HOME
Home » Jawa Timur » Semeru » Gunung Semeru

Gunung Semeru

Posted at January 11th, 2020 | Categorised in Jawa Timur, Semeru

GUNUNG SEMERU

Gunung Semeru adalah gunung api tertinggi di pulau Jawa dan tertinggi nomor tiga di Indonesia setelah gunung Kerinci (1), dan gunung Rinjani (2). Puncak tertinggi gunung Semeru yakni bernama Mahameru memiliki ketinggian 3.676 mdpl dan memiliki sebuah kawah yang masih mengepulkan asap bernama Kawah Jonggring Saloko.

Gunung Semeru terletak di Malang dan sebagian Lumajang. Gunung ini juga masuk dalam kelompok pegunungan Tengger dan satu komplek dengan gunung Bromo. Pegunungan Tengger merupakan pegunungan yang sangat besar yang di dalamnya berdiri banyak gunung-gunung kecil dan yang paling besar gunung Semeru itulah.

Gunung tertinggi ini adalah gunung api yang masih aktif dan sewaktu-waktu bisa terjadi erupsi oleh sebab itu gunung Semeru termasuk dalam kategori gunung yang berbahaya. Tercatat letusan kawah terakhir pada 2008. Setiap pendaki dilarang mendekati kawah Semeru karena ada gas berbahaya yang bisa membunuh pendaki.

Di samping keberbahayaan gunung Semeru, puncak Mahameru-nya yang sangat tinggi dan segalanya yang menjadikan gunung tersebut susah untuk didaki terdapat sepotong surga yang bisa kita saksikan di sepanjang perjalanan mendaki gunung Semeru. Dari mulai titik awal kita akan berjalan hingga kaki kita terhenti di puncak tertinggi akan kita temui pemandangan yang luar biasa.

Pendakian gunung Semeru rata-rata membutuhkan waktu 3-4 hari (sampai kembali). Jalur yang akan kita lewati pertama adalah jalur datar menyusuri hutan dan berbagai savana. Dan kedua melewati jalur menanjak hingga menuju puncak Mahameru.

Kondisi alam di gunung Semeru yakni menjadi tantangan yang benar-benar harus kita perhatikan. Suhu yang bisa mencapai 0 derajat, angin kencang dan juga penyakit hipotermia yang sewaktu-watku bisa menyerang ditambah lagi hujan yang tidak bisa datang kapan saja benar-benar harus kita perhatikan. Safery first harus kita camkan dan satu lagi yakni kebersihan dan kealamian gunung harus dijaga lebih dari diri sendiri. Tak jarang ada pendaki yang membuang sampah sembarangan dan merusak alam. Yang seperti itulah yang membuat alam murka. Maka tetap jagalah gunung Semeru karena kalau bukan kita yang menikmatinya siapa lagi. Dan ikuti tata tertib yang diberikan pengurus pendakian.

SEJARAH PENDAKIAN

Pendaki pertama gunung Semeru yakni Clignet (1838) seorang ahli geologi berkebangsaan Belanda, selanjutnya Junhuhn (1945) seorang ahli botani berkebangsaan Belanda.

Soe Hok Gie, salah seorang tokoh aktivis Indonesia dan mahasiswa Fakultas Sastra Universitas Indonesia, meninggal di Gunung Semeru pada tahun 1969 akibat menghirup asap beracun di Gunung Semeru. Dia meninggal bersama rekannya, Idhan Dhanvantari Lubis.

BASECAMP

Yang pertama kita tuju yakni terminal pasar Tumpang, Malang. Kemudian disambung menuju pos pendakian di desa Ranu Pani. Sampai di basecamp kita akan mengurus surat-surat perijinan mendaki. Keterangan lebih lengkap bisa buka di website resmi gunung Semeru di: www.bromotenggersemeru.org

SYARAT PENDAKIAN GUNUNG SEMERU

Melakukan pendaftaran secara online di situs resmi: www.bromotenggersemeru.org
Fotocopy identitas diri
Mengisi biodata lengkap
Surat keterangan sehat dari dokter
Cek perlengkapan

