HOME
Home » Gede Pangrango » Pendakian Gunung Gede Pangrango via Jalur Cibodas

Pendakian Gunung Gede Pangrango via Jalur Cibodas

Posted at January 14th, 2020 | Categorised in Gede Pangrango

Pendakian Gunung Gede Pangrango via jalur Cibodas adalah jalur utama dan paling favorit bagi para pendaki. Lokasi Cibodas ada di kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Untuk menuju basecamp Cibodas atau pintu masuk pendakian Cibodas aksesnya cukup mudah yakni tinggal menuju Kebun Raya Cibodas karena sudah satu arah menuju basecampnya.

Akomodasi bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Karena di kawasan kaki gunung Gede Pangrango memiliki cuaca yang dingin maka persiapkan terlebih dahulu pakaian yang tebal sedari rumah. Tiket masuk menuju Gunung Gede Pangrango Rp 35.000/orang (cek di sini). Gunung api Gede Pangrango menjadi salah satu gunung favorit para pendaki dan menjadi destinasi banyak wisatawan dari seluruh Indonesia terutama pulau Jawa. Hal tersebut dimaklumi karena gunung Gede Pangrango merupakan Taman Nasional yang isinya adalah wisata alam yang sangat indah dan memiliki kekayaan alam dilindungi ditambah lagi lokasinya yang dekat dengan kota-kota besar di Jawa Barat seperti Bandung, Jakarta.

BASECAMP JALUR CIBODAS

Sebelum menuju ke pos pendaftaran di Ciobodas ada banyak sekali warung makan dan shelter yang bisa dijadikan basecamp sebelum melakukan pendakian

PETA JALUR PENDAKIAN CIBODAS

MEMULAI PENDAKIAN

Pos Pendaftaran – Tarentong (15 menit)

Pendaftaran untuk pendakian Gunung Gede-Pangrango dilakukan minimal 30 hari sebelum pendakian. Booking online bisa dilakukan via website resmi TNGGP di http://booking.gedepangrango.org.

Start awal pendakian kita harus melakukan registari ulang pada pos pendaftaran. Jangan lupa cek kelengkapan dan jangan sepelekan keselamatan diri, bawalah peralatan yang lengkap dan aman. Dan patuhi semua peraturan yang diberlakukan.

Tarentong – Telaga Biru (15 menit)

Perjalanan awal akan banyak didominasi oleh trek batu yang sudah disusun. Karena pada pendakian awal adalah jalur wisata maka jangan heran jika banyak wisatawan yang bergandengan tangan bolak balik. Mereka biasanya mengunjungi Wisata Telaga Biru dan Air Terjun Cibeureum.

30 menit perjalanan awal kita akan bertemu dengan sumber air atau telaga kecil yang dinamakan “Telaga Biru“. Biru karena warna airnya kebiru-biruann, efek dari gangga yang ada di dasar dan pinggiran telaga. Dalam perjalanan awal ini kita akan banyak menjumpai aliran air.

Telaga Biru – Rawa Panyangcangan (20 menit)

Dari Telaga Biru lalu perjalanan dilanjutkan menuju Rawa Panyangcangan. Cukup 20 menit saja karena jaraknya dekat. Di sini ada sebuah rawa yang dinamakan “Panyangcangan”. Dan Pos Rawa Panyangcangan ini juga menjadi percabangan untuk menuju gunung Gede-Pangrango dan air terjun Cibeureum.

Ke kiri untuk pendakian gunung, lurus untuk wisata air terjun Cibeureum.

Rawa Panyangcangan – Rawa Denok 1 (10 menit)

Selanjutnya dari percabangan Rawa Panyangcangan kita akan melewati jalan Rawa yang sudah dibuat sedemikian rupa sehingga nyaman untuk dilalui. Jalan tersebut dibuat dari beton.

