HOME
Home » DAFTAR TER- » Top 34 Summits Gunung Tertinggi di 34 Provinsi Indonesia

Top 34 Summits Gunung Tertinggi di 34 Provinsi Indonesia

Posted at January 17th, 2020 | Categorised in DAFTAR TER-

Indonesia memiliki total 34 provinsi yang tersebar dari Aceh sampai Papua. Tiap-tiap provinsi tersebut memiliki summit atau puncak tertingginya. Berikut daftar 34 summits di provinsi Indonesia:

34 summits di provinsi Indonesia

No Provinsi Gunung Elevasi
1 Aceh Leuser 3466 mdpl
2 Bali Agung 3031 mdpl
3 Bangka Belitung Maras 699 mdpl
4 Banten Karang 1778 mdpl
5 Bengkulu Patah 2817 mdpl
6 DIY Nglanggeran 700 mdpl
7 DKI Jakarta
8 Gorontalo Tabango 2100 mdpl
9 Jambi Kerinci 3805 mdpl
10 Jawa Barat Ciremai 3078 mdpl
11 Jawa Tengah Slamet 3428 mdpl
12 Jawa Timur Semeru 3676 mdpl
13 Kalimantan Barat Niut 1701 mdpl
14 Kalimantan Tengah Bukit Raya 2278 mdpl
15 Kalimantan Timur Liangpran 2240 mdpl
16 Kalimantan Selatan Halau-Halau 1921 mdpl
17 Kalimantan Utara Batu Jumak 2250 mdpl
18 Kepulauan Riau Daik 1165 mdpl
19 Lampung Pesagi 2389 mdpl
20 Maluku Binaiya 3027 mdpl
21 Maluku Utara Buku Sibela 2188 mdpl
22 NTB Rinjani 3726 mdpl
23 NTT Mutis 2427 mdpl
24 Papua Arfak 2940 mdpl
25 Papua Barat Carstensz 4884 mdpl
26 Riau Djadi 1200 mdpl
27 Sulawesi Barat Gandang Dewata 3037 mdpl
28 Sulawesi Tengah Sojol 3025 mdpl
29 Sulawesi Tenggara Mekongga 2620 mdpl
30 Sulawesi Selatan Rantemario 3440 mdpl
31 Sulawesi Utara Klabat 1995 mdpl
32 Sumatera Barat Talamau 2913 mdpl
33 Sumatera Selatan Dempo 3159 mdpl
34 Sumatera Utara Sibuatan 2457 mdpl

1 GUNUNG JAYA WIJAYA

Gunung Jaya Wijaya dengan puncak tertingginya Carstensz Pyramid menjadi yang tertinggi di antara yang lainnya. Selain itu, Carstensz juga menjadi salah satu seven summits dunia, mewakili zona Asia Tenggara.

Baca juga: Pendakian Gunung Jaya Wijaya


2 GUNUNG LEUSER

Gunung Leuser menjadi gunung tertinggi di provinsi Aceh, sekaligus mendapat predikat sebagai gunung dengan jalur pendakian terpanjang se-Indonesia yakni sepanjang 50 km.

Baca juga: Gunung Leuser


3 GUNUNG SEMERU

Gunung Semeru di Jawa Timur menjadi salah satu destinasi pendakian gunung yang paling diminati terhitung mulai dari 2013 hingga sekarang. Gunung dengan elevasi 3676 mdpl tersebut selalu menjadi pilihan utama para pendaki dari berbagai wilayah untuk mengisi liburan kerja mereka.

Baca : Pendakian Gunung Semeru Lengkap


4 GUNUNG KERINCI

Gunung Kerinci yang terletak di provinsi Jambi menjadi gunung api urutan pertama di Indonesia. Kerinci tercatat sebagai gunung api aktif. Sedangkan gunung Jayawijaya di Papua bukan gunung api. Maka dari itu Kerinci menjadi yang tertinggi dari golongan gunung api.

