HOME
Home » Cikuray » Gunung Cikuray

Gunung Cikuray

Posted at July 31st, 2015 | Categorised in Cikuray

GUNUNG CIKURAY CIKURAI
GUNUNG CIKURAY
Gunung Cikuray adalah gunung tertinggi keempat di jawa barat setelah gunung Gede, Pangrango dan Ciremai. Secara geografis gunung Cikuray terletak di sebelah selatan provinsi jawa barat tepatnya di kabupaten Garut, dan berada di perbatasan kecamatan Bayongbong, Cikajang, dan Dayeuh Manggung. Gunung ini memiliki ketinggian 2.821 mdpl (meter di atas permukaan laut).

Kabupaten Garut terkenal sebagai daerah yang dingin dan banyak wisata gunungnya termasuk gunung Cikuray. Bagi para pendaki yang memiliki waktu liburan panjang atau pendaki dari luar provinsi biasanya melakukan pendakian gunung Cikuray sekaligus gunung guntur atau papandayan karena memang letaknya berdekatan.

Gunung Cikuray menjadi destinasi yang cukup populer bagi para pendaki khususnya di sekitar Jawa Barat dan Jabodetabek. Jika musim libur atau weekend banyak sekali pendakian ke sana. Letak gunung Cikuray yang cukup strategis juga menjadi alasan banyaknya pendaki yang memilih mengisi weekend mereka di gunung tersebut. Jalur pendakian gunung Cikuray ada tiga yakni jalur Cikajang, jalur Bayongbong dan jalur Dayeuhmanggung atau pos pemancar TVRI.

peta gunung cikuray2

JALUR PENDAKIAN
– Jalur Cikajang
– Jalur Bayongbong (baca di sini)
– Jalur Dayeuhmanggung, Cilawu (pos pemancar)

Jalur Cikajang adalah jalur yang lebih panjang namun treknya lebih mudah ketimbang jalur lainnya. Jalan via Cikajang akan melewati perkebunan warga. Selain itu, dua jalur lainnya adalah jalur pendakian Bayongbong dan Dayeuhmanggung bisa dibilang hampir sama, yakni treknya cenderung lebih pendek ketimbang jalur Cikajang hanya saja lebih curam dan terjal. Bagi para pendaki, biasanya jalur via dayeuhmanggung, Cilawu adalah pilihan favorit mereka.

TRANSPORTASI
Dari Bandung
– menggunakan angkot/bis menuju terminal Guntur
– pilih jalur pendakian berdasarkan kecamatan: Cikajang, Bayongbong atau Dayeuh Manggung
– bilang saja menuju pos pendakian

Dari jawa tengah/jawa timur/dst
– paling utama tujulah kabupaten Garut. Jika naik bis turunlah di terminal Guntur.
– lalu tanyakan ke arah gunung Cikuray. Pilih saja jalur pendakiannya: Cikajang, Bayongbong atau Dayeuh Manggung
– moda transportasi bagi pendaki dari luar daerah bisa menggunakan: carter angkot/mobil, naik angkot-ojek, dsb. Yang terpenting jangan sungkan bertanya

Info tambahan soal biaya angkot dll saat di terminal Guntur:
Dari terminal Guntur biasanya perjalanan dilanjutkan dengan angkot 06 menuju Cilawu, dapat turun di Sukamulya atau Cigarungsang, lalu dapat dilanjutkan dengan jasa ojek untuk menuju Stasiun pemancar Rp.35.000/orang.

Gunung Cikuray adalah gunung yang berbentuk kerucut. Jika saat matahari terbit (sunrise) sampai waktu menuju siang biasanya terlihat bayangan kerucut puncak Cikuray. Wisata gunung dari Garut ini memang cukup terkenal oleh masyarakat setempat dan cukup diminti oleh pendaki atau wisatawan dari luar daerah terutama Jakarta dan jawa barat. Selain lokasinya yang memiliki pemandangan alam yang indah, akses menuju pos pendakian juga tidak sulit. Ditambah lagi gunung Cikuray bukan termasuk gunung yang tinggi, bisa dibilang sedang-sedang saja.

SEJARAH
Sejarah Gunung Cikuray menurut wikipedia sekitar abad 17-an gunung ini adalah tempat pertapaan atau persembahan. Lereng Gunung Cikuray menjadi mandala, yaitu pusat pertapaan para pendeta dan kegiatan tulis menulis kerajaan Padjadjaran. Bukti-bukti tertulis mengenai mandala ini masih tersimpan di sebuah cagar budaya Ciburuy di Kecamatan Cigedug

MISTERI
Kismis atau kisah misteri pada beberapa gunung di Jawa umumnya hamir sama yakni berkisah tentang pendaki yang melihat makhluk lain atau kisah pendaki tersesat. Hal demikian juga berlaku pada gunung CIkuray. Banyak pendaki yang mengisahkan pengalamannya demikian dan bagi kalangan pendaki tentu bisa dianggap “ya memang seperti itu”.