Selanjutnya akan melewati pos-pos yang sama dan selepas dari jalan rawa kita akan bertemu dengan jalan bebatuan dan mulai terjal, menanjak, memutar, dan melelahkan yang pasti. Mulai dari sini perlajanan naik gunung sebenarnya dimulai.
Rawa Denok 1 – Rawa Denok 2
Rawa Denok 2 – Bartu Kukus 1
Batu Kukus 1 – Batu Kukus 2
Batu Kukus 2 – Batu Kukus 3
Batu Kukus 3 – Pondok Pemandangan

Pondok Pemandangan – Air Panas (dari Rawa Denok 1 sampai Air Panas= 2jam 15menit)

Setelah 2 jam-an perjalanan selepas dari Rawa Denok sampailah kita pada Air Panas. Di Pos Air Panas ini adalah sebuah jalan menembus aliran air panas dari puncak gunung Gede. Trek yang akan kita lalui sangat ekstrim dan harus sangat hati-hati karena kita akan berjalan di atas aliran air panas yang sempit dan hanya berpegangan dengan seutas tali dan di  bawah aliran tersebut adalah jurang yang curam.

Setelah melewati jalan air panas tersebut kita akan bertemu dengan shelter atau tempat istirahat dan di sana ada kolam kecil air panas, kita bisa berendam kaki di sana. Rasanya luar biasa!

Air Panas – Kandang Batu (1jam)

Selanjutnya perjalanan menuju Kandang Batu memakan waktu 1jam. Pos Kandang Batu adalah tempat yang cukup luas mampu menampung beberapa tenda.

Kandang Batu – Panca Weuleuh (10 menit)

Selanjutnya, dekat dari Kandang Batu kita akan bertemu dengan Air Terjun Panca Weuleuh. Aliran air kecil

Panca Weuleuh – Kandang Badak (1jam)

Selanjutnya 1jam perjalanan lagi kita akan sampai di Pos Kandang Badak. Nah, si pos inilah menjadi pos paling favorit para pendaki untuk mendirikan tenda dan bermalam. Di Pos Kandang Badak ini sangat berlimpah sumber air, ada tempat yang dibuat khusus seperti galon air untuk menampung air dari gunung. Di pos ini bisa menampung sampai puluhan tenda.

Kandang Badak – Puncak Gunung Gede (2jam)

Nah, perjalanan mendaki puncak dari Kandang Badak cukup memakan waktu yang lama. Yakni 2jam perjalanan masing-masing, menuju puncak gunung Gede atau puncak gunung Pangrango. Nanti kita akan bertemu dengan percabangannya, kiri untuk puncak Gede, kanan untuk puncak Pangrango.

Dalam perjalanan menuju puncak Gede kita akan bertemu dengan jalan yang bercabang, satu jalan memutar, satunya lagi jalan via tanjakan yang sangat ekstrim dinamakan “tanjakan Setan”. Jika ingin dua-duanya kita bisa melalui jalur pertama saat berangkat, pulangnya bisa via jalur Tanjakan Setan.

Kandang Badak – Puncak Gunung Pangrango (2jam)

Jika ingin ke puncak Pangrango berarti kita turun kembali ,sampai di percabangan lalu pilih jalur kanan menuju puncak Pangrango, perjalanan selama 2jam.

Total Waktu Pendakian

kita kalkulasikan semua waktu perjalanan,
Pos Pendaftaran – Tarentong (15 menit)
Tarentong – Telaga Biru (15 menit)
Telaga Biru – Rawa Panyangcangan (20 menit)
Rawa Panyangcangan – Rawa Denok 1 (10 menit)
Rawa Denok 1 – Rawa Denok 2
Rawa Denok 2 – Bartu Kukus 1
Batu Kukus 1 – Batu Kukus 2
Batu Kukus 2 – Batu Kukus 3
Batu Kukus 3 – Pondok Pemandangan
Pondok Pemandangan – Air Panas (dari Rawa Denok 1 sampai Air Panas= 2jam 15menit)
Air Panas – Kandang Batu (1jam)
Kandang Batu – Panca Weuleuh (10 menit)
Panca Weuleuh – Kandang Badak (1jam)
Kandang Badak – Puncak Gunung Gede (2jam)
Kandang Badak – Puncak Gunung Pangrango (2jam)
TOTAL= 7jam 35menit (sampai puncak Gede, di luar istirahat dan bermalam). Untuk turun kembali lalu dilanjutkan ke puncak Pangrango jadi totalnya= 9jam 35menit.
Nah, untuk perjalanan turun gunung rata-rata mencapai 4-5jam-an saja.