Baca: Gunung Kerinci


Dari 34 provinsi di Indonesia, hanya satu yang tidak tercatat memiliki gunung, yakni Provinsi DKI Jakarta.

Provinsi yang memiliki gunung dengan elevasi tinggi di atas 3000 mdpl antara lain:

  1. Provinsi Aceh – Gunung Leuser 3466 mdpl
  2. Provinsi Bali – Gunung Agung 3031 mdpl
  3. Provinsi Jambi – Gunung Kerinci 3805 mdpl
  4. Provinsi Jawa Barat – Gunung Ciremai 3078 mdpl
  5. Provinsi Jawa Tengah – Gunung Slamet 3428 mdpl
  6. Provinsi Jawa Timur – Gunung Semeru 3676 mdpl
  7. Provinsi Maluku – Gunung Binaiya 3017 mdpl
  8. Provinsi NTB – Gunung Rinjani 3726 mdpl
  9. Provinsi Sulawesi Barat – Gunung Gandang Dewata 3037 mdpl
  10. Provinsi Sulawesi Tengah – Gunung Sojol 3025 mdpl
  11. Provinsi Sulawesi Selatan – Puncak Rantemario 3440 mdpl
  12. Provinsi Sumatera Selatan – Gunung Dempo 3159 mdpl
  13. Provinsi Papua Barat – Puncak Carstensz 4884 mdpl

Indonesia memiliki banyak gunung dengan elevasi tinggi di atas 3000 mdpl. Beberapa di antaranya banyak terdapat di Pulau Jawa dan Sumatera.

Kemudian beberapa gunung juga terdapat di Pulau Kalimantan. Nah, untuk di wilayah Kalimantan,tipe-tipe gunungnya berbeda jauh dengan rata-rata gunung di Jawa maupun Sumatera. Gunung di Kalimantan memang tidak memiliki ketinggigan di atas 3000 mdpl, namun aksesnya sangat susah. Hal ini disebabkan karena lingkup lereng gunung yang masih berupa hutan liar . Belum lagi jika kita melihat gunung-gunung di perbatasan Kalimantan Utara dengan Negara Malaysia. Sudah pasti lebih sulit lagi kalau mau mendakinya.

Beda Kalimantan, beda lagi Provinsi Maluku. Jika di Kalimantan kita disulitkan karena adanya hutan liar, maka di Maluku kita akan disulitkan oleh lautan. Rata-rata gunung di Provinsi Maluku adalah gunung berupa pulau kecil yang letaknya di tengah-tengah laut Maluku. Aksesnya sangat sulit karena harus memakai kapal.

Satu lagi keistimewaan di Provinsi Maluku, yakni adanya gunung-gunung api bawah laut. Gunung-gunung ini memang tak terlihat tapi jika kita mengintip ke dasar laut, maka betapa mengerikan dan besarnya gunung-gunung bawah laut tersebut.

Baca: Daftar Gunung Api Bawah Laut di Indonesia


5 GUNUNG RINJANI

Gunung Rinjani di pulau Lombok juga pantas diperhitungkan. Pasalnya gunung ini menjadi destinasi pendakian favorit terutama bagi para wisatawan dari mancanegara. Gunung Rinjani terkenal dengan spotnya yakni Danau Segara Anak. Selain itu pilihan-pilihan jalur pendakian juga terbilang banyak. Jadi kita bisa mengeksplor dengan leluasa.

Baca: Gunung Rinjani

Indonesia memiliki ratusan gunung yang bisa dijadikan sebagai obyek pendakian. Semuanya tersebar merata mulai dari Aceh hingga Papua. Masing-masing gunung tersebut juga memiliki kesitimewaannya masing-masing, mulai dari ketinggiannya, spot alamnya berupa danau, telaga, kawah, dan juga kaldera. Semuanya ada di gunung-gunung Indonesia.

