HOME
Home » DAFTAR TER- » Top 10 Hasil Bumi Komoditas Khas dari Gunung-Gunung di Indonesia

Top 10 Hasil Bumi Komoditas Khas dari Gunung-Gunung di Indonesia

Posted at January 31st, 2020 | Categorised in DAFTAR TER-

Komoditas khas dari gunung-gunung di Indonesia sangatlah bermacam. Kita tahu Indonesia terkenal dengan gunung dan hasil alamnya yang berlimpah. Sebagai contoh yang paling mudah yaitu kopi. Perkebunan kopi dari Indonesia tersebar hampir di semua gunung yang ada di Indonesia.

Tapi sebelum membahas lebih jauh, kita ketahui dulu apa itu arti kata komoditas?

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, komoditas artinya= barang dagangan utama; benda niaga: hasil bumi dan kerajinan setempat yang dapat dimanfaatkan sebagai ekspor; 2 bahan mentah yang dapat digolongkan menurut mutunya sesuai dengan standar perdagangan internasional.

InfoPendaki.com akan membahas mengenai 10 hasil bumi atau komoditas dari gunung-gunung yang ada di Indonesia. Apa saja itu?

Daftar Hasil Bumi dari Gunung

No Komoditas Gunung
1 Kopi Tersebar di Sumatera, Jawa, NTB
2 Teh Kerinci, Ungaran
3 Cengkeh Palawija Karangetang, Gamalama, Kie Matubu
4 Belerang Padat Ijen
5 Tembakau Tersebar di Jawa Tengah, Jawa Timur,NTB
6 Kayu Manis Kerinci
7 Kakao Tersebar di Sulawesi Tengah, Selatan, Tenggara
8 Pohon Kina Gunung di Jawa Barat
9 Air mineral Tersebar di gunung Jawa, dan Sumatera
10 Emas Jayawijaya

1 Kopi

Indonesia merupakan salah satu produsen kopi terbesar di dunia. Bahkan jenis kopi terbaik dan termahal ada di Indonesia. Kementrian Pertanian juga telah menyatakan bahwa perkebunan kopi di Indonesia terdapat di 14 wilayah provinsi. Sedangkan 5 wilayah penghasil kopi terbesar yakni Sumatera Selatan, Lampung, Aceh, Jawa Timur, dan Bengkulu.

InfoPendaki.com juga telah merangkum informasi tentang komoditas kopi dari wilayah gunung-gunung di Indonesia.

Baca di sini: 50++ Jenis Kopi Gunung Khas dari Seluruh Wilayah Indonesia

Beberapa gunung yang memiliki hasil perkebunan berupa kopi di antaranya Gunung Burni Telong dan Burni Geureudong (Aceh Gayo), Gunung Dempo, Gunung Patah (Sumsel), Gunung Seminung, Gunung Rajabasa, Gunung Tanggamus, Gunung Pesagi (Lampung), Gunung Kaba, Gunung Daun (Bengkulu), Gunung Ijen, Gunung Raung, Gunung Argopuro (Jawa Timur), dan lain-lain.

Produksi tertinggi jenis kopi di Indonesia yaitu jenis arabika dan robusta. Kopi dengan cita rasa terenak dimiliki oleh berbagai macam kopi dari beberapa daerah, namun yang sudah diakui internasional yaitu kopi arabika dari Aceh Gayo. Dan kopi yang menjadi termahal di dunia adalah kopi luwak dari Indonesia (kopi luwak adalah jenis proses pengolahan biji kopi dengan metode hewan luwak).

Kopi merupakan komoditas dari gunung di Indonesia yang diekspor dalam jumlah besar ke seluruh dunia. Berdasarkan data Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI), setiap tahunnya produksi kopi dalam negeri mencapai 630.000 ton lebih. Dari jumlah tersebut sekitar 70%-nya diekspor. Data Badan Pusat Statistik (BPS) bahkan menyebutkan, pada 2017 ekspor kopi nasional mencapai 464.000 ton.

2 Teh

Teh adalah produk dalam negeri yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Buktinya, ada slogan yang berbunyi “apapun makanannya minumnya…. teh”.

Perkebunan teh tersebar luas di Sumatera dan Jawa. Dan semuanya berada di lereng-lereng pegunungan, karena memang karakteristik tumbuhan teh hanya bisa hidup di dataran tinggi. Berdasarkan Litbang Pertanian RI, daerah penghasil teh terbesar di Indonesia adalah Jawa Barat yang mencapai 102rb ton total produksinya dalam setahun.

