HOME
Home » DAFTAR TER- » Daftar Gunung dengan Danau Terindah, Menyaingi Ranu Kumbolo-nya Semeru

Daftar Gunung dengan Danau Terindah, Menyaingi Ranu Kumbolo-nya Semeru

Posted at January 26th, 2020 | Categorised in DAFTAR TER-

Gunung dengan danau terindah? pasti pernah denger Ranu Kumbolo? sebuah danau eksotik yang sangat terkenal di Gunung Semeru. Nah, kali ini infopendaki.com akan membahas seputar gunung-gunung yang memiliki danau di jalur pendakiannya yang tidak kalah dengan Ranu kumbolo-nya Gunung Semeru.

Daftar gunung dengan danau terindah ini masih bisa diupdate karena sejauh ini infopendaki.com baru bisa menemukan beberapa gunung saja. Dan perlu diketahui, CATATAN: bahwa daftar ini adalah daftar danau yang letaknya ada di atas gunung atau masuk dalam jalur pendakian, bukan danau yang berada di lereng/kaki gunung. Dan juga bukan danau kawah atau kaldera. Mari kita bahas satu per satu.

Daftar Gunung dengan Danau Terindah

No Danau Gunung Lokasi
1 Ranu Kumbolo Semeru Jawa Timur
2 Segara Anak Rinjani Lombok
3 Kemiki Kemiki Aceh
4 Kumbang Masurai Jambi
5 Taman Hidup Argopuro Jawa Timur
6 Talamau Talamau Sumbar
7 Tanralili Bawakaraeng Sulsel

Nah, itu dia daftar danau terindah di gunung yang infopendaki.com kumpulkan. Urutan-urutan dari paling atas adalah yang paling indah sekaligus paling ramai. Beberapa danau tidak kalah indah jika dinilai dari estetika atau keindahan pemandangan, namun rata-rata masih kalah ramai dengan Ranu Kumbolo-nya Semeru.

1 Ranu Kumbolo

Siapa yang tidak tahu Ranu Kumbolo? spot danau paling terkenal abad ini di kalangan pendaki gunung Indonesia. Ranu Kumbolo adalah sebuah danau yang terletak di tengah-tengah jalur pendakian menuju puncak gunung Semeru. Lokasinya berada di ketinggian 2.400 mdpl.

Ranu Kumbolo memiliki luas 14 Ha. Cukup luas untuk ukuran sebuah danau di atas gunung. Di Ranu Kumbolo para pendaki bisa mendirikan tenda dan bermalam di spot yang telah disediakan.

Bagi kebanyakan pendaki yang mendaki Gunung Semeru, mereka sangat menantikan saat-saat untuk bermalam di Ranu Kumbolo. View yang paling indah adalah saat matahari tenggelam, maka bayangan matahari akan tampak di atas air danau. Selain itu saat siang hari pun pesona Ranu Kumbolo benar-benar sangat indah. Jadi apakah kelian tidak ingin ke Semeru?

2 Segara Anak

Urutan selanjutnya adalah Danau Segara Anak. Pendaki Indonesia harus tahu dong dimana itu Segara Anak. Danau ini adalah danau vulkanik yang ada di Gunung Rinjani. Gunung Rinjani sendiri adalah sebuah gunung hasil dari letusan besar gunung purba, kemudian bagian tengahnya bolong dan membentuk sebuah danau, yang dinamakan Segara Anak.

Sama dengan Semeru. Gunung Rinjani adalah destinasi gunung paling populer. Terutama bagi kalangan wisatawan asing. Tiap tahun gunung ini bisa mendatangkan puluhan ribu wisatawan asing yang tentu menjadi lambung pendapatan daerah setempat.

Segara Anak adalah spot paling diburu para pendaki. Segara Anak memiliki luas 3500 x 4800 meter. Ini termasuk ukuran yang besar. Tentu saja, di bagian tengahnya saja berdiri sebuah gunung kecil yang bernama Barujari. Gunung tersebut yang menjadi corong vulkanik, artinya jika Rinjani meletus, maka letusannya keluar dari corong tersebut.

Yang paling unik di Segara Anak adalah kalian bisa memancing ikan dan memasaknya. Kemudian jika kalian banyak uang kalian bisa menyewa perahu untuk berkeliling Segara Anak. Selain itu jika musim kemarau air di danau surut, bahkan kalian bisa menyeberangi untuk ke gunung Barujari.

3 Danau Kemiki

Mungkin bagi sebagian kalian baru mendengar nama ini. Memang sih namanya kurang populer di kalangan para pendaki. Karena lokasinya yang tidak banyak diketahui. Danau Kemiki adalah sebuah surga tersembunyi yang terletak di tengah jalur pendakian antara Gunung Kemiki dan Gunung Peuet Sagoe.

Sepanjang mata memandang, danau ini dikelilingi oleh gunung-gunung, yakni Gunung Apui, Gunung Peuet Sagoe, dan juga Danau Rusa. Bagi pendaki Aceh, Danau Kemiki adalah saingan yang seimbang bahkan lebih indah ketimbang Ranu Kumbolo di Pulau Jawa. Kelebihannya tentu dari view di sekelilingnya.

Pendakian ke Gunung Kemiki dan Gunung Peuet Sagoe masih sangat jarang. Oleh karena itu danau Kemiki masih sangat alami dan bersih. Jadi kalau kalian banyak uang, rasanya harus ke sini dulu deh.

4 Danau Kumbang

Danau Kumbang adalah sebuah danau yang cukup luas yang berada di bawah puncak Gunung Masurai. Gunung Masurai sendiri adalah sebuah gunung di Provinsi Jambi.

