HOME
Home » DAFTAR TER- » Top 10 Gunung Legenda Super Besar Zaman Purba yang Ada di Indonesia

Top 10 Gunung Legenda Super Besar Zaman Purba yang Ada di Indonesia

Posted at January 27th, 2020 | Categorised in DAFTAR TER-

Gunung legenda super besar di zaman purbakala memang ada di Indonesia. Darimana kok bisa tahu? selain membaca sejarah kita juga bisa melakukan spekulasi logika dengan melihat tanda-tanda di alam.

Infopendaki.com akan mengulas 10 gunung legenda super besar yang pernah ada di Indonesia. Beberapa di antaranya belum terbukti secara ilmiah namun tidak ada salahnya jika kita berspekulasi. Lalu di antara gunung-gunung dalam daftar ini juga ada yang sudah dibuktikan melalui serangkaian penelitian yang dilakukan oleh orang-orang yang ahli dalam bidangnya.

Nah, sebelum kita bahas lebih dalam, berikut ini infopendaki.com berikan list daftarnya dulu.

10 Gunung Legenda di Indonesia

No Gunung Letusan Tahun Kaldera
1 Banda Purba ? Kepulauan Banda
2 Toba Purba 74.000 TYL 1.130 km²
3 Sunda Purba 105.000 TYL Bandung raya
4 Tondano Purba ? 20×30 km
5 Ijen Purba 300.000 TYL Ijen-Raung
6 Tengger Purba 265.000 TYL 9 x 10 km
7 Seminung Purba 55.000 TYL 127 km
8 Suoh Purba ? 16×8 km
9 Sokoria Purba ? 5,5 Ha
10 Krakatoa Purba 416 M

*TYL = Tahun Yang Lalu

List di atas adalah list dari gunung yang terbesar diukur dengan spekulasi kaldera atau danau yang terbentuk pasca letusan. Namun sebagian dari list tersebut tidak tercatat dalam sejarah. Hanya dua saja yang telah terbukti melalui penelitian dan catatan kuno, yakni Gunung Toba dan Gunung Krakatoa Purba. Nah, untuk yang lain masih berupa spekulasi peneliti dan tentunya melegenda di masyarakat sekitar.

1 Gunung Banda Purba

Siapa yang tahu pulau bernama Banda Neira? sebagian kalian mungkin pernah tahu karena memang nama ini cukup terkenal sebagai destinasi wisata unggulan di Indonesia.

Banda Neira adalah sebuah pulau kecil di laut Banda, masuk dalam provinsi Maluku. Lokasinya berada di tengah laut, kalau di peta kita bisa melihat di sebelah selatan pulau Seram.

Di pulau terebut berdiri sebuah gunung api aktif bernama Gunung Api Banda. Selain itu pulau tersebut juga terkenal dengan wisata sejarahnya karena dahulu merupakan markas penjajah Belanda.

Jika kita melihat ke sekeliling maka akan terlihat beberapa pulau kecil. Spekulasi kemudian mengatakan bahwa dulunya pulau Banda Neira adalah sebuah gunung api besar. Beberapa masyarakat mengatakan bahwa pulau-pulau kecil di kepualauan Banda juga merupakan bagian dari gunung raksasa tersebut. Dari cerita tersebut mungkin saja benar mungkin tidak. Namun jika kita lihat melalui citra satelit maka kita bisa meyakini kalau apa yang dikatakan masyarakat bisa jadi benar. Terlihat sebuah cekungan menonjol ke atas yang sangat besar di bawah laut. Jika benar itu adalah sebuah bagian gunung maka bisa dikatakan sebagai gunung yang luar biasa besar.

2 Gunung Toba Purba

Gunung Toba Purba adalah sebuah gunung raksasa yang meletus dengan letusan maha dahsyat yang pernah diteliti oleh manusia. Letusan tersebut diperkirakan terjad pada 74.000 tahun yang lalu. Dimana zaman tersebut sudah ada populasi manusia namun masih dalam jumlah kecil.

Gunung Toba diperkirakan adalah sebuah gunung api raksasa yang kemudian meletus secara dahsyat hingga membuat bumi dikatakan sebagai ‘kiamat’. Mungkin itu satu-satunya kata yang pantas karena dampak yang terjadi tidak bisa dibayangkan.

Peninggalan dari letusan Toba adalah sebuah danau yang sangat luas, bahkan sudah terlihat besar hanya dari peta. Luas danau tersebut yakni 1.130 km persegi. Dan kedalaman mencapai 900 meter. Dengan spesifikasi tersebut kita bahkan susah memabayangkan seperti apa letusan zaman purba dulu hingga menjadikan danau yang begitu luas dan dalam seperti itu.

Baca lebih lengkap: Gunung Toba Supervolcano

3 Gunung Sunda Purba

Selanjutnya adalah sebuah gunung legenda yang diyakini oleh masyarakat sebagai cikal bakal dataran tinggi Bandung Raya, yaitu Gunung Sunda Purba. Dikatakan pula bahwa gunung tersebut meletus sekitar 105.000 tahun yang lalu. Letusan dahsyat dan dampaknya sama sekali tidak atau belum bisa diteliti. Sehingga hanya sekadar spekulasi yang diyakini oleh masyarakat sekitar.

