HOME
Home » Slamet » Jalur Pendakian G. Slamet via Bambangan

Jalur Pendakian G. Slamet via Bambangan

Posted at January 12th, 2020 | Categorised in Slamet

Jalur pendakian gunung Slamet via Bambangan adalah jalur utama yang paling dipilih dan direkomendasikan oleh para pendaki. Jalur Bambangan terletak di Dukuh Bambangan Desa Kutabaawa Kecamatan Karangreja, kabupaten Purbalingga. Bambangan memiliki alam yang subur karena berada di kaki gunung Slamet.

Jalur Bambangan ini merupakan salah satu jalur dengan trek terpendek untuk sampai ke puncak Gunung Slamet. Total waktu dibutuhkan 6-7 jam untuk sampai batas hutan sebelum summit ke puncak.

Selain itu, melalui jalur Bambangna ini pula kita akan melihat pemandangan yang indah. Dan satu lagi keunggulan jalur ini, yakni adanya warung yang menjual makanan di tiap-tiap pos pendakian. Jadi kalian tidak perlu khawatir jika lapar atau kehabisan bekal makanan. Warung-warung di pos-pos tersebut menjual gorengan mendoan khas Banyumas dan juga aneka minuman.

TRANSPORTASI

JALUR 1 :
Purwokerto – Purbalingga – Serayu ( Kendaraan Bus)
Serayu – Kutabawa (Kendaraan Angkudes)
Kutabawa – Bambangan (Kendaraan Pick Up)

JALUR 2 :
Purwokerto – Purbalingga – Serayu (Kendaraan Bus)
Bobotsari – Karangreja – Gua Lawa – Kutabawa (Kendaraan Bus)
Kutabawa – Bambangan (Kendaraan Pick Up)

BASECAMP

Basecamp via Bambangan barupa rumah yang sederhanya. Di sini menjual makanan nasi sayur telor dan juga teh anget. Serta ada toko suvenir dan keperluan mendaki. Basecamp ini dikelola oleh warga.

Selanjutnya, tidak jauh dari basecamp tersebut kita akan menjumpai basecamp pos pendakian via Bambangan yang resmi. Basecamp Bambangan resmi ini lebih luas dan ada tempat parkirnya.

PETA JALUR PENDAKIAN VIA BAMBANGAN

MEMULAI PENDAKIAN

BASECAMP – POS I Pondok Gembirung (1jam)

Dari basecamp kita akan berjalan melewati pondok pemuda atau gapura “Pendakian Bambangan”.

Setelah itu kita menyusuri perkebunan warga yang asri. Sementara jalan masih landai. Kemudian baru mulai menanjak cukup terjal sekitar 1 jam dan sampailah di Pos 1. Ditandai dengan sebuah warung. Sebelum sampai Pos 1, nanti kita juga akan menjumpai warung kecil yang dijadikan sebagai pos bayangan.

POS I – POS II Pondok Walang (1,5jam)

Trek agak menanjak dan lebih berat dari sebelumnya. Jalur sudah masuk kawasan hutan namun tidak begitu padat. Masih terlihat langit dan udara masih menembus keluar masuk kawasan. Di Pos 2 juga terdapat warung yang sama. Lokasinya cukup luas namun masih jauh dari puncak.

POS II – POS III Pondok Cemara (1jam)

Karakteristik jalur Bambangan ini yakni treknya yang menanjak sekali. Memang terbilang trek pendek, tapi lepas dari perkebunan warga hingga batas keluar hutan atas, trek selalu menanjak. Di Pos 3 juga terdapat warung yang sama, hanya saja semakin ke atas bangunan warung lebih sederhana lagi. Tidak seperti warung-warung di pos-pos sebelumnya.

POS III – POS IV Pondok Samaranthu (1jam)

Trek masih dalam suasana hutan. Di Pos 4 konon dikatakan sebagai pos angker. Dari namanya “Samaranthu” alias hantu tak terlihat. Mitos seputar hantu memang sangat kental di Gunung Slamet ini. Salah satunya di jalur via Bambangan. Di Pos 4 juga masih ada warung.

POS IV – POS V Samyang Rangkah (30 menit)

Di Pos 4 kita bisa menemukan sumber air jika musim hujan saja. Di Pos 5 kebanyakan dijadikan sebagai tempat mendirikan tenda oleh para pendaki. Namun ada juga yang lebih memilih pos selanjutnya, karena jaraknya tidak jauh lagi. Pos 5 ditandai dengan sebuah shelter yang digunakan sebagai tempat berteduh. Dan dilarang untuk mendirikan tenda di dalam shelter.

