HOME
Home » Papua » Puncak Jaya Wijaya (Carstensz Pyramid)

Puncak Jaya Wijaya (Carstensz Pyramid)

Posted at December 17th, 2016 | Categorised in Papua

Puncak Carstensz-infopendaki

Puncak tertinggi di gunung tertinggi di Indonesia terletak di bumi Papua, yakni Pucak Jayawijaya atau Carstensz Pyramid. Puncak tertinggi ini memiliki ketinggian 4884 mdpl atau setara dengan 16.023 kaki. Karena berada di ketinggian hampir 5ribu mdpl maka di sekeliling puncak Carstensz diselimuti oleh es atau gletser. Hal ini menjadikan tempat tersebut satu-satunya tempat di iklim tropis yang diselimuti oleh es.

Indonesia yang memiliki banyak sekali gunung dianugerahi beribu macam kekayaan yang sudah ada sejak gunung itu ada. Puncak Jaya merupakan salah satu dari 7 puncak tertinggi di bumi atau sering orang menyebutnya “The seven summits”.

Sejarah nama “carstensz” bermula dari seorang Belanda yaitu Jan Carstenszoon pada tahun 1600-an. Ia pertama kali melihat keajaiban di bumi Papua tersebut dan menamainya Carstensz. Pada 1962 puncak Carstensz baru berhasil didaki untuk yang pertama kalinya yakni oleh Harrer, Temple, Kippax and Huizenga.

Puncak Carstensz-patok

Puncak tertinggi Indonesia ini beberapa kali berganti nama mulai dari Puncak Soekarno, kemudian Puncak Jaya, Nemangkawi, Puncak Jayadikesuma, Ndugundugu. Namun, Carstensz Pyramid menjadi julukan yang paling populer.

Ada tiga  puncak tertinggi di gunung Jayawijaya yakni Puncak Jaya (4884 mdpl), Puncak Mandala (4760 mdpl), dan Puncak Trikora (4751 mdpl).

Gletser menjadi keajaiban alam di atas gunung ini. Namun semakin hari dari tahun ke tahun keajaiban tersebut semakin terkikis seiring mulai mencairnya padang gletser di puncak tersebut. Berdasar pantauan satelit hingga tahun 2000 gletser di ketiga puncak gunung Jayawijaya semakin berangsur-angsur menghilang. Hal tersebut tentu tidak terlepas dari efek pemanasan global.

trek puncak carstensz
Trek menuju puncak Jaya

Beberapa pendaki mengungkapkan bahwa pendakian menuju Puncak Carstensz adalah pendakian dengan biaya termahal. Beberapa agen pendakian melalui situs-situs websitenya mematok harga dari 10-20rb US Dolar atau sekitar 130-260jt rupiah.

Harga yang mahal tersebut mungkin bisa jadi karena medan yang super sulit dan bisa juga karena geografi Papua atau sekitar Jawa Wijaya yang dipenuhi kekayaan alami. Sebut saja salah satunya Grasberg Minea atau Tambang Emas milik PT. Freeport Indonesia. Lokasi tambang tersebut tidak jauh dari puncak Jaya.

Selain lokasi yang berdekatan dengan tambang emas terbesar dunia, puncak Jaya juga masuk dalam kawasan Taman Nasional terbesar di Asia Tenggara yakni Taman Nasional Lorentz yang memiliki luas 25.056 km persegi. Dari beberapa hal tersebut bisa jadi yang melatarbelakangi mahalnya ongkos untuk menajajaki puncak tertinggi di Indonesia tersebut.

Image credits (instagram):
– Noerhoeda
– ipankabbes
– caklekwowa
– thaisamadeipegoraro

INFORMASI TAMBAHAN
Nama: Puncak Jaya (Carstensz)
Ketinggian: 4.884 mdpl
Lokasi: Gunung Jayawijaya, Papua, Indonesia
Nama lain: Puncak Soekarno, Carstensz,Nemangkawi, Puncak Jayadikesuma, Ndugundugu
Situs pemerintah: https://www.puncakjayakab.go.id/

3 Comments for Puncak Jaya Wijaya (Carstensz Pyramid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post to Puncak Jaya Wijaya (Carstensz Pyramid)

puncak mandala jayawijaya

Puncak Mandala

Posted at 19/12/2016

Puncak Mandala adalah salah satu dari tiga puncak tertinggi gunung Jayawijaya, Papua. Puncak ini memiliki ketinggian 4.760 mdpl atau... Read More

trikora peak

Puncak Trikora

Posted at 18/12/2016

Puncak Trikora adalah salah satu dari 3 puncak tertinggi di Papua, selain Puncak Jaya dan Puncak Mandala. Titik awal... Read More

Pendakian Gunung Jayawijaya

Posted at 18/12/2016

Pendakian gunung Jayawijaya merupakan sebuah impian bagi khususnya pendaki Indonesia. Mengapa demikian? pasalnya gunung ini memiliki puncak tertinggi dan... Read More