Misteri gunung Cikuray menurut penuturan penduduk: Gunung Cikuray dahulu sering dijadikan tempat oleh beberapa penduduk meminta pertolongan atau dalam bahasa lain “minta keselamatan” “minta pesugihan” “minta cantik rupawan” dan lain sebagainya. Tapi mungkin masih berlanjut hingga saat ini. Dahulu diceritakan ada makam yang menjadi tempat penyembahan yakni berada di puncak bayangan atau di pos 6, dan satu lagi di puncak gunung itu sendiri. Di Cikuray menurut cerita memiliki sebuah petilasan candi berukuran kecil yang tersembunyi di daerah puncak bayangan, menurut mitosnya ketika kita bisa mengangkat candi tersebut, maka kita akan (Meunnang Milik) mendapatkan keberuntungan. Demikian kisah misteri ini dibuat sebagai ilmu pengetahuan semata.

GAMBARAN SINGKAT PENDAKIAN GUNUNG CIKURAY
gunung cikuray garut sore hari
Jalur pendakian gunung Cikuray melewati perkebunan warga

.
pos pemancar cikuray (Small)
Pos pemancar cikuray
.
kebun teh jalur pemancar gunung cikuray
Kebun teh jalur pemancar gunung cikuray
.
trek pendakian cikuray
Trek gunung Cikuray terbilang terjal dan curam. Biasa dinamakan trek “dengkul ketemu dada”
.
peringatan stop vandalisme di gunung cikuray
Patok peringatan
.
sunrise di puncak cikuray
Sunset di puncak Cikuray
.
bayangan kerucut cikuray (Small)
Bayangan kerucut cikuray
.
SUNRISE GUNUNG CIKURAY
Golden sunrise
.
Gunung Cikuray menarik banyak pendaki dari dalam maupun luar wilayah. Terbukti di hari-hari biasa tetap saja ramai apalagi saat weekend.

TIPS PENDAKIAN

  1. Pilihlah hari yang bagus untuk mendaki, usahakan jangan waktu hujan
  2. Latihan fisik seminggu sebelum hari H
  3. Persiapkan tim dan perlengkapan yang akan dibawa . Jangan lupa bawa sesuatu misal benda kesayangan atau tulisan untuk seseorang supaya bisa foto bareng saat di puncak tapi jangan lupa dibawa pulang dan jangan buang sampah sembarangan
  4. Tim yang solid adalah 5-8 orang. Jika sedikit usahakan 3 orang (1 orang harus sudah pernah naik gunung)
  5. Jangan sepelekan keselamatan. Pakai sandal atau sepatu gunung dan jaket gunung. Bawa makanan dan air secukupnya jangan terlalu sedikit dan jangan terlalu banyak. Yang paling penting jangan melanggar peraturan dan jangan buang sampah di gunung
  6. Untuk pendakian Cikuray kita bisa naik pagi atau malam. Jika pagi bagusnya pukul 10-13. Jika malam 6-7
  7. Dirikan tenda di tempat yang datar dan usahakan diselimuti pohon atau semak supaya tidak terkena angin gunung langsung
  8. Jika ada anggota kelompok yang tidak bisa melanjutkan perjalanan sebaiknya ditemani. Atau jika sakit parah langsung beritahu dengan kelompok lain.

INFORMASI GUNUNG CIKURAY
Nama: Gunung Cikuray
Nama lain: Gunung Srimanganti atau Srimanganten
Ketinggian: 2.821 mdpl
Jenis: Gunung api aktif
Lokasi: Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat
Letusan terakhir:
Facebook : Gunung Cikuray Garut
Yotube :
Website: http://www.garutkab.go.id
Spot alam: Hutan, Sabana, Bukit, kawah
Sumber air: biasanya pada awal pos pertama tiap-tiap jalur pendakian (ladang warga)
Flora: Pinus merkusii, Puspa, Akasia, Soro, Cemara gunung, Edelweis jawa
Fauna:
Hutan: hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, Hutan Montane dan Hutan Ericaceous.
Puncak: Puncak Cikuray/ shelter cikuray (2.821 mdpl)
Kawah: –
View gunung lain dari puncak: Gunung Papandayan, Gunung Guntur, Gunung Ciremai, Gunung Galunggung
Tarif daki: Rp 10.000/orang
Mitos:

