HOME
Home » Ciremai » Pendakian via Jalur Apuy Gunung Ciremai 3.078 mdpl

Pendakian via Jalur Apuy Gunung Ciremai 3.078 mdpl

Posted at April 17th, 2015 | Categorised in Ciremai

Pendakian via Jalur Apuy Gunung Ciremai adalah jalur pendakian dari kabupaten Majalengka. Jalur Apuy ini merupakan jalur pendakian yang populer dan menjadi salah satu favorit bagi para pendaki. Selain jalur yang tidak terlalu panjang dan trek yang tidak terlalu ekstrim, pemandangan yang ada pada setiap perjalanan juga sangat indah.

Gunung Ciremai adalah gunung tertinggi di Jawa Barat. Gunung ini memiliki ketinggian 3.978 mdpl (meter di atas permukaan laut). Gunung Ciremai atau Ceremai atau Cereme berdiri di atas 3 kabupaten yaitu Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat.

PETA JALUR PENDAKIAN GUNUNG CIREMAI CEREMAI

Transportasi menuju jalur pendakian Apuy tidak sulit. Biasanya tempat yang pertama dituju yakni perempatan kadipaten Majalengka atau terminal Majalengka. Untuk akomodasi selanjutnya bisa memakai angkot, minibus elf, atau angkutan umum lain. Dari perempatan kadipaten atau terminal tersebut dilanjutkan menuju Apuy. Biasanya ada pula yang men-carter mobil puck-up, biaya Rp 20.000/orang (tergantung juga sih). Yang penting pinter-pinter saja cari akal, kalau orang banyak bisa carter mobil, kalau cuma 3 atau 6 orang mending pakai angkutan umum.

BASECAMP JALUR APUY
BASECAMP JALUR PENDAKIAN APUY
Di basecamp Apuy inilah kita mendaftarkan diri atau membeli tiket masuk ke gunung Ciremai. Hal tersebut karena Gunung Ciremai masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) ya jadi masukknya harus bayar dan daftar secara resmi. Tiket masuk Gunung Ciremai Rp 50.000/orang, sejak April 2015. Harga ini dianggap sangat mahal oleh masyarakat setempat dan juga oleh para pendaki.

Setelah melakukan pendaftaran, selanjutnya perjalanan diteruskan menuju Pos 1. Namun untuk menuju pos 1 biasanya pendaki diantarkan sekalian dengan mobil pick-up yang disewa, atau angkutan lain. Hal tersebut dikarenakan jalan menuju Pos 1 dari basecamp pendaftaran jalur Apuy lumayan jauh dan jalan didominasi jalan beraspal. Jadi mendingan memakai angkutan saja daripada jalan karena akan menguras tenaga. Namun bagi yang ingin jalan saja juga tidak apa. rata-rata dibutuhkan 30menitan-45menit.

PETA JALUR PENDAKIAN APUY
PETA JALUR PENDAKIAN G CIREMAI VIA APUY

MEMULAI PENDAKIAN
BASECAMP – Pos 1 Berod (45 menit jalan kaki)

jalan aspal menuju pos 1 berod jalur menuju pos 1 berod pos 1 berod
Perjalanan menuju pos 1 masih melewati perkampungan dan perkebunan warga. Jalan masih agak landai dan bisa dilalui dengan santai. Waktu tempuh jika jalan kaki mencapai 45 menit. Namun jika memakai kendaraan bisa 15 menitan.

Pos 1 – Pos 2 Arban (30 menit)

trek menuju pos 2 arban

pos 2 arban pendakian via apuy
Selanjutnya menuju pos 2 juga tidak terlalu lama, hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja. Trek menuju pos 2 atau Arban lumayan enak, jalan masih landai namun semak-semak sudah mulai rimbun.

