HOME
Home » DAFTAR TER- » Top 30 Gunung untuk Wisata Keluarga, Ramai-Ramai, Tanpa Menginap

Top 30 Gunung untuk Wisata Keluarga, Ramai-Ramai, Tanpa Menginap

Posted at February 1st, 2020 | Categorised in DAFTAR TER-

Gunung untuk wisata keluarga, ramai-ramai, tanpa menginap? Ada banyak di Indonesia. Kalian tidak perlu susah-susah membawa barang banyak seperti tenda, tas carrier, dan sebagainya. Yang perlu dipersiapkah hanya fisik yang sehat, teman atau keluarga, dan tentunya uang.

Indonesia memiliki banyak sekali gunung, mulai dari yang tertinggi, sedang, sampai tidak tinggi, itu berdasarkan karakteristik ketinggian. Ada pula yang susah dan tidak susah, ada yang lama dan sebentar. Bermacam-macam dan bervariasi. Dan yang akan infoPendaki.com bahas pada artikel ini yaitu gunung untuk wisata keluarga.

Pada kategori gunung wisata ini dikategorikan berdasarkan kemudahan akses pendakian gunung, fasilitas wisata yang tersedia, dan juga ramainya pengunjung.

Gunung untuk Wisata Keluarga

No Nama Lokasi
1 Gunung Bromo Jawa Timur
2 Gunung Ijen Jawa Timur
3 Gunung Kelud Jawa Timur
4 Gunung Baluran Jawa Timur
5 Gunung Tangkuban Perahu Jawa Barat
6 Gunung Galunggung Jawa Barat
7 Gunung Papandayan Jawa Barat
8 Gunung Patuha Jawa Barat
9 Gunung Talaga Bodas Jawa Barat
10 Gunung Parang Jawa Barat
11 Gunung Masigit Jawa Barat
12 Gunung Telomoyo Jawa Tengah
13 Gunung Sikunir Jawa Tengah
14 Gunung Sikudi Jawa Tengah
15 Gunung Nglanggeran DIY
16 Bukit Pergasingan Lombok
17 Gunung Batur Bali
18 Gunung Mahawu Sulawesi Utara
19 Gunung Sirung NTT
20 Gunung Kelimutu NTT
21 Gunung Nona Sulawesi Selatan
22 Gunung Pusuk Buhit Sumatera Utara
23 Gunung Sibual buali Sumatera Utara
24 Gunung Jaboi Aceh
25 Gunung Burni Telong Aceh
26 Gunung Kaba Bengkulu
27 Gunung Anak Krakatau Selat Sunda

1 Gunung Bromo

Gunung Bromo di Jawa Timur menjadi pilihan paling bagus jika kalian ingin berwisata ke gunung bersama keluarga atau beramai-ramai bersama teman-teman. Gunung Bromo adalah sebuah gunung api aktif yang aksesnya sangat mudah. Kalian bisa menuju Bromo melalui Probolinggo, atau Malang.

Gunung Bromo terletak di dalam kaldera raksasa Tengger. Sejarah terbentuknya Gunung Bromo ini juga sangat panjang. Baca dulu sejarahnya sebelum pergi ke sana.

Baca: Gunung Bromo dan Sejarahnya

Untuk ke Bromo bisa memakai kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor, dan bis juga. Namun kendaraan tersebut umumnya harus dititipkan di luar kawasan kaldera, karena kawasan kaldera sudah masuk dalam wilayah konservasi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Perlu ada izin tersendiri jika ingin membawa kendaraan pribadi.

Di luar Kaldera terdapat banyak sekali penginapan. Kalian bisa mencari penginapan sesuai selera. Lalu jika tersedia persewaan mobil Jeep yang setiap dinihari pukul 03.00 WIB mengantarkan wisatawan menuju kaldera Tengger untuk menikmati sunrise.

Setelah berada di dalam kaldera, kalian bisa menikmati banyak sekali spot gunung yang sangat indah. Ada lautan pasir yang sangat terkenal bernama Pasir Berbisik. Ada pura bernama Pura Luhur Poten. Ada beberapa gunung lain yang bisa dijelajahi seperti Gunung Batok, Gunung Widodaren, Gunung Kursi, dan juga Gunung Pananjakan. Dan tentu tujuan utama adalah Gunung Bromo.

Gunung Bromo adalah salah satu gunung di dalam kaldera Tengger. Sudah ada tangga yang dibuat khusus untuk ke puncaknya. Kalian bisa dengan mudah naik ke atas.

