HOME
Home » Semeru » Jalur Pendakian Gunung Semeru Ranu Pani

Jalur Pendakian Gunung Semeru Ranu Pani

Posted at January 11th, 2020 | Categorised in Semeru

Jalur pendakian gunung Semeru Ranu Pani adalah jalur pendakian utama dan paling populer. Jalur Ranu Pani nantinya memiliki dua cabang jalur lagi yakni jalur Watu Renjang dan jalur Ayek-Ayek.  Ranu Pani adalah desa di kawasan kaki gunung Semeru. Dari Ranu Pani kita akan berjalan datar lumayan jauh dan selanjutnya mendaki naik hingga puncak. Kelebihan pendakian gunung Semeru ketimbang gunung-gunung lain di Jawa yakni trek yang akan kita lalui memberikan pemandangan alam yang sangat lengkap dan luar biasa. Pemandangan yang akan kita temui antara lain berupa savana, taman bunga lavender, bukit, hutan, danau, bermacam bunga, bermacam fauna, kabut, gunung-gunung kecil di sekitaran gunung Semeru.

TRANSPORTASI

Gunakan peta wisata di atas sebagai bahan acuan.

PENDAFTARAN

Sebelum melakukan pendakian pendaki harus cek dulu situs resmi gunung Semeru di: www.bromotenggersemeru.org
Cek dulu tanggal yang masih tersedia untuk pendakian. Dan lakukan pendaftaran secara online.

PETA JALUR PENDAKIAN GUNUNG SEMERU RANU PANI

BASECAMP DESA RANU PANI

Pemandangan Desa Ranu Pani. Di sinilah kita melakukan persiapan dan pendaftaran ulang
(1) Jalur Watu Rejeng (RECOMMENDED):

MEMULAI PENDAKIAN

RANUPANI – LANDENGAN DOWO = 3km (1,5jam)

Jalur menuju Landengan Dowo relatif masih mudah. Kita akan berjalan menyusuri jalan desa lurus. Lalu bertemu dengan pintu gerbang pendakian. Setelah itu baru menyusuri jalan kebun, hingga sampai di Pos Landengan Dowo.

LANDENGAN DOWO – WATU REJENG = 3km (1,5jam)

Selanjutnya trek masih relatif landai dan sama. Sudah masuk kawasan hutan. Jalan sudah diperbaharui dan bagus. Jalur menuju pos berikutnya yaitu Watu Rejeng juga relatif masih mudah. Jalan sudah mulai memasuki hutan dan jalan tanah. Di perjalanan kita akan menjumpai sebuah jembatan kecil yang disebut “Jembatan Cinta”.

WATU REJENG – RANU KUMBOLO = 4,5km (2jam)

Dari Watu Rejeng kita masih terus berjalan hingga mencapai sebuah danau yang sangat terkenal bernama “Ranu Kumbolo”. Jalan yang kita lewati adalah jalan berbukit dan berpohon banyak.

Ranu Kumbolo di tengah perjalanan. Di danau ini kita tidak diperbolehkan untuk mandi dikarenakan akan mencemari air. Banyak sekali para pendaki yang mendirikan tenda di Ranu Kumbolo. Ranu Kumbolo merupakan tempat paling favorit pendaki untuk bermalam.

RANU KUMBOLO – ORO-ORO OMBO = 1km (30 menit)

Jika kita bertenda di Ranu Kumbolo maka berkemas lagi dan melanjutkan perjalanan. Kita akan berjalan naik sebuah tanjakan yang legenda di gunung Semeru yakni “Tanjakan Cinta”. Mitos: jika kita berjalan mendaki Tanjakan Cinta tersebut tanpa menoleh ke belakang sembari membayangkan seseorang yang ingin kita jadikan pasangan hidup maka hal tersebut akan menjadi kenyataan.

Setelah melewati Tanjakan Cinta kita akan bertemu dengan sebuah lahan luas yang pada bulan-bulan tertentu (setelah musim hujan) akan ditumbuhi bunga lavender. Tempat ini dinamakan “Oro-Oro Ombo” yakni sebuah taman yang dipenuhi dengan bunga-bunga lavender. Catatan: sebenarnya bunga tersebut bukan bunga Lavender, melainkan bunga gunung biasa. Tapi ya sudahlah yang penting warnanya ungu.

ORO-ORO OMBO – CEMORO KANDANG = 1,5km (30 menit)

Dari Oro-Oro Ombo kita berjalan terus datar hingga bertemu dengan Cemoro Kandang. Mulai dari sini kita akan berjumlah dengan warung-warung yang dibuka oleh warga. Warungnya sederhanya, dan yang dijual adalah buah semangka serta gorengan. Enak pol !

