HOME
Home » Ciremai » Pendakian Gunung Ciremai via Jalur Palutungan

Pendakian Gunung Ciremai via Jalur Palutungan

Posted at April 15th, 2015 | Categorised in Ciremai

Pendakian gunung Ciremai via jalur Palutungan merupakan jalur pendakian yang populer. Gunung Ciremai memiliki ketinggian mdpl (meter di atas permukaan laut) sebesar 3.078, karena letak gunung ini yang tidak terlalu jauh dari pesisir pantai maka ketinggian mdpl-nya akan sangat terasa berbeda dengan gunung-gunung lain yang jauh dari laut. Jalur pendakian via Palutungan yakni jalur pendakian dari kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

PETA JALUR PENDAKIAN GUNUNG CIREMAI CEREMAI

Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat dengan ketinggian 3078 mdpl. Secara administratif, Gunung Ciremai terletak di Kabupaten Cirebon, Kuningan dan Majalengka. Pendakian gunung Ciremai yang paling populer ada tiga yakni jalur Palutungan, jalur Linggarjati dan jalur Apuy.

BASECAMP JALUR PALUTUNGAN
papan nama jalur palutungan basecamp
Akses untuk menuju basecamp Palutungan cukup mudah. Dari kota Kuningan bisa menggunakan angkutan umum menuju daerah Resort Cigugur atau Kantor Taman Nasional Gunung Ciremai. Karena jalur pendakian gunung Ciremai via Palutungan sudah populer di kalangan masyarakat Kuningan maka untuk akomodasi sudah banyak tersedia. Yang terpenting jangan sungkan bertanya. Sebelum memasuki jalur Palutungan pendaki harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu di Kantor Taman Nasional Gunung Ciremai. Pada kantor tersebut bisa dibilang sebagai tempat pendaftaran masuk, tiket masuknya disebut Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi (Simaksi).

Tiket masuk Gunung Ciremai (Update per bulan April 2015) naik 100% menjadi Rp 50.000. Menurut masyarakat setempat tarif tersebut dianggap sangat mahal.

PETA JALUR PENDAKIAN PALUTUNGAN
PETA JALUR PENDAKIAN GUNUNG CIREMAI CEREMAI2

MEMULAI PENDAKIAN
Basecamp  – Pos 1 Cigowong (2jam) 1450 mdpl

pos cigowong ceremai
Waktu yang diperlukan dari pos 1 sampai ke pos 2 adalah 2 jam perjalanan. Di pos 2 atau Cigowong inilah terdapat sumber air, dan sumber air yang terakhir karena selanjutnya sudah tidak ada lagi. Pos Cigowong adalah lahan yang luas dan dikelilingi oleh pepohonan besar. Di pos ini mampu menampung puluhan tenda dan nyaman untuk bermalam karna akan terhindar dari angin gunung secara langsung. Trek di awal perjalanan didominasi dengan trek menanjak dan menyusuri lembah naik turun.

Pos 1 – Pos 2 Kuta (30 menit) 1575 mdpl

pos kuta gunung ciremai
Menuju pos Kuta cukup 30 menit saja namun trek menanjak, jadi tetap terasa melelahkan.

Pos 2 – Pos 3 Pangguyangan Badak (45 menit) 1800 mdpl

Pangguyangan Badak gunung ciremai
Menuju pos Pangguyangan Badak dibutuhkan waktu 45 menit. Trek menuju pos Pangguyangan Badak melewati jalan yang lumayan landai namun memutar. Trek yang rimbun juga harus tetap diwaspadai.

Pos 3 – Pos 4 Arban (1jam) 2050 mdpl
Menuju Pos Arban bisa dibilang perjalanan yang cukup melelahkan karena sebagian besar didominasi trek menanjak. Waktu yang diperlukan mencapai 1 jam perjalanan.

