HOME
Home » Bromo » Jawa Timur » Gunung Bromo

Gunung Bromo

Posted at January 11th, 2020 | Categorised in Bromo, Jawa Timur

GUNUNG BROMO

Gunung Bromo adalah gunung api yang masih aktif yang terletak di Jawa Timur tepatnya di Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Gunung Bromo memiliki ketinggian 2.392 mdpl.

Sejarah terbentuknya gunung Bromo adalah bermula dari letusan yang memecah belah Gunung Tengger (4000 mdpl). Akibat letusan tersebut terbentuklah sebuah komplek gunung yang di dalamnya meliputi Lautan Pasir, Gunung Widodaren, Gunung Watangan, Gunung Kursi, Gunung Batok dan Gunung Bromo. Selain penjelasan secara ilmiah, terbentuknya atau sejarah gunung Bromo juga sangat kental akan cerita rakyat.

Pegunungan Tengger adalah pegunungan yang sangat besar yang di dalamnya terdapat gunung-gunung kecil antara lain: G. Penanjakan ( 2.770 mdpl.), G. Cemorolawang, G. Lingker ( 2.278 mdpl.), G. Pundak Lembu ( 2.635 mdpl.), G Jantur ( 2.705 mdpl.),G.Ider-ider ( 2.527 mdpl.) serta G.Mungal ( 2.480 mdpl.). Sedangkan pada Komplek Pegunungan Jambangan terdapat G. Lanang ( 2.313 mdpl ), G Ayek-ayek ( 2.819 mdpl ), G. Panggonan Cilik ( 2.883 mdpl ), G Keduwung ( 2.334 mdpl ), G Jambangan ( 3.020 mdpl ), G Widodaren ( 2.000 mdpl ), G Kepolo ( 3.035 mdpl ), G Malang ( 2.401 mdpl ), dan G Semeru ( 3.676 mdpl ).

PETA JALUR KE BROMO

Untuk menuju gunung Bromo ada banyak pilihan jalur dan basecamp atau penginapan antara lain:
Desa Tosari – Wonokitri
Cemoro lawang – Ngadisari
Jemplang – Ngadas

Dari Surabaya kita bisa naik bis menuju Probolinggo dan turun di Pasuruan. Selanjutnya naik colt/angkutan umum menuju Desa Tosari – Wonokitri. Di Wonokitri kita dapat bermalam di hotel/losmen. Selanjutnya jarak menuju wisata Bromo sudah dekat.

Dari arah Probolinggo kita naik colt atau bis menuju Sukapura, kemudian kita terus ke Ngadisari. Dari Ngadisari naik kuda atau berjalan kaki menuju Cemoro lawang sejauh 3 km. Di Cemoro lawang kita dapat bermalam di hotel/losmen. Selanjutnya jarak menuju wisata Bromo sudah dekat.

Dari Malang kita naik minibus menuju ke Tumpang (18 Km). Dari Tumpang perjalanan kita lanjutkan dengan naik Jeep menuju ke Jemplang sekitar 1,5 jam perjalanan melewati Desa Gubuk Klakah dan Desa Ngadas. Sampai di Jemplang selanjutnya jarak menuju Bromo sudah dekat.

Dari Purwodadi, dari Kota Malang kita naik Bus atau minibus menuju ke Purwodadi. Dari Purwodadi kita naik minibus menuju ke Desa Tosari, melewati Desa Nonggojajar. Dari Tosari kita teruskan menuju Wonokitri. Di Wonokitri kita dapat bermalam di hotel/losmen. Selanjutnya jarak menuju wisata Bromo sudah dekat.

Para wisatawan atau pendatang yang berwisata ke gunung Bromo kebanyakan adalah memulai perjalanan di dini hari sekali untuk mengejar sunrise atau matahari terbit. Maka dari itu planning terbaik yakni menginap di salah satu penginapan sesuai jalur lokasi di atas. Untuk transportasi bila dari Jakarta kita bisa naik kereta dan turun di stasiun Malang. Tips: jika berlebih uang atau banyak anggota kita bisa memanfaatkan porter yang biasanya menawarkan jasa saat kita tiba di stasiun Malang. Ini akan efektif sekali. (tentunya keungan dibagi rata ya).