Gunung Bromo dinobatkan sebagai gunung wisata paling ramai di Indonesia yakni mencapai 500.000 kunjungan wisatawan tiap tahunnya.

2 Gunung Ijen

Masih di Jawa Timur, di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso terdapat gunung wisata yang juga sangat terkenal, yaitu Gunung Ijen. Gunung ini terkenal dengan kawah belerangnya yang sangat indah dan juga spot api biru yang langka.

Baca juga: Gunung Ijen dan Api Biru

Untuk ke Ijen bisa melalui Banyuwangi, lalu bisa menyewa kendaraan mobil atau angkutan menuju Pos Paltuding, yaitu pos pendakian menuju Gunung Ijen. Jika kalian ingin melihat fenomena langka api biru, maka datang ke sini dini hari pukul 02.00 WIB.

Pendakian cukup mudah karena jalannya lebar dan jelas. Dan tentu saja ramai karena memang khusus wisata. Kalian akan bertemu banyak pendaki bule juga. Selain mendaki dan menikmati pemandangan di Ijen, kalian juga bisa mengamati para penambang belerang padat yang bekerja, kemudian ada warung kopi luwak juga yang terkenal kopi paling enak sedunia. Dan juga banyak penjual suvenir dari belerang.

3 Gunung Kelud

Gunung Kelud adalah gunung wisata yang cukup ramai dan terkenal oleh wisatawan lokal. Gunug ini masih aktif dan belum lama ini tahun 2014 meletus dengan dahsyat hingga abu yang diletuskannya menyebar ke hampir seluruh Pulau Jawa.

Berwisata ke Gunung Kelud sangatlah mudah. Kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi lalu diparkirkan di tempat yang disediakan. Berjalan mendaki sebentar dan sudah sampai di puncak bibir kawah.

Para pengunjung boleh berfoto sepuasnya, banyak jasa foto juga di sana. Kemudian fasilitas wisata juga lengkap seperti warung, penjual suvenir, tempat istirahat, toilet, dan sebagainya.

4 Gunung Baluran

Di Jawa paling Timur, ada Gunung Baluran. Sebenarnya gunung ini seharusnya dikategorikan gunung yang sangat sulit didaki, karena memang belum ada yang mendaki ke sana. Namun di lereng gunung terdapat tempat wisata alam yang sangat indah dan terkenal di Jawa Timur, yaitu Taman Nasoinal Baluran.

Kalian tinggal menuju daerah Situbondo, lokasi pintu masuk wisata ada di pinggir jalan. Dari pintu masuk menuju lokasi wisata utama terbilang jauh yakni memakan waktu 2 jam menggunakan kendaraan pribadi sepeda motor maupun mobil.

Lokasi utama wisata yaitu berupa savana Baluran yang sangat luas dan dikenal dengan sebutan Africa van Java (Afrika-nya Jawa). Kalian bisa menikmati pemandangan hewan liar seperti banteng, kerbau, monyet ekor panjang, dan berbagai spesies burung. Di sana juga ada penginapan yang bisa disewa. Lalu jika kita pergi ke ujung timur kita akan menjumpai sebuah pantai yang indah. Sedangkan jika kita ke barat, di sanalah tempat Gunung Baluran yang tak terjamah.

5 Gunung Tangkuban Perahu

Sekarang beralih ke Jawa Barat. Ada Gunung Tangkuban Perahu yang sangat terkenal dengan kisah legendanya.

Baca juga: 20+ Cerita Legenda Asal-Usul Gunung di Nusantara

Tangkuban Perahu terletak di Lembang, Jawa Barat. Kalian bisa berwisata ke sini beramai-ramai. Bisa memakai kendaraan pribadi. Fasilitas wisata juga lengkap, warung, tempat istirahat, toilet, suvenir, dan lainnya. Jika ingin berkemah juga sudah tersedia spot khusus di sisi gunung. Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu destinasi wisata gunung paling ramai di Jawa Barat.

6 Gunung Galunggung

Gunung Galunggung juga gunung untuk wisata keluarga yang juga ramai di Jawa Barat. Gunung ini memiliki sejarah yang cukup panjang. Pernah meletus dahsyat bahkan memakan korban tewas ribuan. Hingga di puncaknya terbentuk kaldera yang cukup besar. Namun saat ini gunung tersebut sudah tidak berbahaya lagi.