Pos 4 – Pos 5 Tanjakkan Asoy (30 menit) 2108 mdpl

tanjakan asoy jalur ekstrem palutungan
Tanjakkan Asoy adalah penamaan untuk pos yang untuk mencapainya kita harus melalui tanjakkan yang sangat berat dan liar.

Pos 5 – Pos 6 Pasanggrahan (1 jam) 2200 mdpl

pos pasanggrahan ciremai
Masih seperti jalur sebelumnya, menuju Pos Pasanggrahan juga harus melalui trek menanjak yang liar.

Pos 6 – Pos 7 Sanghyang Ropoh (1jam) 2650 mdpl

sanghiyang ropoh ciremai
Menuju Pos Sanghiyang Ropoh juga masih sama, kita harus berjibaku menghadapi jalan menanjak yang ekstrim yang didominasi oleh bebatuan dan bekas lava. Di pos Sanghyang Ropoh kita akan menjumpai percabangan yakni percabangan antara jalur Apuy dari Majalengka, persimpangan ini dinamakan “Simpang Apuy”. Menuju pos Sanghyang Ropoh kita akan memasuki Vegetasi Cantigi dan Adelweiss.

Pos 7 – Pos 8 Goa Walet (1jam)

pos goa walet gunung ciremai
Menuju pos selanjutnya trek masih sama. Pos Goa Walet adalah lahan yang cukup luas bisa menampung 8-10 tenda. Di pos Goa Walet inilah menjadi tempat fovorit pendaki untuk mendirikan tenda dan bermalam. Di sini biasanya pendaki bermalam untuk besok dini hari paginya mendaki menuju puncak untuk mengejar sunrise.

Pos 8 – Puncak Ciremai (30 menit)

puncak ciremai via palutungan
Untuk sampai ke puncak dari Gua walet cukup 30 menit. Di puncak Ciremai kita bisa menyaksikan indahnya daerah Majalengka, Cirebon, Laut Jawa, serta Gunung Slamet yang menjulang gagah di sisi timur. Puncak Gunung Ceremai memiliki kawah atau kaldera yang cukup besar. Puncak Gunung Ciremai memiliki ketinggian 3078 mdpl dan terdapat batu triangulasi.

Kawah ciremai Kawah ciremai

Kita kalkulasikan total perjalanan pendakian gunung Ciremai via Jalur Palutungan,

Basecamp – Pos 1 Cigowong (2jam) 1450 mdpl
Pos 1 – Pos 2 Kuta (30 menit) 1575 mdpl
Pos 2 – Pos 3 Pangguyangan Badak (45 menit) 1800 mdpl
Pos 3 – Pos 4 Arban (1jam) 2050 mdpl
Pos 4 – Pos 5 Tanjakkan Asoy (30 menit) 2108 mdpl
Pos 5 – Pos 6 Pasanggrahan (1 jam) 2200 mdpl
Pos 6 – Pos 7 Sanghyang Ropoh (1jam) 2650 mdpl
Pos 7 – Pos 8 Goa Walet (1jam)
Pos 8 – Puncak Ciremai (30 menit) 3078 mdpl
TOTAL= 8 jam 15 menit. di luar bermalam dan istirahat. Rata-rata waktu yang diperlukan untuk mendai gunung Ciremai adalah 1-2hari 1malam. Untuk perjalanan turun gunung biasanya hanya 4-6jam saja.

