HOME
Home » DAFTAR TER- » Top 10 Gunung dengan Rekor Dunia yang Ada di Nusantara

Top 10 Gunung dengan Rekor Dunia yang Ada di Nusantara

Posted at March 20th, 2020 | Categorised in DAFTAR TER-

Gunung dengan rekor dunia ada di Indonesia. Salah satunya yakni Gunung Toba. Ya, Gunung Toba. Gunung tersebut adalah gunung purbakala yang meletus sangat dahsyat sehingga meninggalkan kaldera yang sangat besar yang disebut dengan danau Toba.

Rekor-rekor dunia yang dimiliki bukan hanya dilihat dari besarnya letusan saja, melainkan juga dari keistimewaan alamnya. Nah, berikut ini adalah daftar 10 gunung dengan rekor dunia yang ada di nusantara.

NO NAMA KETERANGAN
1 Gunung Toba letusan dahsyat dalam sejarah bumi
2 Gunung Ijen Blue Fire yang hanya ada 2 di dunia
3 Gunung Tambora letusan dengan level 7 VEI
4 Gunung Merapi paling aktif sekaligus berbahaya karena banyak pemukiman
5 Gunung Baluran Africa van Java
6 Gunung Kelam Gunung batu raksasa tertinggi di dunia
7 Gunung Fatu Timau  Pusat Observasi Antariksa terbesar di Asia Tenggara
8 Gunung Kerinci Kebun teh terluas di dunia
9 Gunung Parang Lodge (penginapan gantung) tertinggi di Asia
10 Gunung Jaya Wijaya 7 summits dunia

1 Gunung Toba

Gunung Toba adalah sebuah gunung legenda yang ada di Sumatera Utara. Gunung tersebut diperkirakan merupakan sebuah gunung api raksasa yang sudah ada sejak zaman batu.

Para peneliti melakukan observasi yang menyebutkan bahwa sekitar 75.000 tahun yang lalu Gunung Toba tersebut meletus sangat dahsyat hingga berakibat kerusakan global bahkan bisa dikatakan sebagai ‘kiamat’.

Penelitian tersebut menemukan sisa-sisa abu vulkanik yang membeku di kutub bumi. Menggambarkan betapa dahsyatnya letusan gunung Toba tersebut. Letusan maha dahsyat itu menjadi letusan gunung api terbesar di dunia sejauh yang bisa diteliti.

2 Gunung Ijen

Gunung Ijen di Jawa Timur juga memiliki rekor dunia. Rekor apa itu? Pada puncak gunung Ijen terdapat danau kawah yang besar yang disebut sebagai Kawah Ijen. Di salah satu bagian kawah, menyembur asap belerang yang tebal. Dari lubang-lubang asap atau gas belerang itu muncul sebuah fenomena langka yaitu ‘api biru’ atau disebut juga dengan blue fire.

Fenomena ‘api biru’ dari alam ini adalah kejadian sangat langka di dunia. Bahkan hanya ada 2 di dunia yang memiliki api biru alami. Yaitu, Negara Islandia, dan juga Gunung Ijen di Indonesia.

3 Gunung Tambora

Selanjutnya, juga berkaitan dengan letusan dahsyat. Kali ini adalah Gunung Tambora di NTB. Siapa yang tidak tahu Gunung Tambora? gunung api dengan kaldera terluas di Indoneisa.

Baca: 8 GUNUNG DENGAN KALDERA TERBESAR DI INDONESIA

Gunung Tambora meletus dengan sangat dahsyat hingga berdampak global. Letusan yang dikeluarkan berlevel 7 VEI (sangat besar). Bahkan tahun meletusnya tambora yakni 1815 dinyatakan sebagai bencana dunia. Dampak global yang dirasakan dunia adalah terjadi di tahun berikutnya yakni 1816. Tahun 1816 dikenal sebagai “A Year without Summer” atau “Tahun Tanpa Musim Panas”.

5 Gunung Merapi

Kali ini adalah Gunung Merapi. Gunung api yang sangat terkenal di perbatasan Jawa Tengah dan DIY. Gunung Merapi dianggap sebagai gunung api paling aktif dan berbahaya di dunia. Mengapa demikian?

Pasalnya, gunung ini memiliki aktivitas vulkanik atau letusan yang rutin setiap 4 tahun sekali. Kemudian tepat di lereng gunung di kelilingi oleh pemukiman warga yang cukup padat dan berdekatan dengan gunung Merapi. Sehingga jika meletus hebat maka akan sangat berbahaya bagi masyarakat.

