HOME
Home » Papua » Puncak Trikora

Puncak Trikora

Posted at December 18th, 2016 | Categorised in Papua

trikora peak
Puncak Trikora adalah salah satu dari 3 puncak tertinggi di Papua, selain Puncak Jaya dan Puncak Mandala. Titik awal untuk menuju puncak Trikora adalah melalui Wamena tepatnya di lembah Baliem yakni tempat paling pas untuk memandang puncak Trikora secara jelas.

Puncak Trikora memiliki ketinggian 4750 mdpl atau sekitar 15.580 kaki. Sama seperti dua puncak lainnya, puncak ini juga diselimuti oleh glester. Dan merupakan satu-satunya daratan ber-es di wilayah tropis.

Trikora adalah nama dari kepanjangan “Tri Komando Rakyat” yang dimandatkan oleh presiden pertama Indonesia, Soekarno pada 19 Desember 1961.

Puncak yang termasuk dalam “seven summits” dunia memiliki trek pendakian yang amat sulit dan biaya pendakian yang terbilang sangat mahal.

Sama dengan dua puncak lainnya, puncak Trikora awalnya ditemukan dan pertama kali diexplore oleh H.A Lorentz yang merupakan penjelajah dari Belanda. Kemudian puncak ini berhasil didaki oleh Herderschee, Hubrecht, and Versteeg pada 1913.

Puncak Trikora berbentuk tidak kerucut seperti pada umumnya puncak gunung. Ia cenderung lebih datar dan berbentuk memanjang dan diselimuti es.

Pada 27 Januari 2013 tim ekspedisi dari Mapala UI (Universitas Indonesia) berhasil menjajaki puncak Trikora serta membuka jalur trek atau entry point menuju ke sana. Jalur yang dibuat adalah jalut panjat. Hal ini tentu wajar karena trek yang sangat berat untuk menuju ke sana. Maka dari itu harga yang mahal untuk biaya pendakian rasanya setara dengan proses yang berat tersebut.

KETERANGAN TAMBAHAN
Nama: Puncak Trikora “Tri Komando Rakyat”
Letak: Gunung Jaya Wijaya, Papua, Indonesia
Ketinggian: 4750 mdpl (15,580 ft)
Nama lain: Wilhelmina, Ettiakup

Image credits:
National Geographic
Harrydaryanto

No comment for Puncak Trikora

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post to Puncak Trikora

puncak mandala jayawijaya

Puncak Mandala

Posted at 19/12/2016

Puncak Mandala adalah salah satu dari tiga puncak tertinggi gunung Jayawijaya, Papua. Puncak ini memiliki ketinggian 4.760 mdpl atau sekitar 15.617... Read More

Pendakian Gunung Jayawijaya

Posted at 18/12/2016

Pendakian gunung Jayawijaya merupakan sebuah impian bagi khususnya pendaki Indonesia. Mengapa demikian? pasalnya gunung ini memiliki puncak tertinggi dan termasuk dalam... Read More

Puncak Carstensz-infopendaki

Puncak Jaya Wijaya (Carstensz Pyramid)

Posted at 17/12/2016

Puncak tertinggi di gunung tertinggi di Indonesia terletak di bumi Papua, yakni Pucak Jayawijaya atau Carstensz Pyramid. Puncak tertinggi ini memiliki... Read More