HOME
Home » Kawi » Gunung Kawi

Gunung Kawi

Posted at January 14th, 2020 | Categorised in Kawi

GUNUNG KAWI

Gunung Kawi adalah gunung berapi yang terletak di Malang, tepatnya di Desa Wonosari, Malang, Jawa Timur. Gunung ini memiliki ketinggian 2.551 mdpl. Gunung Kawi memiliki kembaran seperti halnya Gunung Arjuno dan Gunung Welirang.

Gunung Kawi dijadikan sebagai obyek wisata. Di kaki gunung Kawi banyak dijumpai situs situs penainggalan sejarah yang berbau tiongkok. Di sepanjang jalan kita akan menemui bangunan bangunan dengan arsitektur khas Tiongkok, dimana terdapat sebuah kuil/klenteng tempat untuk bersembahyang atau melakukan ritual khas Kong Hu Cu. Di sepanjang jalan juga banyak terdapat penginapan baik itu hotel, losmen, atau bahkan rumah penduduk dapat juga disewa untuk dijadikan tempat menginap.

TRANSPORTASI

Dari jalan raya Blitar – Malang kendaraan harus menyusuri jalan pegunungan beraspal yang lumayan banyak lubang. Setelah melaju kurang lebih 30 menit pengunjung sudah bisa menjumpai loket masuk “Pesarean Gunung Kawi” dan setiap pengunjung dikenai biaya retribusi 3.000 per orang.

Gunung Kawi lebih dikenal dengan tempat orang untuk mencari ‘sesuatu’. Makam Mbah Djoego yang terletak di Obyek wisata Gunung Kawi salah satu yang paling dikenal.

Ada sebuah nama candi yang menggunakan nama “Gunung Kawi” yang terletak di Bali. Mungkin ada sejarah yang saling berkaitan antara Candi tersebut dengan Gunung Kawi.

JALUR PENDAKIAN

Menuju arah Gunung Kawi. Lalu masuk gerbang kawisari dilanjutkan perjalanan mendaki menuju perkebunan teh senggrong.

MEMULAI MENDAKI

Pos 1 – Pos 5 – Puncak

Pos pendakian pada gunung Kawi ada lima. Untuk waktu pendakian sekitar 6 jam sampai puncak.

INFORMASI TENTANG GUNUNG KAWI

Nama: Gunung Kawi
Ketinggia: 2.551 mdpl
Lokasi: Kabupaten Malang

MAP

REFERENSI

http://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Kawi
http://jejak-bocahilang.com/2013/06/27/gunung-kawi-satu-nama-dua-cerita/
http://indonesiancore.blogspot.com/2011/05/mendaki-gunung-kawi-part-2.html

  • 2
    Shares

9 Comments for Gunung Kawi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post to Gunung Kawi

Search