6 Gunung Baluran

Gunung Baluran di Situbondo, Jawa Timur, juga dikatakan memiliki rekor dunia. Di lereng gunung terdapat sebuah lahan yang sangat luar yang dijuluki sebagai “Savana Bekol”. Berupa lapangan savana luas yang terdapat pepohonan Bekol.

Yang membuat lokasi tersebut istimewa yaitu pemandangannya yang sangat mirip dengan padang savana di Afrika. Saat musim panas tiba, rerumputan akan menguning, jika dilihat dari kejauhan, Savana Bekol sangat mirip sepereti savana di Afrika. Untuk itu tempat tersebut dijuluki juga sebagai Africa van Java.

7 Gunung Fatu Timau

Di kawasan Gunung Fatu Timau, Pulau Timor, NTT, dijadikan sebagai lokasi observasi Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN). Lokasi tersebut sangat istimewa karena kita bisa melihat tata surya dari segala penjuru. Pusat observasi tersebut masih dalam proses realiasasi dan dijadkan sebagai Pusat Observasi Antariksa terbesar di Asia Tenggara.

8 Gunung Kerinci

Selain sebagai gunung api tertinggi di Indonesia, Gunung Kerinci di Jambi juga memiliki rekor dunia yaitu perkebunan teh terluas di dunia.

Di sekeliling kawasan lereng gunung Kerinci merupakan perkebunan teh yang sangat luas. Perkebunan tersebut juga sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Hingga kemudian dilanjutkan pengelolaannya oleh perusahaan milik negara. Jika kita mendaki Gunung Kerinci maka kita akan melihat betapa luasnya perkebunan teh tersebut.

Baca juga: 20+ Perkebunan Teh Terkenal dari Lereng Gunung di Indonesia

9 Gunung Parang

Gunung Parang di Jawa Barat cukup terkenal di kalangan pendaki. Gunung tersebut adalah gunung batu yang terkenal dengan pendakian panjat tebing atau disebut juga via ferrata. Namun bukan itu yang menjadi rekor dunia, di lokasi Gunung Parang telah dibangun lodge atau penginapan gantung yang tertinggi se-Asia. Jika kalian ingin merasakan seperti apa penginapan gantung tersebut, cobalah untuk ke kawasan Gunung Parang.

10 Gunung Jaya Wijaya

Dan terakhir, adalah Gunung Jaya Wijaya dengan puncak tertingginya bernama Carstensz Piramyd. Puncak Carstensz memiliki ketinggian 4884 mdpl dan masuk dalam daftar 7 summit dunia. Itulah rekor dunia yang dimiliki Gunung Jaya Wijaya di bumi Papua tersebut.

No comment for Top 10 Gunung dengan Rekor Dunia yang Ada di Nusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post to Top 10 Gunung dengan Rekor Dunia yang Ada di Nusantara

GUNUNG UNTUK PEMULA

50+ GUNUNG UNTUK PEMULA DI PULAU JAWA LENGKAP

Posted at 05/02/2020

Beberapa pendaki yang belum pernah mendaki gunung sebelumnya, kerap kali meminta info gunung untuk pemula. Hmm… tapi sebelum kita mengulas lebih lanjut, mari ketahui... Read More

Ini Dia Gunung-Gunung Terluar Indonesia

Posted at 05/02/2020

Jika telah mengenal pulau-pulau terluar Indonesia, tapi kalian sudah tahu gunung-gunung terluar Indonesia? Indonesia merupakan negara kepulauan dan juga memiliki banyak sekali gunung. Dari... Read More

desa tertinggi di indonesia

12 DESA TERTINGGI DI INDONESIA

Posted at 04/02/2020

Kira-kira desa tertinggi di Indonesia ada dimana? Kalau saja di Pegunungan Jaya Wijaya terdapat desa yang tercantum di BPS statistik nasional, mungkin wilayah itu... Read More

Ada Lho..Satu Gunung Berada di Empat Provinsi Sekaligus di Indonesia

Posted at 04/02/2020

Ada lho… satu gunung berada di empat provinsi sekaligus. Tahu tidak kalau beberapa gunung di Indonesia terletak di banyak wilayah perbatasan? Ada gunung yang... Read More

kaldera terbesar

8 GUNUNG DENGAN KALDERA TERBESAR DI INDONESIA

Posted at 03/02/2020

Gunung dengan kaldera terbesar di Indonesia tersebar di berbagai wilayah. Mulai dari Sumatera, Jawa, dan juga NTB. Kira-kira apa saja gunung tersebut? Nah, sebelum... Read More