TIPS PENDAKIAN

  1. Pilihlah hari yang bagus untuk mendaki, usahakan jangan waktu hujan
  2. Latihan fisik seminggu sebelum hari H
  3. Persiapkan tim dan perlengkapan yang akan dibawa . Jangan lupa bawa sesuatu misal benda kesayangan atau tulisan untuk seseorang supaya bisa foto bareng saat di puncak tapi jangan lupa dibawa pulang dan bawa pulang sampah
  4. Tim yang solid adalah 5-8 orang. Jika sedikit usahakan 3 orang (1 orang usahakan harus sudah pernah naik gunung)
  5. Jangan sepelekan keselamatan. Pakai sandal atau sepatu gunung dan jaket gunung. Bawa makanan dan air secukupnya jangan terlalu sedikit dan jangan terlalu banyak. Yang paling penting jangan melanggar peraturan dan jangan buang sampah di gunung
  6. Untuk pendakian Ciremai kita bisa naik pagi atau malam. Jika pagi bagusnya pukul 10-13. Jika malam 6-7
  7. Dirikan tenda di tempat yang datar dan usahakan diselimuti pohon atau semak supaya tidak terkena angin gunung langsung
  8. Jika ada anggota kelompok yang tidak bisa melanjutkan perjalanan sebaiknya ditemani. Atau jika sakit parah langsung beritahu dengan kelompok lain. Lebih bagusnya pendakian dibatalkan dan turun ke basecamp

INFORMASI GUNUNG CIREMAI
Nama: Gunung Ciremai
Ketinggian: 3.078 mdpl
Lokasi: Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat
Letusan terakhir: 1938
Pengelola: Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC)
Alamat: Jl. Raya Kuningan-Cirebon Km 9 No 1 Manislor Jalaksana Kuningan, Jawa Barat 45554
Telp/fax : (0232) 613152
Email : btn_gciremai@ymail.com
Facebook : Btn Gunung Ciremai
Yotube : Data Base TNGC
Website: http://tngciremai.com
Spot alam: Hutan, Sabana, Bukit, kawah
Sumber air: Pos Cigowong
Flora: Pinus merkusii, Puspa, Akasia, Soro, Cemara gunung, Edelweis jawa
Fauna:

Bangkong bertanduk (Megophrys montana)
Percil Jawa (Microhyla achatina)
Kongkang Jangkrik (Rana nicobariensis)
Kongkang kolam (Rana chalconota)
Katak-pohon Emas (Philautus aurifasciatus)

Bunglon Hutan (Gonocephalus chamaeleontinus)
Cecak Batu (Cyrtodactylus sp.)

Elang Hitam (Ictinaetus malayensis)
Elang Brontok (Spizaetus cirrhatus)
Elang Jawa (Spizaetus bartelsi)
Puyuh-gonggong Jawa (Arborophila javanica)
Walet Gunung (Collocalia vulcanorum) [masih perlu dikonfirmasi]
Takur Bultok (Megalaima lineata)
Takur Tulung-tumpuk (Megalaima javensis)
Berencet Kerdil (Pnoepyga pusilla)
Anis Gunung (Turdus poliochepalus)
Tesia Jawa (Tesia superciliaris)
Ceret Gunung (Cettia vulcania)
Kipasan Ekor-merah (Rhipidura phoenicura)
Burung-madu Gunung (Aethopyga eximia)
Burung-madu Jawa (Aethopyga mystacalis)
Kacamata Gunung (Zosterops montanus)

Trenggiling biasa (Manis javanica)
Tupai kekes (Tupaia javanica)
Kukang (Nycticebus coucang)
Surili jawa (Presbytis comata)
Lutung budeng (Trachypithecus auratus)
Ajag (Cuon alpinus)
Telegu (Mydaus javanensis)
Kucing Hutan (Prionailurus bengalensis)
Macan Tutul (Panthera pardus)
Kancil (Tragulus javanicus)
Kijang (Muntiacus muntjak)
Jelarang Hitam (Ratufa bicolor)
Landak Jawa (Hystrix javanica)

Hutan: Hutan pegunungan bawah (submontane forest), hutan pegunungan atas (montane forest) dan hutan subalpin (subalpine forest)
Jalur pendakian:

jalur via Desa Palutungan
jalur via Desa Linggarjati (Kab. Kuningan)
jalur via Desa Apuy (Kab. Majalengka)
jalur via Desa Padabeunghar (di perbatasan Kuningan dengan Majalengka di utara)