REFERENSI
www.setapakkecil.com
www.id.wikipedia.org
www.ermala.wordpress.com
www.yusufrina.wordpress.com
www.petualangsubuh.blogspot.com
www.delightofurmind.blogspot.com

51 Comments for Gunung Cikuray

  • Foto Sunrisenya keren banget gan. Paling suka liat matahari terbit

  • pendaki gunung cikuray says:

    fotony kurang mas

    • dani says:

      Min mau nanya nih tnggal 3 desember 2016 dibuka apa engga? Situasi disana aman untuk didaki apa engga

  • maulia agustina says:

    mau nanya min cikuray tanggal 31 oktober di buka engga ? dan statusnya aman apa tidak untuk pendaki

  • Ahmad Rafi says:

    asalamualikum Wrb.mau nanya min gunung cikuray tgl 8 desember 2015 dibuka engga? Dan status’a aman atau tidak untuk didaki. Wasalam.

  • fudji says:

    info nanjak MT. Cikuray 2821 mdpl . bareng S’tapak Adventure, dan Terminal Outdoor tgl 19-20 Desember 2015 . yg mau gabung monggo . info ajja ke 087882003763 . meeting Point Terminal Kampung Rambutan .. Tanks min

  • yanti says:

    Di buka mas silahkan aja kalo mau mendaki kebetulan rumah sya di bawah kaki gunung cikuray,yg membutuhkan trnsportasi untuk transportasi lewat dayeuhmanggung cilawu bisa di sediakan

  • agus says:

    min klo tgl 22 desembr d buka kg ni
    tolong info nya min

  • Mora Al mahdi says:

    kalw tanggal 15-20 january dibuka gk

  • mahbub sholatin says:

    Assalamualaikum wah tgl 22 atau 23-12-2015 ada temen gak ya…. 082298958880 ane mau nanjak sendiri dari wonosobo klo ada sms ya…… salam kompak salam lestari indonesia

  • dedi supriadi says:

    klo buat pendakian tanggal 6 februari 2016 dibuka ga min??

  • assalamualaikum
    ada yg tau cuaca dicikuray sana skrg gmn ya?
    insya allah besok mo naik kesana
    semoga kabar cuaca baik yg aku dapetin besok

  • Noval says:

    Info cikuray buat tgl 15 januari dibuka ga ya ? Apa masih di tutup trmks

  • Rembi says:

    Min tips pendakian nomer 3 tolong direvisi gak perlu bawa tulisan2 min takut malah jadi sampah nanti hehe
    terima kasih mimin ganteng

  • klo mo tulis salam” dipuncak
    cukup sediain kertas hvs yg udah dilaminating n tisu basah aja
    lebih irit kertas n lebih irit sampah

    jgn lupa dibawa gy laminatingnya n dibuang ditempat sampah yg da di kaki gunung nanti

    semoga bermanfaat ????

  • faridkei says:

    Mantap, cikuray emang lumayan dibanding Papandayan sama Guntur.
    worth to try gan…
    .
    ini cerita ane pas di cikuray kmren gan.
    http://faridkei.com/hujan-hujanan-di-cikuray-2821-mdpl/

  • Sahat hp. says:

    Minta infonya untuk bulan maret Mt.Cikuray sdh boleh di daki atau tidak? Berhubung cuaca sdng musim hujan.tolong yaa.

  • aufa aditya says:

    Yang mau bareng tgl10maret ke cikuray bisa kumpul di uki polprimajasa,atau hub kami hehehe trmksh

  • nanda says:

    ada yang mau naik cikurai dalam bulan ini g????

  • Mohan says:

    sabtu tanggal 12 mas mau naik? saya dari bandung ber2 cari barengan
    add id line; mohaaan504 maksi

  • wahh cerita yang bagus gan, gunung yang membuat saya melehoy ya gunung cikuray. kapan kapan kita bareng trip ke gunung papandayan yuk.

  • m4_d3 says:

    Long wiken gan. Galau antara cikuray atau guntur. Hehehe

  • sigit says:

    salam semua. ada yg mau naik bulan ini. tgl 30 maret 2016 . klo ada kita bisa join bersama. tracking bersama. kontak:089609036420

  • Maria says:

    salam semua.
    kami berencana mau naik ke cikuray tnggal 6 Mei ini.
    Mau tanya dong kalau penginapan sederhana di daerh cikuray mana ya?
    Cuma semalam sebelum keberangkatannya aja.
    Mkasih

  • Noname says:

    cikuray cihuyyyy

  • Alflorenco says:

    Ada yg naik bulan april tanggal 5 hehehe salam lestari dari jakarta

  • Imamhilman says:

    Yg mau daki untuk wekeend mnggu depan,tgl 8-10april.
    Barengan yuk..saya dari bandung-garut personil 4org.
    Cp.56ABDDDA.
    #salamcikuray.