Bagi para pembaca yang tertarik membaca tentang informasi gunung-gunung tersebut, infopendaki.com telah merangkumnya menjadi sebuah buku dengan tebal 444 halaman buku tersebut berjudul “199 Gunung Pendakian dari Aceh Sampai Papua”. Klik link di bawah ini untuk membaca detail buku tersebut:


6 GUNUNG AGUNG

Gunung Agung adalah gunung tertinggi di Provinsi Bali. Pulau Bali adalah sebuah pulau yang kecil namun memiliki banyak gunung api yang memiliki sejarah yang panjang. Salah satunya adalah Gunung Agung. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang mendaki Gunung Agung. Gunung ini sangat populer di Bali. Jadi, tertarik untuk ke Bali?


7 GUNUNG MARAS

Mungkin para pembaca jarang mendengar nama gunung ini? Memang betul gunung ini adalah gunung kecil tingginya hanya 669 mdpl, namun gunung ini syarat sejarah dan legenda. Gunung Maras adalah gunung tertinggi di pulau Bangka.


8 GUNUNG KARANG

Provinsi Banten letaknya di paling barat Pulau Jawa. Tidak banyak memang gunung di wilayah ini. Namun wilayahnya subur dan merupakan dataran tinggi. Gunung tertinggi di Provinsi Banten ini adalah Gunung Karang yakni dengan elevasi 1778 mdpl.


9 GUNUNG CIREMAI

Bagi orang Jawa Barat pasti kenal dengan nama Ciremai. Ya, itu adalah nama gunung tertinggi di Jawa Barat. Gunung Ciremai menjadi destinasi pilihan para pendaki dari wilayah Jawa Barat dan sekitarnya. Terutama dari ibukota Jakarta. Tiap akhir pekan gunung ini selalu ramai dikunjungi para pendaki.


10 GUNUNG SLAMET

Siapa yang tak kenal Gunung Slamet. Gunung ini menjadi yang tertinggi di Jateng atau Jawa Tengah. Ketinggiannya mencapai 3428 mdpl. Yang paling terkenal dari gunung ini adalah jalur pendakiannya yang ada banyak. Pasalnya gunung ini berada di lima wilayah kabupaten. Penasaran seperti apa pendakian Gunung Slamet? baca artikel di bawah:

baca: Jalur-jalur pendakian Gunung Slamet


11 GUNUNG NGLANGGERAN

Siapa yang tak kenal Yogyakarta. Daerah yang istimewa ini juga memiliki gunung. Yang tertinggi adalah Gunung Nglanggeran. Tidak begitu tinggi namun cukup bagus sebagai tempat menikmati sunset. catatan: Adapun Gunung Merapi masuk dalam wilayah Yogyakarta namun hanya pada sebagian lereng sisi selatan saja.


12 GUNUNG SIBUATAN

Bagi orang di luar Sumatera Utara pasti masing asing terdengar di telinga nama Sibuatan. Tapi bagi orang Sumatera Utara, Gunung Sibuatan adalah gunung yang cukup terkenal. Gunung ini menjadi yang tertinggi ketimbang dua gunung saingannya yakni Gunung Sinabung dan Sibayak.


13 GUNUNG TALAMAU

Provinsi Sumbar atau Sumatera Barat yang terkenal dengan orang Padang dan masakannya, memiliki Gunung Talamau. Sekaligus menjadi yang tertinggi di Sumbar. Gunung ini memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh gunung-gunung lain di Indonesia, yakni telaga terbanyak yang ada di puncak gunung.


14 GUNUNG DEMPO

Gunung Dempo merupakan gunung tertinggi di Sumatera Selatan. Gunung ini terkenal dengan danau kawahnya yang kadang berwarna hijau tosca, kadang berwarna cokelat. Gunung ini memiliki ketinggian 3159 mdpl. Termasuk dalam kategori yang tinggi dibanding dengan rata-rata gunung di Sumatera.


15 GUNUNG PATAH

Gunung Patah adalah gunung tertinggi di Provinsi Bengkulu. Hanya saja pendakian ke gunung ini masih minim. Memang, Bengkulu tidak banyak ada gunung sehingga sedikit orang yang memiliki ketertarikan untuk mendaki gunung. Namun menurut beberapa sumber, kawasan Gunung Patah merupakan kawasan yang konon tertimbun petilasan dari kerajaan maritim terbesar di Indonesia dan pusatnya ada di Sumatera.


