HOME
Home » Jawa Tengah » Sumbing » Gunung Sumbing

Gunung Sumbing

Posted at January 10th, 2020 | Categorised in Jawa Tengah, Sumbing

Gunung Sumbing adalah gunung api yang sudah lama sekali tidak meletus atau erupsi. Gunung ini terakhir kali erupsi adalah pada tahun 1730. Gunung Sumbing terletak di Jawa Tengah yakni masuk dalam kabupaten Magelang, Temanggung, dan Wonosobo. Gunung Sumbing sudah tidak aktif lagi namun di puncaknya masih terdapat kawah.

Gunung Sumbing memiliki ketinggian 3.371 mdpl. Kondisi alam di sekitar kaki gunung Sumbing sangat subur sehingga banyak dimanfaatkan masyarakat setempat sebagai perkebunan.

Jika kita memandang gunung Sumbing dari kejauhan maka gunung tersebut akan terlihat hijau biru dan subur. Seperti halnya gunung Merapi dan gunung Merbabu yang berdekatan dan disebut gunung kembar, gunung Sumbing juga memiliki kembarannya sendiri yakni gunung Sindoro. Selain itu ada pula hal unik yakni sebuah jalan yang membelah di antara gunung Sumbing dan Sindoro dan di sekalilingnya adalah sawah-sawah. Jika ingat sewaktu mengenyam Sekolah Dasar di Indonesia pastinya sangat mengenalnya.

JALUR PENDAKIAN

Gunung Sumbing memiliki total 14 jalur pendakian sekaligus menjadi yang terbanyak di Indonesia sejauh yang diketahui. Namun hanya beberapa jalur saja yang paling populer. Jalur-jalur tersebut yakni jalur Cepit Parakan (Pungungan Timur), Jalur Bogowongso (Pungungan Barat), dan Jalur Desa Garung (Pungungan Utara). Jalur via Garung menjadi favorit pertama karena jalurnya lebih pendek dan lebih bagus pemandangannya.
Berikut total 14 jalur pendakian Gunung Sumbing yang diketahui:

  1. Jalur Garung
  2. Jalur Batursari
  3. Jalur Sipetung
  4. Jalur Sedengkeng
  5. Jalur Wonotirto Bulu
  6. Jalur Cepit Parakan
  7. Jalur Jetis Pagersari
  8. Jalur Legoksari
  9. Jalur Banaran
  10. Jalur Mangli Kaliangkrik
  11. Jalur Adipuro Kaliangkrik
  12. Jalur Butuh Kaliangkrik
  13. Jalur Banyumudal
  14. Jalur Bowongso

Untuk mencapai kaki gunung Sumbing kita bisa lewat Wonosobo (arah barat) atau dari Temanggung (arah timur). Jika naik kendaraan pribadi akan lebih mudah kita hanya perlu mengikuti jalur menuju pos pendakian gunung Sumbung. Jika menggunakan kereta kita bisa turun di Yogyakarta, dari Jogja dilanjutkan naik bus menuju Magelang atau Temanggung dilanjutkan angkutan umum menuju Wonosobo atau bilang saja arah gunung Sumbing. Yang terpenting persiapkan segalanya dahulu sebelum keberangkatan. Kita bisa tanya kepada orang di jalan tentang trasportasi menuju ke sana jika bingung. Gunakan pula GPS atau Google Maps juga bisa.

PETA PENDAKIAN GUNUNG SUMBING VIA GARUNG

PETA JALUR PENDAKIAN GARUNG GUNUNG SUMBING

GAMBARAN SINGKAT PENDAKIAN GUNUNG SUMBING

Pada awal pendakian kita bisa naik ojek. Ojek ini mengantarkan kita sampai pada Pos I. Jasa ini ada pada jalur via Garung. Nah, bagi pendaki yang membawa beban berat saat naik atau sudah habis tenaga mungkin saat turun bisa menggunakan jasa ojek (15rb/orang).

MITOS

Puncak Gunung Sumbing bernama Puncak Buntu, dan Puncak Sejati. Puncak Buntu adalah bibir kawah berbatu, sedangkan Puncak Sejati adalah batu besar yang menjulang di bibir kawah tersebut. Berada di Puncak Sumbing akan terlihat pemandangan Gunung Sindoro, Slamet, dan juga gunung-gunung di sisi timur seperti Merbabu, Merapi dan juga Lawu. Selain itu, dalam kawasan Gunung Sumbing juga terdapat Makam Ki Ageng Makukuhan yang menjadi lokasi ziarah tiap malam 1 syuro.

