HOME
Home » Jalur Pendakian » Merapi » Jalur Pendakian Merapi via Sapuangin Klaten Lengkap

Jalur Pendakian Merapi via Sapuangin Klaten Lengkap

Posted at May 30th, 2017 | Categorised in Jalur Pendakian, Merapi

Jalur pendakian Merapi via Sapuangin Klaten dibuka kembali pada Mei 2017 setelah ditutup pasca erupsi Merapi 2010. Erupsi gunung Merapi pada 2010 telah menutup jalur pendakian serta membuat perubahan besar pada beberapa sisi gunung. Selain terbentuknya jalur kawah ke kaki gunung, aliran lahar dingin yang beberapa kali mengalir mengakibatkan kontur geografis berubah.

Gunung Merapi via New Selo adalah jalur pendakian paling populer dan resmi bagi pendakian gunung Merapi. Karena New Selo merupakan jalur utama dan satu-satunya, maka sering kali terjadi lonjakkan pengunjung khususnya di akhir pekan. Untuk itu pihak pengelola dari TNGM memutuskan untuk membuka kembali jalur pendakian lain yang sempat ditutup sejak lama, yakni jalur pendakian Sapuangin.

Basecamp Sapuangin terletak di Dukuh Pajegan, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, kabupaten Klaten. Jalur ini sebenarnya dilewati juga oleh beberapa pendaki sejak 2016, namun hanya sebagian kecil saja karena jalur ini sangat ekstrim dan trek tertutup. Beberapa kegiatan seperti kegiatan camping dan pengukuhan juga sering dilakukan di kaki gunung Merapi di Sapuangin tersebut. Namun, untuk pendakian sampai atas masih ditutup. Hingga pada tanggal 12 Mei 2017 jalur pendakian Sapuangin diresmikan dan dibuka untuk para pendaki.

MENUJU LOKASI
Lokasi Basecamp Sapuangin cukup mudah ditemukan. Patokan utama adalah Kabupaten Klaten. Dari arah barat maupun timur tujulah arah Klaten. Gunakan GPS pada gadget kamu tentukan lokasi tujuan pada “Basecamp Merapi Sapuangin”

BASECAMP SAPUANGIN
Lokasi basecamp berada di perempatan jalan dan sudah direnovasi. Di basecamp disediakan beberapa fasilitas memadai seperti: WC, tempat istirahat lesehan, warung kopi/minuman, parkir luas muat untuk beberapa mobil. BASECAMP MERAPI VIA SAPUANGIN KLATEN-min

TARIF
Retribusi TNGM : Rp 11.000/orang
Parkir motor inap: Rp 5000
Parkir motor tidak inap: Rp 2000
Kopi panas: Rp 3500
Gorengan: Rp 500

KETERANGAN MENGANAI JALUR
Jalur pendakain Sapuangin sangat ekstrim dan terbatas untuk spot mendirikan tenda, maka tiap hari/pendakian dibatasi hanya 20-30 orang saja. Panjang jalur adalah 3x medan pendakian via New Selo. Jalur awal berupa hutan landai dan beberapa trek naik 90 derajat. Selanjutnya adalah trek dengan kanan-kiri jurang dengan kedalaman 200-500 meter dipenuhi dengan semak-semak setinggi 1 meter. Sebelah kiri jalur adalah “Kali Woro” yang merupakan salah satu tampat aliran lahar dan jurang. Panjang jalur total dari basecamp hingga Pasar Bubrah adalah 5,4 km. Tiap 100 m kita akan menemui patok atau penanda yang dibuat dari pipa, totalnya ada 54 (berarti 5400 meter).

PETA PENDAKIAN
jalur pendakian sapuangin-min

MEMULAI PENDAKIAN
BASECAMP – POS 1 (1597 meter, 2 jam)
Perjalanan dari basecamp menuju Pos 1 cukup jauh, yakni menempuh jarak sekitar 1597 meter dan menghabiskan waktu 2-3 jam.
Jalur hutan dengan vegetasi semak lebat dan pepohonan dengan kanan-kiri jurang akan kita lewati saat menuju Pos 1.