CEMORO KANDANG – JAMBANGAN = 3km (30 menit)

Jambangan adalah lahan luas yang ditumbuhi bunga-bunga edelweis, cantigi, dan pohon cemara. Trek untuk menuju ke sini juga tidak sulit. Dari pos Jambangan ini kita sudah bisa melihat puncak tertinggi Gunung Semeru yakani “Mahameru”.

JAMBANGAN – KALIMATI = 2km (30 menit)

Di Kalimati adalah tempat favorit selanjutnya untuk bermalam atau mendirikan tenda. Tempatnya luas sehingga cukup untuk banyak kelompok. Di Kalimati jika musim hujan juga terdapat sumber air.

KALIMATI – ARCOPODO = 1,2km (2,5jam)

Perjalanan selanjutnya kita akan menuju Arcopodo. Jika ingin mendapat sunrise di puncak Mahameru maka sebaiknya bermalam di Arcopodo. Jika bermalam di Arcopodo maka pagi dini hari kita harus bersiap-siap untuk summit attack atau pendakian menuju puncak.

ARCOPODO – CEMORO TUNGGAL – PUNCAK MAHAMERU = 1,5km (3-4jam)

Summit attack atau pendakian menuju puncak, kita akan melewati medan paling berat di pendakian gunung Semeru ini. Jalur yang kita lewati yakni Cemoro Tunggal kemudian puncak Mahameru.

!ZONE BLANK 75!

Zone Blank 75 adalah zona tengkorak atau zona kematian yang terdapat di pinggir jalur dari Arcopodo menuju puncak Mahameru. Zona ini adalah sebuah jurang yang sangat dalam. Dinamakan “75” karena dalamnya mencapai 75 meter. Zona Blank 75 banyak sekali menelan korban. Penting: saat turun dari puncak Mahameru diwajibkan pendaki untuk tidak lari atau terburu-buru (karena jalan menurun tajam) karena banyak pendaki yang tidak sengaja berbelok arah ke kanan akibat lari dari atas dan masuk ke dalam Zona Blank 75 tersebut.

PUNCAK MAHAMERU 3.676 MDPL

Ini dia puncak tertinggi di pulau Jawa, puncak “Mahameru” yang memiliki ketinggian 3.676 mdpl (meter di atas permukaan laut)

Total Waktu Pendakian

Kita kalkulasikan semua waktu pendakian:
RANUPANI – LANDENGAN DOWO = 3km (1,5jam)
LANDENGAN DOWO – WATU REJENG = 3km (1,5jam)
WATU REJENG – RANU KUMBOLO = 4,5km (2jam)
RANU KUMBOLO – ORO-ORO OMBO = 1km (30 menit)
ORO-ORO OMBO – CEMORO KANDANG = 1,5km (30 menit)
CEMORO KANDANG – JAMBANGAN = 3km (30 menit)
JAMBANGAN – KALIMATI = 2km (30 menit)
KALIMATI – ARCOPODO = 1,2km (2,5jam)
ARCOPODO – CEMORO TUNGGAL – PUNCAK MAHAMERU = 1,5km (3-4jam)
TOTAL: 11 jam waktu pendakian dengan 1 kali bermalam. 1 kali istirahat

(2) Jalur ayek-Ayek:
Untuk jalur Ayek-Ayek relatif jarang dipilih oleh pendaki karena melalui trek yang berdebu dan berbatu.

RANUPANI – GUNUNG AYEK-AYEK – PANGONAN CILIK – RANU KUMBOLO (5jam)

TIPS PENDAKIAN

  1. Pilihlah hari yang bagus untuk mendaki Semeru (April – Oktober)
  2. Latihan fisik seminggu sebelum hari H
  3. Persiapkan tim dan perlengkapan yang akan dibawa . Jangan lupa bawa sesuatu misal benda kesayangan atau tulisan untuk seseorang supaya bisa foto bareng saat di puncak
  4. Tim yang solid adalah 5-8 orang. Jika sedikit usahakan 3 orang (1 orang harus sudah pernah naik gunung)
  5. Jangan sepelekan keselamatan. Pakai sandal atau sepatu gunung dan jaket gunung. Bawa makanan dan air secukupnya jangan terlalu sedikit. Yang paling penting jangan melanggar peraturan dan jangan buang sampah di gunung
  6. Persiapkan rincian waktu untuk bermalam dan mulai pendakian puncak. Dan pilih juga tempat yang pas untuk bertenda
  7. Dirikan tenda di tempat yang datar dan usahakan diselimuti pohon atau semak supaya tidak terkena angin gunung langsung
  8. Jika ada anggota kelompok yang tidak bisa melanjutkan perjalanan sebaiknya ditemani. Atau jika sakit parah langsung beritahu dengan kelompok lain.