Masih jarang yang tahu perihan danau ini. Namun bagi sebagian pendaki asal Jambi, mereka pasti tahu Gunung Masurai.

Beberapa spot danau di Gunung Masurai bukan hanya satu, melainkan ada banyak. Danau tersebut adalah Danau Kumbang, Danau Mabuk, Danau Merah, dan Danau Larangan. Danau Kumbang adalah yang terbesar dan paling eksotis. Oleh sebab itu, Gunung Masurai lebih dikenal dengan keeksotisan Danau Kumbang-nya.

5 Taman Hidup

Urutan selanjutnya kembali lagi ke Jawa. Yakni Danau Taman Hidup di Gunung Argopuro. Siapa yang tak kenal dengan Argopuro, gunung ini menjadi gunung dengan trek terpanjang di pulau Jawa. Pendakiannya saja memakan waktu 5-6 hari.

Nah, di jalur pendakiannya terdapat spot paling ikonik sama dengan Ranu Kumbolo, yaitu Danau Taman Hidup. Danau ini memiliki luas sekitar 11 Ha. Dari danau ini mengalir beberapa sungai sehingga kawasan Argopuro cukup dikenal pula dengan sumber airnya.

Yang unik di Taman Hidup adalah sebuah spot foto berupa pendopo kecil dengan bacground air danau. Pendaki-pendaki sering sekali berfoto di spot tersebut. Apalagi saat menjelang sore menuju gelap, atau saat pagi hari sunrise tiba. Benar-benar bagus deh, kalian harus ke Argopuro.

6 Danau Talamau

Gunung Talamau di Sumatera Barat adalah sebuah gunung yang sangat terkenal dengan jumlah telaga atau danau di puncak gunung terbanyak. Jika kita mendaki Gunung Talamau sampai puncak, maka kita bisa melihat beberapa telaga yang cukup banyak di bawah puncak sana.

Gunung Talamau tercatat memiliki 13 danau di puncak, sekaligus menjadi gunung dengan danau terbanyak di puncak gunung. Danau-danau tersebut antara lain Telago Biru, Biluah Parindu, Cindua Mato, Imbang Langik, Lumuik, Mandeh Rupiah, Puti Bungsu, Puti Sangka Bulan, Rajo Dewa Satwa, Siuntuang Sudah, Tapian Puti, Mambang Surau, Sutan Bagindo.

Kalian bisa melihat danau tersebut dari dekat. Dan satu lagi keunikan di Talamau, yakni jalur pendakian yang bersih. Menurut para pendaki, jalur pendakian Talamau sangat bersih karena memang jarang ada yang mendaki ke sana. Dan tentu danau-danau atau telaga di Talamau masih sangat perawan.

7 Tanralili

Yang satu ini masih sangat jarang didengar bagi sebagian besar pendaki di Indonesia. Namun jika kalian adalah orang Sulawesi, terutama Sulawesi Selatan, pasti tahu dong Danau Tanralili.

Ya, danau ini adalah sebuah danau yang dikatakan mirip dengan Ranu Kumbolo-nya Semeru. Lokasinya berada di jalur pendakian Gunung Bawakaraeng. Gunung Bawakaraeng sendiri adalah gunung yang sangat terkenal di Sulawesi Selatan.

Danau Tanralili tidak begitu luas, namun pesonanya sangat menarik para pengunjung. Banyak juga para pendaki yang mendirikan tenda di spot pinggir danau. Jadi kalau kalian mendaki ke Bawakaraeng, jangan lupa ke sini dulu.

Nah, itu dia gunung dengan danau terindah yang bisa disejajarkan dengan Ranu Kumbolo-nya Semeru. So, kalian sudah kemana aja? Atau belum sama sekali?

1 Comment for Daftar Gunung dengan Danau Terindah, Menyaingi Ranu Kumbolo-nya Semeru

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post to Daftar Gunung dengan Danau Terindah, Menyaingi Ranu Kumbolo-nya Semeru

Top 10 Gunung dengan Rekor Dunia yang Ada di Nusantara

Posted at 20/03/2020

Gunung dengan rekor dunia ada di Indonesia. Salah satunya yakni Gunung Toba. Ya, Gunung Toba. Gunung tersebut adalah gunung purbakala yang meletus sangat dahsyat... Read More

GUNUNG UNTUK PEMULA

50+ GUNUNG UNTUK PEMULA DI PULAU JAWA LENGKAP

Posted at 05/02/2020

Beberapa pendaki yang belum pernah mendaki gunung sebelumnya, kerap kali meminta info gunung untuk pemula. Hmm… tapi sebelum kita mengulas lebih lanjut, mari ketahui... Read More

Ini Dia Gunung-Gunung Terluar Indonesia

Posted at 05/02/2020

Jika telah mengenal pulau-pulau terluar Indonesia, tapi kalian sudah tahu gunung-gunung terluar Indonesia? Indonesia merupakan negara kepulauan dan juga memiliki banyak sekali gunung. Dari... Read More

desa tertinggi di indonesia

12 DESA TERTINGGI DI INDONESIA

Posted at 04/02/2020

Kira-kira desa tertinggi di Indonesia ada dimana? Kalau saja di Pegunungan Jaya Wijaya terdapat desa yang tercantum di BPS statistik nasional, mungkin wilayah itu... Read More

Ada Lho..Satu Gunung Berada di Empat Provinsi Sekaligus di Indonesia

Posted at 04/02/2020

Ada lho… satu gunung berada di empat provinsi sekaligus. Tahu tidak kalau beberapa gunung di Indonesia terletak di banyak wilayah perbatasan? Ada gunung yang... Read More