HOME
Home » Bromo » 8 Tips Traveling ke Bromo

8 Tips Traveling ke Bromo

Posted at January 22nd, 2017 | Categorised in Bromo

Tips Traveling ke Bromo Ampuh

Gunung Bromo merupakan salah satu destinasi unggulan di Jawa Timur. Traveling ke Bromo sudah menjadi pilihan top 5 bagi para turis lokal bahkan mancanegara yang mencari traveling gunung. Gunung Tengger adalah pegunungan yang menjadi muasal dari terbentuknya gunung-gunung di Jawa Timur terutama di kawasan Probolinggo, Lumajang, Pasuruan dan Malang.

Sejak 2014 wisata berupa pegunungan dan dataran tinggi menjadi destinasi yang kian diminati oleh wisatawan. Hal tersebut bukan hanya efek iklan media digital berupa film, produk makanan, pemerintah, melainkan juga efek media sosial. Kebiasaan masyarakat Indonesia yang membagikan foto berupa pemandangan indah yang mereka kunjungi ke media sosial membuat sebagian wisata di Indonesia semakin populer bahkan di lokasi yang semula tidak dikenal sama sekali. Begitupun dengan wisata Bromo yang sebelum 2014 sudah dikenal sebagai wisata gunung paling top bagi turis lokal dan mancanegara.

Gunung Bromo dikelola oleh Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dan masuk dalam beberapa wilayah kabupaten di Jatim. Wisata Bromo menjadi pilihan paling diminati turis bukan hanya karena keindahan gunung yang masih aktif tersebut namun juga keindahan padang savanah yang luas membentang di sekitar gunung, kuil yang melegenda yang berada di kaki gunung, dan wisata budaya dari suku Tengger yang menjadi penduduk asli Bromo.

Bagi Anda yang belum pernah mendaki gunung sama sekali tidak perlu khawatir kecapaian atau kedinginan karena Anda tidak harus berjalan mendaki beratus-ratus meter untuk sampai ke puncak Bromo. Sudah Ada tangga untuk mendaki ke puncaknya, dan jika lelah berjalan maka ada jasa ‘naik kuda’, ingin minum kopi panas? di sana adapula penjaja kopi panas, bahkan ada jasa ‘memfotokan’. Banyak transaksi ekonomi yang terjadi jika kita mengamatinya. Selain itu bukan hanya puncak dan kawah Bromo saja yang bisa kita nikmati keindahannya, beberapa bagian lain di sekitar Bromo justru tidak kalah indah.

‘Pasir Berbisik’ adalah lautan pasir yang menghampar di kawasan Bromo. Dinamakan pasir berbisik karena pasir-pasir tersebut jika terkena angin bunyinya seperti orang berbisik.
‘Padang Rumput (savana)’ adalah lautan rumput di sekitar Bromo dan sering dijadikan tempat kegiatan fotografi, atau syuting.
‘Bukit Cinta’ adalah bukit dimana traveler bisa melihat golden sunrise Bromo
‘Kuil’ yang melegenda yang terletak di kaki gunung Bromo tentu sangat eksotik
‘Budaya Tengger’ pada tanggal tertentu diadakan budaya sesajen oleh suku Tengger
‘Naik Jeep’ perjalanan dari pintu masuk menuju Bromo yang mengasyikkan

Nah, sebelum Anda mengunjungi itu semua simak terlebih dahulu 5 Tips Traveling ke Bromo berikut ini,

1. Pilih traveling by agent atau sendiri
Wisata gunung Bromo dikelola oleh TNBTS dan penduduk setempat juga menjadi pelaku dalam bisnis wisata tersebut. Para pelancong yang umumnya berasal dari luar daerah umumnya menggunakan agen wisata jika akan traveling ke Bromo. Namun ada pula traveling biasa tanpa agen. Jika menggunakan agen wisata tentu agenda traveling sudah terjadwal dan semua rentetan perjalanan sudah disiapkan pihak lain, traveler hanya ikut saja. Namun jika dengan traveling biasa maka traveler harus memiliki jadwal sendiri, mencari transportasi sendiri, mencari penginapan sendiri dan memiliki budget sendiri.

Tentukan terlebih dahulu Anda ingin melakukan traveling ke Bromo via agen wisata atau sendiri saja. Traveling dengan jumlah anggota lebih dari 5 orang umumnya menggunakan paketan wisata namun sendiri juga boleh. Jika hanya dua orang (pasangan) umumnya juga menggunakan agen, namun jika ingin sendiri biasanya mereka menggunakan kendaraan sendiri.

2. Pilih waktu yang tepat (Juni – Oktober)
Perbedaan wisatawan dan traveler biasanya terletak di waktu atau kapan orang tersebut mengunjungi tempat wisata. Wisatawan umumnya di hari-hari libur dimana banyak sekali orang-orang yang juga seprofesi mengunjungi suatu tempat wisata. Untuk traveler adalah kebalikan dari wisatawan, mereka biasa mengunjungi tempat wisata di waktu-waktu kapan mereka bisa. Dan inilah yang perlu Anda perhatikan jika berwisata ke Bromo.