TIPS PENDAKIAN

  1. Pilihlah hari yang bagus untuk mendaki, usahakan jangan waktu hujan
  2. Latihan fisik seminggu sebelum hari H
  3. Untuk pendakian G. Gede-Pangrango harus booking dulu di situs online TNGGP
  4. Persiapkan tim dan perlengkapan yang akan dibawa . Jangan lupa bawa sesuatu misal benda kesayangan atau tulisan untuk seseorang supaya bisa foto bareng saat di puncak tapi jangan lupa dibawa pulang. Dan bawa pulang sampahnya
  5. Tim yang solid adalah 5-8 orang. Jika sedikit usahakan 3 orang (1 orang diusahakan harus sudah pernah naik gunung)
  6. Jangan sepelekan keselamatan. Pakai sandal atau sepatu gunung dan jaket gunung. Bawa makanan dan air secukupnya jangan terlalu sedikit dan jangan terlalu banyak. Yang paling penting jangan melanggar peraturan dan jangan buang sampah di gunung
  7. Untuk pendakian Gede-Pangrango kita bisa naik pagi atau malam. Jika pagi bagusnya pukul 8-10. Jika malam 6-7
  8. Dirikan tenda di tempat yang datar dan usahakan diselimuti pohon atau semak supaya tidak terkena angin gunung langsung
  9. Jika ada anggota kelompok yang tidak bisa melanjutkan perjalanan sebaiknya ditemani. Atau jika sakit parah langsung beritahu dengan kelompok lain dan segera bawa turun ke basecamp.

INFORMASI GUNUNG GEDE PANGRANGO

Nama: Gunung Gede dan Gunung Pangrango
Ketinggian: Gunung Gede (2.958 mdpl), Gunung Pangrango (3.019 mdpl)
Lokasi: Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat
Letusan terakhir:
Pengelola: Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP)
Alamat: Jl. Raya Cibodas, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat 43253, Indonesia
Telp/fax : +62 263 512776
Tel/Fax: +62-263-519415 [booking]
Email: info@gedepangrango.org [office] | booking@gedepangrango.org [booking]
Facebook : http://www.facebook.com/bbtngedepangrango
Yotube :
Website: http://gedepangrango.org

TARIF LENGKAP: cek di sini
Spot alam: alun-alun/sabana, kawah, air panas, air terjun, telaga
Sumber air: telga biru, air panas, alun-alun surya kencana
Flora: 68 spesies tumbuhan pegunungan, 870 spesies tumbuhan berbunga dan 150 spesies paku-pakuan,
Fauna:

Owa jawa (Hylobates moloch), lutung surili (Presbytis comata), anjing ajag (Cuon alpinus), macan tutul (Panthera pardus), biul slentek Melogale orientalis, sejenis celurut gunung Crocidura orientalis, kelelawar Glischropus javanus dan Otomops formosus, sejenis bajing terbang Hylopetes bartelsi, dua jenis tikus Kadarsanomys sodyi dan Pithecheir melanurus. Beberapa jenis burung. Monyet kra (Macaca fascicularis), lutung budeng (Trachypithecus auratus), teledu sigung (Mydaus javanensis), tupai akar (Tupaia glis), tupai kekes (T. javanica), tikus babi (Hylomys suillus), jelarang hitam (Ratufa bicolor), bajing-tanah bergaris-tiga (Lariscus insignis), pelanduk jawa (Tragulus javanicus) dan lain-lain

