HOME
Home » Bongkok » Pendakian Gunung Bongkok via Cisarua, Purwakarta

Pendakian Gunung Bongkok via Cisarua, Purwakarta

Posted at December 6th, 2020 | Categorised in Bongkok

Gunung Bongkok terletak di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Gunung ini adalah sebuah gunun batu besar dan menjadi destinasi pendakian yang ramai dikunjungi setiap akhir pekan.

Penamaan Bongkok diambil dari bentuk gunung yang seperti ‘bongkok’ atau ‘bungkuk/membungkuk’. Konon asal-usul gunung ini karena terlalu lama diduduiki oleh seseorang yang sakti bernama Jonggrang Kalapitung.

Gunung Bongkok memiliki ketinggian mencapai 975 mdpl dan waktu tempuh pendakian hanya sekitar 1 sampai 1,5 jam saja.

Jalur Cisarua adalah nama jalur utama dalam pendakian Gunung Bongkok. Lokasinya mudah ditemukan dan cukup populer di Purwakarta. Trek pendakian via Cisarua ini juga mudah. Jalur didominasi oleh hutan bambu sehingga kita tidak akan kepanasan saat mendaki. Namun tetap harus berhati-hati karena banyak jurang juga yang ada di jalur pendakian.

PETA JALUR

BASECAMP

Basecamp pendakian cukup populer karena gunung ini memang terbilang sebagai destinasi wisata yang ramai. Lokasi basecamp dikenal dengan Pos Munclu. Lokasi ini juga dijadikan sebagai lokasi camping ceria setiap akhir pekan. Selain itu fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap mulai dari tempat parkir luas, warung, toilet, dan lain-lain.

TRANSPORTASI

Untuk menuju lokasi basecamp pendakian, gunakanlah link yang tertera di peta jalur di atas. Link berupa koordinat Google maps. Gunakan titik tersebut dengan gps di smartphone Anda. Sehingga memudahkan untuk mencapai lokasi.

MEMULAI PENDAKIAN

Pos Munclu – Puncak

Perjalanan diawali dengan trek pepohonan bambu. Tak perlu khawatir bagi yang baru pertama kali naik gunung karena jalur pendakian via Cisarua ini terbilang pendek dan mudah.

Trek juga banyak didominasi oleh tanjakan. Tak perlu waktu lama, hanya sejam saja kita akan sampai di puncak. Sebelum sampai puncak kita akan bertemu banyak jurang. Begitupun di puncak. Jadi harus tetap waspada.

Puncak gunung Bongkok ada dua. Pertama yang akan kita temui adalah Puncak Datar. Puncak ini sesuai namanya, lokaisnya datar dan bisa untuk mendirikan tenda. Kemudian kedua adalah Puncak Batu Tumpuk. Dan ketiga adalah Puncak Watu Tumpang adalah puncak tertinggi di Gunung Bongkok.

Berada di puncak, kita bisa melihat pemandangan waduk Jatiluhur, Gunung Lembu dan Gunung Parang, bendungan Cirata, Sungai Citarum, dan pemandangan Purwakarta.

TIPS PENDAKIAN

  1. Pilihlah hari yang bagus untuk mendaki, usahakan jangan waktu hujan
  2. Latihan fisik seminggu sebelum hari H
  3. Persiapkan tim dan perlengkapan yang akan dibawa . Jangan lupa bawa sesuatu misal benda kesayangan atau tulisan untuk seseorang supaya bisa foto bareng saat di puncak
  4. Tim yang solid adalah 5-8 orang. Jika sedikit usahakan 3 orang (1 orang harus sudah pernah naik gunung)
  5. Jangan sepelekan keselamatan. Pakai sandal atau sepatu gunung dan jaket gunung. Bawa makanan dan air secukupnya jangan terlalu sedikit dan jangan terlalu banyak. Yang paling penting jangan melanggar peraturan dan jangan buang sampah di gunung
  6. Untuk pendakian Slamet kita bisa naik pagi atau malam. Jika pagi bagusnya pukul 10-13. Jika malam 6-7
  7. Dirikan tenda di tempat yang datar dan usahakan diselimuti pohon atau semak supaya tidak terkena angin gunung langsung
  8. Jika ada anggota kelompok yang tidak bisa melanjutkan perjalanan sebaiknya ditemani. Atau jika sakit parah langsung beritahu dengan kelompok lain.

INFORMASI GUNUNG

Nama lain : Bengkok
Elevasi : 975 mdpl
Lokasi : Jawa Barat
Jenis : Batu
Pengelola : Pemerintah Purwakarta
Keistimewaan :
Jalur pendakian : Jalur Cisarua
Tempat Ikonik :
Puncak : Puncak Datar, Puncak Batu Tumpuk, Watu Tumpang
Lama pendakian : 1 jam
Koordinat :
Level pendakian : mudah

MAP

REFERENSI

GAMBAR DARI WWW.GUNUNGBAGGING.COM

Tags :

No comment for Pendakian Gunung Bongkok via Cisarua, Purwakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post to Pendakian Gunung Bongkok via Cisarua, Purwakarta