POS 1 SAPUANGINPos 1. Cukup luas dengan kapasitas hingga 5 tenda

POS 1 – POS 2 (768 meter, 2 jam)
Dari Pos 1 menuju Pos 2 jaraknya lebih pendek yakni 768 meter, namun trek yang akan dilewati lebih terjal dari sebelumnya. Kita akan melewati trek dengan kemiringan tajam yang membuat muka bertatap dengan lutut.

POS 2 SAPUANGINPos 2. Tidak begitu luas, hanya mampu menampung 2-3 tenda dan jarang dilindungi pohon.

POS 2 – Camp Yoyok – POS 3 (1055 meter, 2 jam)
Dari Pos 2 menuju Pos 3 jaraknya cukup jauh yakni 1055 meter. Trek yang akan kita lalui lebih berat dan ekstrim dari sebelum-sebelumnya. Treknya yakni berupa semak belukar setinggi 1 meter, kemudian trek naik-turun karena kita harus melewati beberapa punggungan. Di pertengahan kita akan menjumpai PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) dan kita dilarang membuat tenda di situ karena jika hujan akan berbahaya. Selanjutnya kita juga akan berjumpa dengan Campo Yoyok alias pos bayangan.

PLTSPLTS pada jalur menuju Pos 3

Jalur ekstrim yang akan kita lewati

CAMP YOYOKCamp Yoyok. dari camp Yoyok sudah dekat dengan Pos 3. View di sini kanan-kiri adalah jurang

Pemandangan di sebelah kanan kita akan menjumpai Gunung Merbabu yang eksotik

POS 3 SAPUANGINPos 3. Cukup untuk 2-3 tenda. Pemandangannya sangat indah dari lokasi ini

POS 3 – POS 4 (835 meter, 2 jam)
Dari Pos 3 menuju Pos 4 kita akan melewati beberapa punggungan lagi dengan kanan-kiri jurang dalam.

Ini trek yang akan kita lewati

Jika menoleh ke belakang…

Trek ekstrim yang akan kita lewati menuju “Kebo Kluyur” atau Pos 4

Untuk sampai ke Pos 4 kita harus melewati beberapa punggungan dengan kanan-kiri jurang

Jika trek basah maka bersiap-siap untuk kebasahan, dan awas licin

Tingginya rumput ilalang mencapai 1 meter

Jangan salah injak. Kita harus fokus pijakkan kaki pada tanah, salah pijak bisa berakibat fatal

Sebelum sampai di Kebo Kluyur, kita akan menjumpai pertigaan ini. Jika kita ke kanan maka kita akan sampai di atas Batu “Kebeo Kluyur” (batu besar) dan jalan buntu. Jika ambil arah kiri maka itu jalur yang benar, yakni menuju pos 4.

View dari atas batu “Kebo Kluyur”

Pos 4. Di lokasi ini kita bisa mendirikan tenda dan terlindung dari panas karena berada di bawah batu besar. Di pos 4 mampu menampung 5-6 tenda.

Di bawah batu besar “Kebo Kluyur”

POS 4 – Pasar Bubrah (1141 meter, 45 menit)
Dari pos 4 menuju Pasar Bubrah tidak membutuhkan waktu yang lama. Perkiraan jalan santai bisa 30-45 menit jika tanpa tas karir.

Sebelum keluar dari batas vegetasi, kita akan menemukan penanda

Batas vegetasi ini akan kita jumpai. Lokasi ini memiliki julukan “Pusung London”


PLTS kedua di area dekat Pasar Bubrah

Pasar Bubrah Merapi. Di lokasi ini mampu menampung ratusan tenda, namun bahayanya lebih besar dan angin malam jauh lebih kencang.

