HOME
Home » Kelud » Gunung Kelud

Gunung Kelud

Posted at January 14th, 2020 | Categorised in Kelud

GUNUNG KELUD

Gunung Kelud adalah gunung api yang masih aktif yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang. Gunung Kelud memiliki ketinggian 1.731 mdpl. Meskipun merupakan gunung kecil namun gunung ini bisa sewaktu-waktu meletus dan letusannya bisa sampai Bali dan Jakarta.

Gunung Kelud sudah 30 kali meletus sejak tahun 1000 M. Dan letusan terakhir pada 2014. Letusan pada 2014 ini terjadi sangat hebat. Bahkan dinyatakan bahwa letusan satu hari Gunung Kelud 2014 setara dengan letusan Gunung Merapi 2010 sebulan.

JALUR PENDAKIAN

Gunung Kelud memiliki danau kawah di puncaknya. Dan jika meletus lahar panas akan keluar dari mulut puncak gunung Kelud.

Ada beberapa pilihan rute untuk menuju Gunung Kelud yakni: via Tulungrejo, via Karangrejo, via Puncu.

Gunung Kelud merupakan salah satu gunung api paling aktif di Jawa Timur. Tercatat gunung ini sudah meletus sejak tahun 1000 Masehi. Sejak abad ke-15, bencana yang ditimbulkan letusan Gunung Kelud telah memakan korban jiwa sebanyak 15.000 orang, yang terdahsyat adalah pada tahun 1586 yakni menewaskan sekitar 10.000 jiwa. Tahun 1919 Gunung Kelud kembali meletus dan menewaskan 5.160 jiwa akibat banjir lahar dingin. Tahun 1951 kembali meletus, abu vulkanik mencapai Bandung, Jawa Barat. Saat masa colonial dahulu, telah dibangun terowongan sebagai saluran lahar dingin.

Tahun 1966 Gunung Kelud kembali meletus dan memakan 210 orang tewas. Tahun 1990 hingga 2007 terjadi beberapa kali letusan namun tidak berdampak dahsyat seperti sebelum-sebelumnya. Muncul kubah lava berdiameter 469 meter dan menutupi kawah Gunung Kelud. Tahun 2014 Gunung Kelud kembali meletus hebat. Abu vulkanik yang dimuntahkan bahkan mencapai beberapa daerah di Jawa Barat. Hanya dalam kurun waktu sehari penyebaran debu hampir menyelimuti Pulau Jawa. Bahkan di Yogyakarta sendiri, debu vulkanik Kelud yang datang dalam sehari disetarakan dengan debu vulkanik Merapi 2010 dalam sebulan.

OBYEK WISATA

Gunun Kelud adalah gunung wisata sehingga tidak diperlukan keahlian atau persiapan khusus untuk mendaki gunung ini. Hanya saja pengunjung tidak sampai bibir puncak. Pengunjung hanya bisa melihat dari dekat saja. Obyek wisata Gunung Kelud dikelola oleh pemerintah daera kabupaten Kediri. Di puncak Gajahmungkur dibangun gardu pandang dengan tangga terbuat dari semen. Pada malam akhir pekan, kubah lava diberi penerangan lampu berwarna-warni. Selain itu disediakan pula jalur panjat tebing di puncak Sumbing, pemandian air panas, serta flying fox.

PUNCAK

Puncak Kelud adalah yang tertinggi, berposisi agak di timur laut kawah. Puncak-puncak lainnya adalah Puncak Gajahmungkur di sisi barat dan Puncak Sumbing di sisi selatan.

Puncak Gunung Kelud yakni berupa tebing bernama Puncak Gajah Mungkur, Puncak Sumbing, dan Puncak Kelud (tertinggi). Berada di Puncak Gajah Mungkur dibangun gardu pandang yang bisa digunakan wisatawan untuk melihat lebih dekat kubah lava Gunung Kelud. Selain itu di Puncak Sumbing dibuat spot untuk panjat tebing dan di beberapa spot juga telah dibuat wisata flying fox dan juga pemandian air panas.

MITOS & LEGENDA

Gunung Kelud memiliki cerita legenda yakni tentang penghianatan cinta oleh Dyah Ayu kepada Lembu Surya. Dahulu ada seorang putri raja bernama Dyah Ayu Pusparani yang merupakan putri Raja Brawijaya dari Kerajaan Majapahit. Ia mengadakan sayembara untuk mencari seorang suami. Terpilihlah seorang bernama Lembu Surya. Namun ternyata sosok Lembu Surya tidak sesuai dengan kriteria Dyah Ayu, sehingga Dyah Ayu mengajukan syarat kepada Lembu Surya untuk membuat sumur di Puncak Kelud. Lembu Surya menyanggupi dan menggali lubang sumur di Puncak Kelud. Saat tengah menggali sumur, Lembu Surya dikubur oleh Dyah Ayu bersama sumur yang digalinya. Konon letusan demi letusan Gunung Kelud adalah amarah Lembu Surya. Dalam kisah lain juga menyebutkan bahwa kawah Gunung Kelud dahulu adalah tempat untuk menghancurkan keris Empu Gandring yang sakti mandraguna. Keris tersebut dihancurkan oleh Hayam Wuruk. Selain itu beberapa cerita mitos juga melingkupi kemistisan Gunung Kelud, salah satunya yang terkenal adalah adanya dua ekor buaya putih penunggu Gunung Kelud.

GALERI

LETUSAN 2014

INFORMASI TENTANG GUNUNG KELUD

Nama: Gunung Kelud
Ketinggia: 1731 mdpl
Lokasi: Kabupaten Kediri dan Kabupaten Blitar

MAP

REFERENSI

http://pendaki.id/gunung-kelud-1-731-mdpl/ http://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Kelud
http://setia1heri.com/2012/09/26/menyusur-gunung-kelud-yang-tersenyuman-elok-mistis-dan-mencekam/

SUMBER GAMBAR

http://volcanocafe.wordpress.com
http://cdn.klimg.com
http://www.arrahmah.com
http://heavy-stuff.com
http://assets.kompas.com
http://griyatabunganakhirat.com
http://acwatstravel.blogspot.com
http://cdn-media.viva.id

  • 84
    Shares

3 Comments for Gunung Kelud

  • Wisata Obyek says:

    informasi menarik
    ke gunung kelud bisa jadi alternatif liburan
    terima kasih infonya

  • yosef says:

    selama 25 tahun tinggal di jogja, letusan gunung kelud tahun 2014 adalah letusan terdahsyat melebihi letusan gunung merapih abu vulcanik menutup semua kabupaten di jogja termasuk gunungkidul

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post to Gunung Kelud