INFORMASI GUNUNG SEMERU

Nama: Gunung Semeru
Ketinggian: 3.676 mdpl
Pengelola: TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru)
Gunung lain dalam satu komplek: Gn.Bromo (2.392m) Gn. Batok (2.470m) Gn.Kursi (2,581m) Gn.Watangan (2.662m) Gn.Widodaren (2.650m).
Danau (ranu): Ranu Pani, Ranu Regulo, Ranu Kumbolo dan Ranu Darungan.
Pohon: cemara, akasia, pinus, dan jenis Jamuju.
Flora: Kirinyuh, alang-alang, tembelekan, harendong, Edelwiss putih, Lavender
Fauna: macan kumbang, budeng, luwak, kijang, kancil, dll
Hutan: hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung
Kawah: Kawah Jonggring Saloka
Puncak: Mahameru
View gunung lain dari puncak: Gunung Bromo, Argopuro, Raung, Arjuno, Welirang, Lawu
Mitos: Gunung Semeru adalah paku untuk memaku pulau Jawa oleh para dewa. Gunung Semeru adalah tempat bersemayam Dewa Shiwa
Kismis (Kisah Misteri):
Tarif: cek di situs resmi www.bromotenggersemeru.org
Website resmi: www.bromotenggersemeru.org

TRANSPORTASI

  • Dari Malang: Terminal Malang/Stasiun Malang -> Pasar Tumpang -> Desa Jemplang -> Desa Ranu Pani
  • Dari Probolinggo: Terminal Probolinggo -> Sukapura -> Desa Jemplang -> Desa Ranu Pani\
  • Dari Pasuruan: Menuju Simpang Dengklik -> Jalur sama seperi Probolinggo

MAP

REFERENSI DAN SUMBER GAMBAR

http://pendaki.id
http://asylum87.blogspot.com
https://plantagama.wordpress.com
http://anakopala.blogspot.com
http://archive.kaskus.co.id
https://gadisrantau.wordpress.com

  • 366
    Shares

51 Comments for Jalur Pendakian Gunung Semeru Ranu Pani

  • Agung Kurnia says:

    detail banget bro penjelasanya,, kereen..
    mau nanya yang blank 75, itu kan dulu di tandai sama cemoro tunggal,
    kalau kita bisa ngeliat pohon itu akan menurunkan resiko masuk blank 75
    tapi untuk sekarang kondisinya gimana? kan katanya cemoro tunggalnya, wis roboh..
    thanks bro..

    • damarsaloka says:

      santai aja bro, zona blank 75 memakan korban biasanya pas turun gunung. yg penting kita jgn lari-larian pas turun dari puncak. dan ttp waspada

  • rangga says:

    wihhh thanks banget mas,,sangat amat membantu bagi saya dan temen temen pemula lainnya. heheheh,,oya kalo ada informasi gunung arjuno kita berminat itu mas. sekali lagi terima kasih banyak mas

  • Muhammad Mustofa says:

    Terima kasih banyak mas 🙂 infonya sangat mendetail , sangat bermanfaat bagi saya dan teman teman .. Sekali lagi makasih mas 🙂

  • teguh angkot malang says:

    Klo butuh angkot dari stasiun malang ketumpang bisa hub TEGUH di 081216320624 ato PIN 52332e0e..sedia jeep juga buat keranupane

  • Yogi kresnawan says:

    Kerennn banget penjelasannya mas..

  • Ahmad Khoirur Roziq says:

    ehm mas mau nanya, untuk estimasi waktu segitu biasanya untuk pendaki pemula bagaimana kira”?
    tapi biasanya ndaki bukit dan ikut lintas alam, tapi ya ngepastikan saja
    sekalian mau nanya tipsnya waktu turun dari puncak agar gak kena death zone gimana mas?