KERJASAMA INSTANSI

Cagar Biosfer Cibodas
Program Adopsi Pohon
Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol
Pusat Penyelamatan dan Rehabilitasi Owa Jawa
Suaka Elang, Pusat Pendidikan dan Konservasi Elang

Kondisi: udara dingin, kabut, bebatuan, sabana, sumber air

WISATA:

Telaga Biru: Danau kecil yang selalu tampak biru diterpa sinar matahari, karena ditutupi oleh ganggang biru.
Air terjun Cibeureum: Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Lokasinya sekitar 2km dari pintu masuk Gunung Gede-Pangrango Cibodas
Air Panas: Air panas ini adalah air dari aliran gunung Gede Pangrango. Letakknya di tengah perjalanan naik sekitar 5km perjalanan saat mendaki Gunung Gede Pangrango.
Kandang Batu dan Kandang Badak: Lokasi berkemah atau camping hanya saja lokasinya tinggi hampir sampai puncak Gunung Gede
Alun-alun Suryakencana: Alun-alun pada pendakian

Kawah: G. Gede (Kawah Ratu, Kawah Wadon, Kawah Lanang, dan Kawah Baru),
Puncak: G. Gede (puncak Gede ), G. Pangrango (Mandalawangi)
Sumber air: Telaga Biru, Air terjun Cibeureum, Rawa Panyangcangan, Air Panas, Kandang Batu, Panca Weuleuh, Kandang Badak
Jalur pendakian:

Jalur Cibodas
Jalur Gunung Putri
Jalur Selabintana

Mitos: mitosnya Gunung Gede Pangrango adalah tempat bersemayamnya Eyang Suryakencana (Anak dari penguasa Cianjur yang menikah denga seorang jin perempuan). Eyang Suryakencana ini disebut-sebut sebagai penguasa jin daerah tersebut.
Kismis (kisah misteri):

MAP

SUMBER FOTO

http://pendaki.id

84 Comments for Pendakian Gunung Gede Pangrango via Jalur Cibodas

  • gunung gede hade

  • Adityas says:

    Jalur Paling Membosankan..
    Pos-Pos Bayangan itu.. ah sudahlah.

  • bagus says:

    mau tanya, bolehkah mendaki ke gede pangrango seorang diri?

  • Yogi kresnawan says:

    Bang yg di sebut mandalawangi it mna ya?? Tempat favoritnya GIE.,? Mohon infonya

  • angga says:

    Mandalawangi itu alun2 suryakencana, hamparan bunga edelwais yg mekbentang

  • angga says:

    Klo ada yg mo naik gunung awal september ane boleh gabung? Rwncana pengen naek cm ga ada temen 😀

  • alidesta says:

    yuk bareng kami ke gede pangrango, september , , lebih pastinya kontak saya di 08562223144

  • dnygrv says:

    Mandalawangi itu padang edelweiss di gn. pangrango, kalo surken di gn.gede

  • diki surabaya says:

    Misi bang, mau tanya..
    Apakah boleh naik Pangrango seorang diri?

  • agung says:

    mau mendaki gunung gede bulan desember tp ga ada temen..ada yang mau bareng?

  • lana bachry says:

    ayo bareng gw……gw mo naik bulan desember

  • junaidi tambak says:

    kira kira tempat penyewaan perlengkapan di sana ada ga ya gan?
    ane dari sumatera selatan, kalau bawa dari sini ane takut terlalu repot nantinya, Terimakasih gan

  • Fadhiel Elhafiz says:

    Buat para pecinta alam kalo ada yang mau nanjak MT.GEDE via cibodas awal november ane nebeng ya.ga ada temen mau kesana. Makasih
    Cp.083879713155

  • dita says:

    Ikutt dong yg otw bulan desember .. info ke sya okkee … 5a3a29a5

  • dae mandalika says:

    Hayu yg desember kita bareng,,,

  • sangga brillian says:

    ayo yg mau bareng tggl 1-2 november 2015 via cibodas. 085697480301/sangga

  • Lintang says:

    Kalo mau summit attack, aman ga sih kalo barang2 ditinggal di tenda di kandang badak gitu?