JALUR PENDAKIAN GUNUNG SEMERU

Jalur pendakian gunung Semeru yang paling populer adalah jalur pendakian via Ranu Pani (Ranu Pane) yakni desa terdekat dengan kawasan gunung Semeru. Trek yang akan kita lewati adalah trek datar terlebih dahulu karena kita akan menyusuri hutan dan savana yang luas. Kemudian kita akan mulai berjalan naik turun perbukitan. Dan selanjutnya naik menanjak hingga ke puncak tertinggi gunung Semeru “Mahameru”. Untuk detail jalur pendakian gunung Semeru via Ranu Pani silahkan baca di sini.

Sebenarnya ada jalur lain selain Rani Pani, yakni melalui Tawonsongo. Namun jalur tersebut ilegal dan tidak direkomendasikan.

GALERI PENDAKIAN GUNUNG SEMERU

SOE HOEK GIE

Desember 1969, delapan orang pendaki yang berasal dari Jakarta melakukan pendakian menuju Mahameru. Mereka adalah Soe Hok Gie, Herman Lantang, Abdurachman (Maman), Anton Wijaya (Wiwiek), Idhan Dhanvantari Lubis, Freddy Lodewijk Lasut, Aristides Katoppo (Tides), dan Rudy Badil.

Soe Hok Gie adalah mahasiswa UI yang sangat terkenal di Ibukota sebagai aktivis yang menentang pemerintahan Order Lama dan PKI. Ia juga seorang pendiri Mapala UI sekaligus pelopor organisasi Mapala dan juga menjadi legenda aktivis di Indonesia. Sedangkan Idhan Lubis adalah mahasiswa tingkat semester awal dari Universitas Tarumanegara.

Saat itu, kedelapan orang tersebut tengah turun dari Puncak Mahameru untuk menuju Arcopodo. Saat itu sore hari dan terjadi badai. Terlihat Idhan Lubis terduduk dan tak bergerak. Begitupun Soe Hok Gie. Mereka telah meninggal. Sontak ketujuh orang lainnya kaget setelah mengetahui bahwa kedua teman mereka telah meninggal. Mereka pun memutuskan untuk menuju Arcopodo. Tides dan Wiwiek memutuskan untuk turun hingga ke Ranu Pani yang merupakan Desa terakhir sebelum pendakian Semeru, untuk mencari bantuan. Sedangkan lima lainnya bermalam di Arcopodo dengan perasaan kedinginan dan tidak bisa tidur. Sedangkan Soe Hok Gie dan Idhan Lubis telah ‘tidur’ di puncak sana. Berita meninggalnya Soe Hok Gie menghebohkan Ibukota Jakarta. Banyak tokoh yang bersimpati dan turut datang ke Semeru. Jenazah Soe Hok Gie dan Idhan Lubis baru bisa dievakuasi tujuh hari kemudian. Belakangan diketahui bahwa Soe Hok Gie dan Idhan menghirup gas beracun. Soe Hok Gie meninggal di umur 27 tahun minus 1 hari. Sedangkan Idhan Lubis meninggal di umur 20 tahun. Ada batu memoriam di sekitar Arcopodo sebagai penghormatan terhadap Soe Hok Gie dan Idhan Lubis. Sumber: http://pendaki.id/gunung-semeru-3-676-mdpl/

INFORMASI GUNUNG SEMERU

Nama: Gunung Semeru
Ketinggian: 3.676 mdpl
Pengelola: TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru)
Gunung lain dalam satu komplek: Gn.Bromo (2.392m) Gn. Batok (2.470m) Gn.Kursi (2,581m) Gn.Watangan (2.662m) Gn.Widodaren (2.650m).
Danau (ranu): Ranu Pani, Ranu Regulo, Ranu Kumbolo dan Ranu Darungan.
Pohon: cemara, akasia, pinus, dan jenis Jamuju.
Flora: Kirinyuh, alang-alang, tembelekan, harendong, Edelwiss putih, Lavender
Fauna: macan kumbang, budeng, luwak, kijang, kancil, dll
Hutan: hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung
Kawah: Kawah Jonggring Saloka
Puncak: Mahameru
View gunung lain dari puncak: Gunung Bromo, Argopuro, Raung, Arjuno, Welirang, Lawu
Mitos: Gunung Semeru adalah paku untuk memaku pulau Jawa oleh para dewa. Gunung Semeru adalah tempat bersemayam Dewa Shiwa
Kismis (Kisah Misteri):
Tarif: cek di situs resmi www.bromotenggersemeru.org
Website resmi: www.bromotenggersemeru.org