Puncak: Puncak Sunan Mataram (3.058 mdpl) dan Puncak Sunan Cirebon (3.078 mdpl)
Kawah:
View gunung lain dari puncak: Gunung Cikuray, Gunung Slamet, Gunung Galunggung, Gunung Guntur, Gunung Papandayan, Gunung Patuha, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro
Tarif daki: Rp 50.000/orang (April 2015)
Mitos: Sebagai tempat bertapa Sunan Gunung Jati
Kismis (kisah misteri): tiap-tiap pos pendakian memiliki kisah misteri

SUMBER FOTO DAN REFERENSI
https://rekamount.files.wordpress.com
http://lutfi-fotogallery.blogspot.com
http://farahqoon.blogspot.com
https://johansobihan.files.wordpress.com
http://naturenight.blogspot.com
http://fauziahd.blogspot.com
http://eqoesystem.blogspot.com

34 Comments for Pendakian Gunung Ciremai via Jalur Palutungan

  • Raharja Dodi says:

    Om, kalu mau nanjak ciremai lagi ajak2 yaa 😉

  • petruk says:

    Tips pendakian no.3
    “Jangan lupa bawa sesuatu misal benda kesayangan ….”
    *pantees, pada neko2 jadinya

  • Ripa mega utami says:

    sangat berguna buat saya kelak muncak gunung ciremai thanks info nya. lagi nyiapin dulu visik nya sebelum muncak..

  • Srie says:

    Sedih banget nih gan.. Gabisa sampe puncak hari ini.. Turun lagi sebelum ketemu goa walet.. Trek via palutungan gokil, panjang bener, dari tanjakkan asoy kaga ada ada bonus sama sekalinya.. Tapi saya seneng bisa injakkin kaki di gunung ciremai????????

  • Idris Baros says:

    Bang mau tanya dong, untuk pendakian tanggal 4/5/6 desember dibuka ga yah?

  • yusuf setiaone says:

    Cari barengan dari bekasi gan, tgl 456 desember

  • Panji says:

    Pendakian barengan lahh 31-3 des. Start abis magrib. Ane dri kalideres

  • Arif says:

    Yang mau muncak tahun baru ciremai kasih info dong saya mau muncak nih

  • Leonard says:

    Nanti hari jumat saya mau nanjak ni

  • apip says:

    Tgl 1 buka ga gan?

  • Panji says:

    Yolahh… dari mana ente ???

  • ehood says:

    Ada yg mw k ciremai dari sukabumi?? Bareng dong

  • Khuy says:

    Maret 25,26,27 bisa kali ndaki bareng

  • Kalo ada yg mau nanjak mei ajak saya ya

  • Zaki says:

    25-27 maret insyaallah nanjak ceremai star dari jakarta

  • Syaifudin Nunchakers says:

    Insya Allah bulan Mei 2016 meluncur ke Ciremai via palutungan, dari Jakarta utara
    Bersama Team APASI Adventure

  • Sri Eka says:

    insya Allah mei juga mau keciremai via palutungan… dari bekasi Timur

  • Erwin says:

    cari barengan ke ciremai 16-17 april nih.. dari cirebon~

  • Aurel says:

    Izin Share…!!!

    Pendakian Bersama Persaudaraan

    ” Brotherhood Spirit For Ciremai II 2016 ”

    Via Jalur Pendakian Palutungan
    5-7 Mei 2016

    Meeting Point : Pos Pendakian Palutungan
    Biaya : idr 150.000 / Peserta

    Fasilitas :
    1. Tiket + Simaksi + Asuransi
    2. T- Shirt Ekslusif
    3. Sertifikat
    4. Sticker
    5. Makan 2x
    6. Guide Profesional
    7. Medis & Rescue Team
    8. Perlengkapan pendukung
    9. Souvenir & Doorprize

    Registrasi dan Pendaftaran :
    1. Basecamp CV. Extreme AdventurindoJl. Cantilan No. 3 Rt. 04/02 Desa Linggamekar Cilimus KuninganHP : 085794442694,083824765894email : extreme_adventurindo@yahoo.co.id