TIPS PENDAKIAN

  1. Pilihlah hari yang bagus untuk mendaki, usahakan jangan waktu hujan
  2. Latihan fisik seminggu sebelum hari H
  3. Persiapkan tim dan perlengkapan yang akan dibawa . Jangan lupa bawa sesuatu misal benda kesayangan atau tulisan untuk seseorang supaya bisa foto bareng saat di puncak
  4. Tim yang solid adalah 5-8 orang. Jika sedikit usahakan 3 orang (1 orang harus sudah pernah naik gunung)
  5. Jangan sepelekan keselamatan. Pakai sandal atau sepatu gunung dan jaket gunung. Bawa makanan dan air secukupnya jangan terlalu sedikit dan jangan terlalu banyak. Yang paling penting jangan melanggar peraturan dan jangan buang sampah di gunung
  6. Untuk pendakian Sumbing kita bisa naik pagi atau malam. Jika pagi bagusnya pukul 10-13. Jika malam 6-7
  7. Dirikan tenda di tempat yang datar dan usahakan diselimuti pohon atau semak supaya tidak terkena angin gunung langsung
  8. Jika ada anggota kelompok yang tidak bisa melanjutkan perjalanan sebaiknya ditemani. Atau jika sakit parah langsung beritahu dengan kelompok lain.

INFORMASI GUNUNG SUMBING

Nama: Gunung Sumbing
Ketinggian: 3.371 mdpl
Lokasi: Wonosobo, Temanggung, Magelang
Tipe: Gunung berapi stratovolcano
Letusan terakhir: 1730
Puncak: Puncak Buntu (3362 mdpl) dan Puncak Sejati (3371mdpl)
View gunung lain dari puncak: Gn. Sindoro, Merapi, Merbabu, Slamet, Ungaran, Lawu
Kondisi: memiliki kawah, hutan, bukit, medan terjal bebatuan, masih kental dengan tradisi dan budaya
Spot alam: perkebunan teh
Flora: edelweis, anggrek, teh dll
Fauna: Berbagai macam burung
Hutan: hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung
Sumber air: –
Jalur pendakian:

  • Jalur Garung
  • Jalur Cepit Parakan
  • Jalur Bowongso
  • Jalur Mangli dll

Mitos: Gunung Sumbing dan Sindoro ceritanya adalah sepasang suami-isteri yang bertengakar. Si suami (Sindoro) menampar si isteri (Sumbing) hingga bibirnya robek. Si isteri tersebut jadilah gunung Sumbing (bibir sumbing) sedangkan si suami menjadi gunung Sindoro (‘ndoro=tuan) dan mereka memiliki anak yaitu Gunung Kembang
Kismis (Kisah Misteri): Gunung Sumbing sering dijadikan ritual makhluk astral
Tarif daki: Rp 5.000/orang

TRANSPORTASI

Barat: Bus jurusan Purwokerto – Semarang
Timur: Bus jurusan Yogyakarta – Temanggung lanjut Wonosobo

MAP

REFERENSI

http://pendaki.id/gunung-sumbing-3-371-mdpl/
http://chk2489.blogspot.com
http://www.merbabu.com

  • 142
    Shares

37 Comments for Gunung Sumbing

  • agus says:

    saya pengen sekali ke sumbing. ada info barengan gak mas ?
    kalo ada mohon infonya ya
    makasih
    salam pecinta alam dari solo.

  • Elhan says:

    Kami dari Sragen besok mau berangkat ke Sumbing. Jika ada yang ingin ikut bareng silahkan.

  • ughe says:

    Buat gan agus barangkali mau barengan saya berangkat minggu tgl 11 oktober dari bandung kemungkinan sampai wonosobo senib pagi kang,

  • cece says:

    Berapa hari sampe puncak mas?

