HOME
Home » Bali » Jawa Barat » Jawa Tengah » Jawa Timur » Pendaki Pemula, Ini Gunung-Gunung Rekomendasi Buat Kamu

Pendaki Pemula, Ini Gunung-Gunung Rekomendasi Buat Kamu

Posted at May 9th, 2019 | Categorised in Bali, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur

Alam Indonesia yang beragam dan indah dengan pegunungan yang membentang luas di seluruh negeri, membuat kegiatan pendakian gunung menjadi aktivitas yang populer. Tidak hanya di kalangan anak muda, tetapi hingga usia yang sudah dewasa.

Ada banyak gunung di Indonesia yang masing-masing memiliki tingkat kesulitan berbeda. Jika kamu baru pertama kali naik gunung atau masih pemula, ada baiknya untuk mengetahui gunung mana yang paling cocok dan aman untuk didaki tanpa memerlukan keahlian dan alat khusus.

Beberapa gunung berikut adalah rekomendasi buat pendaki pemula untuk pendakian yang tak terlalu berat. Untuk menuju gunung-gunung ini, kamu bisa menumpang kereta api atau bus ke kota tujuan. Jangan lupa cek info tiket kereta terkini, karena kamu perlu cek aturan bagasi terbaru di kereta api untuk bawaan dengan berat tertentu. Lihat dulu apakah tas carrier yang kamu bawa bisa masuk ke gerbong ataukah harus masuk ke bagasi. Jika ingin hemat, pilih tas carrier yang cukup untuk dibawa masuk ke gerbong kereta.

Gunung Panderman, Batu

foto:@nextventure.idn

Berlokasi di pusat Kota Batu, mudah untuk menuju Gunung Panderman yang memiliki ketinggian 2.045 mdpl. Jalur pendakian Gunung Panderman pun cukup mudah, dengan jalur yang cukup lebar dan beberapa titik pemberhentian untuk istirahat.

Dari puncak Panderman, pemandangan matahari terbit yang menyinari Malang dan Batu tampak jelas. Ketika malam menjelang, kerlip lampu di tengah kota dan indahnya bintang di angkasa jadi teman pendakian yang nggak akan terlupakan.

Gunung Andong, Magelang

foto:@kakya_pramudya

Memiliki ketinggian 1.463 mdpl, tak memerlukan waktu lama untuk sampai ke puncak Gunung Andong. Dengan waktu kurang lebih 3 jam pendakian, kamu sudah bisa sampai di Puncak Andong dan melihat pemandangan indah membentang luas.
Jalur pendakian Gunung Andong juga aman dan mudah, dengan jalan setapak yang jelas dan cukup lebar. Pada beberapa tempat, kamu akan menemukan jalan berupa tangga yang memudahkan untuk pendakian dan banyak rambu petunjuk arah sehingga kamu nggak bakal tersesat.

Gunung Penanggungan, Mojokerto

foto:@reginasiena

Sekilas, Gunung Penanggungan mirip dengan Semeru namun dengan ukuran yang lebih kecil. Gunung yang memiliki tinggi 1.653 mdpl ini cukup mudah untuk didaki, dengan pemandangan dari puncak yang luar biasa indah.
Dengan ukuran yang tak terlalu tinggi, waktu perjalanan untuk mencapai Puncak Penanggungan hanya perlu waktu sekitar 4 jam. Barang yang perlu kamu bawa pun sederhana, tak perlu peralatan khusus untuk sampai ke puncaknya.

Gunung Papandayan, Garut

foto:@jelajah_garut

Dikenal dengan Hutan Mati-nya yang unik, Gunung Papandayan cocok buat pendakian pemula. Ketinggian gunung ini hanya 2.663 mdpl, dengan waktu tempuh perjalanan kurang lebih 5 jam untuk sampai ke puncaknya.
Selain perjalanan yang mudah, kemping di Papandayan juga nggak repot. Kamu nggak perlu bawa makanan atau alat masak, karena di puncaknya ada banyak warung yang menyediakan aneka hidangan mulai mie hingga nasi. Gampang kan?

Gunung Batur, Bali

foto:@sarafiorvento

Dengan ketinggian 1.717 mdpl, hanya perlu waktu 2,5 jam perjalanan untuk sampai ke Puncak Gunung Batur. Setelah tiba di puncak, kaldera yang amat luas membentang di sini. Luas kaldera ini sekitar 13,8 x 10 kilometer!
Tidak diperlukan skill khusus untuk mencapai puncak Gunung Batur. Rute perjalanan cukup mudah, dengan rambu yang jelas di jalur yang sudah ditetapkan.

Gunung Sibayak, Karo

foto:@ramadhani2344

Ada tiga jalur menuju Gunung Sibayak dan semuanya bisa dibilang sangat mudah. Kamu bisa memilih jalur dari Desa Semangat Gunung yang bisa dilalui mobil sampai dekat dengan puncak. Atau jalur Desa Jarang Uda yang bisa didaki dengan waktu kurang lebih 2,5 jam.

Jika ingin lebih menantang, coba jalur 54 yang lebih sulit dengan perjalanan 4 – 6 jam. Tetapi bagi pemula, disarankan untuk memilih Jalur Desa Semangat Gunung yang lebih mudah.
Sebelum mencari info tiket kereta terkini dan berangkat hiking, pastikan kondisi badan bugar. Meski gunung-gunung ini tidak memiliki medan yang sangat berat, bukan berarti kamu bisa mengabaikan kebugaran fisik sebelum mendaki.

Jagalah selalu kebersihan alam di manapun kamu berada. Jangan sampai meninggalkan sampah, dan bawa pulang apapun yang kamu bawa dari rumah. Tinggalkan hanya jejak dan ambil hanya berupa foto saja.
Selamat mendaki!

No comment for Pendaki Pemula, Ini Gunung-Gunung Rekomendasi Buat Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post to Pendaki Pemula, Ini Gunung-Gunung Rekomendasi Buat Kamu

Gunung Agung bali-min

Daftar Gunung di Bali Lengkap

Posted at 01/02/2017

Pulau Dewata Bali merupakan wilayah paling potensian sebagai destinasi wisata di Indonesia. Daftar gunung di Bali tidak terlalu banyak seperti di Pulau Jawa atau... Read More

364 Total Gunung di Jawa Barat Lengkap

Posted at 26/01/2017

Gunung di Jawa Barat memiliki ketinggian rata-rata di atas 1000 meter. Khususnya di wilayah Bandung dan Garut, banyak sekali gunung dengan ketinggian 1000-2000 meter.... Read More

336 Daftar Lengkap Gunung di Jawa Tengah

Posted at 25/01/2017

Gunung di Jawa Tengah tercatat banyak sekali yakni mencapai angka di atas 300 nama gunung. 35 di antaranya adalah gunung dengan ketinggian di atas... Read More

181 Daftar Gunung di Jawa Timur Lengkap

Posted at 23/01/2017

Ada 181 nama gunung di Jawa Timur. Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu provinsi dengan jumlah gunung terbanyak di Indonesia. Pulau Jawa yang merupakan... Read More

gunung ciremai

Gunung Ciremai

Posted at 14/04/2015

GUNUNG CIREMAI Gunung Ciremai atau Ceremai adalah salah satu gunung yang memiliki ketinggian di atas 3000 mdpl (meter di atas permukaan laut) yang terletak... Read More