16 GUNUNG PESAGI

Gunung ini menjad yang tertinggi di Provinsi Lampung. Terdapat lokasi bernama “Batu Masjid” yaitu batu-batu yang terletak berjajar seperti shaf dalam masjid. Itu menjadi ikonik gunung ini.


17 GUNUNG DJADI

Gunung ini tak begitu dikenal bahkan oleh masyarakat di wilayah gunung tersebut berdiri. Yakni Provinsi Riau. Tentu saja, Riau memang tidak terkenal dengan gunungnya. Bahkan Gunung Djadi pun hanya satu-satunya puncak yang ada di wilayah tersebut. Namun bagi yang tahu, gunung ini konon katanya angker.


18 GUNUNG DAIK

Berbeda dengan Gunung Djadi di Riau, Gunung Daik yang tertinggi di Kepri (Kepulauan Riau) justru sangat terkenal bahkan menjadi ikonik di wilayahnya. Gunung Daik adalah gunung yang menjadi ikonnya Pulau Lingga, salah satu pulau terbesar di jajaran Kepulauan Riau.


19 GUNUNG BATU JUMAK

Gunung ini menjadi yang tertinggi di Kalimantan Utara. Namun gunung ini masih misterius, tidak ada catatan pendakian maupun keterangan lokasi jalurnya. Hal ini dipersulit dengan wilayahnya yang berada di perbatasan negarra.


20 GUNUNG LIANGPRAN

Gunung ini sama misterius dengan Batu Jumak. Gunung Liangpran adalah gunung tertinggi di Kalimantan Timur. Belum ada catatan pendakian ke gunung ini.


21 GUNUNG BUKIT RAYA

Berbeda jauh dengan dua gunung di atas, Bukit Raya adalah gunung yang sangat terkenal di kalangan pendaki karena selain tertinggi di Kalteng, juga tertinggi di Pulau Kalimantannya Indonesia. Banyak kisah-kisah pendakian menuju gunung ini.

22 GUNUNG HALAU-HALAU

Gunung ini adalah yang tertinggi di Kalsel. Orang Banjar pasti kenal dengan gunung Halau-Halau.


23 GUNUNG NIUT

Gunung Niut menjadi gunung tertinggi di Kalimantan Barat. Gunung ini tampak sangat hijau hal tersebut menandakan kalau masih banyak hutan rapat yang menghiasi gunung ini.

baca juga: Pendakian Gunung Niut


24 GUNUNG KLABAT

Provinsi Sulawesi Utara memang memiliki banyak gunung. Yang tertinggi adalah Gunung Klabat. Nama “Klabat” adalah serapan dari bahasa Portugis “Calabets” yang artinya adalah Babirusa (satwa endemik Sulawesi).


25 GUNUNG TABANGO

Gunung Tabango adalah guung tertinggi di Gorontalo. Lokasinya berdekatan dengan pantai. Meskipun elevasinya tidak begitu tinggi namun titik start dari kaki gunung terbilang cukup rendah sehingga pendakian gunung ini menjadi lebih berat.


26 GUNUNG GANDANG DEWATA

Gunung ini merupakan salah satu gunung tersulit di Sulawesi. Dikarenakan wilayahnya yang merupakan hutan liar yang luas. Gandang Dewata merupakan satu-satunya gunung besar sekaligus tertinggi di Sulawesi Barat.


27 GUNUNG SOJOL

Gunung Sojol tertinggi di Provinsi Sulteng. Lokasinya juga terletak di dekat pantai. Apalagi ketinggiannya mencapai 3000 mdpl. Pendakian menuju puncak gunung ini terbilang sangat berat.