POS V – POS VI Samyang Jampang (30 menit)

Lokasi selanjutnya yaitu Pos 6. Tempatnya tidak begitu luas namun posisinya sudah sangat dekat dengan batas hutan bagian atas. Kalian bisa mendirikan tenda di sini namun risikonya terkena angin yang kencang.

POS VI – POS VII Samyang Kendil (30 menit)

Di Pos 7 ini tempat yang menjadi favotir untuk mendirikan tenda dan bermalam. Di Pos 7 ada sebuah shelter untuk istirahat. Di sini adalah tempat terakhir yang ada bangunan berupa shelter. Lebih ke atas lagi sudah tidak ada. Jarak Pos 7 sudah tidak jauh lagi dengan puncak Slamet.

POS VII – POS VIII/Plawangan – Puncak Slamet/ Bibir Kawah (2jam)

Trek selanjutnya kita akan melewati jalur yang lebih berat. Di jalur ini kita akan keluar dari hutan menuju lahan terbuka. Pos batas hutan ini dikenal dengan “Plawangan”. Semua jalur pendakain di Gunung Slamet memiliki pos Plawangan masing-masing. Mulai dari sini adalah jalur tersulit di gunung Slamet.

Total Waktu Pendakian

Kita kalkulasikan:
BASECAMP – POS I Pondok Gembirung (1jam)
POS I – POS II Pondok Walang (1,5jam)
POS II – POS III Pondok Cemara (1jam)
POS III – POS IV Pondok Samaranthu (1jam)
POS IV – POS V Samyang Rangkah (30 menit)
POS V – POS VI Samyang Jampang (30 menit)
POS VI – POS VII Samyang Kendil (30 menit)
POS VII – POS VIII – Puncak Slamet/ Bibir Kawah (2jam)
Memutar puncak bibir kawah (30 menit)
TOTAL = 8,5 jam. Untuk turun kita bisa potong 30-40% waktu perjalanan naik kira-kira menjadi 5-6jam.

TIPS PENDAKIAN

  1. Pilihlah hari yang bagus untuk mendaki, usahakan jangan waktu hujan
  2. Latihan fisik seminggu sebelum hari H
  3. Persiapkan tim dan perlengkapan yang akan dibawa . Jangan lupa bawa sesuatu misal benda kesayangan atau tulisan untuk seseorang supaya bisa foto bareng saat di puncak
  4. Tim yang solid adalah 5-8 orang. Jika sedikit usahakan 3 orang (1 orang harus sudah pernah naik gunung)
  5. Jangan sepelekan keselamatan. Pakai sandal atau sepatu gunung dan jaket gunung. Bawa makanan dan air secukupnya jangan terlalu sedikit dan jangan terlalu banyak. Yang paling penting jangan melanggar peraturan dan jangan buang sampah di gunung
  6. Untuk pendakian Slamet kita bisa naik pagi atau malam. Jika pagi bagusnya pukul 10-13. Jika malam 6-7
  7. Dirikan tenda di tempat yang datar dan usahakan diselimuti pohon atau semak supaya tidak terkena angin gunung langsung
  8. Jika ada anggota kelompok yang tidak bisa melanjutkan perjalanan sebaiknya ditemani. Atau jika sakit parah langsung beritahu dengan kelompok lain.

INFORMASI GUNUNG SLAMET

Nama: Gunung Slamet
Ketinggian: 3.428 mdpl
Lokasi: Kabupaten Brebes, Banyumas, Purbalingga, Tegal, dan Pemalang (Jawa Tengah)
Tipe: Gunung berapi stratovolcano
Letusan terakhir: 2014
Kondisi: udara dingin, kabut, hutan, trek batu, puncak berpasir, kawah berbahaya
Spot alam: perkebunan
Sumber air: Sumur Penganten (jalur Kaliwadas)
Flora: Elang Jawa, Owa Jawa, berbagai macam burung
Fauna: Edelweis,
Hutan: hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montana, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung
Wisata: Baturaden (Purwokerto),pemandian air panas Guci (Tegal)
Jalur pendakian:

  1. Jalur Baturaden (Purwokerto) jalur resmi
  2. Jalur Bambangan (Purbalingga) jalur resmi
  3. Jalur Kaliwadas (Brebes) jalur resmi
  4. Jalur Dukuhliwung (Tegal)
  5. Jalur Guci (Tegal)
  6. Jalur Kaligua (Bumiayu) dll

