HOME
Home » Gunung Bawang » Kalimantan Barat » Pendakian Gunung Bawang

Pendakian Gunung Bawang

Posted at January 15th, 2020 | Categorised in Gunung Bawang, Kalimantan Barat

GUNUNG BAWANG

Gunung Bawang adalah gunung yang terletak di Bengkayang, Kalimantan Barat. Tepatnya adalah berada di kecamatan Lebang Bawang. Namun beberapa kecamatan lain juga menjadi bagian dari kaki gunung ini yakni Kecamatan Sungai Betung, Kecamatan Lumar dan Kecamatan Bengkayang. Semuanya masuk dalam kabupaten Bengkayang.

Dinamakan “gunung Bawang” karena bentuknya berlapis hingga 7 lapis seperti bawang. Gunung ini memiliki ketinggian 1460 mdpl (meter di atas permukaan laut). Tidak terlalu tinggi namun perjalanan menuju start pendakian hingga summit sangatlah menegangkan dan penuh cerita tentunya.

ASAL USUL DAN MITOS GUNUNG BAWANG

Gunung Bawang memiliki cerita yang berkaitan erat dengan suku Dayak Bengkayang, dayak Kanayatn dan dayak Lara. Gunung ini merupakan daerah yang dikeramatkan bagi suku dayak Bengkayang. Karena mitosnya dari tempat tersebut asal mula suku dayak Bengkayang.

Kisah bermula dari Jubata (yang didewa-kan/di-agungkan bagi suku dayak) yang turun ke dunia dan menempati gunung Bawang. Nama-nama Jubata yang menghuni gunung ini yakni Jubata Lupo, Jubata Barabatn Ampor, Jubata Siru dan Jubata Sulujatn Maniamas dll. Berjalan dari waktu-ke-waktu hingga jadilah gunung Bawang sebagai tempat yang terhormat bagi para suku dayak tersebut.

BENGKAYANG

Daerah Bengkayang adalah daerah yang disebut “remaja menuju dewasa”. Mengapa demikian? karena daerah ini sedang dalam tahap pembangunan. Segala bentuk potensi dari mulai potensi alam, budaya, ekonomi dan masyarakat sedang menuju proses pembangunan. Salah satu potensi alam dan ‘project’ wisata yang terkenal bagi para pendaki yakni Gunung Bawang. Gunung ini tentu sudah tenar bagi kalangan pendaki atau masyarakat umum di Kalbar. Namun kendala yang sering menjadi momok yakni mengenai transportasi. Kekayaan alam yang sudah ada tentu harus didukung oleh akses yang mudah. Namun saat ini masih dalam proses pembangunan apa-apa yang diharuskan menjadi fasilitas menuju ke sana.

PERJALANAN

Pendakian gunung Bawang justru semakin nikmat karena ‘makanan pembukanya’, yakni perjalanan menuju kaki gunung dan start pendakiannya. Gunung yang cukup terkenal di Kalbar ini letaknya di kabupaten Bengkayang. Perjalanan menuju kaki gunung harus melalui desa terdekat yang disarankan yakni Desa Madi dan Desa Suka Maju/Singkabang.

Bagi masyarakat asli kalbar tentu gampang-gampang-susah untuk mencapai ke sana. Jika dari Pontianak, menuju Bengkayang bisa langsung menggunakan jalan raya yang tersedia. Jika dari daerah kalimantan lain atau luar jawa tentu lebih mudah menuju Pontianak dahulu via pesawat Kalstar (biasanya).

Pontianak – Pinyuh – Karangan – Bengkayang – Suka Bangun (4-6jam via mobil)

JALUR PENDAKIAN

(1) Jalur desa Madi (sisi timur gunung), kec. Lumar, Bengkayang (perjalanan bisa lebih dari 1 hari). Pada jalur desa Madi umumnya memakan waktu yang lebih lama karena perjalanan akan banyak memakan susur jalan dan hutan. Jalur ini akan melewati tebung batu (shelter makamuk) yang cukup curam dan tanjakkan tinggi. Serta menyusuri hutan yang masih perawan.

