HOME
Home » Burangrang » Pendakian Gunung Burangrang via Legokhaji (Ciasarua)

Pendakian Gunung Burangrang via Legokhaji (Ciasarua)

Posted at December 3rd, 2020 | Categorised in Burangrang

Gunung Burangrang merupakan gunung stratovolcano tipe B dan memiliki ketinggian 2.064 mdpl. Gunung ini terletak di perbatasan Bandung, Cimahi, dan Purwakarta. Gunung Burangrang juga dikenal sebagai tempat untuk melakukan pendidikan dasar (diksar) bagi Mapala maupun komunitas pecinta alam lain dan juga militer.

Gunung Burangrang juga diyakini terbentuk akibat letusan gunung purba pada zaman pra sejarah yakni Gunung Sunda.

Jalur pendakian yang tersedia adalah Jalur Legok Haji di Kecamatan Cisarua, Jalur Desa Lawang Angin (Jalur Komando). Umumnya pendakian sering dilalakukan melalui Jalur Legok Haji. Sedangkan Jalur Lawang Angin adalah jalur khusus untuk latihan militer atau sering juga disebut sebagai jalur Komando.

Trek pendakian masih didominasi tanaman berduri dan vegetasi yang rapat karena masih jarang dilalui. Pendakian tidak begitu sulit karena hanya memakan 2-4 jam untuk bisa mencapai Puncak Burangrang.

PETA JALUR

BASECAMP

Basecamp pendakian Gunung Burangrang via Legokhaji cukup populer.

TRANSPORTASI

Transportasi cukup mudah. Anda bisa menggunakan jasa ojek dari Cisarua menuju pos pendakian Legokhaji. Gunakan link yang tertara di peta jalur pendakian untuk mengetahui koordinat basecamp dengan GPS di smartphone Anda.

MEMULAI PENDAKIAN

Basecamp – Pos 1

Pendakian diawali dengan perjalanan santai dari basecamp. Kemudian dilanjutkan trek berupa hutan pinus. Kita akan menyusuri hutan hingga sampai di Pos 1.

Pos 1 – Pos 2

Pendakian mencapai Pos 2 mulai berat. Meskipun Gunung Burangrang tidak terlalu tinggi dan pendakiannya pun singkat, namun trek yang disajikan cukup menguras tenaga. Pos 2 bisa untuk camp.

Pos 2 – Puncak barat

Dari Pos 2 ke puncak dihiasi dengan jalur menanjak dan banyak jurang.

Puncak Burangrang ditandai dengan adanya tugu. Lokasinya tidak sepenuhnya terbuka karena masih dihiasi oleh tumbuhan. Berada di puncak tersebut kita bisa melihat pemandangan Gunung Tangkuban Perahu dan Danau Situ Lembang. Saat perjalanan turun kita juga bisa menikmati wisata Curug Cipalasari di kaki Gunung Burangrang.

Kita juga bisa mendirikan tenda di dekat Puncak sisi barat ini alias jalur Legokhaji ini. Selain itu, jika juga bisa turun lintas jalur dilanjutkan melalui jalur Komando atau jalur Pintuangin/Lawangangin, namun tidak direkomendasikan karena jalur Pintuangin harus menggunakan izin.

Total waktu pendakian

Total waktu pendakian
Basecamp – Pos 1 1 jam
Pos 1 – Pos 2 1 jam
Pos 2 – Puncak barat 1 jam
TOTAL 3 jam

TIPS PENDAKIAN

  1. Pilihlah hari yang bagus untuk mendaki, usahakan jangan waktu hujan
  2. Latihan fisik seminggu sebelum hari H
  3. Persiapkan tim dan perlengkapan yang akan dibawa . Jangan lupa bawa sesuatu misal benda kesayangan atau tulisan untuk seseorang supaya bisa foto bareng saat di puncak
  4. Tim yang solid adalah 5-8 orang. Jika sedikit usahakan 3 orang (1 orang harus sudah pernah naik gunung)
  5. Jangan sepelekan keselamatan. Pakai sandal atau sepatu gunung dan jaket gunung. Bawa makanan dan air secukupnya jangan terlalu sedikit dan jangan terlalu banyak. Yang paling penting jangan melanggar peraturan dan jangan buang sampah di gunung
  6. Untuk pendakian Slamet kita bisa naik pagi atau malam. Jika pagi bagusnya pukul 10-13. Jika malam 6-7
  7. Dirikan tenda di tempat yang datar dan usahakan diselimuti pohon atau semak supaya tidak terkena angin gunung langsung
  8. Jika ada anggota kelompok yang tidak bisa melanjutkan perjalanan sebaiknya ditemani. Atau jika sakit parah langsung beritahu dengan kelompok lain.

INFORMASI GUNUNG

Nama lain : Burangrang
Elevasi : 2.064 mdpl
Lokasi : Jawa Barat
Jenis : Stratovolcano Tipe B
Pengelola :
Keistimewaan : Tempat latihan militer
Jalur pendakian : Jalur Legok Haji, Jalur Desa Lawang Angin, Jalur Purwakarta, dan Jalur Cimahi
Tempat Ikonik :
Puncak : Puncak Burangrang
Lama pendakian : 2-4 jam
Koordinat : 6°46’29.5″S 107°33’19.7″E
Level pendakian : mudah

MAP

REFERENSI

GAMBAR DARI WWW.GUNUNGBAGGING.COM

No comment for Pendakian Gunung Burangrang via Legokhaji (Ciasarua)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post to Pendakian Gunung Burangrang via Legokhaji (Ciasarua)

Pendakian Gunung Burangrang via Jalur Komando (Pintuangin/Lawangangin)

Posted at 03/12/2020

Pendakian Gunung Burangrang via Jalur Komando adalah alternatif lain selain jalur Legokhaji. Namun jalur Komando ini tidak direkomendasikan karena harus melalui izin dulu kepada... Read More