HOME
Home » Bukit Tunggul » Pendakian Gunung Bukit Tunggul via Pasir Angling

Pendakian Gunung Bukit Tunggul via Pasir Angling

Posted at December 3rd, 2020 | Categorised in Bukit Tunggul

Bukit Tunggul adalah sebuah nama gunung yang terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Destinasi gunung ini kurang populer sebagai lokasi mendaki gunung, namun jika sebagai destinasi camping ceria, Bukit Tunggul cukup mendapat tempat di hati para pengunjungnya.

Gunung Bukit Tunggul atau lebih sering disebut ‘Bukit Tunggul’ saja, adalah sebuah gunung dengan ketinggian 2.209 mdpl. Bukit Tunggul dijadikan sebagai kawasan lindung yang bernama “Wana Wisata Kebun Kina Bukit Tunggul”. Pengelola kawasan ini adalah PT. Perkebunan Nusantara VII. Kawasan Bukit Tunggul banyak ditumbuhi Pohon Kina, oleh sebab itu kawasan tersebut dinamakan kebun kina.

Bukit Tunggul memiliki legenda yang berkaitan dengan Gunung Tangkuban Perahu. Kisahnya yakni pohon-pohon di Bukit Tunggul adalah bahan baku pembuatan perahu yang dibuat Sangkuriang. “Tunggul” sendiri adalah nama jenis kayu. Bukit Tunggul adalah kawasan sisa-sisa pohon kayu tunggul yang ditebangi Sangkuriang.

Bukit Tunggul sendiri merupakan hasil dari letusan gunung purba pra sejarah, Gunung Sunda, yang juga membentuk dataran tinggi di kawasan Bandung.

Pendakian Bukit Tunggul terbilang mudah karena kawasan ini memang khas sebagai tempat untuk berkemah. Beberapa fasilitas telah tersedia yakni penginapan, keperluan berkemah, wisata flying fox, dan juga camping ground.

Jalur yang tersedia untuk mendaki Bukit Tunggul yakni Jalur Pasir Angling Cibodas di Kecamatan Lembang. Selain mendaki kita juga bisa menikmati kawasan wisata lain, ada Curug Sangkur dan juga Danau Situ Sangkuriang

PETA JALUR

BASECAMP

Basecamp pendakian tidak seperti basecamp pada umumnya karena memang pendakian ke Bukit Tunggul kurang populer. Tidak ada basecamp khusus. Anda bisa memarkirkan kendaraan di lokasi parkir dekat warung kemudian dilanjutkan perjalanan menuju perkebunan kina Bukit Tunggul. Lokasinya bisa untuk parkir mobil.

TRANSPORTASI

Transportasi untuk menuju basecamp pendakian di Pasing Angling bisa menggunakan teknologi GPS di smartphone Anda. Gunakan link yang tertulis di peta jalur di atas untuk mengetahui titik koordinat lokasi basecamp pendakian Bukit Tunggul

MEMULAI PENDAKIAN

Start Point – Pintu Gerbang 30 menit

Start bisa dimulai dari warung ataupun pintu gerbang perkebunan kina Bukit Tunggul. Perjalanan awal trekking menuju pintu gerbang dengan tulisan “Perkebunan Kina Bukit Tunggul Sangkuriang” melewati jalur kebun semi hutan yang juga merupakan jalur motor trail.

30 menit saja lalu kita akan sampai di pintu gerbang perkebunan.

Pintu Gerbang – Puncak 2 jam

Dari pintu gerbang dilanjutkan untuk trekking mendaki. Trek adalah kawasan hutan pinus. Diperlukan waktu sekitar 2-2,5 jam untuk sampai ke puncak Bukit Tunggul. Puncaknya sendiri masih berupa kawasan hutan. Kita bisa mendirikan tenda, kapasitas muat 4 tenda. Pemandangan dari puncak adalah Gunung Burangrang dan kawasan Bandung raya.

Total waktu pendakian

Total waktu pendakian
Start Point – Pintu Gerbang 30 menit
Pintu Gerbang – Puncak 2 jam
TOTAL 2,5 jam

TIPS PENDAKIAN

  1. Pilihlah hari yang bagus untuk mendaki, usahakan jangan waktu hujan
  2. Latihan fisik seminggu sebelum hari H
  3. Persiapkan tim dan perlengkapan yang akan dibawa . Jangan lupa bawa sesuatu misal benda kesayangan atau tulisan untuk seseorang supaya bisa foto bareng saat di puncak
  4. Tim yang solid adalah 5-8 orang. Jika sedikit usahakan 3 orang (1 orang harus sudah pernah naik gunung)
  5. Jangan sepelekan keselamatan. Pakai sandal atau sepatu gunung dan jaket gunung. Bawa makanan dan air secukupnya jangan terlalu sedikit dan jangan terlalu banyak. Yang paling penting jangan melanggar peraturan dan jangan buang sampah di gunung
  6. Untuk pendakian Slamet kita bisa naik pagi atau malam. Jika pagi bagusnya pukul 10-13. Jika malam 6-7
  7. Dirikan tenda di tempat yang datar dan usahakan diselimuti pohon atau semak supaya tidak terkena angin gunung langsung
  8. Jika ada anggota kelompok yang tidak bisa melanjutkan perjalanan sebaiknya ditemani. Atau jika sakit parah langsung beritahu dengan kelompok lain.

INFORMASI GUNUNG

Nama lain : Bukit Unggul
Elevasi : 2.209 mdpl
Lokasi : Jawa Barat
Jenis : Non-volcano
Pengelola : PT. Perkebunan Nusantara VII
Keistimewaan :
Jalur pendakian : Desa Cibodas
Tempat Ikonik :
Puncak : Puncak Bukit Unggul
Lama pendakian : 4-5 jam
Koordinat : 6°48’39.7″S 107°43’34.0″E
Level pendakian: mudah

MAP

REFERENSI

GAMBAR DARI WWW.GUNUNGBAGGING.COM

No comment for Pendakian Gunung Bukit Tunggul via Pasir Angling

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post to Pendakian Gunung Bukit Tunggul via Pasir Angling