Puncak: Puncak Surono
Kawah: Segoro Wedi
View gunung lain dari puncak: G. Sindoro, Sumbing, Merapi, Merbabu
Mitos: Ramalan Ki Jayabaya yang mengatakan suatu saat Pulau Jawa akan terbelah dua, Hal tersebut dikaitkan dengan pengandaian gunung Slamet jika meletus hebat.
Kismis (Kisah misteri): Menurut cerita di jalur Guci ada makhluk kerdil yang dulunya adalah seorang pendaki yang tersesat. Pada jalur Bambangan juga banyak ditemukan pos-pos dengan nama seram.
Twitter: https://twitter.com/infoslamet

MAP

REFERENSI

https://gadisrantau.wordpress.com

134 Comments for Jalur Pendakian G. Slamet via Bambangan

  • pipin says:

    maaf sebelumnya mau komentarin,, fauna itu bukannya binatang dan flora itu tumbuhan ya?

  • Adhi says:

    minta contact person basecamp jalar bambangan please ?

  • firdaus surya says:

    Mas minta contack person untuk pendakian jalur bambangan???? Plisss

  • Insan Kamil Muhammad says:

    mas kira” tgl 17 maret 2016 udah di buka balum pendakian pos bambangan

  • reza says:

    saya juga rencana mau kesana, tapi takut masih di tutup

  • rudi says:

    Purwokerto – Purbalingga – Serayu (Kendaraan Bus)
    Bobotsari – Karangreja – Gua Lawa – Kutabawa (Kendaraan Bus)
    Kutabawa – Bambangan (Kendaraan Pick Up) biaya transport nya berapa mas kalo di jumlahin semua dari purwekerto sampe bambangan

  • Manda says:

    >>>>>>>OPEN TRIP SLAMET<<<<<<<

    # INFORMASI

    -Lokasi: Gunung Slamet
    -Waktu: 11 februari – 14 februari 2016
    -Rute: Bambangan
    -Cost: 350k only!!!
    -MP: Terminal Kp.rambutan

    # FASILITAS

    1. Transportasi dari Terminal  Kp.Rambutan-Basecamp  PP
    2. Simaksi/Ijin Pendakian
    3. Tenda 
    4. Makan 3x
    5. Kompor dan nesting
    6. Dokumentasi
    7. Guide
    8. Porter (sharing equipment,not carry up ur Carrier!!)
    9. P3K (obat-obatan umum)

  • Hantry says:

    Cari barengan naik ke slamet mas dan mbak bro tanggal 6,7,8 februari 2016 via bambangan

  • yaya says:

    ane kesana tanggal segitu bang. contact lah siapa tau ketemu line @mitaeriya

  • andiyanto says:

    saya tim Jogja Friendship mountainer rencana 2 3 4 5 Maret 2016, cari temen yg mau mendakibtgl itu gass yuuk

  • riev 0838-7244-9173 says:

    saya tgl 16 pagi insya alloh start dr bambangan .. ada yg mau bareng ?

  • sekarmaji says:

    Ada yang mau ngetrack ke slamet via bambangan gak tgl 25-28 nyari barengan sama info buat simaksi nya gmn ya buat via bambangan?

    Makasih sahabat pendaki.
    Add line aja id: jee260491

  • dody says:

    Infonya donk,,,tgl 25maret dibuka kah,,?

  • Rian Maruf Rifai says:

    Lagi cari barengan ke slamet via bambangan tanggal 25 maret sama minta info dibuka engganya pas tanggal dan bulan segitu mohon infonya terima kasih 🙂

    #salampendaki
    ID Line : rianmaruf28

  • Randy says:

    Tgl 25-27 Maret saya Dan 4 org tmn mau kesana, smoga aja sudh dibuka
    Buat yg mau gabung bisa contact WhatsApp @087724207571
    Thanks

  • hilmanr says:

    tanggal 5 maret 2016 in sha allah mau kesana, siapa tau bisa bareng.
    contact line hilmandei

  • 3do says:

    Admin pembayaran pendakian brpa min
    Ane mau ndaki tgl6 min

  • dedde says:

    an tanggal 9 maret via bambangan
    kali aja ada yg mau bareng

  • Dony says:

    Ane tanggal 24mlm jalan gan, sampe tegal tgl 25 trus langsung ke bambang, enaknya niak apah ya, posisi dri cengkareng, naik bus turunnya dmn?
    Add lin “tampanlaundry”

  • Herp says:

    5-8 Mei 2016
    Mt.Slamet via Bambangan
    Start dari basecamp 6Mei abis sholjum

    Bareng ? Reply comment aja

  • Suharyanto says:

    Oke sy jg rcn start tgl 6 mei 8 org

  • Herp says:

    Kita ada 15 orang

  • ari budi says:

    Ane tgl 29-30 april mau kesana..tolong dong kasih contac e bascamp bambangan
    Rombongan dr solo 10 orangan.