Pasar Bubrah – PUNCAK
Dari Pasar Bubrah naik ke puncak Merapi memakan waktu hingga 1 jam. Treknya pasir dengan kemiringan hampir 90 derajat.

Rangkuman perjalanan naik:
Basecamp – Pos 1 (2 jam)
Pos 1 – Pos 2 (2 jam)
Pos 2 – camp yoyok – Pos 3 (2 jam)
Pos 3 – Pos 4 (2 jam)
Pos 4 – Pasar Bubrah (45 menit)
Pasar Bubrah – Puncak (1 jam)

Perjalanan turun dari puncak menuju pasar bubrah sekitar 20 menitan. Dari pasar bubrah hingga basecamp jika dikalkulasikan total turun jalan santai mencapai 4 jam.

VIDEO PENDAKIAN

TIPS PENDAKIAN via SAPU ANGIN

  1. Pilihlah hari yang bagus untuk mendaki, usahakan jangan waktu hujan. Jalur Sapuangin memiliki kriteria yang lebih sulit dari jalur lain di Jawa Tengah, treknya lebih panjang 3x dari New Selo. Untuk itu usahakan cari waktu yang cerah untuk mendaki. Tips: mendaki malam pukul 19.00 – sampai Pos 2 pukul 24.00 dan camp. Pagi pukul 05.00 naik – sampai Pos 4 pukul 09.00
  2. Latihan fisik seminggu sebelum hari H
  3. Persiapkan tim dan perlengkapan yang akan dibawa . Tim naik secukupnya 3-5 orang ideal. Jangan bawa cewek yang belum pernah mendaki jika lewat jalur ini.
  4. Jangan sepelekan keselamatan. Pakai sandal atau sepatu gunung dan jaket gunung. Bawa makanan dan air secukupnya jangan terlalu sedikit dan jangan terlalu banyak. Yang paling penting jangan melanggar peraturan dan jangan buang sampah di gunung
  5. Dirikan tenda di tempat yang datar dan usahakan diselimuti pohon atau semak supaya tidak terkena angin gunung langsung. Paling ideal di Sapuangin yakni Pos 2 (tengah-tengah jalur) atau Pos 4 (di bawah batu kebo kluyur)
  6. Jika ada anggota kelompok yang tidak bisa melanjutkan perjalanan sebaiknya ditemani. Atau jika sakit parah langsung beritahu dengan kelompok lain.

INFORMASI GUNUNG MERAPI
Nama: Gunung Merapi
Ketinggian: 2.968 mdpl (2006) – 2930 mdpl (2010)
Lokasi: Klaten (Tenggara), Boyolali (Timur), Magelang (Barat), Sleman,Yogyakarta (Selatan)
Pengelola: Taman Nasional Gunung Merapi (TNGP), Desa Tegalmulyo
Tipe: Gunung berapi strato
Letusan terakhir: 2010, 2013
Kondisi: udara dingin, kabut, bebatuan dan pasir, debu tinggi
Jalur pendakian: Jalur Selo
Spot alam: hutan tropis tandus
Flora: saninten (Castanopsis argentea), anggrek Vanda tricolor
Fauna: Elang jawa (Spizaetus bartelsi),macan tutul (Panthera pardus) dan banyak sekali spesies burung.
Sumber air: di jalur pendakian Sapuangin hanya ada di jalur menuju Pos 1
Sungai: Serang, Cemoro, Pepe dan Gandul
Puncak: puncak Merapi (dahulu bernama puncak Garuda th 2010)
View gunung lain dari puncak: Gn. Merbabu, Sumbing, Sindoro, Ungaran, Telemoyo, Lawu
Tarif daki Sapuangin: Rp 11.000/orang/hari (Mei 2017)
Website: www.tngunungmerapi.org
Mitos: Kerajan Jawa sangat besar terkubur di dalam Gunung Merapi dan gunung Merbabu yang berkaitan dengan kerajaan Mataram Kuno
Kismis (kisah misteri): Sebelum puncak merapi ada tempat bernama “Pasar Bubrah” yang menurut cerita sebagai pasar-nya setan-setan di keraton Merapi

