HOME

Buku 199 Gunung Pendakian dari Aceh Sampai Papua

Dijual buku dari InfoPendaki.com dengan keterangan sebagai berikut:

cover 199 gunung

199 GUNUNG PENDAKIAN DARI ACEH SAMPAI PAPUA

Spesifikasi Produk

ISBN = 9786025552175
Berat = 1290 gram
Jumlah halaman = 444
Jenis cover = Soft cover
Jenis kertas = HVS
Ukuran kertas = B5
Penulis: InfoPendaki.com
Penerbit: Azyan Media
Lokasi penjual: Yogyakarta

Hrg: Rp 99.000

PREVIEW PROLOG
Indonesia adalah sebuah negara yang memiliki keistimewaan secara geografis. Orang bilang bahwa kekayaan alam adalah sebuah berkah. Nyatanya memang demikian, negeri Indonesia adalah negeri yang dipenuhi berkah yang melimpah ruah. Kekayaan alam Indonesia tersebar ke semua penjuru wilayah. Namun orang jarang yang tahu kalau negeri Indonesia mendapat berkah bukan semata-mata sebagai hadiah. Indonesia mendapatkan berkah itu dengan cucuran darah. Dan mempertahankannya hingga saat ini dan seterusnya dari tangan-tangan para penjajah.

Indonesia berada di antara benua besar yakni Benua Asia dan Benua Australia. Juga berada di antara dua samudera yakni Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Wilayah Indonesia memanjang dan posisinya dilewati garis khatulistiwa yang membagi bumi menjadi dua bagian secara horizontal.

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia, yakni dengan
17.504 pulau lebih. Wilayah Indonesia sering dikatakan dengan nama “Nusantara”, karena wilayahnya yang terjajar dari pulau-pulau. Sabang sampai Merauke adalah wilayah yang menggambarkan Indonesia paling barat hingga Indonesia paling timur.

Dari Sabang sampai Merauke itulah, terdapat paku bumi yang dinamakan gunung. Paku bumi itu tersebar merata, dan dalam buku inilah akan dibahas gunung-gunung yang berdiri gagah bukan hanya sebagai anugerah bagi Indonesia, namun juga sebagai penjaga keseimbangan hidup bagi masyarakatnya.

Gunung di Indonesia sudah ada sejak dulu kala. Bahkan peran gunung terhadap proses pembentukan kehidupan di bumi sangatlah besar. Salah satu faktor perubahan kehidupan secara masif adalah terjadinya letusan gunung. Indonesia memiliki banyak sekali gunung api yang aktif dan yang terbanyak di dunia. Bahkan menurut catatan sejarah, beberapa gunung legenda yang meletus dahsyat ada di Indonesia.

***

PREVIEW ARTIKEL GUNUNG
Gunung Penanggunan merupakan stratovolcano tipe B yang terletak di perbatasan Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Pasuruan. Gunung ini memiliki ketinggian 1.653 mdpl. Gunung Penanggungan berdekatan dengan Gunung Arjuno dan Welirang. Sepintas jika dilihat dari jauh maupun saat mendaki menuju puncak, Gunung Penanggunan tampak seperti Gunung Semeru. Oleh sebab itulah gunung ini dijuluki sebagai “Miniatur Gunung Semeru”. Ditambah lagi mitos yang beredar juga mengatakan kalau Gunung Penanggungan adalah bagian puncak Gunung Semeru yang dipindahkan.

Gunung Penanggunang memiliki predikat sebagai gunung yang menyimpan situs-situs sejarah paling banyak di Jawa. Hal ini tentu didasarkan catatan penemuannya. Ditemukan sebanyak 116 situs percandian Hindu-Budha di kawasan Gunung Penanggungan. Temuan- temuan tersebut mengarahkan pada spekulasi bahwa Gunung Penangunggan adalah lokasi sebuah kerajaan besar Hindu-Budha. Dan spekulasi tersebut mengarah pada Kerajaan Majapahit.

***

PEMESANAN

Pesan via WhatsApp
  • 3
    Shares