Gunung Bromo akan tampak sangat indah dan kita bisa 100% menikmatinya di saat cuaca yang juga bagus pula. Berwisata ke sana perhatikan waktu yang tepat. Waktu yang paling bagus yakni: Juni – Oktober. Yakni di musim panas.

3. Persiapan Perjalanan Transportasi (via pesawat/kereta/darat)
Setelah memilih akan traveling by agent atau traveling sejadinya saja. Lalu memilih tanggal kapan perjalanannya. Selanjutnya persiapkan hal-hal yang berkaitan dengan perjalanan. Yang perlu Anda persiapkan bagi traveler luar daerah yakni transportasi. Persiapkan tiket jauh-jauh hari. Jika Anda memilih hari libur maka cepat-cepat pesan tiket pesawat/keretanya dari sekarang. Karena Bromo sudah sangat populer maka transportasi bukan lagi menjadi kendala. Dari bandara Malang bisa naik bis, atau bisa dengan taksi. Begitu juga dengan kereta dan angkutan darat lain petunjuk transportasi menuju Bromo bisa didapatkan dengan mudah. Titik poin umumnya adalah dari Malang atau Probolinggo.

4. Memilih Penginapan
Berwisata ke Bromo kita wajib menginap. Kenapa? karena tentu paling bagus datang ke Bromo saat masih pagi-paginya dan ditambah lagi kita akan bisa melihat ‘Golden Sunrise’ dari bukit cinta dengan background Gunung Bromo yang mengeluarkan asap. Penginapan seperti hotel, losmen, homestay jika di hari libur umumnya full booked. Maka cepat-cepat saja cari informasi dan book secepatnya. Tips penginapan jika ke Bromo: Anda bisa menginap di Malang, Probolinggo (di kotanya) kemudian via mobil/kendaraan umum menuju Bromo. Pilihan lain Anda bisa mencari penginapan langsung di daerah Bromo berupa homestay, hotel, dan rumah warga. Tentu suhu di sana sangat dingin. Jika Anda beranggota banyak maka lebih bagus sewa homestay, namun jika hanya berdua mendingan hotel saja.

5. Persiapan Fisik
Traveling ke Bromo bukan seperti traveling menyusuri perkotaan atau mall melainkan gunung. Dan tentunya suhu di sana sangat dingin dan Anda harus memiliki fisik yang kuat. Untuk itu persiapkan fisik seminggu sebelum perjalanan dengan jogging di pagi/sore hari.

6. Barang yang harus dibawa pergi
Anda tidak perlu membawa banyak pakaian jika destinasi utama adalah Bromo. Untuk total waktu traveling umumnya memakan 2 hari 1 malam. Namun jika Anda tidak hanya mengunjungi Bromo saja tapi melanjutkan untuk mengunjungi destinasi lain maka 3 hari 2 malam nampaknya sudah cukup.
– Bawalah pakaian untuk 2 hari dan tentu pakaian untuk di pegunungan: jaket, sepatu gunung, kaos tangan, syal, kacamata, celana panjang, masker, penutup kepala, senter/flashlight, p3k.
– Bawa pula keperluan fotografi karena tentu tidak enak sama sekali pulang tanpa menyimpan foto saat berwisata.
– Bawa uang cash karena di Bromo tidak ada ATM. (penting)

7. Fotografi
Wisata Bromo terkenal hingga mancanegara karena keindahan sunrise dan pemandangan sekitar gunung. Oleh sebab itu tidak sedikit pakar fotografi yang menjadikan gunung Bromo sebagai objek fotografinya. Oleh karena itu tips traveling ke Bromo yang tidak kalah penting yakni “fotografi’. Jika foto dengan background Bromo tidak seperti di kalender maka sepertinya Anda harus mengulang ke Bromo lagi tahun depan.

8. Barang yang harus dibawa pulang
Setelah beberapa tips tersebut terpenuhi maka Anda siap melakukan perjalanan dan pastikan traveling Anda menyenangkan. Namun jangan lupa bagikan kesenangan Anda dengan membagikan sesuatu untuk orang lain.
– Bagikan foto terbaik dan bagikan keindahan alam Bromo kepada orang lain
– Belilah cinderamata dari Tengger maka Anda membantu perekonomian lokal
– Beli oleh-oleh khas Bromo untuk orang di rumah
– Selain bersenang-senang Anda harus mencatat pelajaran yang bisa diambil dari traveling tersebut
– Bawa pulang sampah

Dari delapan poin pamungkas tersebut Anda bisa menambahkan lagi setelah Anda berhasil melakukan perjalanan traveling Anda ke Bromo. Pengalaman perjalanan tidak ada yang sempurna menyenangkan namun Anda bisa membagikan kepada orang lain yang akan berwisata ke Bromo sehingga untuk mengingat lagi perjalanan tersebut akan semakin menyenangkan.

1 Comment for 8 Tips Traveling ke Bromo

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post to 8 Tips Traveling ke Bromo

GUNUNG BROMO

Gunung Bromo

Posted at 25/01/2015

GUNUNG BROMO Gunung Bromo adalah gunung api yang masih aktif yang terletak di Jawa Timur tepatnya di Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang,... Read More