MAP

SUMBER GAMBAR

http://id.wikipedia.org
http://www.kaskus.co.id
http://syahriarandinata.blogspot.com
https://makjoel.wordpress.com
http://www.kaskus.co.id
http://backpackeranmalangraya.blogspot.com

  • 47
    Shares

17 Comments for Gunung Semeru

  • nia azzahra says:

    bukan cinta alam tapi cinta kekinian hehehe

  • fadlijanuar says:

    sampah nya parah bet

  • Walter says:

    foto-fotonya bagus, indah, tapi banyak sampah yang ngerusak pemandangan dan keasrian juga

  • Kevin says:

    Semeru adalah puncak yang paling indah, karena semeru ini adalah puncak tertinggi di jawa, kita bisa merasakan alam yang indah, suasana yang tak pernah bisa kita lupakan dan teman perjalanan yang asik. Jadi, pada saat kita packing harus bener-bener menyiapkan pelaratan yang bener jangan asal. Contohnya jaket, baju salin, p3k, logistik, kompor dan hi-cook, tanpa hi-cook kita tidak bisa masak hehe kalau engga masak kita makan apa nanti disana.

  • Adrian says:

    Gunung Semeru, begitu juga dengan Gunung Fuji di Pulau Honshu, Jepang, adalah Gunung yang sangat cantik (Mungkin bahkan lebih indah simetris dari Gunung Kerinci di Pulau Sumatera) karena bentuknya kerucut hampir seperti segi 3 tumpul sama kaki yang simetris. Ke 2 Gunung ini juga mempunyai ketinggian yang beda2 tipis. Ketinggian Gunung Fuji (3.776 Mdpl) cuma terpaut 100 Meter lebih tinggi daripada Gunung Semeru (3.676 Mdpl). Sebenarnya, banyak juga Gunung2 lainnya yang bentuknya “cantik” simetris di Jawa seperti Gunung Merapi – Ijen, Gunung Penanggungan, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Ciremai, Gunung Pangrango dan, mungkin, Gunung Slamet..
    Kunci Rasio Kecantikan dan Simetri Proporsional adalah 1:1,618 / 1, 2, 3, 5, 8, 13,…..

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post to Gunung Semeru

Gunung Argopuro io

Gunung Argopuro

Posted at 14/01/2020

Gunung Argopuro atau disebut juga “Argopura” adalah gunung api yang terletak di Jawa Timur tepatnya di perbatasan kabupaten Probolinggo, Situbondo dan Bondowoso. Argopuro memiliki... Read More

gunung baluran

Gunung Baluran

Posted at 14/01/2020

Gunung Baluran adalah gunung kecil yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur. Gunung ini bisa dibilang gunung yang berdiri di ujung... Read More

puncak penanggungan

Jalur Pendakian Gunung Penanggungan via Tamiajeng

Posted at 14/01/2020

Jalur Tamiajeng gunung Penanggungan terletak sama seperti jalur Jolotundo yakni di kecamatan Trawas, Mojokerto. Waktu yang dibutuhkan untuk pendakian gunung Penanggungan via Tamiajeng memakan... Read More

GUNUNG PENANGGUNGAN

Gunung Penanggungan

Posted at 14/01/2020

Gunung Penanggungan adalah gunung api istirahat yang terletak di Kabupaten Mojokerto (Barat)... Read More

Gunung Raung

Posted at 13/01/2020

Gunung Raung adalah gunung yang terletak di kawasan pegunungan Ijen Jawa Timur tepatnya di tiga kabupaten... Read More