Sudah ada fasilitas yang lengkap di sini. Ada tangga yang sangat panjang dari kaki gunung hingga puncaknya. Dari puncak kita bisa melihat pemandangan kawah. Ada hal menarik di Galunggung, yaitu ada Mushola yang berada di dalam kawah Galunggung. Satu-satunya di dunia, tempat ibadah di dalam kawah gunung.

Jika kalian ingin berkemah, di sisi lain Galunggung, atau di dalam kawahnya juga bisa. Pendakian melalui tangga juga mudah.

7 Gunung Papandayan

Gunung Papandayan adalah gunung wisata keluarga yang cukup asyik. Bisa dibilang gunung ini memiliki level medium sebagai tempat wisata. Karena kita akan melakukan pendakian juga, jadi fisik harus sehat dulu. Namun tenang karena trek pendakiannya sangat mudah.

Beberapa spot paling diburu oleh pendaki di gunung ini adalah spot Hutan Mati, yaitu populasi hutan dengna pohon kering mati karena dampat vulkanik dari dalam bumi. Kemudan ada juga sungai, dan alun-alun. Kalian juga bisa mendirikan tenda di lokasi tersebut.

8 Gunung Patuha

Gunung Patuha juga merupakan gunung wisata yang cukup terkenal di kawasan Ciwidey, Jawa Barat. Spot wisata yang terkenal juga yaitu perkebunan tehnya yang ada di lereng gunung.

Spot utama di Gunung Patuha adalah puncaknya yang berupa kawah aktif yang dijuluki Kawah Putih. Berwisata ke gunung ini juga membuatuhkan fisik yang sehat karena kita harus melakukan pendakian dulu. Namun tentunya tidak berat karena treknya jelas dan tidak begitu menanjak.

9 Gunung Talaga Bodas

Talaga Bodas adalah sebuah tempat wisata gunung berupa kawah sulfur yang luas yang dijuluki Danau Putih. Jika kalian hobi bersepeda, di lokasi gunung ini juga terdapat trek downhill yang menantang.

10 Gunung Parang

Gunung Parang adalah sebuah gunung batu yang terletak di Kabupaten Purwakarta. Gunung ini memiliki ketinggian 985 mdpl. Aktivitas wisata yang bisa dilakukan di gunung ini yakni panjat tebing. Kalian bisa ke sini bersama keluarga atau teman-teman untuk panjat tebing.

Selain itu terdapat sebuah penginapan gantung atau lodge. Mirip seperti di luar negeri. Bahkan lodge di Gunung Parang disebut sebagai penginapan gantung tertinggi di Asia. Kemudian, fasilitas wisata di sini juga cukup lengkap. Fasilitas dan pemandu panjat tebing juga telah bersertifikat.

11 Gunung Masigit

Gunung Masigit juga merupakan gunung batu. Gunung ini terkenal dengan kegiatan hammock. Kawasan Masigit juga tak jarang dijadikan sebagai tempat untuk kegiatan leadership dan juga berkemah. Jika kalian suka tantangan maka berwisata ke gunung ini menjadi pilihan yang bagus.

12 Gunung Telomoyo

Telomoyo terletak di Jawa Tengah, gunung ini tidak terlalu ramai sebagai wisata. Namun yang unik di sini yaitu kalian bisa menuju puncak menggunakan seperda motor. Di puncaknya terdapat sebuah tower. Dari puncak Telomoyo kalian bisa melihat pemandangan gunung-gunung besar yang ada di Jawa Tengah.

13 Gunung Sikunir

Siapa yang tidak tahu Sikunir? Gunung ini dianggap sebagai spot terbaik untuk melihat matahari terbit (sunrise). Gunung Sikunir terletak di daratan tinggi Dieng. Umumnya kalau ke sini biasanya sekaligus berwisata ke tempat-tempat lain di Dieng. Kalian bisa mencari penginapan, lalu menuju pendakian Sikunir saat dini hari untuk memlihat sunrise. Pendakiannya mudah karena sudah ada tangga sampai di puncaknya. Fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap, yaitu parkir luas, warung, penginapan, guide, porter, pelengkapan pendakian, dan lain sebagainya.

14 Gunung Sikudi

Gunung Sikudi berada di samping Gunung Sikunir. Namun tidak seramai Sikunir. Gunung ini termasuk gunung wisata karena mudah untuk mendakinya. Serta kita bisa menikmati sebuah telaga yang sangat indah di kaki gunung ini yaitu Telaga Menjer.