    2. Transfer via Bank Muamalat No. Rek : 1320001540 a.n Suparta atau Bank BRI No. Rek : 4270 01 022799 53 9 a.n. Suparta( Konfirmasi setelah Transfer )

    Pendaftaran ditutup tanggal 1 Mei 2016

    Itenerary dan Persyaratan hubungi contact person

    Info lebih lanjut hubungi :
    Kakek Dulu PetualangWA/LINE 081324092194 pin 5d5e02a1

    Nie TazkiaWA/LINE 085846568815 pin 5b43fba8

    Huri BsaWA/LINE 085295611110

    ” Dulur Sapudunan, Baraya Satanjakan, Kulawargi sadataran ”

    ****** Extreme Adventurindo *******
    ” extremelly adventure guide ”
    ~~~~~~ Let’s Joint Us ~~~~~~

  • andreas says:

    Pos 7-8 sanghyang ropoh – goa walet itu pasti lebih dari 1 jam bro.
    Trek nya parah banget.
    Tenaga dah abis trus dikasih trek terjal berbatu. Meleleh tuh betis sama paha.
    Perbekalan air nya harus bener2 oke kalau kesana 🙂

  • Mahmud Ramdhan says:

    Cari temen untuk pendakian tanggal 16-18 September 2016 Via jalur palutungan
    Info pendakian jalur dibuka ???

  • Teguh Satriah says:

    itu asli” simaksi nya 50 ribu perorang ? tolong info nya dong para pendaki

  • Teguh Satriah says:

    kalo ada yang mau gabung keceremai tanggal 9 – 11 desember 2016 yuk bersama Doraemon Adventure jakarta barat , bukan open trip ya kawan , sekedar jalan bareng aja , Terima kasih

  • Deden mulya says:

    Bagi saya yang masih pemula, apasaja yang harus disiapkan pada saat pendakian gan ?
    karena saya ingin merasakan keindahan alam indonesia dan merasakan dinginnya udara yang nyata. yaaah paling saya kalau di rumah cuma bisa merasakan dinginnya ac daikin inverter gan itu juga kalau engga mati lampu, tapi kalau mati lampu, sama aja gan panas juga.

  • arip rohman says:

    Cari temen untuk pendakian tanggal 29-30 Desember 2016 Via jalur palutungan. ane dari tangerang gan/sis. cp:085714319689/089606211666

    Info pendakian jalur dibuka ???

  • william says:

    halo, saya lg cari partner atau grup untuk naik tgl 30-1 Februari 2017, via Palutungan, saya dari jakarta.
    cp: 083897956908

  • wiwit says:

    Ciremai sangat berkesan …

  • Edi says:

    Update biaya2 nya donk mau nanjak bln mei…

  • Edi says:

    Dari jakarta ya gan/sis…ane mau naik 13-14 mei.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post to Pendakian Gunung Ciremai via Jalur Palutungan

jalur menuju pos 1 berod

Pendakian via Jalur Apuy Gunung Ciremai 3.078 mdpl

Posted at 17/04/2015

Pendakian via Jalur Apuy Gunung Ciremai adalah jalur pendakian dari kabupaten Majalengka. Jalur Apuy ini merupakan jalur pendakian yang... Read More

basecamp linggarjati linggasana

Pendakian Ciremai Via Jalur Linggarjati

Posted at 15/04/2015

Pendakian Ciremai via jalur Linggarjati yakni pendakian dengan jalur kabupaten Kuningan sama seperti jalur Palutungan. Desa Linggarjati adalah tempat... Read More

gunung ciremai

Gunung Ciremai

Posted at 14/04/2015

GUNUNG CIREMAI Gunung Ciremai atau Ceremai adalah salah satu gunung yang memiliki ketinggian di atas 3000 mdpl (meter di... Read More