 

8 Comments for Jalur Pendakian Merapi via Sapuangin Klaten Lengkap

  • kibo says:

    sudah dipastikan, gak lama lagi itu papan ditiap pos udah dipenuhi coretan laknat

  • Jhony susanto says:

    Selamat sore admin info pendaki. Perkenalkan saya jhony susanto dari kebo kluyur adventureholic basecamp madiun. Entah di sengaja atau tidak di pos 4 (watu bolong) di tulis kebo kluyur. Saya mewakili teman2 mengucapkan terima kasih sebanyak2 nya secara ada nama kebo kluyur disana membuat kami bangga. Kalo berkenan bisa chat via whatsapp ke nomer saya 085259962900. Salam lestari

  • Marioflagstone says:

    Simaksi sekarang 41rb gan, jadi infonya tolong di edit, matur suwun…

  • robi says:

    Saudaraku, saya minta saran..
    Kalau dari jakarta untuk menuju kesana baiknya akses apa?
    Kereta atau bus?
    #mohon info

  • Irfan Handarbeni says:

    Kalau kemarin saya naik kereta dari Jakarta ke St. Tugu Jogja lalu charter mobil ke basecamp sapuangin. saran saya sih bisa sewa mobil/motor dari Jogja karena tidak ada kendaraan umum sama sekali untuk ke basecamp sapuangin

  • robi says:

    Biaya charter mobil dari jogja ke basecamp sapuangin berapa rupiah ya mas irfan?
    Kira-kira kalau dari st. Klaten aksesnya lebih mudah gak ya?
    Tks sebelumnya

  • Dwi Pratiwi says:

    Naik pas hari minggu, kena biaya 33,5 ribu/orang. Trek nya bikin lutut nangis.
    Semoga kedepannya gak ada “pendaki” iseng yg nulisin papan-papan penanda, karna pas turun ngeliat ada yg udah ngasih ‘jejak’ di pipa penanda.

  • Very useful post This is the first time I visited here. I found so many interesting things on your blog especially in the discussion. Really a great article.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post to Jalur Pendakian Merapi via Sapuangin Klaten Lengkap

savana argopuro

Pendakian G. Argopuro via Baderan

Posted at 09/02/2015

Jalur pendakian gunung Argopuro via Baderan terletak di Desa Baderan, kecamatan Sumbermalang, kabupaten Situbondo. Jalur pendakian Argopuro adalah jalur terpanjang di... Read More

oro-oro ombonya argopuro

Jalur Pendakian Gunung Argopuro via Bremi

Posted at 09/02/2015

Jalur pendakian gunung argopuro via Bremi terletak di Desa Bremi Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo. Jalur pendakian Argopuro adalah jalur terpanjang di... Read More

jalur pohon pinus

Jalur Gunung Butak via Princi Dau

Posted at 08/02/2015

Jalur pendakian gunung Butak via Princi Dau adalah jalur pendakian yang tidak banyak dipilih oleh pendaki karena trek yang susah. Jalur... Read More

perkebunan teh sirah-kencong-4

Jalur Pendakian Gunung Butak dari Sirah Kencong

Posted at 08/02/2015

Sirah Kencong merupakan suatu area perkebunan teh yang terletak di Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar yang termasuk dalam areal perkebunan... Read More

puncak penanggungan

Jalur Pendakian Gunung Penanggungan via Tamiajeng

Posted at 06/02/2015

Jalur Tamiajen gunung Penanggungan terletak sama seperti jalur Jolotundo yakni di kecamatan Trawas, Mojokerto. Waktu yang dibutuhkan untuk pendakian gunung Penanggungan... Read More