15 Gunung Nglanggeran

Gunung Nglanggertan ada di wilayah Yogyakarta. Gunung ini disebut juga sebagai Gunung Api Purba. Di puncak gunung terdapat sebuah embung, atau semacam kolam yang digunakan untuk mengairi tanaman di Nglanggeran. Jika kalian ke sini lebih baik saat sore hari, karena pemandangan matahari tenggelam terlihat sangat indah dari puncak Nglanggeran.

16 Bukit Pergasingan

Jika kalian tidak kuat kalau harus mendaki Gunung Rinjani, tenang saja, karena ada spot yang tidak kalah menarik yang ada di Sembalun, di dekat Rinjani. Yaitu Bukit Pergasingan. Bukit ini terletak di punggung Gunung Rinjani. Pendakiannya sangat mudah. Kalian bisa juga camping di puncakanya. Hal yang paling dinantikan di sini adalah pemandangan eksotis sawah-sawah di Semabalun. Dan juga pemandangan matahari tenggelamnya yang sangat indah.

17 Gunung Batur

Gunung Batur juga termasuk gunung wisata yang ada di Bali. Jika kalian ingin berwisata ke Gunung Batur, maka tujulah Pura Jatiluhur. Pendakian Gunung Batur terbilang mudah. Kalian bisa mengunjunginya bersama teman-teman. Pemandangan yang tersedia juga sangat indah, yaitu Danau Batur. Ada pula wisata sejarah tentang Gunung Batur.

Baca juga lebih lengkap: Gunung Batur

18 Gunung Mahawu

Gunung Mahawu terletak di Tomohon, Sulawesi Utara. Di Gunung Mahawu sudah ada jalan berupa anak tangga dari beton yang jumlahnya mencapai 150 anak tangga dan terdapat pembatas di kanan-kirinya. Selain itu, start pendakiannya sendiri sudah berada di elevasi 1.200 mdpl, jadi tinggal mendaki sebentar sudah bisa mencapai puncak Gunung Mahawu. Jalur wisata tersebut adalah Jalur Agro Wisata Rurukan. Pemandangan dari puncaknya, kita bisa melihat pulau-pulau yang ada di sekelilingnya.

19 Gunung Sirung

Gunung ini terletak di Kepulauan Alor, NTT. Lokasinya mudah dijamah namun memang masih sepi karena terletak di tempat yang jauh. Pemandangan di puncaknya yaitu berupa kawah aktif. Selain itu spot menarik lainnya dari gunung ini yaitu populasi kayu putihnya.

20 Gunung Kelimutu

Spot paling utama dan menjadi spot menarik di Gunung Kelimutu ialah puncaknya yang memiliki tiga buah danau kawah. Oleh sebab itulah masyarakat lebih sering menyebut Gunung Kelimutu dengan “Danau Kelimutu”. Tiga danau kawah Kelimutu terisi air yang memiliki warna berbeda-beda, kemudian atas keunikan inilah danau kawah Kelimutu selanjutnya dijuluki sebagai “Danau Tiga Warna”. Warna dasar ketiga danau tersebut adalah biru, merah, dan putih.

Pendakian menuju puncak terbilang mudah, karena sudah disediakan trek berupa anak tangga dengan pembatas kanan-kiri. Kemudian dilanjutkan dengan trek berbatu.

Kawasan kaki Gunung Kelimutu adalah berupa hutan pinus, hutan cemara, dan kayu merah. Ada pula wisata pemandian air panas di kawasan Gunung Kelimutu. Berada di sekitar kawasan danau sudah ada berbagai fasilitas berupa losmen, toilet, pondok, warung, dan resto.

Baca lebih lengkap: Gunung Kelimutu

21 Gunung Nona

Gunung Nona merupakan wisata gunung terkenal di Enrekang, Sulawesi Selatan. Gunung ini terlihat dari pinggir Jalan Raya Enrekang-Makale. Kalian bisa mengunjunginya karena pemandangannya sangat langka. Di sana juga terdapat banyak warung-warung kopi.

22 Gunung Pusuk Buhit

Di Danau Toba, Sumatera Utara, Gunung Pusuk Buhit menjadi wisata gunung yang cukup terkenal. Mendaki ke sana cukup mudah karena tidak begitu tinggi. Selain itu pemandangan dari Danau Toba adalah teman di sepanjang pendakian.

