HOME
Home » Gunung Api Bawah Laut » Daftar Gunung Api Bawah Laut di Indonesia

Daftar Gunung Api Bawah Laut di Indonesia

Posted at April 26th, 2017 | Categorised in Gunung Api Bawah Laut

Gunung api bawah laut di Indonesia menjadi aset penting sekaligus potensi bahaya yang besar. Berdasarkan ilmu pengetahuan, 95% apa yang ada di bawah laut masih belum bisa dieksplor oleh manusia. Sehingga, apa yang telah ditemukan di bawah laut sana adalah masih sebagian kecil yang bisa diketahui manusia.

Nama Kedalaman Koordinat Letak 
 Banua Wuhu   −5 m  3.138°N 125.491°E Kepualauan Sangihe
 Emperor of China  −2850 m  6.62°S 124.22°E  Laut Banda (Maluku)
 Nieuwerkerk  −2285 m  6.60°S 124.675°E  Laut Banda (Maluku)
 Submarine 1922  −5000 m  3.97°N 124.17°E  Kepualauan Sangihe
 Yersey/Hobal/Hobalt  −3800 m  7.53°S 123.95°E  Laut Banda (Maluku)
 Kawio Barat  −1900 m  4°40’4″N 125°4’9″E  Kepualauan Sangihe
 Gunung Palung Sunda  −1280 m  Palung Sunda


GUNUNG API BANUA WUHU

Gunung Api Banua Wuhu terletak di perairan Pulau Sangihe, provinsi Sulawesi Utara. Banua Wuhu adalah satu-satunya gunung berapi yang aktif di bawah laut Indonesia. Puncak gunung api ini bisa terlihat hanya dari kedalaman 5 meter dalam air laut. Namun, besarnya elevasi gunung jika dihitung dari dasar terbilang cukup besar bahkan berdasarkan data aktual Banua Wuhu adalah gunung api dalam laut tertinggi di dunia. Ketinggiannya yakni sekitar 10.000 ft atau 3000 meter.

Keberadaan gunung api Banua Wuhu mungkin masih kurang terdengar. Namun, eksistensinya di laut Indonesia adalah sebuah aset berharga. Di puncak gunung ini keluar gelembung-gelembung panas yang suhunya mencapai 37-38 derajat celsius. Banua Wuhu tercatat terakhir meletus yakni pada 1919.

Pulau Mahengetang adalah pulau terdekat dengan lokasi gunung. Di pulau tersebut dihuni beberapa penduduk. Untuk saat ini wisata menuju Banua Wuhu masih sangat jarang. Jika ada tentu akomodasinya agak sulit. Untuk mencapai ke sana harus menggunakan perahu/boat/sekoci dan tentu menyelam dengan teknik diving ditemani dengan orang yang sudah berpengalaman tentunya.

Banua Wuhu

Koordinat: klik di sini

EMPEROR OF CHINA
Gunung Emperor of China adalah gunung api bawah laut yang terletak di laut Banda, perairan Maluku. Gunung api ini merupakan satu gugusan Emperor of China–Nieuwkerk (NEC). Puncak gunung ini berada jauh ke dasar laut yakni mencapai 2.850 m meter di bawah permukaan laut. Menurut catatan wikipedia gunung ini terakhir meletus pada 1927.

EmperorofChina-sat1-1-latest

Koordinat: klik di sini

NIEUWERKERK
Gunung api Nieuwwekerk juga masuk dalam gugusan Emperor of China–Nieuwkerk (NEC), dan juga terletak di laut Banda, perairan Maluku. Puncak gunung ini dari permukaan laut yakni sedalam 2.285 meter. Menurut catatan wikipedia gunung ini meletus terkahir pada 1927.

Koordinat: klik di sini

SUBMARINE 1922
Gunung Submarine 1922 adalah gunung api di kedalaman 5000 meter di bawah permukaan laut. Gunung ini terletak di kepulauan Sangihe. Dan pertama kali ditemukan ketika terjadi gempa pada 1922. Karena kedalaman yang sangat tinggi maka riset untuk gunung ini sangat sulit.

Koordinat: klik di sini

YERSEY/HOBAL
Gunung api Yersey terletak di laut Banda, perairan Maluku, atau masuk juga dalam kawasan Flores Timur. Gunung ini berada di kedalaman 3800 meter di bawah permukaan laut. Survey mengenai gunung ini yakni pada tahun 1929. Gunung Yersey disebut juga dengan gunung Hobal.

Gunung Hobal adalah gunung api yang terletak di laut Flores Timur. Gunung api ini adalah anakan dari gunung Iliwerung yang letaknya berdekatan, yakni berdiri di Pulau Lembata. Aktivitas gunung bawah laut tersebut sangat bergantung pada aktivitas Gunung Iliwerung.

Peristiwa letusan pada 1979 dimana letusan disertai dengan tsunami. Karena jarak gunung dengan pulau tidak jauh maka dua gunung api yang aktif yakni Iliwerung dan Hobal tersebut menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat setempat. Letusan terakhir gunung Hobal terjadi pada 1999.

gunung hobal

Koordinat: klik di sini

GUNUNG KAWIO BARAT
Gunung Kawio Barat terletak di kepualauan Laut Sangihe, Sulawesi Utara. Gunung ini terletak di kedalaman 1900 meter di bawah permukaan laut. Beberapa sumber mengatakan gunung Kawio Barat memiliki ketinggian mencapai 3200 meter jika diukur dari paling dasarnya. Jika demikian, maka gunung ini bisa menjadi gunung api di bawah laut tertinggi di dunia.

Kawio Barat

GUNUNG RAKSASA DI PERAIRAN BARAT SUMATERA (PALUNG SUNDA)
Dari sumber Ninemsn.com.au mengatakan bahwa Tim yang terdiri dari gabungan para pakar geologi Indonesia, AS, dan Perancis berhasil menemukan gunung api raksasa di bawah perairan barat Sumatera. Gunung api tersebut berdiameter 50 km dan tinggi 4.600 meter dan berada 330 km arah barat Kota Bengkulu.

Para ahli geologi ini berasal dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ( LIPI), Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, CGGVeritas dan IPG (Institut de Physique du Globe) Paris.

Letak gunung api bawah laut raksasa ini ada pada palung Sunda di barat daya Sumatera, 330 km dari Bengkulu. Puncaknya berada di kedalaman 1.280 meter dari bawah permukaan laut.

Jika gunung tersebut benar berskala sebesar itu dan merupakan gunung api aktif, maka potensi bahayanya jika meletus sangatlah besar.

gunung-api-bawah-laut-bengkulu-02

2 Comments for Daftar Gunung Api Bawah Laut di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post to Daftar Gunung Api Bawah Laut di Indonesia