HOME
Home » Bromo » Jawa Timur » Gunung Bromo

Gunung Bromo

Posted at January 25th, 2015 | Categorised in Bromo, Jawa Timur

GUNUNG BROMO
GUNUNG BROMO
Gunung Bromo adalah gunung api yang masih aktif yang terletak di Jawa Timur tepatnya di Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Gunung Bromo memiliki ketinggian 2.392 mdpl.

Sejarah terbentuknya gunung Bromo adalah bermula dari letusan yang memecah belah Gunung Tengger (4000 mdpl). Akibat letusan tersebut terbentuklah sebuah komplek gunung yang di dalamnya meliputi Lautan Pasir, Gunung Widodaren, Gunung Watangan, Gunung Kursi, Gunung Batok dan Gunung Bromo. Selain penjelasan secara ilmiah, terbentuknya atau sejarah gunung Bromo juga sangat kental akan cerita rakyat.

Pegunungan Tengger adalah pegunungan yang sangat besar yang di dalamnya terdapat gunung-gunung kecil antara lain: G. Penanjakan ( 2.770 mdpl.), G. Cemorolawang, G. Lingker ( 2.278 mdpl.), G. Pundak Lembu ( 2.635 mdpl.), G Jantur ( 2.705 mdpl.),G.Ider-ider ( 2.527 mdpl.) serta G.Mungal ( 2.480 mdpl.). Sedangkan pada Komplek Pegunungan Jambangan terdapat G. Lanang ( 2.313 mdpl ), G Ayek-ayek ( 2.819 mdpl ), G. Panggonan Cilik ( 2.883 mdpl ), G Keduwung ( 2.334 mdpl ), G Jambangan ( 3.020 mdpl ), G Widodaren ( 2.000 mdpl ), G Kepolo ( 3.035 mdpl ), G Malang ( 2.401 mdpl ), dan G Semeru ( 3.676 mdpl ).

MENUJU LOKASI
Untuk menuju gunung Bromo ada banyak pilihan jalur dan basecamp atau penginapan antara lain:
Desa Tosari – Wonokitri
Cemoro lawang – Ngadisari
Jemplang – Ngadas

Dari Surabaya kita bisa naik bis menuju Probolinggo dan turun di Pasuruan. Selanjutnya naik colt/angkutan umum menuju Desa Tosari – Wonokitri. Di Wonokitri kita dapat bermalam di hotel/losmen. Selanjutnya jarak menuju wisata Bromo sudah dekat.

Dari arah Probolinggo kita naik colt atau bis menuju Sukapura, kemudian kita terus ke Ngadisari. Dari Ngadisari naik kuda atau berjalan kaki menuju Cemoro lawang sejauh 3 km. Di Cemoro lawang kita dapat bermalam di hotel/losmen. Selanjutnya jarak menuju wisata Bromo sudah dekat.

Dari Malang kita naik minibus menuju ke Tumpang (18 Km). Dari Tumpang perjalanan kita lanjutkan dengan naik Jeep menuju ke Jemplang sekitar 1,5 jam perjalanan melewati Desa Gubuk Klakah dan Desa Ngadas. Sampai di Jemplang selanjutnya jarak menuju Bromo sudah dekat.

Dari Purwodadi, dari Kota Malang kita naik Bus atau minibus menuju ke Purwodadi. Dari Purwodadi kita naik minibus menuju ke Desa Tosari, melewati Desa Nonggojajar. Dari Tosari kita teruskan menuju Wonokitri. Di Wonokitri kita dapat bermalam di hotel/losmen. Selanjutnya jarak menuju wisata Bromo sudah dekat.

Para wisatawan atau pendatang yang berwisata ke gunung Bromo kebanyakan adalah memulai perjalanan di dini hari sekali untuk mengejar sunrise atau matahari terbit. Maka dari itu planning terbaik yakni menginap di salah satu penginapan sesuai jalur lokasi di atas. Untuk transportasi bila dari Jakarta kita bisa naik kereta dan turun di stasiun Malang. Tips: jika berlebih uang atau banyak anggota kita bisa memanfaatkan porter yang biasanya menawarkan jasa saat kita tiba di stasiun Malang. Ini akan efektif sekali. (tentunya keungan dibagi rata ya).

GALERI PEMANDANGAN GUNUNG BROMO

BUKIT CINTA/ LOVE HILL
LOVE HILL BROMO

KERAMAIAN BUKIT CINTA

PENDUDUK TENGGER
penduduk tengger asli

MAKANAN TENGGER
MAKAN DI PENGINAPAN BROMO

PASIR BERBISIK
pasir berbisik bromo

pasir berbisik bromo

pasir berbisik bromo

pasir berbisik bromo

Pasir-Berbisik_gunung-bromo

SAVANAH
savana bromo

Objek-Padang-Savana-Bromo

savana bromo

savanna

ALUN-ALUN
PURE BROMO

Pak SBY dan Ibu Ani di Bromo

JALUR MENUJU PUNCAK

JEEP

KERAMAIAN WISATA BROMO

PORTER KUDA BROMO

PUNCAK BROMO
GUNUNG BATOK

PUNCAK GUNUNG BROMO

SELFIE DENGAN KAWAH BROMO

TANGGA MENUJU PUNCAK BROMO

INFORMASI GUNUNG BROMO
Nama: Gunung Bromo
Ketinggian: 2.392 mdpl
Lokasi: Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, Malang
Tipe: Gunung api aktif
Kondisi: kawah
Jalur pendakian: Probolinggo, Pasuruan
Tarif : Rp 27.500/orang (lokal), Rp 217.000 (mancanegara) sudah termasuk asuransi

Naik kuda: Rp , Sewa porter:  Rp , Photographer: Rp ,  Jeep: Rp 700.000

tarif bromo terbaru_1

REFERENSI
http://bromotenggersemeru.org
http://www.belantaraindonesia.org/2009/07/gunung-bromo.html
http://bromotour1.com
http://hardtoptumpang.blogspot.com/2013/10/pasir-berbisik-gunung-bromo.html
https://untung09.wordpress.com/page/3/
http://bromotravelguide.blogspot.com/2014/05/harga-tiket-masuk-wisata-bromo-terbaru.html

6 Comments for Gunung Bromo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post to Gunung Bromo

181 Daftar Gunung di Jawa Timur Lengkap

Posted at 23/01/2017

Ada 181 nama gunung di Jawa Timur. Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu provinsi dengan jumlah gunung terbanyak di... Read More

Tips Traveling ke Bromo Ampuh

8 Tips Traveling ke Bromo

Posted at 22/01/2017

Gunung Bromo merupakan salah satu destinasi unggulan di Jawa Timur. Traveling ke Bromo sudah menjadi pilihan top 5 bagi... Read More

GUNUNG SEMERU

Gunung Semeru

Posted at 28/01/2015

GUNUNG SEMERU Gunung Semeru adalah gunung api tertinggi di pulau Jawa dan tertinggi nomor tiga di Indonesia setelah gunung... Read More