Pos 2 – Pos 3 Tegal Masawa (1 jam)

jalur menuju tegal masawa pos 3 tegal masawa
Trek menuju Pos 3 Tegal Masawa sudah mulai berat namun trek menanjak masih tetap terkendali. Kanan kiri sudah mulai dipenuhi pepohonan rimbun. Jadi harus tetap waspada dan hati-hati.

Pos 3 – Pos 4 Tegal Jamuju (45 menit)

pos 4 tegal mamuju apuy
Dari pos 3 sampai pos 4 Tegal Jamuju ditempuh dengan waktu kurang lebih 45 menit.

Pos 4 – Pos 5 Sanghyang Rangkah (1,5 jam)

sanghyang rangkah apuy
Selanjutnya menuju Pos 5 kita akan melewati trek yang cukup panjang. Diperlukan waktu tempuh sekitar 1,5 jam untuk sampai ke Pos 5 Sanghyang Rangkah.

Pos 5 – Pos 6 Goa Walet (2 jam)

pos goa walet apuy
Dalam perjalanan menuju Pos 6 atau Goa Walet kita akan bertemu dengan perigaan yang mempertemukan jalur Apuy dengan jalur Palutungan. Waktu tempuh dari pos 5 sampai pos 6 Goa Walet yakni sekitar 2jam .Jalur menuju pos 6 Goa Walet ini digadang-gadang sebagai jalur terberat pendakian gunung Ciremai via jalur Apuy. Dan dii pos Goa Walet inilah menjadi pos fovarit para pendaki untuk mendirikan tenda, karna bisa muat banyak tenda. Ditambah lagi lokasi yang tertutup oleh bebatuan goa dan pepohonan jadi tenda akan terhalang oleh angin gunung atau badai. Di pos Goa Walet ini biasanya pendaki bermalam untuk di pagi harinya mereka summit attack (mendaki menuju puncak untuk mengejar sunrise).

Pos 6 – Puncak Ciremai (30 menit)

puncak sunan talaga ciremai Puncak Sunan Talaga Ciremai

puncak gunung ciremai Puncak tertinggi gunung Ciremai (Puncak Sunan Cirebon)

Jalur yang terjal dan kemiringan yang berat akan menjadi rintangan yang harus dilalui untuk menuju puncak tertinggi di Jawa Barat ini.

yuk kita kalkulasikan total waktu yang dibutuhkan untuk naik gunung Ciremai via Apuy

BASECAMP – Pos 1 BEROD (45 menit jalan kaki)
Pos 1 – Pos 2 ARBAN (30 menit)
Pos 2 – Pos 3 Tegal Masawa (1 jam)
Pos 3 – Pos 4 Tegal Jamuju (45 menit)
Pos 4 – Pos 5 Sanghyang Rangkah (1,5 jam)
Pos 5 – Pos 6 Goa Walet (2 jam)
Pos 6 (goa walet) – Puncak Ciremai (30 menit)
TOTAL = 7 jam perjalanan naik (di luar istirahat dan bermalam). Rata-rata waktu yang diperlukan untuk mendaki gunung Ciremai adalah 1-2hari 1malam. Untuk perjalanan turun gunung biasanya hanya 4-6jam saja.

TIPS PENDAKIAN

  1. Pilihlah hari yang bagus untuk mendaki, usahakan jangan waktu hujan
  2. Latihan fisik seminggu sebelum hari H
  3. Persiapkan tim dan perlengkapan yang akan dibawa . Jangan lupa bawa sesuatu misal benda kesayangan atau tulisan untuk seseorang supaya bisa foto bareng saat di puncak tapi jangan lupa dibawa pulang dan bawa pulang sampah
  4. Tim yang solid adalah 5-8 orang. Jika sedikit usahakan 3 orang (1 orang usahakan harus sudah pernah naik gunung)
  5. Jangan sepelekan keselamatan. Pakai sandal atau sepatu gunung dan jaket gunung. Bawa makanan dan air secukupnya jangan terlalu sedikit dan jangan terlalu banyak. Yang paling penting jangan melanggar peraturan dan jangan buang sampah di gunung
  6. Untuk pendakian Ciremai kita bisa naik pagi atau malam. Jika pagi bagusnya pukul 10-13. Jika malam 6-7
  7. Dirikan tenda di tempat yang datar dan usahakan diselimuti pohon atau semak supaya tidak terkena angin gunung langsung
  8. Jika ada anggota kelompok yang tidak bisa melanjutkan perjalanan sebaiknya ditemani. Atau jika sakit parah langsung beritahu dengan kelompok lain. Lebih bagusnya pendakian dibatalkan dan turun ke basecamp