Untuk pendakian Gunung Bawang via Madi memakan waktu lebih dari 1 hari, dan tentunya persiapan harus lebih matang. Start poin dimulai dari desa Madi. Karena daerah yang sebagian besar belum tereksplor maka agak sulit untuk aksesnya bagi yang belum tahu. Yang terpenting adalah sebelum melakukan pendakian kita harus bertanya dahulu atau setidaknya ditemani warga/masyarakat yang sudah paham/hafal daerah tersebut.

(2) Jalur desa Suka Maju atau kampung Singkabang, kec. Bengkayang, Bengkayang (perjalanan 8 jam). Jika pendakian via jalur ini lebih cepat. Namun akses menuju kaki gunung atau titik pendakian sama-sama juga susah-susah-gampang seperti jalur lain.

(3) Jalur desa Suka Bangun (sisi selatan gunung), kec. Sungai Betung, Bengkayang. Jalur ini adalah yang paling terkenal atau paling sering dilalui pendaki. Karena memang aksesnya sudah dikenal dan mudah. Jalur via Suka Bangun akan melewati titik pendakian berupa Pembangkit Listrik Tenaga Air Mini (PLTAM). Perjalanan sama seperti jalur-jalur lain yakni penuh susur jalan dan hutan serta jembatan. Salah satu penjaga gunung dari suku Dayak yang paling terkenal yakni Pak Amen.

GALLERY

VIDEO

INFORMASI LAIN

Nama: Gunung Bawang
Lokasi: Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat
Ketingian: 1460 mdpl
Puncak: Puncak Bawang Raya
Pohon: pohon besar tengkawang dan gaharu
Kayu: kayu besi atau Kayu Belian.
Hewan: Beruang madu, Rusa, Orang Utan, Burung Enggang Gading
Tumbuhan: kantong semar dan angkrek bulan.
Riam/aliran sungai: riam budi, riam plagoi dan riam batu timah

CP salah satu pendaki setempat: 085650810557

MAP

  • 30
    Shares

7 Comments for Pendakian Gunung Bawang

  • J. chiang says:

    Bagus sekali artikelnya gan. Saya pertama kali mendengar tentang gunung bawah sekitar setahun yg lalu saat saya mendaki bukit jamur.
    Ingin sekali bisa mendaki gunung bawang. hanya belum ada kesempatan.

  • Rit selindra says:

    Dri sy kcl smp remaja wktu berladang di bukit jamur dl, hnya bsa mendengar cerita lengenda, kta org tua2 dl, gunung bawang itu gk ada 1 org pun yg bs ksna, sedangkan burung atw pesawat yg lwt akn jatuh. Nah…yg jdi pertanyaan sy, dri bukit jamur itu klu di lihat air terjun di gunung bawang, sepertinya sgt tinggi dan sgt indah. Jdi smp skrg yg bt sy penasaran itu adalah air terjunnya.pengen bgt mendaki klu nti pulkam

  • Johaini says:

    Saya wak joee dari shah alam, selangor malaysia..boleh bantu saya jadi guide dan porter ke gunung bawang..rancangan 2019..boleh beri no telipon nya
    Ini no tel saya..012 6054 598 atau 011 6390 7326

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post to Pendakian Gunung Bawang

Taman Nasional Betung Kerihun : DAS Kapuas, Embaloh, Sibau, Bungan

Posted at 15/01/2020

Taman Nasional Betung Kerihun terletak di Kabupaten Kapuas Hulu yang membentang di Kecamatan Embaloh Hulu, Embaloh Hilir, dan Putussibau, Kalimantan Barat sekaligus menjadi perbatasan... Read More

Gunung Niut

Posted at 15/01/2020

Gunung Niut adalah gunung tertinggi di Kalimantan Barat. Gunung ini terletak di Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat dan memiliki ketinggian 1.701 mdpl (meter di... Read More

Gunung Palung dan Foto Lengkap Flora Fauna TNGP

Posted at 15/01/2020

Gunung Palung adalah gunung yang terletak di Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, dan masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Palung (TNGP).... Read More

Gunung di kalbar lengkap-min

Daftar Gunung di Kalimantan Barat Lengkap

Posted at 16/01/2017

Kalimantan barat merupakan provinsi di Kalimantan/Borneo dengan jumlah gunung yang terbanyak. Daftar gunung di kalimantan barat lebih dari 20 jumlahnya. Dan salah satu yang... Read More