  • reza says:

    kalau desember jalur pendakian gede buka nggk gan?
    niat nya desember ke sana tapi cuma berdua ada yang mau join?

  • Y Djaja says:

    Mau gabung dong kalau ada yang minat ke Puncak Gede +/-tgl 10 Nov 2015 0817740811

  • Esin says:

    Makasih kk cerita nya

  • kholfi says:

    yang desember naik gabung dong…minta info yaa…599ED070

  • Ivan says:

    Kalo ada yg mau join,ane mendaki tanggal 24 desember,kalo ada yg mau join dan info lebih lanjut,
    pin : 53BEB2CE
    tlp/whatsapp : 089682562051
    thank’s

  • kholfi says:

    yang mau naik akhir desember sok invite… 599ED070

  • Ryan ahmad noval says:

    Kalau ada yang open trip bulan febuari bisa kali gabung soalnya ane baru pemula..
    Kalau gak ada open trip gas sendiri tapi tolong bimbingannya lewat comentnya yaa.. thanks..

  • Ryan ahmad noval says:

    7C156A22 pin ane

  • Fajar Wibowo Mukti says:

    Ane naik tanggal 27-12-2015

  • Ableh says:

    Agan2 Asist2… ane sama temen (cuma berdua) rencana naik tgl. 23-24 des 2015, ada yg mau gabung, coz booking online minimal ber-3, thks… (klo mau minta pin nya, ntar ane add)

  • iqbal haris says:

    Yang mau desember kira” tgl 26″ an join dong ane cuma berdua apa ga bertiga kalo temen ane jadi ikut

  • darus says:

    ada yang mau naik bulan februari gabunggg donkkk

  • wandji says:

    31 desember 2015 – 31 maret 2016 gunung gede di tutup bang

  • eka says:

    4 april ada yang open trip? Ane mau ngerasain pangrango nih. Ada temn 3 orang. Blum ada yg pengalan. Wa: 089668963958 eka. Thanks infopendaki.

  • Sigit Prasetyo says:

    Yang mau mendaki pertengahan-akhir april, gabung dong.. Salam dati jkt, bsa contact 081284945130

  • reza says:

    Yang mau naik awal april boleh gabung, wa: 099628300140

  • Nur Farikhin says:

    febuari pendakian mt gede buka ga bang

  • wahidiskandar says:

    Klo abis lebaran jalur pendakian dibuka ga bang ?

  • aay says:

    Akhir april ada yang mau muncak..?
    Kalo mau hayu bareng .. tangsel
    085774947983 aay

  • ded says:

    Ada yg mau breng ga ,,? 1 May mau naek ke gede , naek kira2 sore .. Wa 085779922201

  • nofian says:

    ada komunitaas yg dari tangerang biar klo acra bisa barengan gtu…saya anak rantau baru ditangerang

  • sugih says:

    info angkutan dong kalo dari bekasi

  • Andry says:

    Perkiraan cuaca tanggal 30-01 des gimana nihh? ada niatan mau mendaki

  • Derus says:

    Aku ada keinginan naik nih, baru keinginan, gaada temen sob! Kalo ada rencana boleh gabung? line : dederusmana_

  • Lana says:

    23,24,25 desember ane mo naik hayoo..klo mau gabung

  • Anisa says:

    Sebelum naik harus pake surat sehat gak mas?

  • Andjar Febrian says:

    Insya allah open trip ke Mt Semeru bulan Agustus 2017..klo ada yg minat invite BBM D2A6B8C3.
    Bukan untuk pemula ya gan ..?

  • Ema says:

    Nanya : terakhir ke Gede-Pangrango tahun 1991, dulu kita bisa bermalam di bangunan kandang badak (rumah kayu), apakah tempat itu masih memungkinkan dipakai bermalam? Saya tidak berencana membawa tenda.
    terimakasih
    Ema.