Jawa Barat memiliki banyak gunung yang lerengnya dijadikan sebagai lokasi perkebunan teh, di antaranya yakni Gunung Patuda di Ciwidey, Gunung Malabar, Gunung Burangrang, Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Salak, dan juga Gunung Gede Pangrango.

Kemudian di wilayah Sumatera tepatnya Provinsi Jambi ada perkebunan teh yang disebut sebagai kebun teh terluas di dunia. Yakni terletak di lereng Gunung Kerinci. Jika kita berada di Kayu Aro, lereng Gunung Kerinci, maka sepanjang mata memandang yang terlihat hanyalah perkebunan teh.

Selain itu, Jawa Tengah juga memiliki perkebunan teh yang luas, di antaranya terdapat di lereng Gunung Sindoro-Sumbing, Gunung Slamet, Gunung Ungaran. Demikian pula Jawa Timur, kebun teh juga terdapat di lereng Gunung Arjuno-Welirang, Gunung Argopuro, Gunung Butak, Gunung Lawu, Gunung Semeru, Gunung Lemongan, dan juga Gunung Raung.

3 Cengkeh Palawija

Cengkeh dan palawija adalah hasil perkebunan yang menjadi komoditas unggulan di Indonesia. Bahkan salah satu alasan kuat kenapa Indonesia dijajah oleh bangsa Portugis yaitu karena cengkeh dan palawija-nya.

Daerah penghasil cengkeh dan palawija paling terkenal sekaligus terbesar di Indonesia ada di provinsi Maluku dan Maluku Utara. Cengkeh dan palawija di daerah tersebut menjadi yang nomor satu di dunia. Dan harganya pun yang paling mahal. Maka dari itu wilayah Maluku dan Maluku Utara menjadi incaran penjajah sejak zaman dulu kala.

Di Maluku Utara tanaman cengkeh dan palawija subur di lereng-lereng gunung seperti Gunung Gamalama, Gunung Kie Matubu, Gunung Gamkonora, Gunung Kie Matubu, Gunung Buku Sibela, Gunung Taliabu. Kemudian di Sulawesi Utara juga ada yakni di lereng Gunung Karangetang.

4 Belerang Padat

Belerang atau sulfur merupakan zat kimia yang memiliki banyak manfaat. Di antaranya yakni sebagai pupuk, zat pembersih air, campuran bahan aspal, pembuat korek api, dan bubuk mesiu.

Belerang atau sulfur adalah gas bumi yang keluar dari kawah gunung api aktif. Jika dingin maka zat tersebut akan mengeras dan menjadi padat. Daerah yang sangat terkenal dengan produksi belerang padatnya adalah Gunung Ijen.

Silahkan baca lebih lengkap tentang Gunung Ijen dan penambangan belerangnya di halaman berikut ini:

Baca juga: Gunung Ijen

5 Tembakau

Siapa yang di sini merokok? Kalian tahu bahan utama pembuat selinting rokok? Ya, tembakau. Tapi apakah kalian tahu tembakau bukan hanya untuk dibuat rokok?

Indonesia adalah produsen tembakau terbesar, menurut BPS, Indonesia menhasilkan lebih dari 180.000 ton tembakau per tahunnya dan telah mengekspor tembakau sebesar 11.000 ton.

Daun tembakau selain dijadikan bahan baku rokok juga bisa dijadikan sebagai obat dan juga sayuran.

Daerah yang terkenal sebagai penghasil tembakau yaitu Temanggung, Kudus, Kediri, Sumatera Utara, dan Minahasa.

Jawa Tengah sebagai penyumbang tembakau yang cukup besar kita bisa menjumpainya di lereng Gunung Slamet, Gunung Sindoro-Sumbing, Gunung Muria, dan juga Gunung Lawu. Di NTB juga ada di lereng Gunung Rinjani. Serta Sumatera Utara juga terdapat di banyak lereng gunung di sana.

6 Kayu Manis

Kayu Manis termasuk dalam golongan rempah-rempah, sama seperti cengkeh dan palawija. Indonesia merupakan salah satu produsen sekaligus eksportir kayu manis terbesar di Dunia.

Daerah penghasil kayu manis terbesar di Indonesia ada di Jambi, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat. Di lereng Gunung Kerinci, Jambi, hutan pohon kayu manis tersebar luas. Jambi sendiri adalah pengekspor terbesar kayu manis di dunia. Selain di lereng Kerinci, pohon kayu manis juga banyak terdapat di lereng Gunung Masurai.