Perlu kita ketahui bahwa wilayah Bandung dan sekitarnya (disebut juga Bandung Raya) adalah sebuah dataran tinggi yang dihuni oleh banyak gunung api. Jika dilihat dari citra satelit maka akan tampak gunung-gunung api tersebut dalam sebuah lingkaran yang terlihat seperti bentukan gunung. Namun itu hanya sebuah spekulasi. Dan jika benar maka bisa dikatakan bahwa gununug purba tersebut sangat besar karena wilayahnya mencakup Bandung Raya.

4 Gunung Tondano Purba

Di Minahasa, Sulawesi Utara terdapat sebuah danau yang sangat luas bernama Danau Tondano. Danau tersebut memiliki luas 20×30 km. Kalangan masyarakat setempat mengatakan bahwa dahulu berdiri sebuah gunung yang besar dan menciptakan danau tersebut. Gunung legenda itu dijuluki Gunung Tondano purba.

Perihal gunung ini tidak ada penelitian yang membuktikan kebenarannya. Semua masih sebatas spekulasi dan keyakinan masyarakat. Namun jika kita melihat pada tanda-tanda alam bisa jadi memang benar. Danau Tondano di kelilingi oleh beberapa gunung api aktif yang cukup terkenal di Sulawesi Utara. Gunung-gunung tersebut yakni Gunung Soputan, Gunung Lokon-Empung, Gunung Mahawu, dan Gunung Sempu. Dan jika kita lihat secara teliti melalui citra satelit maka akan tampak lingkaran yang kemungkinan adalah bekas dari gunung Tondano Purba yang melegenda itu.

5 Gunung Ijen Purba

Siapa yang tidak tahu Gunung Ijen. Gunung ini sangat terkenal yang memiliki spot ikonik yaitu berupa danau kawah yang sangat luas. Gunung Ijen terletak di Jawa Timur.

Namun siapa sangka dari kalangan peneliti serta diyakini oleh masyarakat bahwa gunung Ijen yang sekarang dulunya adalah sebuah gunung super raksasa. Gunung api purba yang meletus sekitar 300.000 tahun yang lalu. Pernyataan ini bukan tanpa sebab. Pasalnya terlihat jelas seperti sebuah lingkaran bekas gunung raksasa jika dilihat melalui citra satelit.

Dan yang mencengangkan lagi lingkaran tersebut mencakup gunung Raung yang letakknya cukup jauh dari Gunung Ijen. Padahal gunung Raung sendiri sudah memiliki keladera yang terluas di pulau Jawa. Maka jika spekulasi tersebut benar, bisa dikatakan Gunung Ijen Purba yang melegenda itu adalah gunung super raksasa yang ada di Jawa.

6 Gunung Tengger Purba

Selanjutnya adalah Gunung Tengger Purba. Kita pasti semua tahu tentang Gunung Bromo dan Gunung Semeru. Dua gunung ikonik-nya Jawa Timur yang sangat ramai dikunjungi ratusan ribu wisatawan tiap tahunnya. Tapi tahukah kalian kalau sebenarnya gunung-gunung tersebut adalah bentukan dari sebuah gunung raksasa?

Penelitian tentang gunung raksasa ini menyatakan bahwa terjadi letusan dahsyat sekitar 265.000 tahun yang lalu. Waktu yang terlampau lama bahkan berada di zaman purbakala.

Tanda-tanda letusan dahsyat bisa dilihat secara kasat mata. Jika kita berada di kaki Gunung Bromo maka kita bisa memandang ke sekeliling lautan pasir yang sangat luas sejauh mata memandang. Sebenarnya itu adalah kaldera Gunung Raksasa Tengger. Gunung inilah induk dari Gunung Bromo dan Gunung Semeru. Supaya lebih yakin dan lebih jelas, lebih baik lihat pemandangan kaldera tersebut dari pesawat atau dari satelit.

7 Gunung Seminung Purba

Di Sumatera tepatnya di provinsi Lampung, terdapat sebuah danau yang sangat luas (terluas kedua di Sumatera setelah Danau Toba) yakni Danau Ranau. Belum ada penelitian yang jelas mengenai asal-usul danau ini. Namun jika memlihat pada tanda-tanda alam (sama seperti halnya Danau Toba) maka bisa dispekulasikan bahwa dulunya ada sebuah gunung raksasa yang meletus dan menyebabkan munculnya Danau Ranau tersebut.

Bukan serta merta tanpa sebab yang pasti. Berada di dekat danau berdiri sebuah gunung api bernama Gunung Seminung. Kemudian jika dilihat melalui citra satelit juga tergambar sebuah lingkaran bekas seperti gunung. Hal ini yang kemudian meyakini masyarakat sekitar kalau zaman purba dulu memang berdiri gunung raksasa yang mereka juluki Seminung Purba.

