HOME
Home » DAFTAR TER- » Top 10 Gunung Api Tertinggi di Indonesia

Top 10 Gunung Api Tertinggi di Indonesia

Posted at January 18th, 2020 | Categorised in DAFTAR TER-

Gunung api tertinggi di Indonesia dipegang oleh Gunung Kerinci di provinsi Jambi. Kenapa bukan Gunung Jayawijaya di Papua? jawabannya karena Gunung Jayawijaya bukanlah gunung berapi.

Lalu gunung apa yang berada di peringkat 2,3 dan seterusnya? Penasaran? Berikut ini daftarnya:

Peringkat Nama Elevasi
1 Gunung Kerinci 3805 mdpl
2 Gunung Rinjani 3726 mdpl
3 Gunung Semeru 3676 mdpl
4 Gunung Leuser 3466 mdpl
5 Gunung Slamet 3428 mdpl
6 Gunung Sumbing 3371 mdpl
7 Gunung Raung 3344 mdpl
8 Gunung Arjuno Welirang 3339 mdpl
9 Gunung Lawu 3265 mdpl
10 Gunung Dempo 3159 mdpl

Gunung-gunung tersebut adalah gunung api yang masuk dalam lingkaran api dunia atau yang dikenal dengan Ring of Fire. Kalau di Indonesia jalurnya yakni dimulai dari provinsi Aceh, turun ke selatan hingga provinsi Lampung, lalu ke Pulau Jawa, NTB, NTT, kemudian naik ke utara Maluku dan Sulawesi. Dan seterusnya hingga ke Negara Filipina.

1 Gunung Kerinci 3805 mdpl

Gunung Kerinci menjadi gunung api tertinggi di Indonesia yakni dengan elevasi 3805 mdpl. Kerinci terletak di Provinsi Jambi, dan lerengnya masuk dalam perbatasan provinsi lain. Selain ketinggiannya yang nomor satu itu, Gunung Kerinci juga mendapat banyak predikat-predikat wow lainnya. Salah satunya yakni predikat kebun teh terluas di dunia.

Gunung Kerinci masuk dalam kawasan konservasi Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Kawasan konservasi TNKS sendiri mencakup 4 provinsi yakni Provinsi Jambi, Sumbar, Sumsel, serta Bengkulu. Meski demikian puncak Kerinci tetap masuk di Provinsi Jambi.

Pendakian Gunung Kerinci memiliki beberapa jalur yakni Jalur Kersik Tuo, dan juga Jalur Solok. Kersik Tuo adalah jalur utama dan yang paling populer. Sedangkan Jalur Solok tidak begitu dikenal dan jarang dilalui karena treknya yang susah dan ekstrim.

2 Gunung Rinjani 3726 mdpl

Gunung Rinjani berada di posisi kedua yakni dengan ketinggian 3726 mdpl. Rinjani menjadi gunung tertinggi di Provinsi NTB. Gunung Rinjani terletak di Pulau Lombok, NTB dan secara administratif masuk dalam kawasan Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Lombok Barat, dan Kabupaten Lombok Tengah. Gunung Rinjani masuk dalam kategori Gunung Api Maar dan bertipe A. Kawasan Gunung Rinjani dijadikan sebagai kawasan konservasi dan dinamakan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR).

Yang paling terkenal di Gunung Rinjani adalah kaldera raksasa seluas 3500 x 4800 meter  yang disebut Segara Anak. Kemudian di tengah kaldera tersebut berdiri gunung kecil aktif bernama Gunung Barujari.

Baca : Gunung Rinjani (3726 mdpl)

3 Gunung Semeru 3676 mdpl

Di peringkat ketiga yakni ada Gunung Semeru dengan elevasi 3676 mdpl. Siapa yang tidak kenal dengan Semeru. Gunung Semeru menjadi salah satu gunung paling favorit bagi para pendaki di Indonesia.

