HOME
Home » Banten & DKI Jakarta » Pendakian Gunung Karang via Jalur Kaduengang

Pendakian Gunung Karang via Jalur Kaduengang

Posted at November 9th, 2020 | Categorised in Banten & DKI Jakarta

Gunung Karang merupakan gunung tertinggi di Provinsi Banten. Ketinggiannya yaitu 1.778 mdpl. Gunung ini adalah gunung api tipe B. Artinya gunung api yang sudah tidak aktif namun memiliki kawah yang masih mengepulkan asap belerang atau gas sulfur.

Gunung Karang terletak di kawasan Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Selain menjadi gunung tertinggi di Banten, gunung ini juga dijadikan sebagai gunung tempat wisata religi atau biasa disebut dengan aktivitas ziarah. Ziarah sendiri adalah kegiatan mengunjungi sebuah tempat untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

Wilayah Banten memang terkenal sejak dulu sebagai wilayah yang religius Islam. Buktinya yaitu banyaknya berdiri pesantren dan situs-situs budaya yang merupakan peninggalan jejak perkembangan Islam di Banten.

Gunung Karang sendiri adalah gunung untuk wisata religius. Pada puncaknya terdapat situs budaya berupa sumur kecil yang jumlahnya ada tujuh dan disebut “Sumur Tujuh”. Tidak jauh dari sana juga berdiri bangunan masjid kecil yang ditujukan sebagai tempat ibadah para peziarah. Sumur Tujuh sendiri secara turun temurun dimanifestasikan dari sebuah cerita legenda yang terkenal di kalangan masyarakat. Yakni tentang legenda pertarungan Sultan Hasanuddin (putra dari Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah) dengan Pucuk Umun (seorang sakti dari Gunung Pulosari). Kisah tersebut sejatinya menjadi salah satu alat untuk menyebarkan agama Islam pada waktu itu

Pendakian Gunung Karang memiliki beberapa jalur di antaranya jalur via Kaduengan, dan jalur via Pasirangin. Jalur Kaduengan merupakan jalur teramai dan paling populer di kalangan pendaki. Total pendakian mencapai puncak sekitar 4-5jam.

PETA JALUR

BASECAMP

Pendakian Gunung Karang via Jalur Kaduengan adalah jalur yang paling populer. Start awal dimulai dari basecamp pendakian yang juga merupakan lokasi masuk kawasan wisata religi Gunung Karang.

TRANSPORTASI

Transportasi menuju titik start via Kaduengan cukup mudah karena lokasinya memang sudah populer. Gunakan GPS di handphone Anda untuk mentrack lokasi. Buka link map basecamp yang tertera di peta pendakian di atas. Anda bisa menuju lokasi basecamp dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil. Namun jika Anda tidak memilikinya, Anda bisa menggunakan jasa ojek atau taksi online maupun offline. Selain itu Anda bisa pula menggunakan angkutan umum. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai lokasi sekitar 25 – 30 menit dari Kota Pandeglang.

MEMULAI PENDAKIAN

Basecamp – POS 1

Pendakian awal dimulai dari basecamp via Kaduengang menuju Pos 1. Trek melewati perkebunan warga dan masih mudah. Perkebunan didominasi oleh pepohonan seperti pohon jati dan pohon mahoni. Sekitar 1 jam pendakian kita akan sampai di Pos 1. Pos 1 via jalur Kaduengang ini terdapat warung sederhana yang menjual minuman dan makanan ringan. Anda bisa beristirahat di Pos 1 ini.

POS 1 – POS 2

Selanjutnya yakni Pos 1 menuju Pos 2. Trek masih sama seperti sebelumnya hanya saja vegetasi lebih rimbun dan liar. Berbagai satwa seperti burung masih sering terlihat sepanjang pendakian karena Gunung Karang memang tidak begitu ramai dilalui para pendaki jika dibandingkan dengan wisata pendakian gunung lainnya di Jawa Barat (yang terdekat).

Pos 2 juga berdiri sebuah warung sederhana yang menjual makanan dan minuman ringan. Di Pos 2 ini biasa digunakan juga sebagai tempat camp. Para pendaki yang ingin menghabiskan malam dan menginap biasanya camp di Pos 2 ini.

POS 2 – POS 3

Pendakian selanjutnya yakni menuju Pos 3. Dari Pos 2 hingga Pos 3 tidak begitu jauh meskipun treknya menanjak. Pendakian Gunung Karang banyak didominasi jalur terbuka sehingga jika siang hari akan terasa terik.

