HOME
Home » Prau » Jalur Pendakian Patak Banteng G. Prau

Jalur Pendakian Patak Banteng G. Prau

Posted at January 11th, 2020 | Categorised in Prau

Jalur pendakian gunung Prau via Patak Banteng adalah jalur paling dipilih oleh para pendaki. Jalur ini jalur yang memberikan pemandangan paling indah. Baca dulu informasi lengkap Gunung Prau di sini

PETA JALUR PENDAKIAN PATAK BANTENG

BASECAMP

Bascamp “Patak Banteng” cukup jelas berada di tepian jalan dan terlihat parkiran mobil motor yang cukup luas.

Bsecamp Patak Banteng adalah sebuah tempat atau shelter yang sederhana. Tempat parkir cukup luas bisa menampung ratusan sepeda motor, dan puluhan mobil. Terdapat plang nama basecamp “Patak Banteng” yang cukup jelas. Jadi kalian tidak perlu cemas kesasar. Pakai GPS pasti sampai kok!

MEMULAI PENDAKIAN

BASECAMP – POS I Sikut Dewo (45 menit)

Setelah melakukan pendaftaran di basecamp, baur boleh kita naik. Start adalah trek kampung. Kita harus menyusuri jalanan kampung yang cukup rapat. Kemudian 15 menit awal berjalan kita akan melewati trek tangga menuju perkebunan.

Trek selanjutnya jalur batu yang sudah dibikin jalan rapih. Tapi jangan salah ini jalan menanjak loh. Capek juga! Namun tenang, kanan kiri adalah perkebunan yang sangat indah untuk dipandang. udaranya juga sangat segar.

Setelah jalan menanjak tadi nanti kita akan bertemu plang nama penunjuk. Belok kiri dan trek sudah berubah menjadi trek tanah menanjak. Kali ini kita akan menyusuri kebun warga. Dan Pos 1 sudah menunggu di atas sana.

POS I – POS II (45 menit)

Pos 1 adalah shelter warung. Kalian bisa istirahat sejenak untuk ambil napas. Di sini juga menjual makanan berupa aneka gorengan dan juga buah.

Lalu kita lanjutkan lagi pendakian menuju Pos 2. Trek menuju Pos 2 kita akan melewati jalur perkebunan menanjak namun sudah mulai masuk kawasan hutan. Ditandai dengan banyak pohon di kanan kiri.

POS II – POS III Cacingan (45 menit)

Lanjut. Trek semakin berat karena semakin menanjak. Tapi tenang, karena trek adalah kawasan tertutup pohon yang rindang. Kalau siang kalian tidak perlu takut kepanasan. Jalan adalah kawasan tanah berakar. Akar-akar besar dari pepohonan sekitar menjadi lantai alami yang menantang.

POS III – PUNCAK (45 menit)

Lepas dari Pos 3, selanjutnya trek menjadi lebih menanjak. Tapi sebentar lagi kita bakalan sampai puncak lho. Tenang saja karena trek selajutnya sudah dibikin jalur tangga. Jadi kalian tidak usah takut kepleset. Kuatkan otot kaki-kaki dan bulatkan tekad sedikit karena di atas sana puncak sunrise Gunung Prau menunggu.

Total Waktu Pendakian

Jika ditotalkan semua perjalanan:
BASECAMP – Pos I (45 menit)
Pos I – Pos II (45 menit)
Pos II – Pos III (45 menit)
Pos III – Puncak (45 menit)
TOTAL = 3 jam perjalanan naik. Untuk turun rata 2 jam saja.

TIPS PENDAKIAN

  1. Pilihlah hari yang bagus untuk mendaki, usahakan jangan waktu hujan
  2. Persiapkan tim dan perlengkapan yang akan dibawa . Jangan lupa bawa sesuatu misal benda kesayangan atau tulisan untuk seseorang supaya bisa foto bareng saat di puncak
  3. Tim yang solid adalah 5-8 orang. Jika sedikit usahakan 3 orang (1 orang harus sudah pernah naik gunung)
  4. Jangan sepelekan keselamatan. Pakai sandal atau sepatu gunung dan jaket gunung. Bawa makanan dan air secukupnya jangan terlalu sedikit dan jangan terlalu banyak. Yang paling penting jangan melanggar peraturan dan jangan buang sampah di gunung
  5. Untuk pendakian Prau kita bisa naik siang atau dini hari. Jika siang bagusnya pukul 2 siang. Jika dini hari pukul 1 atau 2 pagi.
  6. Dirikan tenda di tempat yang datar dan usahakan diselimuti pohon atau semak supaya tidak terkena angin gunung langsung
  7. Jika ada anggota kelompok yang tidak bisa melanjutkan perjalanan sebaiknya ditemani. Atau jika sakit parah langsung beritahu dengan kelompok lain.

INFORMASI GUNUNG PRAU

Nama: Gunung Prau
Ketinggian: 2.565 mdpl
Lokasi: Wonosobo, Temanggung, Jawa Tengah
Tipe: Gunung kecil bukan api
Spot alam: bukit teletubies, taman bunga daisy
Flora: pinus, daisy, Nepenthes gymnamphora, Anaphalis javanica, Anaphalis maxima, Edelweis, Anggrek
Fauna: Owa Jawa (Hylobates moloch); Elang Jawa (Nisaetus bartelsi); Macan Kumbang (Panthera pardus melas); Sigung Jawa (Mydaus javanensis); Rusa (Cervus timorensis)
Kondisi: perkebunan, hutan, padang bunga daysi, bukit teletubies, kabut, suhu dingin
Jalur pendakian:Jalur Patak Banteng
Puncak: Puncak Prau
View gunung lain dari puncak: Gn. Slamet, Merapi, Merbabu, Sumbing, Sindoro, Lawu
Tarif daki: Rp 5.000/orang
Sewa tenda di tempat: Rp 60.000/hari

TRANSPORTASI

Menuju dataran tinggi Dieng

MAP

REFERENSI

http://www.setapakkecil.com
http://shobek-corp.blogspot.com
https://bertemanangin.wordpress.com
http://celoteh-ani.blogspot.com
https://cicisucimaulina275.wordpress.com
http://oneothonk.blogspot.com

  • 227
    Shares

54 Comments for Jalur Pendakian Patak Banteng G. Prau

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post to Jalur Pendakian Patak Banteng G. Prau

GUNUNG PRAU

Gunung Prau

Posted at 11/01/2020

Gunung Prau adalah gunung kecil yang menjadi tujuan paling favorit para pendaki di Indonesia khususnya pulau Jawa sejak 2014... Read More