Jalur pendakian gunung Semeru yang paling populer adalah jalur pendakian via Ranu Pani (Ranu Pane) yakni desa terdekat dengan kawasan gunung Semeru. Trek yang akan kita lewati adalah trek datar terlebih dahulu karena kita akan menyusuri hutan dan savana yang luas. Kemudian kita akan mulai berjalan naik turun perbukitan. Dan selanjutnya naik menanjak hingga ke puncak tertinggi gunung Semeru “Mahameru”.

4 Gunung Leuser 3466 mdpl

Gunung Leuser merupakan gunung tertinggi di Provinsi Aceh. Sekaligus menjadi gunung api tertinggi peringkat ke-4 di Indonesia. Leuser dikategorikan dalam Tipe B, artinya sudah tidak aktif dalam jangka waktu lama. Namun gunung tersebut jelas tercatat sebagai gunung api.

Gunung Leuser masuk dalam kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL). Gunung Leuser merupakan aset kawasan konservasi, dan tidak boleh ada pemukiman penduduk sipil di sekitarnya. Jarak dari titik start pendakian hingga Puncak Leuser yakni sekitar 50 km. Dengan jarak sejauh itu menjadikan pendakian Gunung Leuser adalah yang terpanjang di Indonesia bahkan Asia Tenggara.

Baca di sini: Pendakian Gunung Leuser

5 Gunung Slamet 3428 mdpl

Gunung Slamet menjadi gunung api tertinggi kelima sekaligus menjadi tertinggi di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Gunung Slamet terkenal dengan mitosnya bagi masyarakat Jawa yakni konon jika gunung ini meletus hebat maka akan membelah pulau Jawa menjadi dua bagian.

Gunung Slamet merupakan gunung yang dimiliki oleh 5 kabupaten, maka jalur pendakiannya pun ada banyak sekali. hampir setiap kabupaten memiliki jalur pendakian sendiri. Namun di antara semuanya tetap ada jalur utama atau jalur paling direkomendasikan oleh pendaki. Total tercatat ada 11 jalur pendakian menuju puncak Gunung Slamet.

Baca: Jalur Pendakian Gunung Slamet

6 Gunung Sumbing 3371 mdpl

Gunung Sumbing berada di urutan keenam. Yakni dengan ketinggian 3371 mdpl. Gunung Sumbing berada di Provinsi Jawa Tengah, namun masih kalah tinggi dengan Gunung Slamet. Hampir sama dengan Gunung Slamet, Gunung Sumbing memiliki total 14 jalur pendakian sekaligus menjadi yang terbanyak di Indonesia sejauh yang diketahui. Namun hanya beberapa jalur saja yang paling populer.

Gunung Sumbing juga memiliki gunung kembaran yang berdiri tepat di sampingnya, yaitu Gunung Sindoro.

7 Gunung Raung 3344 mdpl

Gunung Raung berada di urutan ke-7. Selain menjadi salah satu gunung api yang tertinggi, Raung juga memiliki predikat lain yang tak kalah hebatnya. Yakni sebagai gunung dengan kaldera terluas di Jawa, dan jalur pendakian terekstrim.

Gunung Raung terletak di kawasan pegunungan Ijen Jawa Timur tepatnya di tiga kabupaten yakni Kabupaten Banyuwangi, Jember dan Bondowoso. Jalur pendakian gunung Raung antara lain; jalur Sumber Waringin via Bondowoso dan jalur Kalibaru via Banyuwangi, melalui jalur ini kita bisa mencapai puncak tertingginya (Puncak Sejati). Ada pula Jalur Jambewangi (Jalur pemburu)

Baca juga: Jalur Pendakian Gunung Raung via Kalibaru

8 Gunung Arjuno Welirang 3339 mdpl

Arjuno Welirang adalah gunung dengan dua puncak besar. Puncak tertingginya yakni Arjuno dengan elevasi 3339 mdpl. Banyak ditemukan situs-situs sejarah di Gunung Arjuno, antara lain: Onto Boego, Candi Madrim, Candi Sepilar, Mangkutoromo, Situs Eyang Semar, Situs Eyang Abiyoso, Situs Eyang Sakutrem dan masih banyak lagi.

