HOME
Home » DAFTAR TER- » Ini Dia Gunung-Gunung Terluar Indonesia

Ini Dia Gunung-Gunung Terluar Indonesia

Posted at February 5th, 2020 | Categorised in DAFTAR TER-

Jika telah mengenal pulau-pulau terluar Indonesia, tapi kalian sudah tahu gunung-gunung terluar Indonesia?

Indonesia merupakan negara kepulauan dan juga memiliki banyak sekali gunung. Dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote. Itulah sejumput kata yang sering kita dengar untuk menggambarkan wilayah Indonesia.

Nah, kalau gunung paling ujung barat, ujung timur, ujung utara, dan selatan, kira-kira gunung apa saja itu?

NO NAMA KETERANGAN
1 Gunung Jaboi ujung barat
2 Gunung Jaya Wijaya ujung timur
3 Gunung Awu ujung utara
4 Gunung Wanggameti ujung selatan

1 GUNUNG JABOI

Pernahkah kalian mendengar nama Jaboi? Mungkin rata-rata dari pembaca belum pernah mendengarnya. Tapi kalau Kota Sabang? Pasti hampir semua pernah mendengarnya.

Ya.. itu adalah nama wilayah paling ujung barat Indonesia: Sabang. Sabang ini adalah ibukota dari sebuah pulau kecil yang bernama Pulau Weh. Pulau ini terletak di ujung utara Pulau Sumatera. Nah, di Pulau Weh itulah Gunung Jaboi berada.

Gunung Jaboi bukanlah sebuah gunung besar yang berbentuk kerucut pada umumnya, melainkan hanya berupa sebuah kawah. Lokasinya pun dijadikan sebagai tempat wisata alam. Oleh karena itu di sana lebih dikenal dengan sebutan Wisata Kawah Jaboi.

Tapi coba kita telusuri lagi lebih dalam. Kota Sabang yang menjadi ibukota Pulau Weh (atau Pulau We) juga disebut dengan bahasa “Shabag” yang artinya adalah “gunung meletus”. Nah, hal ini kemungkinan besar berkaitan erat dengan Kawah Jaboi tersebut. Pulau Weh sendiri kemungkinan besar adalah sebuah gunung besar yang adalah Gunung Jaboi. Hmmm…. menarik bukan. Dan itulah kenapa Gunung Jaboi dijadikan sebagai gunung paling ujung barat Indonesia.

2 GUNUNG JAYAWIJAYA

Selanjutnya gunung paling ujung timur Indonesia adalah Gunung Jayawijaya. Kita semua pasti sudah tahu Gunung Jayawijaya itu. Gunung tertinggi di Indonesia sekaligus satu-satunya tempat yang diselimuti es di Indonesia.

Jika wilayah terluar di ujung timur adalah Merauke, maka Jayawijaya adalah gunung terluar ujung timurnya. Gunung Jayawijaya sendiri lokasinya cukup jauh dari Merauke. Sedangkan di Merauke sana tidak ada gunung.

Baca juga : Pendakian Gunung Jayawijaya

Kita perlu tahu bahwa Pulau Papua memiliki sebuah pegunungan super besar dan panjang yang disebut Pegunungan Sudirman. Pegunungan tersebut terbentuk akibat tumbukan lempeng pada berjuta-juta tahun silam. Nah, pegunungan Sudirman sendiri memiliki puncak tertinggi yaitu Carstensz Pyramid, di Gunung Jaya Wijaya. Satu-satunya gunung yang sudah tereksplor. Jadi sudah bisa didaki dan sebagainya.

Sedangkan jika kita terus mengurutkan panjangnya patahan lempeng yang berbentuk Pegunungan Sudirman, maka akan terus tembus hingga ke wilayah Negara Papua Nugini.

3 GUNUNG AWU

Gunung Awu adalah gunung api aktif yang terletak di Pulau Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara. Gunung ini menjadi gunung terluar di ujung utara Indonesia.

Sebenarnya untuk menentukan gunung paling ujung utara tidak mudah karena banyak puncak-puncak berupa bukit yang terdapat di pulau lain di utara Pulau Sangihe. Namun bukit-bukit tersebut tidak begitu tinggi dan tidak berbentuk kerucut. Yang tercatat sebagai gunung dan juga termasuk berapi adalah Gunung Awu ini.

Gunung Awu hanya berketinggian 1320 mdpl. Dan masih aktif. Terbuknya pada puncaknya terdapat kubahan lava yang aktif mengepulkan asap tipis.

Dalam sejarahnya, Gunung Awu beberapa kali meletus hebat. Bahkan tercatat pernah meletus dahsyat dan menewaskan 8000 jiwa. Jika kita melihat lebih jelas, Gunung Awu ini memang berdiri di sebuah pulau yang tidak besar. Jadi apabila gunung tersebut meletus, sangat sulit bagi para masyarakat untuk bisa menyelamatkan diri.

4 GUNUNG WANGGAMETI

Wanggameti adalah sebuah nama pegunungan yang masuk dalam sebuah kawasan Taman Nasional Laiwangi-Wanggameti.

Gunung Wanggameti memiliki elevasi 1.225 mdpl dan menjadi gunung tertinggi di Pulau Sumba, NTT. Secara administratif, Gunung Wanggameti masuk dalam kawasan Kecamatan Matawi Lapau dan Kecamatan Karera, Kabupaten Sumba Timur.

Gunung Wanggameti menjadi gunung terluar di ujung selatan Indonesia. Di Pulau Rote, yang merupakan pulau terluar ujung selatan Indonesia, tidak tercatat adanya gunung.

No comment for Ini Dia Gunung-Gunung Terluar Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post to Ini Dia Gunung-Gunung Terluar Indonesia

Top 10 Gunung dengan Rekor Dunia yang Ada di Nusantara

Posted at 20/03/2020

Gunung dengan rekor dunia ada di Indonesia. Salah satunya yakni Gunung Toba. Ya, Gunung Toba. Gunung tersebut adalah gunung purbakala yang meletus sangat dahsyat... Read More

GUNUNG UNTUK PEMULA

50+ GUNUNG UNTUK PEMULA DI PULAU JAWA LENGKAP

Posted at 05/02/2020

Beberapa pendaki yang belum pernah mendaki gunung sebelumnya, kerap kali meminta info gunung untuk pemula. Hmm… tapi sebelum kita mengulas lebih lanjut, mari ketahui... Read More

desa tertinggi di indonesia

12 DESA TERTINGGI DI INDONESIA

Posted at 04/02/2020

Kira-kira desa tertinggi di Indonesia ada dimana? Kalau saja di Pegunungan Jaya Wijaya terdapat desa yang tercantum di BPS statistik nasional, mungkin wilayah itu... Read More

Ada Lho..Satu Gunung Berada di Empat Provinsi Sekaligus di Indonesia

Posted at 04/02/2020

Ada lho… satu gunung berada di empat provinsi sekaligus. Tahu tidak kalau beberapa gunung di Indonesia terletak di banyak wilayah perbatasan? Ada gunung yang... Read More

kaldera terbesar

8 GUNUNG DENGAN KALDERA TERBESAR DI INDONESIA

Posted at 03/02/2020

Gunung dengan kaldera terbesar di Indonesia tersebar di berbagai wilayah. Mulai dari Sumatera, Jawa, dan juga NTB. Kira-kira apa saja gunung tersebut? Nah, sebelum... Read More