7 Kakao

Kakao atau biji cokelat merupakan salah satu hasil perkebunan yang menjadi unggulan di Indonesia. Bahkan Indonesia menempati posisi ketiga sebagai negara produsen kakao terbesar di dunia.

Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi menempati posisi teratas sebagai daerah penghasil kakao terbesar di Indonesia. Disusul Pulau Sumatera di posisi selanjutnya.

Sebenarnya tumbuhan kakao hanya bisa tumbuh di ketinggian tidak lebih dair 800 mdpl. Oleh sebab itu tanaman ini tidak cocok ditanam di lereng gunung terlalu tinggi. Di Sulawesi kita bisa menjumpai perkebunan kakao di daerah yang agak jauh dari pegunungan.

8 Pohon Kina

Pohon Kina di Indonesia perkembangannya sangat terbatas alias langka. Bahkan ada yang mengatakan hampir punah. Namun di Jawa Barat populasi pohon kina masih banyak. Kita bisa menemukan perkebunan pohon kina di lereng-lereng gunung di Jawa Barat seperti Gunung Bukittunggul, Gunung Patuha, Gunung Malabar dan juga Gunung Gede Pangrango.

9 Air Mineral

Siapa sih yang tidak minum air? Semua orang minum air tiap hari. Hal tersebut mungkin yang menjadi alasan perusahaan pengolahan air mineral kemasan. Indonesia sangat banyak memiliki gunung-gunung yang memiliki sumber mata air melimpah. Hal tersebut yang dijadikan perusahan-perusahan tadi untuk menjalankan bisnisnya.

Hampir semua gunung yang ada di Sumatera dan Jawa memiliki sumber mata air. Dan beberapa di antaranya dipilih sebagai roda bisnis perusahan air minum. Gunung-gunung tersebut antara lain: Singgalang, Sibayak, Salak, Gede Pangrango, Arjuno Welirang, Sindoro Sumbing, Karang, dan lainnya.

10 Emas

Siapa yang tidak tahu emas? Pasti banyak yang tahu. Tapi siapa yang pernah pegang emas? Pasti banyak yang belum pernah.

Tapi tahu tidak di Indonesia memiliki gunung yang menjadi tambang emas terbesar di dunia. Semuanya pasti sudah tahu. Ya, gunung itu ada di Papua sana. Tepatnya di Pegunungan Jayawijaya. Lokasi tepatnya berada di wilayah Tembagapura, Provinsi Papua. Nama perusahaan yang mengelola tambang tersebut bernama Freeport.


Nah, itu dia 10 hasil bumi komoditas dari gunung-gunung di Indonesia.

1 Comment for Top 10 Hasil Bumi Komoditas Khas dari Gunung-Gunung di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post to Top 10 Hasil Bumi Komoditas Khas dari Gunung-Gunung di Indonesia

Top 10 Gunung dengan Rekor Dunia yang Ada di Nusantara

Posted at 20/03/2020

Gunung dengan rekor dunia ada di Indonesia. Salah satunya yakni Gunung Toba. Ya, Gunung Toba. Gunung tersebut adalah gunung purbakala yang meletus sangat dahsyat... Read More

GUNUNG UNTUK PEMULA

50+ GUNUNG UNTUK PEMULA DI PULAU JAWA LENGKAP

Posted at 05/02/2020

Beberapa pendaki yang belum pernah mendaki gunung sebelumnya, kerap kali meminta info gunung untuk pemula. Hmm… tapi sebelum kita mengulas lebih lanjut, mari ketahui... Read More

Ini Dia Gunung-Gunung Terluar Indonesia

Posted at 05/02/2020

Jika telah mengenal pulau-pulau terluar Indonesia, tapi kalian sudah tahu gunung-gunung terluar Indonesia? Indonesia merupakan negara kepulauan dan juga memiliki banyak sekali gunung. Dari... Read More

desa tertinggi di indonesia

12 DESA TERTINGGI DI INDONESIA

Posted at 04/02/2020

Kira-kira desa tertinggi di Indonesia ada dimana? Kalau saja di Pegunungan Jaya Wijaya terdapat desa yang tercantum di BPS statistik nasional, mungkin wilayah itu... Read More

Ada Lho..Satu Gunung Berada di Empat Provinsi Sekaligus di Indonesia

Posted at 04/02/2020

Ada lho… satu gunung berada di empat provinsi sekaligus. Tahu tidak kalau beberapa gunung di Indonesia terletak di banyak wilayah perbatasan? Ada gunung yang... Read More