  • syahrul says:

    yo barengan via bambangan , ane tgl 24-27 maret 2016 dari bogor

  • dewi says:

    Yang naik tanggal 28 maret ada ga?? Mau bareng? Aku 2 orang.

  • ewank says:

    17-18-19 yang mau bareng boleh kontak 29dc8789 jkt jalan-jalan men

  • Ady Saputro says:

    aku ada rencana mau lewat bambang tanggal 2 april barangkali ada yang mau bareng …

    085715477717

  • Ari says:

    Yg start dr basecamp bambangan tgl 6 mei info contact nya dong. #herp atau #suharyanto

  • olicc nilnal muna says:

    Tgl 16 april dibuka gak ya pndakian via bambangan. Mohon infonya..

  • Agil says:

    Bagi yang butuh informasi carteran mobil dari area Purwokerto / Purbalingga ke bambangan basecamp slamet atau info kendaraan bisa kontak ke whatsapp 0813.2743.5335 (agil)

  • Suharyanto says:

    Oke…kami naik 6 mei start jm 9 #ari…ini kontak saya 081327991832…

  • karno says:

    Buat tgl 6 april 2016 dibuka gk pendakian gunung slamet via bambangan pak.q dan kwan2 klau dibuka tgl 6 q lngsung otw ksna pak.tlong infonya trimakasih

  • karno says:

    Ini nmer kontak sya pak 087876353025

  • nietz says:

    saya dan team, rencana naik 5 mei dari salatiga //

  • rifkiafdan says:

    Rencana selasa, 25-28 april 2016. Start tangerang kota – ps.senen (jakarta). Yuk! @rifkiafdan (twitter, line id)

  • Traka Js says:

    Mas Ari Budi ,aku mau minta kontaknya..soalnya aku rencana mau ke Mt.Slamet ..start dari solo mas

  • Feny says:

    Tanggal 16/ 17 april buka ga yah?pendakianya?info dong min

  • Oviee says:

    Jasa porter dan guide dislamet via bambangan brp ya kira2 info dong lur

  • Ono says:

    Rencana tnggl 29 start dri tangerang…

    Masih buka nggk yah…

    Skalian cari barengan…

  • desta says:

    Mintak kontak basecamp bambangan yg bisa dihubungiii

  • aryagading says:

    tgl.4567.mei.ad yg mau breng dri karawang.call aj:081219511757

  • begeng says:

    Gan mau tanya kalo dari Bambangan mau pulang ke Jakarta Naim bus paling dekat naik dari mana dan jurusan apa?

  • Alis says:

    Flora= tumbuhan
    Fauna=hewan

  • rajib says:

    nyari barengan ke mt slamet saya dari bekasi.. pngen habis lebaran idul adha

  • anto says:

    Bareng saya aja, dari brebes. Nnti tunggu di basecampnya aja…ok

  • ika says:

    Cari barengan tgl 7 oktober.dari bekasi

  • lannakhan says:

    bulan depan ae gan, akhir bulan.

  • Surya nda says:

    Berangkat 30 september via pasar senen , jalur bambangan

  • ega pramudya says:

    maaf mas/mba mau tanya,saya bulan desember insya allah mau ke slamet dari bandung tapi kereta ke purwokertonya udah abis jadi kemungkinan pake kereta ke kroya karena ada yg mengusulkan ke kroya aja. nah dari kroya lebih baik pake kendaraan apa ya? dan kalo ada yg punya kontak mobil pick up yg bisa disewa saya minta. mohon bantuannya,terimakasih. salam rimba 🙂

  • Andi Syarif says:

    asli abis kang? saya juga dese mau berangkat kesana dari bandung,,

  • cokro Besar kristiawan says:

    Saya rencana naik tanggal 25desember2016 ada yang naik tanggal segitu nggak,

  • Riant says:

    Desember 24, Mendaki Slamet via Bambangan

  • Omend says:

    Tgl 30 Januari-1 Februari 2017.. yuk join !!! Via Bambangan

    Dari Tangerang Selatan

  • Suleman says:

    Tgl 25 mau naik,,,kira2 banyak ga yaaa barengannya

  • adul says:

    Gua naek tgl 27 nih ada yg mau bareng gak dari pasar senen

  • adul says:

    Wa 089668086839

  • Ricky Dzignz says:

    28 januari 2017 yg mau bareng dari stasiun senen …

  • Adit says:

    Pendakian bambangan paling sore jam berapa ya ??, trus kalo sendiri boleh gk ??