INFORMASI GUNUNG CIREMAI
Nama: Gunung Ciremai
Ketinggian: 3.078 mdpl
Lokasi: Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat
Letusan terakhir: 1938
Pengelola: Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC)
Alamat: Jl. Raya Kuningan-Cirebon Km 9 No 1 Manislor Jalaksana Kuningan, Jawa Barat 45554
Telp/fax : (0232) 613152
Email : btn_gciremai@ymail.com
Facebook : Btn Gunung Ciremai
Yotube : Data Base TNGC
Website: http://tngciremai.com
Spot alam: Hutan, Sabana, Bukit, kawah
Sumber air:
Flora: Pinus merkusii, Puspa, Akasia, Soro, Cemara gunung, Edelweis jawa
Fauna:

Bangkong bertanduk (Megophrys montana)
Percil Jawa (Microhyla achatina)
Kongkang Jangkrik (Rana nicobariensis)
Kongkang kolam (Rana chalconota)
Katak-pohon Emas (Philautus aurifasciatus)

Bunglon Hutan (Gonocephalus chamaeleontinus)
Cecak Batu (Cyrtodactylus sp.)

Elang Hitam (Ictinaetus malayensis)
Elang Brontok (Spizaetus cirrhatus)
Elang Jawa (Spizaetus bartelsi)
Puyuh-gonggong Jawa (Arborophila javanica)
Walet Gunung (Collocalia vulcanorum) [masih perlu dikonfirmasi]
Takur Bultok (Megalaima lineata)
Takur Tulung-tumpuk (Megalaima javensis)
Berencet Kerdil (Pnoepyga pusilla)
Anis Gunung (Turdus poliochepalus)
Tesia Jawa (Tesia superciliaris)
Ceret Gunung (Cettia vulcania)
Kipasan Ekor-merah (Rhipidura phoenicura)
Burung-madu Gunung (Aethopyga eximia)
Burung-madu Jawa (Aethopyga mystacalis)
Kacamata Gunung (Zosterops montanus)

Trenggiling biasa (Manis javanica)
Tupai kekes (Tupaia javanica)
Kukang (Nycticebus coucang)
Surili jawa (Presbytis comata)
Lutung budeng (Trachypithecus auratus)
Ajag (Cuon alpinus)
Telegu (Mydaus javanensis)
Kucing Hutan (Prionailurus bengalensis)
Macan Tutul (Panthera pardus)
Kancil (Tragulus javanicus)
Kijang (Muntiacus muntjak)
Jelarang Hitam (Ratufa bicolor)
Landak Jawa (Hystrix javanica)

Hutan: Hutan pegunungan bawah (submontane forest), hutan pegunungan atas (montane forest) dan hutan subalpin (subalpine forest)
Jalur pendakian:

jalur via Desa Palutungan
jalur via Desa Linggarjati (Kab. Kuningan)
jalur via Desa Apuy (Kab. Majalengka)
jalur via Desa Padabeunghar (di perbatasan Kuningan dengan Majalengka di utara)

Puncak: Puncak Sunan Mataram (3.058 mdpl) dan Puncak Sunan Cirebon (3.078 mdpl)
Kawah:
View gunung lain dari puncak: Gunung Cikuray, Gunung Slamet, Gunung Galunggung, Gunung Guntur, Gunung Papandayan, Gunung Patuha.
Tarif daki: Rp 50.000/orang (April 2015)
Mitos: Menjadi tempat ritual dan bertapa Sunan Gunung Jati
Kismis (kisah misteri): tiap pos-pos pendakian memiliki mitos sendiri-sendiri

SUMBER FOTO DAN REFERENSI
http://www.kaskus.co.id
http://eldesimedis.blogspot.com

18 Comments for Pendakian via Jalur Apuy Gunung Ciremai 3.078 mdpl

  • yusuf setiaone says:

    Kapan dari jalur padabeunghar di buka untuk umum dan tidak ilegal lagi?