  • fitri oktaviani says:

    Kalo mau naik, bulan yg pas kapan yaa, hehehe pemula nii, mohon infonya yaa semuaa ??

  • aji says:

    Kalo mau lebih menantang lewat via putri bro, ngecam di alun” suryakenca, dari alun” ke puncak gede 30 menit, turun via cibodas mantap tragnya bro.

  • raby muhammad hadi says:

    Ada ygg mau berangkat di bulan mei ini tanggal 15 hingga 30? Bila ada kmi ikut gabung

  • rianto says:

    mau tanya nieh oktober jalur di tutup ngga

  • Ani says:

    Kalo mau tanya ttg rombongan pendaki udh pd turun apa belom ya bisa ga sih? Ke mana gitu ngehubunginnya?

  • oskar says:

    Agan” kalo misalkan pendakian 2 org aja bisa ga??
    Perdana gede pangrango soalnya…
    Klo ada yg mau gabung silahkan kontak WA 082132327151

  • oskar says:

    Coba langsung tanya di balai besar gunung gede-pangrango untuk info lebih lanjut mbak ani

  • Anonymous says:

    Untuk tanggal 2 pendakian ditutup sementara dikarena kan cuaca dtidak bersahabat

  • Kalibre Shop says:

    Kalu 2 orang ga bisa mas minimal 3 orang

  • rizki says:

    Kalo bulan maret pendakian gunung gede dibuka ga ?
    Terus ada yang mau naik ga ? Kalo ada saya mau join gabung
    Info wa 085603305572

  • rizki says:

    Kalo bulan maret pendakian gunung gede dibuka ga ?
    Terus ada yang mau naik ga ? Kalo ada saya mau join gabung
    Info wa 085603305572

  • Anonymous says:

    16 febuari ada yg mau naik pangrango gk? Klo ada mau joint dong. Mau naik lgi cari barengan. 089615987685

  • Yusuf says:

    16 febuari ada yg mau naik pangrango gk? Klo ada mau joint dong. Mau naik lgi cari barengan. 089615987685

  • Evans Reggae says:

    Kangen dgn teman2 pencinta alam saat mendaki pangrango. tapi gw lupa nama semua anggotanya. kalo gak salah Pd tahun 2006 gw ikut gabung dengan kelompok pencinta alam yg bernama SEBELAS dari jakarta utara. salah satu anggotanya bernama Rubi tempat tinggalnya di sekolah SDN Jati sungai bambu, tanjung priok. saat itu gw bekerja di PT.SCI Sunter. Jika ada diantara kalian adalah salah satunya invite FB gw ya ( Evans Reggae ). Gw kangen kalian

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post to Pendakian Gunung Gede Pangrango via Jalur Cibodas

tanjakkan ekstrim

Pendakian Gede Pangrango via Jalur Gunung Putri

Posted at 14/01/2020

Pendakian Gede Pangrango via jalur Gunung Putri adalah pendakian dengan jalur berat. Hampir di setiap trek adalah jalur menanjak dan sedikit sekali jalan datar.... Read More

GUNUNG GEDE PANGRANGO

Gunung Gede Pangrango

Posted at 14/01/2020

Gunung Gede-Pangrango adalah gunung api yang terletak di tiga kabupaten yakni Cianjur, Bogor dan Sukabumi, provinsi Jawa Barat. Gunung ini adalah gunung besar yang... Read More

KANTOR GEDE PANGRANGO

Tarif Masuk Gede Pangrango, Cibodas, Gunung Putri dll

Posted at 18/04/2015

KEMENTERIAN KEHUTANAN DIREKTORAT JENDERAL PERLINDUNGAN HUTAN DAN KONSERVASI ALAM BALAI BESAR TAMAN NASIONAL GUNUNG GEDE PANGRANGO mengeluarkan surat resmi berisikan tarif masuk Gede Pangrango... Read More