  • buret says:

    terima kasih informasinya

  • Cari barengan saya membawa kawan 4 dan mencari barengan lagi bngkt dari St. Senen tgl 16. Mulai pendakian 18-19 Febuari.

    Id Line bayoe1022
    Pin 5B813A6A

  • Girinda Bayu says:

    Mas numpang tanya kira-kira jam 4 pagi kalau di statiun purwokerto sudah ada mobil yang bisa di carter ke bambangan ga? sama ongkosnya biasanya berapaan ya mas? makasih.

  • tiffany says:

    numpang bromo bray klo mau ke bambangan ada penyewaaan mobil dari stasiun purwokerto ke bambangan dengan tarif 250-300rb terngantung nengo, bisa junga ke dieng jadi ga ribet harus naik bis wa/tlpn 0815-4264-4446

  • tiffany says:

    numpang bromo bray klo mau ke bambangan ada penyewaaan mobil dari stasiun purwokerto ke bambangan dengan tarif 250-300rb terngantung nengo, bisa junga ke dieng jadi ga ribet harus naik bis wa/tlpn 0815-4264-4446 (adit)

  • Nda Putra Meru says:

    Rencana saya berangkat sendir,Barang kali ada yg mau gabung buat naek MT.SLAMET tgl 20 April 2017 bisa save nomer saya 085710008508
    Saya dari cakung Jakarta Timur

  • agus subakti says:

    Mas minta contack person untuk pendakian jalur guci dong???? Plisss

  • agus subakti says:

    Plis kalo ada yang tau contak nomer 087730988047..
    Soal nya mau ke sana tanggal 18

  • Stepa says:

    kira kira dari cirebon ke bambangan enaknya naik apa ya? terus biayanya berapa kira kira ?

  • Bojangkrik says:

    Ada yang brangkat tgl 22 gk agan2 ?

  • Bojangkrik says:

    Klo ada ane mnta bareng dong ,ane dari tangerang

  • Anonymous says:

    Mas ane jg dari tangerang ni
    Mau ke mt slamet
    Kpan rencana ksana

  • Dzikri says:

    Mas ane jg dari tangerang ni
    Mau ke mt slamet
    Kpan rencana ksana

  • Anonymous says:

    Mas saya mao nail my. Slamet tanggal 17,18,19 oktober Kira” dibuka buat umum gk Dan cuaca Dsana gmana.. Mohon pencerahannya..
    #Salam rimba

  • galuh says:

    Cari barengan buat bulan maret awal tahun 2018 via bambangan
    Wa 083877004275

  • Indra septian says:

    Ass, bang mau tanya tgl 23 24 25 desember gunung slamet di buka ga? Salam lestari, salam rimba

  • Riung Adv says:

    Tanggal berapa galuh kesana nya ?

  • Kalibre Shop says:

    Harus coba nih kesini keren gan …

  • Rian Afrizal says:

    Assalamu’alaikum…
    Mau cari barengan nih buat tanggal 16
    Barang kali ada yang mau nanjak bareng Whatsapp:082135910348

  • Anonymous says:

    Cari temen yang mau nanjak tgl 16 bulan ini. berangkat dari bandung tgl 15 WA 083820977857

  • Bramantyo says:

    Habis lebaran jalur pendakian dibuka ?? Ada yang mau muncak ??

  • cfodcfod says:

    habis lebaran tgl 21 juni berangkat dari tulungagung.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post to Jalur Pendakian G. Slamet via Bambangan

jalur-taman-wlingi

Jalur Pendakian Kaliwadas Gunung Slamet

Posted at 12/01/2020

Jalur pendakian gunung Slamet via Kaliwadas adalah jalur pendakian yang cukup diminati namun tidak seramai jalur via Bambangan... Read More

Pendakian Gunung Slamet via Baturaden

Posted at 12/01/2020

Pendakian gunung Slamet via Baturaden adalah jalur dari Purwokerto Baturaden adalah daerah wisata di Purwokerto b... Read More

Jalur Pendakian Gn. Slamet via Kaligua

Posted at 12/01/2020

Jalur pendakian gunung Slamet via Kaligua adalah jalur pendakian yang jarang dipilih oleh para pendaki. ... Read More

jalur pos 1

Pendakian Slamet via Jalur Guci

Posted at 12/01/2020

endakian gunung Slamet via jalur Guci adalah jalur gunung bagian barat laut. ... Read More

Gunung Slamet

Posted at 12/01/2020

Gunung Slamet adalah gunung tertinggi di Jawa Tengah dan gunung tertinggi kedua di pulau Jawa setelah gunung Semeru.... Read More