GUNUNG-GUNUNG LAIN DI SEKITAR BROMO

Gunung Bromo adalah gunung wisata paling terkenal di Pulau Jawa, sekaligus menjadi destinasi wisata gunung paling ramai se-Indonesia. Total kunjungan wisata mencapai 500.000 lebih per tahunnya, baik dari wisatawan lokal maupun mancanegara. Per hari wisatawan yang datang ke Bromo yakni 1000 – 5000 wisatawan, dan bahkan bisa mencapai 10.000 di hari tertentu. Gunung Bromo dijadikan kawasan lindung yang bernama Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Gunung Bromo adalah gunung api aktif yang berketinggian 2.329 mdpl dan terletak di Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Gunung Bromo telah aktif meletus sejak abad ke-20 hingga abad ke-21. Tercatat terakhir meletus adalah di 2015. Sebelumnya di tahun 2004, 2010, dan 2011, Gunung Bromo juga tercatat ada letusan.

Puncak Gunung Bromo yakni berupa kaldera dengan diameter mencapai 800 meter. Kawah Gunung Bromo adalah kawah yang aktif mengepulkan asap. Masyarakat asli Bromo adalah Suku Tengger. Suku Tengger adalah masyarakat Hindu dan menganggap Gunung Bromo adalah gunung suci. Oleh sebab itu di kaki Gunung Bromo didirikan sebuah pura yang bernama Pura Luhur Poten. Tiap tahun sekali diadakan acara agama yang dinamakan Yadnya Kasada atau “Tradisi Kasodo” yakni syukuran atas hasil bumi dan kehidupan dengan menceburkan hasil bumi ke dalam Kawah Bromo. Prosesi tradisi tersebut dimulai dari Pura Luhur Poten.

GALERI PEMANDANGAN GUNUNG BROMO

INFORMASI GUNUNG BROMO

Nama: Gunung Bromo
Ketinggian: 2.392 mdpl
Lokasi: Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, Malang
Tipe: Gunung api aktif
Kondisi: kawah
Jalur pendakian: Probolinggo, Pasuruan
Tarif : Rp 27.500/orang (lokal), Rp 217.000 (mancanegara) sudah termasuk asuransi

Naik kuda: Rp , Sewa porter:  Rp , Photographer: Rp ,  Jeep: Rp 700.000

tarif bromo terbaru_1

MAP

REFERENSI

http://pendaki.id/gunung-bromo-2-329-mdpl/ 
http://bromotenggersemeru.org
http://www.belantaraindonesia.org/2009/07/gunung-bromo.html
http://bromotour1.com
http://hardtoptumpang.blogspot.com/2013/10/pasir-berbisik-gunung-bromo.html
https://untung09.wordpress.com/page/3/
http://bromotravelguide.blogspot.com/2014/05/harga-tiket-masuk-wisata-bromo-terbaru.html
  • 6
    Shares

13 Comments for Gunung Bromo

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post to Gunung Bromo

Gunung Argopuro io

Gunung Argopuro

Posted at 14/01/2020

Gunung Argopuro atau disebut juga “Argopura” adalah gunung api yang terletak di Jawa Timur tepatnya di perbatasan kabupaten Probolinggo, Situbondo dan Bondowoso. Argopuro memiliki... Read More

gunung baluran

Gunung Baluran

Posted at 14/01/2020

Gunung Baluran adalah gunung kecil yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur. Gunung ini bisa dibilang gunung yang berdiri di ujung... Read More

puncak penanggungan

Jalur Pendakian Gunung Penanggungan via Tamiajeng

Posted at 14/01/2020

Jalur Tamiajeng gunung Penanggungan terletak sama seperti jalur Jolotundo yakni di kecamatan Trawas, Mojokerto. Waktu yang dibutuhkan untuk pendakian gunung Penanggungan via Tamiajeng memakan... Read More

GUNUNG PENANGGUNGAN

Gunung Penanggungan

Posted at 14/01/2020

Gunung Penanggungan adalah gunung api istirahat yang terletak di Kabupaten Mojokerto (Barat)... Read More

gunung terangker di tanah jawa raung

Gunung Raung

Posted at 13/01/2020

Gunung Raung adalah gunung yang terletak di kawasan pegunungan Ijen Jawa Timur tepatnya di tiga kabupaten... Read More