23 Gunung Sibual-buali

Kaki Gunung Sibual-Buali berketinggian dari 700 – 1.700 mdpl dan berbentuk lembah serta jurang. Vegetasi yang rapat menjadikan gunung ini terlihat hijau. Terdapat air terjun di dalam hutan yang lebat. Pendakian Sibual-buali semakin menyenangkan karena banyak terdapat Pohon Meranti yang berkarakter tinggi dan besar.

24 Gunung Jaboi

Gunung ini terletak di pulau paling barat Indonesia, Pulau Weh, Aceh. Gunung ini merupakan tempat wisata yang terkenal di sana. Pulau Weh adalah pulau paling ujung barat Indonesia. Dan kota Sabang adalah ibukota di pulau tersebut, sekaligus sebagai ikon wilayah paling ujung Indonesia. Menurut catatan sejarah, nama Sabang (disebut juga “Shabag”) memiliki arti “gunung meletus”.

25 Gunung Burni Telong

Burni Telong terletak di Kabupaten Bener Meriah, Aceh. Gunung ini termasuk gunung wisata. Titik start pendakian terletak di Desa Rembuna, atau dikenal dengan Jalur Bandar Lampahan. Jalur ini adalah jalur paling populer dan paling mudah. Pada lokasi ini terdapat banyak fasilitas memadai seperti parkir luas, mushola, warung-warung, toilet, serta disediakan jasa antar jemput pendaki. Pemandu pendakian juga disediakan pula.

26 Gunung Kaba

Gunung ini terletak di Bengkulu. Terkenal sebagai gunung wisata. Dan dikenal juga sebagai Bromo-nya Sumatera. Fasilitas yang sudah tersedia dalam kawasan wisata Gunung Kaba antara lain seperti penginapan, transportasi, warung, toilet, parkir yang luas, toko suvenir, guide pendakian, serta tempat penyewaan keperluan camping. Gunung Kaba sendiri dikelola oleh Taman Wisata Bukit Kaba atau yang disebut POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata).

27 Gunung Anak Krakatau

Kita harus menyeberang menggunakan perahu untuk mencapai kaki Gunung Anak Krakatau. Perjalanan bisa dimulai dari Pelabuhan Bakauheni di Lampung, dan juga pelabuhan Merak di Banten, lalu menuju Dermaga Canti. Umumnya wisata pendakian Anak Krakatau disertai dengan paket wisata lain berupa susur pulau dan snorkling atau diving. Pulau-pulau yang biasanya dikunjungi adalah Pulau Sebuku Kecil, Pulau Sebuku Besar, Pulau Sebesi, dan Pulau Umang-Umang. Waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 2 jam untuk mencapai Anak Krakatau dari Pulau Sebesi (pulau terdekat).

1 Comment for Top 30 Gunung untuk Wisata Keluarga, Ramai-Ramai, Tanpa Menginap

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post to Top 30 Gunung untuk Wisata Keluarga, Ramai-Ramai, Tanpa Menginap

Top 10 Gunung dengan Rekor Dunia yang Ada di Nusantara

Posted at 20/03/2020

Gunung dengan rekor dunia ada di Indonesia. Salah satunya yakni Gunung Toba. Ya, Gunung Toba. Gunung tersebut adalah gunung purbakala yang meletus sangat dahsyat... Read More

GUNUNG UNTUK PEMULA

50+ GUNUNG UNTUK PEMULA DI PULAU JAWA LENGKAP

Posted at 05/02/2020

Beberapa pendaki yang belum pernah mendaki gunung sebelumnya, kerap kali meminta info gunung untuk pemula. Hmm… tapi sebelum kita mengulas lebih lanjut, mari ketahui... Read More

Ini Dia Gunung-Gunung Terluar Indonesia

Posted at 05/02/2020

Jika telah mengenal pulau-pulau terluar Indonesia, tapi kalian sudah tahu gunung-gunung terluar Indonesia? Indonesia merupakan negara kepulauan dan juga memiliki banyak sekali gunung. Dari... Read More

desa tertinggi di indonesia

12 DESA TERTINGGI DI INDONESIA

Posted at 04/02/2020

Kira-kira desa tertinggi di Indonesia ada dimana? Kalau saja di Pegunungan Jaya Wijaya terdapat desa yang tercantum di BPS statistik nasional, mungkin wilayah itu... Read More

Ada Lho..Satu Gunung Berada di Empat Provinsi Sekaligus di Indonesia

Posted at 04/02/2020

Ada lho… satu gunung berada di empat provinsi sekaligus. Tahu tidak kalau beberapa gunung di Indonesia terletak di banyak wilayah perbatasan? Ada gunung yang... Read More