  • bambang says:

    gan itu mohon di ralat, ketinggian ciremai itu 3078 bukan 3978.

  • Joe says:

    Sy paham sih ini pasti salah ketik, antara 0 dan 9 bersebelahan di keyboard.
    Tapi tolong di ralat min.. yang bener 3.078 bukan 3.978
    Kalo 3.978 jadi gunung berapi tertinggi di Indonesia dong, ngalahin ketinggiannya Kerinci 3.805

    🙂

  • salam lestari untuk para pendaki gunung tercinta

  • wawan says:

    Kalau rute angkutan dari kp.rambutan untuk sampai ke Apuy gimana?mohon infonya.

    Salam Lestari

  • Jersie says:

    Buat tgl 19 feb skrng jalur apuy d buka gk ? Infonya

  • Anggara says:

    Ada info menuju Majalengka kalo dari Jogja gan..?
    Mau ke Ciremai jg sekitar Bulan Mei.. Lewat Linggarjati denger” berat…

  • asep says:

    Yg Kp.Rambutan bisa cuman da 1 bis yg berangkat pagi sama siangvinfo jam nya sya lupa Naik Bis Berkah Jaya . Yg dr Bekasi lebih mudah lg karna bis Menuju Majalengka lebih bnyak Naik Bintang Sanepa ataw Widia Jurusan Bantarujeg / cikijing.

  • bhudhi says:

    ada yang rencana naek libur tahun baru ini ga…..klw ada..boleh saya gabung…..Call no .083893328804.mksh..

  • arie nur irwan says:

    lokasi air dimana yang ada ya? apa gak ada sama sekali? trims

  • Kurnia says:

    Yang dari daerah jakarta enaknya naik bintang sanepa jurusan bantarujeug atau widia bakti dari cikarang jurusan cikijing. Nanti sama kondektur minta turun di maja/pasar maja. Dari pasar maja bisa langsung naik mobil pick up pengangkut sayuran menuju apuy/argalingga…

  • Teguh Satriah says:

    kalo dari kampung rambutan kira” ada transport langsung buat ke base camp apuy gak yah ? tolong infonya dong yang tau . terima kasih

  • Braviraza Andrea says:

    Maaf kalo dari kp.rambutan sekitar jam 7/8 malam ada bus yg menuju ke majalengka gak ya??

  • erwin PK says:

    kalo bulan januari 2017 masih di buka ga? mohon informasi nya
    #pendaki_banten

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post to Pendakian via Jalur Apuy Gunung Ciremai 3.078 mdpl

basecamp linggarjati linggasana

Pendakian Ciremai Via Jalur Linggarjati

Posted at 15/04/2015

Pendakian Ciremai via jalur Linggarjati yakni pendakian dengan jalur kabupaten Kuningan sama seperti jalur Palutungan. Desa Linggarjati adalah tempat start pendakian... Read More

Pendakian Gunung Ciremai via Jalur Palutungan

Posted at 15/04/2015

Pendakian gunung Ciremai via jalur Palutungan merupakan jalur pendakian yang populer. Gunung Ciremai memiliki ketinggian mdpl (meter di atas permukaan laut)... Read More

gunung ciremai

Gunung Ciremai

Posted at 14/04/2015

GUNUNG CIREMAI Gunung Ciremai atau Ceremai adalah salah satu gunung yang memiliki ketinggian di atas 3000 mdpl (meter di atas permukaan... Read More