HOME
Home » Markas » Ini Dia Gunung yang Dijadikan Markas

Ini Dia Gunung yang Dijadikan Markas

Posted at February 3rd, 2020 | Categorised in Markas

Di Indonesia juga ada gunung yang dijadikan markas juga loh. Markas apa? Kali ini InfoPendaki.com akan membahas tentang hal tersebut. Tapi sebelum itu mari kita kilas balik dulu ke zaman sebelum kemerdekaan.

Wilayah gunung menurut sejarah digunakan sebagai tempatnya kerajaan-kerajaan. Sebut saja ada kerajaan Hindu-Buddha terbesar di Indonesia, yaitu Kerajaan Majapahit. Gunung dijadikan sebagai lokasi untuk keraton-keraton bagi Majapahit. Maka dari itu tak jarang di beberapa gunung di Pulau Jawa ditemukan petilasan-petilasan candi yang dikaitkan dengan peninggalan Kerajaan Majapahit.

Kemudian, pada masa penjajahan kolonial wilayah gunung juga sering dijadikan sebagai lokasi yang sifatnya ekonomic. Contohnya dibuat sebagai tempat lumbung untuk hasil bumi dan semuanya demi kepentingan penjajah.

Nah, di zaman sekarang wilayah gunung juga dimanfaatkan lebih maksimal lagi. Mulai dari perkebunan, tambang, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan komoditas.

Baca juga : 20+ Perkebunan Teh Terkenal dari Lereng Gunung di Indonesia

Baca juga : Top 10 Hasil Bumi Komoditas Khas dari Gunung-Gunung di Indonesia

Selain itu, wilayah gunung juga dijadikan sebagai markas-markas. Markas bagi suatu kelompok tertentu yang kepentingannya bukan pada bisnis. Hmm… nah penasaran markas apa saja?

1 Gunung Halimun sebagai markas GAM

Siapa yang tahu GAM? yaitu Gerakan Aceh Merdeka. Sebuah kelompok separatis yang memiliki tujuan memisahkan wilayah Aceh dari wilayah NKRI. Kelompok ini sangat terkenal. Dan sejarahnya sudah terbentuk sejak 1976. Hingga 2005 kesatuan militer kelompok ini dinyatakan bubar.

Nah, sebuah gunung di wilayah Kabupaten Pidie, yaitu Gunung Halimun (atau Halimon) dijadikan sebagai markas kelompok GAM tersebut. Bahkan peperangan-peperangan juga sering terjadi di wilayah tersebut. Bertahun-tahun wilahan Halimun, Pidie, dicap hitam sebagai zona separatis.

Gunung Halimun bisa dikatakan strategis karena dekat dengan beberapa sentra perkotaan di Aceh, yakni wilayah Tiro, Mereudu, Takengon, dan Geumpang. Alasan inilah yang menjadikan Gunung Halimun sebagai markas kelompok separatis.

Selain itu, wilayah Halimun juga dikatakan sebagai wilayah yang sakral, Gunungnya para aulia. Hal ini dikaitkan dengan banyaknya korban yang berguguran dampak dari peperangan GAM dengan tentara nasional. Dikatakan korban jiwa sejak 1976 mencapai 15.000 orang.

Saat ini wilayah Gunung Halimun sudah sangat sepi. Jarang ada pendakian. Wilayah hutannya pun liar. Gunung tersebut memang menyimpan sejarah yang panjang dan juga kelam. Sehingga tak jarang ada yang mengatakan Gunung Halimon terasa angker.

2 Gunung Burangrang sebagai markas Kopassus

Gunung Burangrang terletak di perbatasan Bandung, Cimahi, dan Purwakarta, Jawa Barat. Gunung ini dikenal sebagai tempat untuk diksar atau pendidikan dasar, bagi anggora Mapala maupun militer.

Tepat di lereng gunung berdiri markas militer Kopassus. Wilayahnya bernama Situ Lembang, dan di wilayah tersebut juga ada tempat wisata berupa danau buatan Situ Lembang. Namun untuk masuk ke kawasan sini perlu izin terlebih dahulu karena masuk dalam zona militer.

Markas Kopassus di Gunung Burangrang bukan tanpa sebab. Hutan yang liar dan kondisi geografis yang menantang menjadi alasan utama. Para prajurit spesial tentara Indonesia harus ditempa dengan serius didukung dengan medan latihan yang berat pula. Dan Burangrang menjadi pilihannya.

Jadi, jika kalian ingin mendaki Gunung Burangrang, pastikan dulu izin yang lengkap dan benar.

No comment for Ini Dia Gunung yang Dijadikan Markas

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post to Ini Dia Gunung yang Dijadikan Markas