    • panggil abang says:

      mending naik gunung merbabu aja dulu bagus kok dan enak treknya. Gunung Semeru biarin istirahat dulu..
      kalo turun dari puncak yg penting baca doa dulu dan pelan-pelan ajah hhehe

  • detri octaviani says:

    Makasih banyak mas infonya sangat sangat membantu 🙂

  • Fajar says:

    bang bisa info rincian biaya untuk ke semeru? startnya dr malang saja

  • Farug says:

    Infonya sangat bermanfaat buat Ane yang rencana mau naik Sumeru. Btw ada yang punya kenalan porter Sumeru ga Gan? Mohon infonya kalau ada yang tahu. Mksh

  • andreas says:

    Wuih keren banget dettaill pnjlasanny..semeru bner2 sebuah ptualangan seru…

  • ismail says:

    mas mau tanya dong, yg udah pernah naik ke semeru, tarif ke semeru berapa ya mas minta infonya ya mas, makasih

  • Nia says:

    Sukaaa…
    Makasih infonya kaka

  • MP Blogger 3 says:

    Wah bagus banget
    semoga pariwisata Indonesia makin maju

  • taufik says:

    trmakasih infox,Sangat jelas d mmbantu bgt,btw mau tanya liburan natal bsok d bka g̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ pendakianx rencana mau kesana bsok,tlng infox kang trmakasih

  • anggra says:

    klo pake troly roda 1 buat ankut barang bs ga bro…

  • anggra says:

    apa jalurnya memungkinkan pakai troly roda 1 buat angkut keril..?
    mohon informasinya

  • SANJAYA TAGOR says:

    Apa yg telah teruarai di sini, tentu sangat membawa manfaat bagi seluruh pembaca

  • SANJAYA TAGOR says:

    Banggalah bangsa indonesia yg banyak memiliki pesona Alam sangat indah sedap dipandang mata

  • Dagelan says:

    Minta pencerahannya dunk kalo untuk simaksi semeru bisa nda mendadak kita dapat tanpa harus online dahulu

  • kiky says:

    Mas mau nanya dong???
    Itu pndakian nya pke kuota gk??

  • Dencikal van dejonk says:

    Mau tanya om trak untuk bawa keluarga anak istri aman atau tidak ..btw ada poter gak..? Tus biaya pother berapa?. Thanks

  • Obie bihoe says:

    Mau tanya dong pendakian tanggal 26/27 buka gak yaa

  • muhamad zaenudin says:

    Mau nnya donk mas klo tgl 29 april udh buka belom ya???

  • jatmikko says:

    Gan
    Maw nanya info pembukaan jalur pendakian semeru apakah sudah di buka?

  • Akmal Hibrizi says:

    Mas,maaf mau nanya sebaiknya sebelum ke semeru untuk labih baik ke mana ya mas buat pemula?

  • novian says:

    Maaf mau tanya untuk simaksi bisa langsung d ranupani apa harus onlie dlu ya trimaksih

  • Nanda says:

    mas mau nanya, kalo nge camp di arcopodo bisa apa tidak ya? dan apakah tempat untuk mendirikan tendanya luas? terima kasih untuk jawabannya.

  • andy lala says:

    hai pecinta alam! ada yg bisa bantu saya gak ya?
    saya belum pernah naik gunung, tapi saya ingin sekali ke semeru, karena bagi saya semeru adalah impian yg tertunda. karna sebelumya saya keburu nikah dan akhirnya punya 2 anak. dan mudah2an di usia saya yg sudah 36 tahun ini masih ada kesempatan buat saya untuk bisa bersujud syukur di puncak mahameru. yg pastinya atas bantuan kalian semua. makasih udah baca. 081585339984

  • M. zaid says:

    wahhh Infonya keren dan lengkap bangat, makasih bnyak yahhh, http://infopendaki.com/ slalu aqu jadiin referensi untuk mncari informasi seputar gunung2 di jawa… makasih banyak yah Amdin..

  • adi says:

    makasih infonya, lengkap banget …. semoga tahun ini bisa ke semeru

  • Kalau saya lihat pendakian Semeru di film 5cm,itu terpengaruh sama pendaki nggak Mas? ….. tolong dibalas ya.. Trms.

  • in sya Alloh sy dkk (6 0rang ) akan ngecamp di ranu Kumbolo 22-23 Juni 2019, memang sy pernah ke puncak maha meru tapi itu 20 th yg lalu, mungkin ada saran yg terbaik untuk sy dan kawan2 rek.
    misal tentang cuaca dll rek.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post to Jalur Pendakian Gunung Semeru Ranu Pani

GUNUNG SEMERU

Gunung Semeru

Posted at 11/01/2020

Gunung Semeru adalah gunung api tertinggi di pulau Jawa dan tertinggi nomor tiga di Indonesia setelah gunung Kerinci... Read More