termasuk puncaknya masuk dalam kawasan Kabupaten Katingan, Kalteng.

Gunung Bukit Raya dikelola oleh Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya (TNBBBR). Bukit Raya (2.278 mdpl) adalah puncak gunung di Kalteng, sedangkan Bukit Baka (1.617 mdpl) adalah puncak gunung di Kalbar. Bukit Raya dan Bukit Baka adalah penyuplai sumber air ke sungai-sungai besar yakni Sungai Melawi dan Sungai Kapuas. Selain dua gunung tersebut, beberapa gunung lain juga masuk dalam kawasan TNBBBR, di antaranya adalah Bukit Asing, Bukit Melabanbun, Bukit Panjing, Bukit Panjak, dan Bukit Lesung. Masyarakat Kalimantan umumnya lebih sering menyebut gunung dengan sebutan ‘bukit’. Nama Bukit Raya sendiri memiliki arti ‘Gunung yang Besar’, atau ‘Gunung Rimba’. Kawasan TNBBBR dan pemukiman di sekitar kawasan tersebut mayoritas adalah penduduk Suku Dayak, dan rumah-rumah mereka juga adalah rumah tradisional dayak.

Gunung Bukit Raya menjadi puncak tertinggi di Kalteng, dan juga Pulau Kalimantan. Jika dilihat dari elevasi yang hanya 2.278 mdpl maka gunung ini kalah jauh dengan jajaran gunung di Pulau Jawa maupun Sumatera yang berketinggian 3.000 mdpl lebih. Namun jika dilihat dari tingkat kesulitannya, baik akses menuju titik pendakian, maupun kondisi lingkungan jalur pendakian, maka Gunung Bukit Raya bisa dikatakan lebih sulit dari kebanyakan gunung di Jawa dan Sumatera. Hal terberat bagi pendakian Gunung Bukit Raya adalah aksesnya untuk menuju titik pendakian yang harus menyusuri sungai-sungai besar menggunakan perahu boat maupun perahu kelotok terlebih dahulu. sumber: http://pendaki.id/gunung-bukit-raya-2-278-mdpl/

PULAU SUMATERA

Gunung Kerinci (3805 mdpl)

Gunung Kerinci memiliki ketinggian 3.805 mdpl. Ini adalah ketinggian di atas rata-rata gunung di Indonesia dan masuk dalam kategori gunung sangat tinggi. Oleh karena itu Gunung Kerinci didapuk sebagai gunung tertinggi kedua di Indonesia, tentunya setelah Gunung Jaya Wijaya di bumi Papua.

Gunung Kerinci merupakan gunung berjenis stratovolcano tipe A, yakni gunung api yang masih aktif dan bentuknya kerucut menjulang tinggi. Selain menjadi tertinggi kedua se-Indonesia, Gunung Kerinci juga adalah gunung tertinggi pertama di Pulau Sumatera dan juga sebagai gunung api (volcano) tertinggi pertama di Indonesia. Karena Gunung Jaya diketahui bukanlah gunung api melainkan gunung batu (puncaknya diselimuti es).

Predikat-predikat super wow yang melekat pada Gunung Kerinci tersebut, menjadi alasan bagi pendaki Indonesia untuk wajib mendaki Gunung Kerinci.

Gunung Kerinci masuk dalam kawasan konservasi Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Secara administrative, Gunung Kerinci masuk dalam wilayah Provinsi Jambi, dan perbatasan Sumatera Barat. Namun, sebagian besar adalah masuk wilayah Jambi. Sedangkan kawasan konservasi TNKS sendiri mencakup 4 provinsi yakni Provinsi Jambi, Sumbar, Sumsel, serta Bengkulu. sumber: http://pendaki.id/gunung-kerinci-3-805-mdpl/

PULAU SULAWESI

Gunung Latimojong (3478 mdpl)

Pegunungan Latimojong adalah sebuah komplek deretan puncak gunung yang berjajar dari selatan ke utara. Salah satu puncaknya adalah puncak tertinggi di Sulawesi, yakni Puncak Rantemario dengan ketinggian 3.440 mdpl. Pegunungan Latimojong terletak di tengah-tengah Provinsi Sulawesi Selatan. Pegunungan ini juga diyakini sebagai tempat tinggal nenek moyang bagi masyarakat Enrekang, Toraja, Luwu, dan juga Bone. Arwah-arwah para leluhur mendiami puncak-puncak di pegunungan Latimojong.

Pendakian umumnya adalah pendakian Puncak Rantemario yaitu puncak tertinggi di Latimojong sekaligus di Sulawesi. Namun pendakian masih bisa dilanjutkan menuju puncak-puncak lainnya yang secara elevasi lebih rendah dari Rantemario, namun jika dilihat dari usaha untuk mencapainya bisa dikatakan lebih sulit berkali-kali lipat.

Jalur pendakian dimulai dari Desa Karangan (jalur paling populer), Kecamatan Baraka. Trek pendakian cukup jelas karena mengingat Gunung Latimojong adalah gunung yang terkenal dan menjadi destinasi pendakian favorit bagi pendaki dari berbagai penjuru wilayah. Total terdapat 7 pos pendakian hingga mencapai Puncak tertinggi Rantemario. sumber: http://pendaki.id/pegunungan-latimojong-3-440-mdpl/

PULAU JAWA

Gunung Semeru 3676 (mdpl)

Gunung Semeru adalah gunung api tertinggi di pulau Jawa dan tertinggi nomor tiga di Indonesia setelah gunung Kerinci (1), dan gunung Rinjani (2). Puncak tertinggi gunung Semeru yakni bernama Mahameru memiliki ketinggian 3.676 mdpl dan memiliki sebuah kawah yang masih mengepulkan asap bernama Kawah Jonggring Saloko.