Sejalan dengan ditemukannya situs-situs di Arjuno dan legenda yang menyertainya, beberapa tempat di jalur pendakian Gunung Arjuno juga tidak lepas dari cerita mistis. Salah satunya yang terkenal adalah “Alas Lali Jiwo” atau disebut juga “Hutan Lupa Diri”. Penamaan tersebut dikarenakan banyak kejadian pendaki yang melamun dan tersesat saat melewati lokasi tersebut.

9 Gunung Lawu 3265 mdpl

Gunung Lawu berada di urutan kesembilan. Gunung Lawu adalah gunung api yang mati atau istirahat. Tercatat gunung ini pernah meletus pada tahun 1885. Gunung Lawu banyak diminati oleh para pendaki karena pemandangan yang eksotis dan juga banyak memiliki spot-spot bagus seperti sumber air, kawah, sabana, bukit, kabut, dan satu yang paling menarik yakni adanya rumah warga alias pemukiman warga di puncaknya. Dan pemukiman tersebut diklaim sebagai pemukiman tertinggi di Jawa. Gunung Lawu sendiri terletak di perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dengan Provinsi Jawa Timur.

10 Gunung Dempo 3159 mdpl

Dan posisi kesepuluh adalah Gunung Dempo dengan ketinggian 3159 mdpl. Gunung Dempo merupakan yang tertinggi di Sumatera Selatan, sekaligus tertinggi ketiga di Sumatera setelah Kerinci dan Leuser. anau kaldera di puncaknya memiliki keunikan tersendiri, yakni kadang air danau kalderanya berwarna abu-abu, hijau tosca, dan juga biru. Beberapa keistimewaan inilah yang menjadikan Gunung Dempo cukup populer sebagai pendakian. Bukan hanya bagi pendaki lokal, tapi juga dari berbagai daerah di luar Sumsel.

Nah, itu dia top 10 summits gunung api tertinggi di Indonesia. Tiga dari Sumatera, enam dari Jawa, dan satu dari NTB. Pulau Jawa masih mendominasi dengan gunung-gunung api tingginya.

Gunung mana favoritmu?

No comment for Top 10 Gunung Api Tertinggi di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post to Top 10 Gunung Api Tertinggi di Indonesia

GUNUNG UNTUK PEMULA

50+ GUNUNG UNTUK PEMULA DI PULAU JAWA LENGKAP

Posted at 05/02/2020

Beberapa pendaki yang belum pernah mendaki gunung sebelumnya, kerap kali meminta info gunung untuk pemula. Hmm… tapi sebelum kita mengulas lebih lanjut, mari ketahui... Read More

Ini Dia Gunung-Gunung Terluar Indonesia

Posted at 05/02/2020

Jika telah mengenal pulau-pulau terluar Indonesia, tapi kalian sudah tahu gunung-gunung terluar Indonesia? Indonesia merupakan negara kepulauan dan juga memiliki banyak sekali gunung. Dari... Read More

desa tertinggi di indonesia

12 DESA TERTINGGI DI INDONESIA

Posted at 04/02/2020

Kira-kira desa tertinggi di Indonesia ada dimana? Kalau saja di Pegunungan Jaya Wijaya terdapat desa yang tercantum di BPS statistik nasional, mungkin wilayah itu... Read More

Ada Lho..Satu Gunung Berada di Empat Provinsi Sekaligus di Indonesia

Posted at 04/02/2020

Ada lho… satu gunung berada di empat provinsi sekaligus. Tahu tidak kalau beberapa gunung di Indonesia terletak di banyak wilayah perbatasan? Ada gunung yang... Read More

kaldera terbesar

8 GUNUNG DENGAN KALDERA TERBESAR DI INDONESIA

Posted at 03/02/2020

Gunung dengan kaldera terbesar di Indonesia tersebar di berbagai wilayah. Mulai dari Sumatera, Jawa, dan juga NTB. Kira-kira apa saja gunung tersebut? Nah, sebelum... Read More