28 GUNUNG MEKONGGA

Gunung Mekongga menjadi yang tertinggi di Sulawesi Tenggara. Sama dengan rata-rata gunung di Sulawesi, pendakian ke gunung ini juga sulit. Dibutuhkan waktu mencapai 4 hari untuk sampai di puncaknya.


29 GUNUNG LATIMOJONG

Puncak Rantemario adalah salah satu nama puncak di Gunung Latimojong, sekaligus menjadi titik tertinggi di Provinsi Sulawesi Selatan, dan juga seluruh Sulawesi. Bukan hanya soal ketinggiannya, tapi akses menuju puncak tersebut juga tidak mudah.

baca di sini: Pegunungan Latimojong 3440 mdpl


30 GUNUNG BUKU SIBELA

Gunung Buku Sibela berbentuk punggungan. Gunung ini terletak di Pulau Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan. Ketinggian Gunung Buku Sibela mencapai 2.118 mdpl sekaligus menjadikannya sebagai gunung tertinggi di Provinsi Maluku Utara.


31 GUNUNG BINAIYA

Gunung Binaiya terletak di Pulau Seram dan masuk dalam administratif Kabupaten Maluku Tengah. Gunung Binaiya memiliki ketinggian 3.027 mdpl sekaligus menjadikannya yang tertinggi di Provinsi Maluku.


32 GUNUNG MUTIS

Gunung Mutis adalah gunung tertinggi di Pulau Timor sekaligus juga tertinggi di Provinsi NTT yakni dengan ketinggian 2.427 mdpl. Gunung Mutis adalah non-volcano yang terletak di Kecamatan Mollo Utara, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).


33 PEGUNUNGAN ARFAK

Pegunungan Arfak masuk dalam kawaasan Cagar Alam Pegunungan Arfak. Pegunungan ini merupakan kawasan pembentuk wilayah Provinsi Papua Barat di bagian utara dan secara administratif masuk dalam kawasan Manokwari. Kawasan Pegunungan Arfak merupakan titik tertinggi di Papua Barat.

Baca juga : Pegunungan Arfak di Papua Barat

Nah, demikian 34 summits daftar gunung tertinggi di 34 provinsi di Indonesia.

1 Comment for Top 34 Summits Gunung Tertinggi di 34 Provinsi Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post to Top 34 Summits Gunung Tertinggi di 34 Provinsi Indonesia

GUNUNG UNTUK PEMULA

50+ GUNUNG UNTUK PEMULA DI PULAU JAWA LENGKAP

Posted at 05/02/2020

Beberapa pendaki yang belum pernah mendaki gunung sebelumnya, kerap kali meminta info gunung untuk pemula. Hmm… tapi sebelum kita mengulas lebih lanjut, mari ketahui... Read More

Ini Dia Gunung-Gunung Terluar Indonesia

Posted at 05/02/2020

Jika telah mengenal pulau-pulau terluar Indonesia, tapi kalian sudah tahu gunung-gunung terluar Indonesia? Indonesia merupakan negara kepulauan dan juga memiliki banyak sekali gunung. Dari... Read More

desa tertinggi di indonesia

12 DESA TERTINGGI DI INDONESIA

Posted at 04/02/2020

Kira-kira desa tertinggi di Indonesia ada dimana? Kalau saja di Pegunungan Jaya Wijaya terdapat desa yang tercantum di BPS statistik nasional, mungkin wilayah itu... Read More

Ada Lho..Satu Gunung Berada di Empat Provinsi Sekaligus di Indonesia

Posted at 04/02/2020

Ada lho… satu gunung berada di empat provinsi sekaligus. Tahu tidak kalau beberapa gunung di Indonesia terletak di banyak wilayah perbatasan? Ada gunung yang... Read More

kaldera terbesar

8 GUNUNG DENGAN KALDERA TERBESAR DI INDONESIA

Posted at 03/02/2020

Gunung dengan kaldera terbesar di Indonesia tersebar di berbagai wilayah. Mulai dari Sumatera, Jawa, dan juga NTB. Kira-kira apa saja gunung tersebut? Nah, sebelum... Read More