Gunung Semeru terletak di Malang dan sebagian Lumajang. Gunung ini juga masuk dalam kelompok pegunungan Tengger dan satu komplek dengan gunung Bromo. Pegunungan Tengger merupakan pegunungan yang sangat besar yang di dalamnya berdiri banyak gunung-gunung kecil dan yang paling besar gunung Semeru itulah.

Gunung tertinggi ini adalah gunung api yang masih aktif dan sewaktu-waktu bisa terjadi erupsi oleh sebab itu gunung Semeru termasuk dalam kategori gunung yang berbahaya. Tercatat letusan kawah terakhir pada 2008. Setiap pendaki dilarang mendekati kawah Semeru karena ada gas berbahaya yang bisa membunuh pendaki.

Pendakian gunung Semeru rata-rata membutuhkan waktu 3-4 hari (sampai kembali). Jalur yang akan kita lewati pertama adalah jalur datar menyusuri hutan dan berbagai savana. Dan kedua melewati jalur menanjak hingga menuju puncak Mahameru. sumber: http://infopendaki.com/gunung-semeru/

PULAU TIMOR

Gunung Mutis (2427 mdpl)

Gunung Mutis adalah gunung tertinggi di Pulau Timor sekaligus juga tertinggi di Provinsi NTT yakni dengan ketinggian 2.427 mdpl. Gunung Mutis adalah non-volcano yang terletak di Kecamatan Mollo Utara, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS). Sebenarnya jika keseluruha Pulau Timor (termasuk negara Timor Leste), maka gunung tertingginya dipegang oleh Gunung Ramelau dengan ketinggian 2960 mdpl.

Gunung Mutis terkenal dengan batu marmernya atau yang sering disebut “Faut Kanaf”. Kawasan hutan Gunung Mutis sangat kaya akan keanekaragaman hayati. Flora dan fauna yang ada adalah khas wilayah Timor, misalnya saja Rusa Timor, Kuskus Timor, biawak, dan sanca.

Kawasan Gunung Mutis berupa bukit-bukit dengan puncak tertinggi di 2.427 mdpl. Tidak jauh dari kawasan Mutis, berdiri Gunung Fatu Timau. Keduanya berada pada satu kawasan serupa, oleh sebab itu kadang orang menyebut kedua gunung tersebut dengan nama Gunung Mutis-Timau.

Gunung Mutis menjadi sumber bagi Sungai Noel Mina dan Noel Benain yang memiliki pengaruh besar terhadap kehidupan di kawasan tersebut. Kawasan Mutis juga merupakan area dengan curah hujan tertinggi di Timor, oleh sebab itu tempat ini selalu basah dan menjadi sumber bagi daerah aliran sungai di sekitarnya. sumber: http://pendaki.id/gunung-mutis-2-427-mdpl/

PULAU HALMAHERA

Gunung Gamkonora (1635 mdpl)

Gunung Gamkonora adalah stratovolcano tipe A yang terletak di Kecamatan Ibu, Kabupaten Halmahera Barat. Gunung api ini merupakan salah satu yang aktif di Pulau Halmahera. Sejarah mencatat pada tahun 1673 terjadi letusan hebat disertai dengan gelombang tsunami yang melanda Halmahera Barat. Tahun 2007 hingga 2011 Gunung Gamkonora tercatat adanya aktivitas vulkanik.

Puncak Gunung Gamkonora terdapat sebua kawah yang memanjang dari utara ke selatan. Jika dilihat dari jauh maka terlihat seperti sobekan, sobekan tersebut terdapat di Puncak Gunung Gamkonora. Kawah Gamkonora tersebut dinamakan Kawah A, Kawah B, Kawah C, Kawah D. sumber: http://pendaki.id/gunung-gamkonora-1-635-mdpl/

Gunung apa favoritmu?

1 Comment for 7 Summits Gunung Tertinggi di Pulau Terbesar Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post to 7 Summits Gunung Tertinggi di Pulau Terbesar Indonesia

GUNUNG UNTUK PEMULA

50+ GUNUNG UNTUK PEMULA DI PULAU JAWA LENGKAP

Posted at 05/02/2020

Beberapa pendaki yang belum pernah mendaki gunung sebelumnya, kerap kali meminta info gunung untuk pemula. Hmm… tapi sebelum kita mengulas lebih lanjut, mari ketahui... Read More

Ini Dia Gunung-Gunung Terluar Indonesia

Posted at 05/02/2020

Jika telah mengenal pulau-pulau terluar Indonesia, tapi kalian sudah tahu gunung-gunung terluar Indonesia? Indonesia merupakan negara kepulauan dan juga memiliki banyak sekali gunung. Dari... Read More

desa tertinggi di indonesia

12 DESA TERTINGGI DI INDONESIA

Posted at 04/02/2020

Kira-kira desa tertinggi di Indonesia ada dimana? Kalau saja di Pegunungan Jaya Wijaya terdapat desa yang tercantum di BPS statistik nasional, mungkin wilayah itu... Read More

Ada Lho..Satu Gunung Berada di Empat Provinsi Sekaligus di Indonesia

Posted at 04/02/2020

Ada lho… satu gunung berada di empat provinsi sekaligus. Tahu tidak kalau beberapa gunung di Indonesia terletak di banyak wilayah perbatasan? Ada gunung yang... Read More

kaldera terbesar

8 GUNUNG DENGAN KALDERA TERBESAR DI INDONESIA

Posted at 03/02/2020

Gunung dengan kaldera terbesar di Indonesia tersebar di berbagai wilayah. Mulai dari Sumatera, Jawa, dan juga NTB. Kira-kira apa saja gunung tersebut? Nah, sebelum... Read More