Masyarakat meyakini terjadi letusan dahsyat sekitar 55.000 tahun yang lalu, berdekatan dengan tragedi Toba. Dari letusan tersebut kemudian menghasilkan sebuah danau seluas 127 km.

8 Gunung Suoh Purba

Tidak jauh dari Seminung, terdapat sebuah danau kawah bernama Suoh. Yakni dengan luas 16×8 km. Lokasi tersebut jelas merupakan titik panas bumi. Jika kita melihat ke pulau Jawa, maka ada yang memiliki hal yang sama yakni dataran tinggi Dieng, dimana lokasinya memiliki banyak lubang kawah aktif.

Tidak jauh dari danau kawah Suoh juga terdapat puncak-puncak gunung meskipun tidak tinggi. Namun jika melihat dari luasnya danau kawah maka kemungkinan pada zaman purba dahulu termpat tersebut adalah sebuah gunung api raksasa. Memang hal tersebut belum bisa dibuktikan secara ilmiah, namun jika melihat tanda-tanda alam berupa danau kawah yang luas,.. mungkin saja.

9 Gunung Sokoria Purba

Rata-rata pasti tidak tahu gunung purba Sokoria ini. Tapi kalai Gunung Kelimutu kalian pasti tahu? Ya, gunung yang terkenal dengan tiga danau kawah yang berbeda warna.

Gunung Kelimutu adalah gunung api yang terletak di Ende, NTT. Gunung ini sangat terkenal oleh wisatawan mancanegara. Namun tahukah kalau dulunya gunung ini juga merupakan gunung api raksasa?

Gunung Sokoria Purba adalah nama gunung induk dari Kelimutu. Tahun kapan terjadinya letusan dahsyat belum diketahui tapi yang jelas terjadi pada waktu yang sangat lampau.

Tiga danau Kelimutu jika diukur keseluruhan mencapai luas 5,5 Ha. Dan hal tersebut bisa menggambarkan bentuk gunung Sokoria sebesar apa.

10 Gunung Krakatoa Purba

Dan terakhir adalah Gunung Krakatau. Siapa yang tidak kenal Krakatau? Gunung yang sangat terkenal dengan bencana tsunaminya. Namun tahukah kalian kalau jauh-jauh sebelum bencana tsunami Krakatau tahun 1883 yang tercatat sejarah, pernah terjadi bencana yang jauh lebih dahsyat lagi? Para pakar menyebutnya dengan letusan gunung Krakatau purba yang pertama.

Berdasarkan transkrip kuno bernama “Pustaka Raja Purwa”, pada 416 Masehi mengisahkan tentang sebuah gunung bernama Batuwara telah meletus dan memuntahkan abu vulkanik dan gelombang tsunami dahsyat hingga menenggelamkan Gunung Rajabasa (adalah gunung di Lampung Selatan).

Penasaran cerita lengkapnya? Baca di sini: Supervolcano Krakatau

Nah, itu dia daftar top 10 gunung legenda super besar zaman purba yang ada di Indonesia Raya. Kita sebagai masyarakat Indonesia patut bersyukur karena hidup di zaman dimana orang-orang bisa tersenyum saat mendaki hingga ke puncak gunung. Tidak takut akan bencana maha dahsyat yang terjadi di masa lampau.

1 Comment for Top 10 Gunung Legenda Super Besar Zaman Purba yang Ada di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post to Top 10 Gunung Legenda Super Besar Zaman Purba yang Ada di Indonesia

Top 10 Gunung dengan Rekor Dunia yang Ada di Nusantara

Posted at 20/03/2020

Gunung dengan rekor dunia ada di Indonesia. Salah satunya yakni Gunung Toba. Ya, Gunung Toba. Gunung tersebut adalah gunung purbakala yang meletus sangat dahsyat... Read More

GUNUNG UNTUK PEMULA

50+ GUNUNG UNTUK PEMULA DI PULAU JAWA LENGKAP

Posted at 05/02/2020

Beberapa pendaki yang belum pernah mendaki gunung sebelumnya, kerap kali meminta info gunung untuk pemula. Hmm… tapi sebelum kita mengulas lebih lanjut, mari ketahui... Read More

Ini Dia Gunung-Gunung Terluar Indonesia

Posted at 05/02/2020

Jika telah mengenal pulau-pulau terluar Indonesia, tapi kalian sudah tahu gunung-gunung terluar Indonesia? Indonesia merupakan negara kepulauan dan juga memiliki banyak sekali gunung. Dari... Read More

desa tertinggi di indonesia

12 DESA TERTINGGI DI INDONESIA

Posted at 04/02/2020

Kira-kira desa tertinggi di Indonesia ada dimana? Kalau saja di Pegunungan Jaya Wijaya terdapat desa yang tercantum di BPS statistik nasional, mungkin wilayah itu... Read More

Ada Lho..Satu Gunung Berada di Empat Provinsi Sekaligus di Indonesia

Posted at 04/02/2020

Ada lho… satu gunung berada di empat provinsi sekaligus. Tahu tidak kalau beberapa gunung di Indonesia terletak di banyak wilayah perbatasan? Ada gunung yang... Read More