  • Muhamad Arifin says:

    akhir desember ada yg mw ke sindoro sumbing gx

  • ian says:

    tgl 23 nanti rencananya mau mendaki. tapi masih bingung mau ke sindoro apa ke sumbing. kira-kira yang mana lebih bagus tempatnya? mohon sarannya yang pernah kesana

  • fredy says:

    Dr solo th bru bsok kalo ada kwan
    Kita boleh sm” ksna
    Info kalo ada
    082242437402

  • adi says:

    Info cuaca dong gan buat yg habis dr sumbing
    Rencana saya mau k sumbing tgl 25
    Pin : 7404268b

    • infopendaki.com says:

      cuaca Sumbing-Sindoro pagi mendung/cerah.. sore ke malam biasanya gerimis/hujan. Akhir tahun Sumbing-Sindoro rame

  • agus susanto says:

    15 jan 2016 kopala akan melakukan expedisi alam gunung sindoro-sumbing.

  • kha says:

    Next trip MT. Sumbing atau MT. Selamet… 22 nya kece… Tahun ini Insha Allah berangkattttttt, salam anak gunung

  • dani firman fadillah says:

    di usahakan ndaki gunung sumbing kondisi fit soalnya jalur agak menantang kalo kalian tanya sumbing sindoro bagusan mana bagusan sumbing apalagi pas sunrise nya ini info dari saya dani dari pecinta alam semarang

  • dani firman fadillah says:

    jalur bowongso :perjalanan naik 7 jamperjalanan turun 3 sampai 4jam
    jalur cepit parakan :perjalanan naik 7 jamperjalanan turun 3 sampai 4jam
    jalur mangli kali angkrik :perjalanan naik 6 jam turun 3 jam relatif jalan sedikit susah
    jalur garung baru :perjalanan naik 8 sampai 9 perjalanan turun 4 jam

  • abbas ryan says:

    tanggal 6-7 februari saya bersama team insyaAllah akan melakukann ekspedisi ke gunung sumbing, jika ada yang mau gabung atau dari team lain yag juga akan melakukan pendakian kesana mungkin kita bisa nanjak sama2… saya abbas dari Jakarta. salam rimba

  • anwar says:

    Wah mas abbas mau naik yah tanggal 6-7. Saya naik tanggal 7-8 feb nih mas.
    Salam lestari

  • arif says:

    mas abas minta contak boleh?saya juga mau naik besok boleh bareng mas

  • dindin says:

    Info kalo dari bandung enaknya pake apa ya ? Boleh reveiw dari bandung sampai ke sumbing?

  • wahyu says:

    Tgl 12-13 Rencana ke mt sumbing . kita dari klaten . Cuaca kira2 gimana ya

  • Ujank says:

    Info cuaca dong om om saya insyallah mau nanjak sumbing 25 maret,enaknya naik pagi apa malem matur suwun

  • mas/om, info cuaca dong, saya tanggal 3-4 april. mau naik ke sumbing, kalo tanggal itu, ada yang naik,boleh sama-sama bareng gk…salam lestari alam magelang
    +08562882746 kalo ada yang mau naik tanggal itu, contact saya ya…..

  • Rizal says:

    Mas mau tanya kalo dari Surabaya jalur ke gunung sumbing lebih bagusnya lewat jalur mana.

  • Sandy says:

    Yang mau naik ke sumbing bulan mei ikut bareng dong, untuk info hubungi kesini Sandy : 089691620232

  • yasser says:

    info cuaca disana gimana hari ini ? saya besok mau naik ke sana

  • abas says:

    OBAT PENGGUGUR KANDUNGAN

  • irfan says:

    paling bagus paling cepet yg mana nih diantara jalur garung, mangli, banaran, butuh kaliangkrik, cepit, dan bowongso?

Related Post to Gunung Sumbing

GUNUNG TELOMOYO

Gunung Telomoyo

Posted at 12/01/2020

Gunung Telomoyo adalah gunung yang terletak di kabupaten Magelang dan kabupaten Semarang.... Read More

GUNUNG GAJAH

Gunung Gajah

Posted at 12/01/2020

Gunung Gajah adalah gunung yang terletak di kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.... Read More

GUNUNG ROGOJEMBANGAN

Gunung Rogojembangan

Posted at 12/01/2020

Gunung Rogojembangan terletak di perbatasan kabupaten Banjarnegara dengan kabupaten Pekalongan... Read More

GUNUNG UNGARAN

Gunung Ungaran

Posted at 12/01/2020

Gunung Ungaran adalah gunung api dengan ketinggian 2.050 mdpl yang terletak di kabupaten Semarang. ... Read More

Gunung Slamet

Posted at 12/01/2020

Gunung Slamet adalah gunung tertinggi di Jawa Tengah dan gunung tertinggi kedua di pulau Jawa setelah gunung Semeru.... Read More