POS 3 – Puncak Bayangan (Sumur Tujuh)

Dari Pos 3 hingga puncak memakan waktu kurang lebih 1 jam. Dari Pos 3 lalu naik, kita akan berjumpa dengan pintu rimba. Kawasan mulai memasuki hutan yang didominasi oleh pepohonan yang rimbun dan tertutup.

Trek menanjak dan dikelilingi pepohonan. Lalu kemudian kita akan sampai di sebuah lokasi yang merupakan puncak bayangan. Lokasi inilah yang menjadi destinasi wisata religi atau ziarah.

Terdapat petilasan berupa cekungan batu yang berisi air atau disebutnya sebagai “sumur tujuh” (jumlahnya ada tujuh). Selain itu di lokasi ini pula terdapat sebuah bangunan masjid kecil.

Puncak Bayangan – Puncak Kawah

Kemudian dilanjutkan lebih ke atas maka kita akan bertemu dengan puncak tertinggi Gunung Karang yakni berupa sebuah kawah mati yang masih mengepulkan asap atau gas sulfur. Tempat ini disebut sebagai Kawah Gunung Karang.

Total waktu Pendakian

Basecamp – POS 1 (1jam)

POS 1 – POS 2 (1jam)

POS 2 – POS 3 (1jam)

POS 3 – Puncak Kawah (1jam)

TIPS PENDAKIAN

  1. Pilihlah hari yang bagus untuk mendaki, usahakan jangan waktu hujan
  2. Latihan fisik seminggu sebelum hari H
  3. Persiapkan tim dan perlengkapan yang akan dibawa . Jangan lupa bawa sesuatu misal benda kesayangan atau tulisan untuk seseorang supaya bisa foto bareng saat di puncak
  4. Tim yang solid adalah 5-8 orang. Jika sedikit usahakan 3 orang (1 orang harus sudah pernah naik gunung)
  5. Jangan sepelekan keselamatan. Pakai sandal atau sepatu gunung dan jaket gunung. Bawa makanan dan air secukupnya jangan terlalu sedikit dan jangan terlalu banyak. Yang paling penting jangan melanggar peraturan dan jangan buang sampah di gunung
  6. Untuk pendakian Slamet kita bisa naik pagi atau malam. Jika pagi bagusnya pukul 10-13. Jika malam 6-7
  7. Dirikan tenda di tempat yang datar dan usahakan diselimuti pohon atau semak supaya tidak terkena angin gunung langsung
  8. Jika ada anggota kelompok yang tidak bisa melanjutkan perjalanan sebaiknya ditemani. Atau jika sakit parah langsung beritahu dengan kelompok lain.

INFORMASI GUNUNG KARANG

Nama lain : Sumur Tujuh
Elevasi : 1.778 mdpl
Lokasi : Banten
Jenis : Stratovolcano Tipe B
Pengelola : Pemerintah Pandeglang
Keistimewaan : Tertinggi di Banten
Jalur pendakian : Desa Kaduengang, Desa Pagerwatu/Ciekek, dan Desa Curug Nangka/Ciomas
Tempat Ikonik : Sumur Tujuh
Puncak : Kawah Karang
Lama pendakian : 4-6 jam
Koordinat : 6°16’06.1″S 106°02’55.4″E
Level pendakian : Mudah

MAP

REFERENSI

SUMBER GAMBAR DARI WWW.GUNUNGBAGGING.COM

No comment for Pendakian Gunung Karang via Jalur Kaduengang

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post to Pendakian Gunung Karang via Jalur Kaduengang

gunung karang via pasirangin

Jalur Pendakian Gunung Karang via Pasirangin

Posted at 09/11/2020

Jalur pendakian Gunung Karang via Pasirangin merupakan alternatif jalur lain yang tersedia selain jalur Kaduengang (yang paling populer). Jalur via Pasirangin tidak memakan waktu... Read More

Jalur Pendakian Gunung Aseupan via Sikulan, Pandeglang

Posted at 09/11/2020

Gunung Aseupan merupakan salah satu destinasi wisata pendakian di wilayah Banten. Meskipun tidak begitu tinggi yakni hanya berketinggian 1.174 mdpl, namun treknya cukup menguras... Read More

Gunung Pulosari

Pendakian Gunung Pulosari via Cilentung, Pandeglang

Posted at 09/11/2020

Gunung Pulosari merupakan gunung api tipe B yakni gunung api yang sudah lama tidak aktif lagi. Ketinggiannya yakni 1.346 mdpl. Memang tidak begitu tinggi... Read More

Pulau Peucang

Daftar Gunung di Banten dan DKI Jakarta

Posted at 30/01/2017

Daftar gunung di Banten dan DKI Jakarta tidak lebih dari 40 nama gunung. Hanya 4 yang memiliki ketinggian sedang, lainnya hanya berketinggian 900 mdpl... Read More