HOME
Home » DAFTAR TER- » Ada Lho..Satu Gunung Berada di Empat Provinsi Sekaligus di Indonesia

Ada Lho..Satu Gunung Berada di Empat Provinsi Sekaligus di Indonesia

Posted at February 4th, 2020 | Categorised in DAFTAR TER-

Ada lho… satu gunung berada di empat provinsi sekaligus. Tahu tidak kalau beberapa gunung di Indonesia terletak di banyak wilayah perbatasan? Ada gunung yang dilewati oleh lima wilayah sekaligus. Bahkan ada pula yang berdiri di empat provinsi juga loh.

Kali ini InfoPendaki.com akan mengupas mengenai gunung yang dilewati banyak perbatasan. Bukan perbatasan desa atau kecamatan, lebih besar lagi, yaitu perbatasan kabupaten dan juga provinsi.

Kira-kira gunung mana saja ya?

1 Gunung Slamet / 5 Kabupaten

Di Provinsi Jawa Tengah terdapat sebuah gunung api aktif yang merupakan gunung tertinggi di provinsi tersebut, yaitu Gunung Slamet. Gunung ini memiliki ketinggian 3.428 mdpl.

Gunung Slamet ini termasuk gunung yang istimewa. Selain karena menjadi yang tertinggi di Jawa Tengah, gunung ini juga berdiri tepat di tengah-tengah Pulau Jawa. Bahkan ada sebuah naskah kuno yang mengungkapkan sebuah ramalan dari Joyoboyo (Raja Majapahit) bahwa, jika Gunung Slamet ini meletus dahsyat maka akan membelah Pulau Jawa menjadi dua.

Bukan sekadar berdiri tepat di tengah-tengah Pulau Jawa, ternyata Gunung Slamet juga berdiri di lima wilayah kabupaten sekaligus lho. Yaitu di antaranya: Kabupaten Banyumas, Kabupaten Brebes, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Pemalang, dan Kabupaten Tegal.

Karena banyaknya wilayah kabupaten yang memiliki Gunung Slamet, maka jalur pendakian Gunung Slamet pun juga jadi banyak. Tiap kabupaten memiliki jalur masing-masing. Tercatat ada 11 jalur pendakian di Gunung Slamet.

2 Gunung Wilis Liman / 6 Kabupaten

Gunung Wilis atau disebut juga Gunung Liman, terletak di Jawa Timur, dan berada di enam wilayah kabupaten. Yaitu di antaranya: Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Madiun, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Kediri, Kabupaten Tulungagung, dan sebagian kecil Kabupaten Trenggalek.

Gunung Wilis ini dijuluki Gunung Liman, kata “Liman” jika diartikan artinya adalah “Lima”. Hal tersebut dimaksudkan karena gunung ini berada di 5 wilayah. Memang benar karena Gunung Wilis memiliki puncak yang dilewati oleh 5 kabupaten. Sebenarnya masih ada sebagian kecil di lereng gunung yang dimiliki oleh wilayah keenam, yaitu Kabupaten Trenggalek.

Gunung Wilis sendiri berbentuk tidak kerucut. Tubuhnya terdiri dari banyak punggungan naga. Itulah salah satu keistimewaan gunung ini. Jalur pendakiannya pun ada banyak. Antara lain: Jalur Besuki, Jalur Sekartaji (Rorokuning), Jalur Candi Penampihan, dan Jalur Selayar.

3 Gunung Kerinci / 4 Provinsi

Gunung Kerinci adalah gunung tertinggi di Sumatera. Gunung ini sebenarnya hanya dimiliki oleh 2 wilayah provinsi saja yaitu Provinsi Jambi dan Provinsi Sumatera Barat. Provinsi Jambi adalah yang utama karena sebagian besar tubuh gunung berada di wilayah tersebut.

Namun, Gunung Kerinci masuk dalam kawasan taman nasional yang sangat luas yaitu Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Kawasan tersebut memanjang dan Gunung Kerinci sebagai pusatnya. Nah, jika kita hitung seluruh kawasan TNKS maka mencakup 4 wilayah provinsi besar di Sumatera. Yaitu Provinsi Jambi, Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Bengkulu, dan Provinsi Sumatera Selatan.

Lereng gunung yang sangat luas di wilayah Gunung Kerinci adalah kawasan perkebunan teh dan juga kopi.

Baca juga: 20+ Perkebunan Teh Terkenal dari Lereng Gunung di Indonesia

Baca juga: 50++ Jenis Kopi Gunung Khas dari Seluruh Wilayah Indonesia

Nah, kira-kira ada lagi tidak gunung yang dimiliki banyak wilayah lainnya?

2 Comments for Ada Lho..Satu Gunung Berada di Empat Provinsi Sekaligus di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post to Ada Lho..Satu Gunung Berada di Empat Provinsi Sekaligus di Indonesia

Top 10 Gunung dengan Rekor Dunia yang Ada di Nusantara

Posted at 20/03/2020

Gunung dengan rekor dunia ada di Indonesia. Salah satunya yakni Gunung Toba. Ya, Gunung Toba. Gunung tersebut adalah gunung purbakala yang meletus sangat dahsyat... Read More

GUNUNG UNTUK PEMULA

50+ GUNUNG UNTUK PEMULA DI PULAU JAWA LENGKAP

Posted at 05/02/2020

Beberapa pendaki yang belum pernah mendaki gunung sebelumnya, kerap kali meminta info gunung untuk pemula. Hmm… tapi sebelum kita mengulas lebih lanjut, mari ketahui... Read More

Ini Dia Gunung-Gunung Terluar Indonesia

Posted at 05/02/2020

Jika telah mengenal pulau-pulau terluar Indonesia, tapi kalian sudah tahu gunung-gunung terluar Indonesia? Indonesia merupakan negara kepulauan dan juga memiliki banyak sekali gunung. Dari... Read More

desa tertinggi di indonesia

12 DESA TERTINGGI DI INDONESIA

Posted at 04/02/2020

Kira-kira desa tertinggi di Indonesia ada dimana? Kalau saja di Pegunungan Jaya Wijaya terdapat desa yang tercantum di BPS statistik nasional, mungkin wilayah itu... Read More

kaldera terbesar

8 GUNUNG DENGAN KALDERA TERBESAR DI INDONESIA

Posted at 03/02/2020

Gunung dengan kaldera terbesar di Indonesia tersebar di berbagai wilayah. Mulai dari Sumatera, Jawa, dan juga NTB. Kira-kira apa saja gunung tersebut? Nah, sebelum... Read More