  • zaky says:

    ane berangkat tanggal 4 mey mlm dari jakarta cencana nanjak tgl 5 mey, klo ada yg mau bareng silakan,

    Cp. 5533923B

    salam,
    #kita_punya_cerita

  • yuda qway says:

    Min info dong? Kalo naek sekitar tanggal 7 oktober 2016 dibuka ga min

  • yuda qway says:

    min info dong? kalo naek tanggal 7oktober 2016 dibuka ga min ?

  • fian says:

    kang/mba, mau tanya saya dari bandung, kalo untuk pendakian minggu sekarang tgl 8/9 oktober 2016 status cikuray apa bisa di daki?

  • edi prasetyo 12 says:

    Ass.
    Bang mhon info.a . bang akhir tahun cikuray di buka ga .insyallah tgl 30.31.1 januari 2017 ane dri bgor mau nanjak ke gunung cikuray .mnta tlong info.a terima kasih .kontak 083873646479

  • terry suardana says:

    Min untuk november di m.t cikuray statusnya aman ga ?
    Makasih

    • indrahermanto says:

      hujan terus cuacanya. jadi untuk pendakian ditutup dulu.

      • ricky says:

        Mohon info’a bang buat akhir tahun tnggal 30,31 MT.Cikuray d buka gk bang
        insya allah mau naik d tanggal itu
        mohon info’a bang
        kontak:089647563502

  • ammar says:

    min kita rencana mau ke cikuray tgl 19-21 kira” bisa ga? sekalian minta informasinya

  • joseph says:

    belum kesampaian ke gunung cikuray, mungkin tahun depan di awal kemarau……………

  • Juli says:

    Min buat tanggal 16 bulan ini di buka gk

  • dwi says:

    min untuk tanggal 24 cikuray dibuka gak ya?

  • The mountaint says:

    Buat pra pecinta alam ane dnger cikurai merupakan hulu sungai yang sungainya mengalir k daerah banjar wangi n bermuara d pantai slatan. Kea na bsa jdi alternatif bru jalur pndakian. Dmulai dngn menikmati suasana hlu sungai dg airnya yg jernih bru dilakukan pembukaan jalur pendakian smpe ke puncak. Klu dri cilawu mnurt ane krang greget gan ibratnya kta mendaki bkab dri dasar na tpi lsg dri pertengahan gunung

  • luthfi says:

    Ass, min kira kira tanggal 25 febuary aman gak ya nih min , ane mau ke mt.cikurai nih tanggal 25 feb ,
    Mohon infonya , ane blm pernah soalnya ke mt.cikurai
    081806245760 wa, minta infonya kawan

  • fahmi says:

    untuk info pendakian gunung cikuray mangga invite D5002C99. dan juga kalo ada yang mau naik mangga bisa saya antar. (Tanpa Biaya) hanya ngeluarin buat daftar dan transport masing2 aja.

  • MUHAMMAD RIFKY KAMAL says:

    Punten kang, minta info cuaca cikuray seminggu terakhir dong.
    Wa: 085694635599
    Tanggal 21-22 januari 2017 ane mau ngerayap cikuray via pemancar

  • fahmi says:

    Info Pendakian Cikuray Bisa di WA 081320053371 . sama bisa terima jasa antar jemput kendaraan (Pick Up) .

  • fahmi says:

    ayo yang mau gabung nanjak ke cikuray Via Bayongbong bisa kontek WA 081320053371 atau pin d5002c99 . terima Jasa Guide atau Jasa antar jemput (Pick Up)

  • alpi says:

    kang minta info kontak pos patrol dayeuhmanggung yg mau k pemancar dong. sepatu rombongan ane ketinggalan soalnya. mohon bantuannya ya kang ? no telp/wa : 087877787044

  • Adam N says:

    bang… via pemancar tiket brp? mohon info dongg

    kontak ane 085711867591

  • sarah says:

    Kalo ada yg mau naik cikuray 18 feb boleh gabung dong, sekalian yg tau kondisi cuaca terkini mohon informasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post to Gunung Cikuray

pemandangan dari puncak cikuray

Gunung Cikuray Via Bayongbong

Posted at 01/08/2015

Pendakian gunung Cikuray via Bayongbong adalah pendakian cikuray dengan jalur terberat. Banyak dari para pendaki yang mengakui bahwa jalur... Read More